Sungai Wulan meluap 5 desa di Kudus tergenang banjir

KUDUS JATENG - Sebanyak lima desa di Kabupaten Kudus terendam banjir. Banjir disebabkan karena limpasan air dari Sungai Wulan yang meluap.
Pantauan di lokasi banjir menggenangi di empat desa di Kecamatan Kaliwungu. Serta satu desa di Kecamatan Jati.


"Banjir ini karena limpasan dari kali Wulan. Dari speelway itu melimpas masuk SWT 1, SWT 1 tidak bisa menampung melimpas ke pemukiman warga," kata relawan BPBD Kudus Siswanto saat ditemui di Dukuh Karangturi Desa Setrokalangan, Kaliwungu, Minggu (31/1/2021).

Kemarin kan tanggul jebol sungai Gelis. Kalau ini murni limpasan dari Kali Wulan," sambung dia.

Siswanto mengatakan, akses jalan menuju ke Dukuh Karangturi Desa Setrokalangan terendam banjir hingga 120 cm. Akses warga pun terganggu karena kondisi air tergenang banjir. Sedangkan di pemukiman warga tidak terdampak banjir.

"Dukuh Karangturi Desa Setrokalangan jalan akses warga satu satunya yang tertutup air hingga 120 cm. Aktivitas warga keluar masuk tidak bisa. Tadi saya menghubungi BPBD Kudus untuk minta perahu melintas warga. Pemukiman warga aman," ucap Siswanto.

Terpisah Camat Kaliwungu Satrio Agus Hiwaman mengatakan banjir menggenang di empat desa di Kecamatan Kaliwungu Kudus. Wilayah yang kebanjiran adalah Desa Setrokalangan, Desa Garung Kidul, Desa Kedungdawa, dan Desa Banget.

"Akibat limpasan speelway Goleng imbas dari debit sungai Wulan yang tinggi serta hujan yang tinggi di Kudus," ujar Satrio saat dihubungi wartawan lewat pesan singkat siang ini.

Adapun yang terdampak banjir di empat desanya meliputi akses jalan sepanjang 1 km menuju Dukuh Karangturi Desa Setrokalangan. Sedangkan pemukiman warga tidak tergenang banjir.

"Limpasan air mencapai pemukiman warga di Dukuh Setrokalangan Setrokalangan, Kedungdowo, dan Banget. Rumah warga yang tergenang banjir sampai dengan ini saat ini ketinggian bervariasi antara 20 sampai 100 cm," jelas Satrio.

Untuk area sawah yang terendam 80 hektar ditanami padi, masa sekitar 1,5 bulan,"sambung dia.

Ditambahkan Kepala BPBD Kudus Budi Waluyo mengatakan genangan banjir juga melanda di Desa Jati Wetan Kecamatan Kaliwungu. Menurutnya di desa itu ada 283 rumah dan 337 KK terdampak banjir.

"Genangan air kedalaman antara 5 sampai 95 cm. Saat ini pompa folder Tanggulangin untuk membuang air genangan terus beroperasi membuang ke Sungai Wulan," kata Budi dihubungi lewat telepon siang ini.

Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Sungai Wulan meluap 5 desa di Kudus tergenang banjir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel