Tanggul sungai gelis Kudus jebol Rumah warga kebanjiran

 KUDUS JATENG - Tanggul Sungai Gelis, Desa Pasuruan Lor, Kecamatan Jati, Kudus, Jawa Tengah, jebol. Akibatnya puluhan rumah warga di Dusun Goleng, Desa Pasuruan Lor, kebanjiran dan terisolasi.

Dari pantauan detikcom di lokasi, tanggul jebol sepanjang sekitar 25 meter. Tampak jalan akses warga Dusun Goleng terputus karena tergenang air. Terlihat juga petugas BPBD Kudus melakukan evakuasi warga dengan menggunakan perahu.



"Kejadian tanggul jebol kurang lebih jam 10.45 WIB malam tadi, Jumat (1/1). Itu ada tanggul bocor, akhirnya jebol itu," kata Kades Pasuruan Lor, Nor Badri, kepada wartawan di lokasi kejadian, Sabtu (2/1/2021).


Nor mengatakan akibat dari tanggul jebol tersebut Dusun Goleng terisolasi dan puluhan rumah warga terdampak banjir.


"Di RT 01/12 ada 7 rumah, 9 KK, 36 jiwa. Lalu di RT 02 /12 ada 3 rumah, 3 KK, 12 jiwa. Serta di RT 03/12 ada 12 rumah, 14 KK, 76 jiwa. Dengan kedalaman air dari 5 cm sampai dengan 50 cm," jelasnya.


Kami juga telah menyediakan dua lokasi pengungsian bagi warga. Nanti sudah disediakan logistik oleh BPBD, ada dapur umum," sambung Nor.


Menurutnya, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Tapi dilaporkan sebuah mobil terseret arus air.


"Ada satu mobil terseret arus air, tidak ada korban jiwa. Pengemudi selamat dalam kejadian itu," jelas dia.


Salah satu warga terdampak, Purnomo, mengatakan saat ini telah dievakuasi petugas BPBD Kudus.


"Kalau rumah tadi sekitar 10 cm. Cuma ini akses jalan tidak bisa karena tergenang air. Ini mau mengungsi," jelas Purnomo di lokasi kejadian.


Terpisah, Kepala BPBD Kudus, Budi Waluyo, mengatakan satu dusun terisolasi karena jalur akses warga terputus tergenang air. Saat ini genangan air masih deras dari arah sungai.


"Dusun Goleng terisolasi karena masih derasnya air. Terlihat juga menggenangi lahan pertanian," kata Budi saat dimintai konfirmasi detikcom lewat pesan singkat, pagi ini.

Belum ada Komentar untuk "Tanggul sungai gelis Kudus jebol Rumah warga kebanjiran"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel