5 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Pandeglang Banten

Kabupaten Pandeglang terletak di Provinsi Banten Indonesia. Selain terdapat banyak tempat wisata, di sini juga terdapat banyak Pondok Pesantren Populer dan Terbaik loh. Berikut ini tim kuwaluhan.com telah merangkum beberapa daftar Ponpes Favorit dan Populer di Kabupaten Pandeglang Banten :

1. PONDOK PESANTREN KUN KARIMA LA TANSA 3


Lokasi : Jl.stasiun kadomas, kp. ciekek hilir RT 01/ 10, karaton, 42211, Karaton, Kec. Majasari, Kabupaten Pandeglang, Banten 42218

Lembaga ini dikelola oleh Yayasan “LA TANSA MASHIRO” yang didirikan oleh Drs. KH. Ahmad Rifa’i Arief (Alm) dengan Akta Notaris No. 4 Tanggal 9 Januari 1991 dan Akta perubahan No. 44 Tanggal 20 April 1998, beralamat di Parakansantri, Lebakgedong, Lebak, Banten. Lahirnya Pondok Pesantren “LA TANSA” didasarkan atas kesadaran untuk membangun sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa, berwawasan luas, berilmu, berakhlakul-karimah (mukminin, muttaqien dan rosikhina fil’ilmi) kelak menjadi generasi penerus bangsa, negara dan agama dalam pelbagai sektor kehidupan.

Dan sejak tahun 2017, pondok pesantren La Tansa telah mengembangkan sayapnya dengan dibukanya Pondok Pesantren La Tansa 3 Kun Karima di Kecamatan Majasari, Pandeglang. Sementara Pondok Pesantren La Tansa 2 yang berlokasi di Kampus La Tansa Mashiro Rangkas Bitung akan segera dibuka pada tahun ajaran 2018-2019. Dan untuk Pondok Pesantren La Tansa 4 & 5 yang berlokasi di Cipanas, Lebak sedang dalam proses pembangunan.

2. PONDOK PESANTREN ROUDOTUL 'ULUM CIDAHU


Lokasi : Cisampih, Menes, Menes, Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten 42262

Pondok pesantren Roudotul Ulum di Cidahu, Pandeglang, Banten tidak pernah sepi dari para tamu maupun pencari ilmu. Bahkan menjadi tempat rujukan santri, pejabat hingga kiai. Abuya Dimyati dikenal sosok ulama yang mumpuni. Bukan saja mengajarkan ilmu syari’ah tetapi juga menjalankan kehidupan dengan pendekatan tasawuf. Abuya dikenalsebagai penganut tarekat Naqsabandiyyah Qodiriyyah.

Dari pondok pesantren ini telah melahirkan banyak ulama ahlussunnah seperti Al Habib Hasan bin Ja'far Assegaf pemimpin Majelis Nurul Musthofa Jakarta.

3. PONPES ALHIDAYAH CISANTRI ABUYA BUSTOMI


Lokasi : Curugbarang, Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, Banten 42271

Pondok pesantren salafiyah Al-hidayah Cisantri didirikan oleh Ahmad Bushtomi bin Ahmad Jasuta.

Seperti umumnya pondok salaf, di pesantren yang berdiri pada 1962 ini santri banyak bergulat dengan kitab kuning. Seperti Nahwu, Sharaf, Jurumiyah, Amil, atau tafsir Jalalain. Di bawah bimbingan KH Bustomi, pendiri dan pimpinan pesantren, atau santri-santri senior, kitab berhuruf Arab gundul itu dipelajari setiap usai salat subuh, sore, dan malam hari.

4. PONDOK PESANTREN RIYADLUL ALFIYAH


Lokasi : Kadukaweng, Kaduhejo, Pandeglang, Banten

Abuya Sanja atau Mama Sanja merupakan pendiri Pondok Pesantren Riyadul Alfiyah yang berada diwilayah Kampung Kadukaweng, Desa Sukasari, Kecamatan Kaduhejo, Pandegelang, Banten.

K.H Sanja terkenal dengan Ilmu nahwu shorof, Ilmu inilah yang menjadi pintu masuk bagi yang ingin memahami teks-teks literal bahasa arab yang tidak berharakat sehingga dapat mendapatkan makna yang sebenarnya.

Penamaan Riyadul Alfiyah ini sendiri disesuaikan dengan kekhususan pelajaranyang dikaji di pesantren ini, yaitu kitab Alfiyah, yang membahas tentang ilmu alat bahasa Arab karangan Ibnu Malik.

Sedangkan, nama Riyadul dipilihnya karena berarti taman. Hal ini sesuai dengan lokasitempat pondok pesantren ini berdiri, yaitu di Kampung Kadukaweng, Kaduhejo, Pandegelang, yang masih berupa tempat yang belum berpenghuni dan dikelilingi oleh banyak sawah. Atau, dalam bahasa setempat, tempat seperti ini disebut dengan ngababakan.

Dalam memberikan pelajaran pemahaman kitab ini, ia menggunakan cara yang istimewa. Metode yang digunakannya adalah syarah kitab Alfiyah dari kitab Al-Fiyah Maimuniyah.

5. PONDOK PESANTREN MODERN AL-MIZAN PUTRI


Lokasi : Sukaratu, Majasari, Sukaratu, Kec. Majasari, Kabupaten Pandeglang, Banten 42211

Pondok Pesantren Modern Al-Mizan adalah sebuah lembaga  sosial yang bergerak dalam kegiatan pendididkan, nilai-nilai islami yang bertujuan menghidupkan, memelihara serta meningkatkan semangat di kalangan umat islam khusus nya dan bangsa Indonesia pada umumnya

Pondok Pesantren Modern Al-Mizan berdiri pada tanggal 1 Mei 1993 berdasarkan Akta Notaris Nuzwar, SH Rangkasbitung Nomor 16 tanggal 15 maret 1993. Pondok Pesantren Modern Al-Mizan pertama membuka penerimaan siswa/i tanggal 10 juni 1993.

Pendiri Pondok Pesantren Modern AL-Mizan adalah Drs KH Anang Azhari Alie, M.Pd.I, ketika itu Pondok dibangun diatas tanah milik Bapak H Kustani yang berlokasi di jalan kapugeran dekat alun-alun Rangkasbitung di atas tanah seluas 316 m2 yan merupakan sebuah gudang balok yang kemudian disulap menjadi asrama putri yang serba darurat.

Dari tahun ke tahun Pondok Pesantren Modern AL-Mizan mengalami perkembangan area sampai +14 ha, pada tahun 2009 atas dasar cita-cita teguh dan ridho Alla SWT, pada tahun 2010 Pondok Pesantren Modern AL-Mizan memiliki lokasi di jalan AMD Cikole Pandeglang sebagai Pesantren Putri. Program Pembelajaran terpisah antara santri putra dan santri putri dilaksanakan untuk mencari rasa aman, nyaman keleluasaan beraktifitas antara mereka masing-masing dan ini merupakan fenomena positif dalam pandangan Syari’at

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Kabupaten Pandeglang Banten.

Belum ada Komentar untuk "5 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Pandeglang Banten"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel