Makam medeleg Jombang jadi tempat ritual,apa warga sekitar ?

 JOMBANG JATIM- Makam Medeleg di Kabupaten Jombang terkenal karena keangkerannya. Tempat pemakaman umum ini menjadi tujuan orang-orang untuk ritual. Seperti apa?

Seperti namanya, makam Medeleg terletak di Dusun Medeleg, Desa Tampingmojo, Kecamatan Tembelang. Pemakaman umum ini sekitar 1 Km di sebelah timur Tol Jombang-Mojokerto. Sedangkan dari pusat Kota Jombang berjarak sekitar 10 Km.



Sampai saat ini, Medeleg menjadi tempat pemakaman umum bagi warga tiga dusun di Desa Tampingmojo. Yaitu Dusun Bakalan, Tampingan dan Medeleg sendiri. Kondisinya pun sama dengan pemakaman umum di tempat lain.


Warga Dusun Medeleg Paiman (55) mengatakan, kisah keangkeran makam Medeleg sudah dia dengar sejak kecil. Namun, dia belum pernah mengalami sendiri kejadian ganjil di makam tersebut.


Saya dulu dibilangi orang tua, dilarang masuk kuburan karena angker. Bambu saja ditebang mengeluarkan darah. Memang yang fanatik dengan mistis tidak berani macam-macam sampai sekarang," kata Paiman kepada wartawan di lokasi, Sabtu (16/1/2021).


Bahkan, makam Medeleg menjadi tujuan banyak orang untuk ritual. Tepatnya di area bagian belakang makam yang dikelilingi pagar tembok dan besi. Di tempat beratap seng ini terdapat tumpukan bata merah kuno berbentuk lingkaran layaknya sebuah dinding sumur. Struktur yang disebut sumur itu dikeramatkan sejak tahun 1960-an.


"Banyak yang datang dari luar kota, Surabaya, Kalimantan. Tujuannya macam-macam. Ada yang minta nomor togel, pesugihan. Biasanya bawa dupa dan kembang," ujar Paiman



Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Makam medeleg Jombang jadi tempat ritual,apa warga sekitar ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel