Inilah 6 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar Di Purwakarta Jawa Barat

Kabupaten Purwakarta adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kota Kabupaten Purwakarta terletak di Kec. Purwakarta dan berjarak kurang lebih 80 km sebelah tenggara Jakarta.

Pendidikan Agama Pondok Pesantren di wilayah ini terbilang cukup banyak, hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah Pondok pesantren yang didirikan di sini. Mengambil dari berbagai sumber, tim kami kuwaluhan.com telah merangkum deretan Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Purwakarta Jawa Barat :

1. PONDOK PESANTREN ASSYAFE’IYAH

Lokasi : Jl Cikeris RT 02/01, Cikeris, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41164

Sebagai sebuah lembaga pendidikan non formal pondok pesantren Assyfe’iyah memiliki Visi, indicator pencapaian,Misi, Tujuan sebagai pedoman pelaksanaan pendidikan, bahan evaluasi perkembangannya.

Pondok Pesantren Assyafeiyah berciri salaf (klasik/tradisional), konsisten menjaga risalah Islam dengan hati-hati dan tidak spekulatif (jamaknya paparan ulama kontemporer). Risalah yang dicurahkan terhubung pada mata rantai ilmu yang tak pernah putus, obor yang tidak pernah padam selama berabad-abad diwariskan dari para ulama salaf, dari para Tabiin at Tabiin, dari para Tabiin, dari para Shahabat Ra, yang langsung dari Rasulullah Saw.

2. PONDOK PESANTREN BAITUL QUR'AN CIRATA

Lokasi : Karoya, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41165

Pondok pesantren Baitul Quran Cirata merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan, sosial dan dakwah, lembaga ini berusaha untuk mengkader penghafal Al Qur’an yang sekaligus juga memahaminya. Peserta didik BQ Cirata adalah terdiri dari peserta didik reguler dan ber-beasiswa untuk siswa-siswi yatim dan dhuafa yang lulus seleksi, mereka diberikan beasiswa full 100% dan seluruh fasilitas disamakan dengan siswa-siswi regular.

Adapun program pendidikan yang dilaksanakan antara lain:

1. Pesantren Gratis Bagi anak- anak yatim dan dhuafa’ maupun reguler (berbayar).
2. Tahfidz Al Qur’an 30 juz.
3. Program sekolah gratis (SMP) bagi anak anak yatim dan dhua’afa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.
4. Pelatihan kemandirian dan life skill.

3. PONDOK PESANTREN PERSIS 33 AL-MANAAR

Lokasi : Jalan Purnawarman Barat No.71, 15/03, Sindangkasih, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41112

Pondok Pesantren persatuan Islam Al manar, adalah pesantren yang di kelola oleh organisasi islam yang bernama Persatuan Islam (PERSIS), di sekolah ini terdapat perbedaan di bandingkan dengan sekolah-sekolah pada umumnya di daerah tersebut, perbedaan nya terdapat pada segi Akademik, jumlah mata pelajaran di sekolah tersebut berjumlah lebih 30 pelajaran, dan salah satunya terdapat pelajaran Psikologi, karya tulis ilmiah (di ajarkan pada kelas 3) dan keguruan, dari pelajaran tersebut yang menjadikan keunikan dari sekolah-sekolah pada umum nya.

4. PONDOK PESANTREN ISLAM USWATUN HASANAH PURWAKARTA

Lokasi : Jalan Jend. A. Yani Gg. Sukarata, RT.14/RW.06, Cipaisan, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41113

Pondok pesantren ini didirikan oleh seorang al- Mukarom KH. Mohammad Fadli Soelaiman Syuja'i beserta saudara dan sahabatnya membentuk lembaga pendidikan Islam yang diberi nama Pondok Pesantren Islam Uswatun Hasanah.

Pondok Pesantren Islam Uswatun Hasanah Purwakarta menggunakan program pendidikan berbasis Kuliyyatul Mu’allimin wal Mu’allimat (KMI/A) al- Islamiyyah. KMI/A merupakan program pendidikan intensif untuk lulusan SD/MI, dengan masa pendidikan selama tujuh tahun. Terdiri dari masa pendidikan selama 6 tahun dan masa pengabdian/ khidmat selama 1 tahun.

Seluruh lulusan santri mendapatkan ijazah pondok pesantren dan ijazah negara (MTs dan MA). Adapun disiplin ilmu yang ditanamkan kepada para santri dititikbertakan pada:

- Al – Ulum Ad-Diniyah (Ilmu-Ilmu Agama)
- Al – Ulum
- Al-Lughowiyah (Ilmu-Ilmu Bahasa)
- Al – Ulum Al-Kauniyah (Ilmu-Ilmu Alam)
- Al – Ulum At-Tarbiyyah (Ilmu-Ilmu Keguruan)

5. PONDOK PESANTREN AL MUHAJIRIN

Lokasi : Jalan Veteran 155, RT.41/RW.05, Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41115

Pondok Pesantren Al-Muhajirin adalah lembaga pendidikan Islam yang telah didirikan sejak tahun 1993. Pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan kurikulum pesantren berbasis kitab kuning dan bahasa dengan kurikulum sekolah berbasis standar nasional. Semua santri diwarnai tinggal di asrama dengan program pembinaan berupa pembiasaan shalat berjamaah, shalat dhuha, puasa sunah, dzikir pagi dan sore, kajian kitab kuning, perbincangan bahasa Arab dan Inggris, tahsin dan tahfidz Al-Qur'an.

Pesantren Al-Muhajirin yang memiliki motto Berpikir Dinamis, Berakhlak Salaf. Berakidah Ahli Sunah wal Jamaah, dan memiliki visi Terwujudnya komunitas umat yang sholeh, cerdas, terlatih, dan mandiri serta misi untuk mencetak mukmin sholihin. imam al-muttaqin, dan ulama al-amilin tentu tidak lepas dari sejarah.

Nama Al-Muhajirin diberikan, karena pembangunan pondok pesantren ini merupakan kelanjutan dari pembangunan masjid jami yang bertempat di komplek Perumahan Oesman Singawinata yang diberi nama Al-Muhajirin.

Dalam pembangunan masjid itu KH Abun Bunyamin sebagai ketua panitia merangkap Ketua RW 11 Kelurahan Nagrikaler pada waktu itu. Sebagai Pengurus Yayasan Al-Wathon, KH. Abun Bunyamin bersama-sama para tokoh lainnya merencanakan pembelian sebidang tanah seluas 3,100 meter persegi. kemudian membentuk panitia penerimaan wakaf yang diketuai Bambang Sutaryono yang kemudian pindah mencari dana dan bisa membangun gedung TKA / TPA berlantai dua.

Semua santri diwajibkan
tinggal di asrama dengan program pembinaan berupa pembiasaan shalat berjamaah,
shalat dhuha, puasa sunat, dzikir pagi dan sore, kajian kitab kuning,
percakapan bahasa Arab dan Inggris, tahsin dan tahfidz al-Qur’an.

Hingga sekarang Pondok pesantren Muhajirin memiliki sekitar 4.500 santri. Salah satu dari tiga pesantrennya menjadi lembaga pendidikan Islam favorit di Purwakarta. Visi bilingual pesantren yang menekankan santri mahir Bahasa Arab dan Bahasa Inggris agar mereka mampu menyesuaikan kondisi dan kesulitan zaman milenial.

6. PONDOK PESANTREN AL-HIKAMUSSALAFIYAH

Lokasi : Jl. Pesantren, Cipulus, RT. 7 /RW. 3, Nagrog, Wanayasa, Nagrog, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41174

Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis agama Islam yang berlokasi di Nagrog, Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat. Berdiri sejak tahun 1840 silam, lembaga pendidikan yang lebih dikenal dengan nama Pondok Pesantren Cipulus tersebut menyelenggarakan studi untuk jenjang SD/MI, SMP, hingga SMA.

Pondok Pesantren Cipulus pertama kali didirikan pada tahun 1840 silam, dan kala itu dibangun oleh KH Muhammad/Ahmad bin Kiai Nurkoyyim, yang akrab disapa dengan panggilan Ajengan Emed. Ajengan Emed sendiri merupakan salah satu santri kesayangan Syeikh Maulana Yusuf Purwakarta, pahlawan besar Jawa Barat di abad ke-19.

Layaknya pondok pesantren lainnya, mata pelajaran di Pondok Pesantren Cipulus juga didominasi dengan pengetahuan agama Islam. Materi pokok yang diajarkan di antaranya Al Quran, kitab-kitab kuning yang meliputi tauhid, fiqih, tata bahasa Arab, tasawuf, serta metode praktis dalam mendalami Al Quran dan kitab kuning.

Pondok Pesantren Cipulus juga mengajarkan materi yang lain seperti Tijan, Kifayatul Awam, Safinah, Taqrib, Riyadhul Badi’ah, Sulam Taufiq, Jurumiyah, Mutammimah, ‘Imrithi, Kailani, dan Nadzmul Maqshud. Santri pun diperkenankan mengikuti serangkaian ekstrakurikuler seperti muhadhoroh, pengajian tilawatil Al Quran, seni marawis dan hadrah, Bahasa Arab, dan lain-lain.

Itulah daftar Pondok pesantren terbaik dan Terkenal di Purwakarta Jawa Barat.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 6 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar Di Purwakarta Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel