Gunung Semeru kembali mengeluarkan guguran awan panas sejauh 2 KM

 LUMAJANG JATIM - Gunung Semeru kembali mengeluarkan guguran awan panas. Luncuran guguran awan panas terjadi sekitar pukul 06.36 WIB, dengan jarak luncur 2 KM.

Data dari pos pengamatan gunung api (PGA) Semeru 2 Februari pukul 00.00 - 06.00 WIB, aktivitas Gunung Semeru mengeluarkan letusan 12 kali, embusan 11 kali dan tektonik jauh satu kali.



"Iya, Gunung Semeru sekitar pukul 06.30 WIB mengeluarkan awan panas guguran sejauh 2 KM dari ujung lidah lava," ujar Kabid Pencegahan kesiapsiagaan dan logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo kepada wartawan, Selasa (2/2/2021).


Dia mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas di radius 1 KM dan wilayah sejauh 4 KM di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif. Sebab, lokasi tersebut kawah aktif Gunung Semeru sebagai jalur luncuran guguran awan panas.


Selain itu masyarakat harus mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru.


"Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas sejauh 4 KM di sektor lereng selatan-tenggara dan mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar," tandas Wawan.



Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Gunung Semeru kembali mengeluarkan guguran awan panas sejauh 2 KM "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel