Dua Kecamatan Akan Lahir Di Ponorogo

PONOROGO JATIM – Ponorogo akan ada 2 kecamatan baru, yakni Kecamatan Sumberejo dan Kecamatan Kota Lama. Pemekaran kecamatan ini, rupanya sudah ada persetujuan tertulis dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Alhasil, mekanisme selanjutnya adalah tinggal mendapatkan persetujuan dari wakil rakyat lewat paripurna DPRD. Yakni dengan penetapan peraturan daerah (Perda) tentang 2 kecamatan baru ini. “Pemekaran kecamatan ini tinggal satu tahapan lagi di dewan,” kata Sekda Agus Pramono, Sabtu (30/1/2021).

Nanti, wakil rakyat itu menyetujui atau tidaknya, akan diserahkan sepenuhnya di forum DPRD tersebut. Namun Agus menggarisbawahi bahwa dari segi administrasi, pemekaran itu sudah lengkap dan sudah tidak ada masalah. “Saya rasa begitu kawan-kawan di DPRD menyetujui, kode untuk 2 kecamatan baru iti akan segera turun,” katanya.

Dengan adanya pemerintahan baru di dua kecamatan itu, pembangunan infrastruktur disana akan dilakukan secara bertahap. Perkembangan pemekaran ini, nantinya juga akan dilaporkan kepada pemerintahan bupati yang baru.

“Anggaran pembangunan sudah disiapkan. Kami berharap dengan perkembangan pandemi Covid-19 di Ponorogo, tidak ada perubahan lagi, ini akan dicek lagi,” ungkap mantan pejabat Pemkab Madiun tersebut.

Untuk diketahui, pemekaran kecamatan ini, diperlukan untuk memacu pertumbuhan ekonomi di dua wilayah tersebut. Agus optimis pemekaran kecamatan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

Selain itu Dia juga mengklaim rencana pemkab mendapat dukungan pemprov Jatim. Dimana perwakilan Pemprov Jatim beberapa waktu lalu meninjau dua kecamatan tersebut. “Pemekaran dibutuhkan untuk mengurangi kesenjangan antar kecamatan,” katanya.


Sumber : beritajatim.com

Belum ada Komentar untuk "Dua Kecamatan Akan Lahir Di Ponorogo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel