Saat air terjun tumpak Sewu jadi lahar hujan gunung Semeru

 LUMAJANG JATIM- Hujan deras mengguyur kawasan Gunung Semeru. Banjir lahar hujan Gunung Semeru akhirnya mengalir ke sejumlah daerah aliran sungai (DAS).

Salah satunya ke wisata air terjun Tumpak Sewu, yang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Banjir lahar di Sungai Glidik tersebut membawa material vulkanis Gunung Semeru, berupa pasir dan batu.



Banjir lahar Gunung Semeru di wisata air terjun Tumpak Sewu terjadi setelah kawasan Gunung Semeru diguyur hujan deras," ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo kepada wartawan Rabu (13/1/2021).


BPBD menerjunkan tim untuk memantau banjir lahar Gunung Semeru tersebut. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pengelola wisata Tumpak Sewu.


Petugas BPBD mengimbau masyarakat yang berada di sekitar sungai untuk meningkatkan kewaspadaan. Serta tidak mendekati banjir lahar tersebut. Banjir lahar hujan Gunung Semeru tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Saat ini banjirnya sudah mengecil.


Selain di Sungai Glidik, banjir lahar hujan Gunung Semeru juga terjadi di Sungai Curah Kobokan dan Sungai Leprak yang berhulu dari Gunung Semeru.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Saat air terjun tumpak Sewu jadi lahar hujan gunung Semeru"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel