4 titik longsor Ijen ada di kawasan BKSDA dan perhutani

 BONDOWOSO JATIM - Longsor terjadi di 4 titik kawasan pegunungan Ijen. Empat titik itu lokasinya masing-masing ada di kawasan yang dikelola BKSDA dan Perhutani.

Keempat titik longsor tersebut lokasinya memang tak terlalu berjauhan. Tepatnya di sekitar batas wilayah pengelolaan dua instansi tersebut.



"Yang pertama di petak 87. Lalu kemarin yang susulan itu," jelas Wakil Adm Perhutani KPH Bondowoso Billy Mahardika saat dikonfirmasi wartawan di lokasi pembersihan material, Rabu (3/2/2021).


Billy mengatakan kedua titik yang ada di wilayah pengelolaan Perhutani tersebut merupakan kawasan hutan lindung. Vegetasinya juga cukup rapat.


Cuma kemiringan di titik longsor ini memang sangat terjal, sekitar 50-60 derajat. Sehingga rawan ketika curah hujan tinggi," paparnya.


Pantauan di lapangan, tak jauh dari longsor titik longsor di petak 87 milik Perhutani tersebut juga ada dua titik longsor lagi. Tepatnya di sekitar obyek wisata Kalipait.


Lokasi ini merupakan kawasan konservasi berupa Cagar Alam, yang masuk dalam pengelolaan Seksi Konservasi Wilayah V, Bidang KSDA Jember.


Diberitakan sebelumnya, longsor terjadi 4 titik di kawasan Ijen, Senin (1/2). Akibatnya, akses menuju Kawah Ijen atau lintas Bondowoso-Banyuwangi terputus total.


Sebab, material longsor yang terdiri lumpur bercampur batu dan pohon menutup total jalan kawasan itu. Ketebalan material yang menutup jalan mencapai 10 meteran.


Sehingga diperlukan alat berat untuk mengeruk dan menyingkirkan material longsor tersebut, serta gergaji mesin untuk memotong kayu yang melintang tersebut


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "4 titik longsor Ijen ada di kawasan BKSDA dan perhutani "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel