Lumajang Terapakan Tilang Elektronik dalam Waktu Dekat Ini, Berikut Titik Lokasinya

LUMAJANG JATIM - Para pengendara yang melintas di simpang 3 ruas Jalan Sukodono sebaiknya harus lebih tertib berkendara agar tidak terkena tilang. 

Pasalnya Satlantas Polres Lumajang akan mengoperasikan 1 CCTV untuk menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik, sesegera mungkin.

Rencana ini dipersiapkan menyusul setelah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan program penilangan kendaraan guna meningkatkan kedisplinan berkendara.

Kasatlantas Polres Lumajang, AKP Bayu Halim Nugroho mengatakan, pihaknya saat sedang masih melakukan persiapan untuk memberlakukan ETLE.

"Alat sudah terpasang, tetapi fungsionalnya masih dikomunikasikan dengan Dishub dan instansi terkait. Insya Allah dalam waktu dekat," kata AKP Bayu, Minggu (28/3/2021).

Bayu menjelaskan jika ETLE berlaku ada jenis pelanggaran yang bisa diganjar yaitu pelanggaran lampu lalu lintas, marka jalan, memakai ponsel ketika berkendara, melawan arus, tidak memakai helm, tidak menggunakan sabuk pengaman, hingga melanggar pembatasan untuk kendaraan tertentu.

Selain itu, kata Bayu, kamera tersebut juga cukup canggih karena sudah memakai teknologi face recognition yang bisa dimanfaatkan polisi untuk alat bukti nyata, kuat, serta akurat dalam mengungkap kasus kecelakaan dan kriminalitas di jalan raya.

"Jadi ETLE ini teknologi kamera CCTV yang dapat mendeteksi pelanggar lalu lintas terkait waktu maupun jenis pelanggarannya tanpa pandang bulu. Ini membantu sekali mengungkap kasus kriminalitas di jalan raya," ujarnya.

Bayu mengatakan, pada tahap pertama ETLE, polisi sengaja memasang CCTV secara stationer di Simpang 3 Jalan Sukodono karena kawasan itu merupakan akses keluar masuk menuju Lumajang. 

Meski demikian, ke depan di ruas jalan-jalan lain yang rawan pelanggaran lalu lintas juga akan dipasang ETLE.

"Memungkinkan sekali, tempat-tempat lain nanti juga akan dipasang ETLE," pungkasnya.


Sumber : tribunnews.com

Belum ada Komentar untuk "Lumajang Terapakan Tilang Elektronik dalam Waktu Dekat Ini, Berikut Titik Lokasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel