Heboh air banjir di Pekalongan berwarna hijau,kok bisa ?

 PEKALONGAN JATENG - Foto-foto banjir beberapa daerah di Kota Pekalongan, Jawa Tengah bikin heboh karena airnya berwarna hijau. Padahal biasanya air banjir berwarna keruh karena membawa lumpur tapi kali ini warnanya hijau. Kok bisa?

Air banjir berwarna hijau itu ternyata terjadi pada Selasa (19/1) lalu. Salah seorang warga Dusun Clumprit, Desa Degayu, Pekalongan, Sinta Maelia, menyebut fenomena air banjir berwarna hijau ini baru pertama kali terjadi. Namun, dia menyebut warna hijau itu disebabkan oleh tanaman yang oleh warga disebut mata lele atau azolla atau yang populer disebut duckweed.



Kalau yang banjir kemarin-kemarin belum ada 'mata lele' begitu. Baru kali ini. Tapi saat ini sudah surut, dan biasanya datang lagi (banjir) karena rob," kata Sinta saat dihubungi wartawan, Sabtu (23/1/2021).


Meski begitu, Sinta menyebut air banjir berwarna hijau tidak asing di desanya. Namun, baru kali ini banjir berwarna hijau itu masuk ke halaman rumahnya.


"Tidak sampai masuk rumah, hanya di halaman saja. warga sini sudah paham itu mata lele. Banyak yang memanfaatkan untuk campuran pakan ternak juga," katanya.


Sementara itu, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencaba BPBD Kota Pekalongan, Dimas Arga Yudha menyebut air banjir berwarna hijau ini juga terjadi di beberapa dusun lainnya. Biasanya, air banjir berwarna hijau ini terjadi di kawasan tambak


Sebenarnya tidak saja di Cikumprit ya. Mata lele ini ditemukan juga di wilayah Kelurahan Panjang, Pabean, dan Bandengan. Mata lele ini cepat tumbuhnya," terang Dimas.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Heboh air banjir di Pekalongan berwarna hijau,kok bisa ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel