15 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Bogor Jawa Barat

Berikut ini adalah daftar Pondok Pesantren Terbaik, Terkenal dan Terbesar di Bogor Jawa Barat berdasarkan ulasan Kuwaluhan.com :

1. PONDOK PESANTREN AL-ASHRIYYAH NURUL IMAN


Lokasi : Jalan Nurul Iman No.01, Warujaya, Kec. Parung, Bogor, Jawa Barat 16330

Seperti layaknya lembaga pendidikan lainnya, pesantren ini memiliki program pengembangan untuk masa datang baik dalam bidang pendidikan maupun dalam pengembangan bangunan di lingkungan Pondok Pesantren.

Untuk pendidikan, pesantren ini memiliki program untuk mewujudkan SDM yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai IPTEK yang menjadi tumpangan hidup didunia, oleh sebab itu diadakannya kursusu-kursus di luar pendidikan formal dalam pembelajaran keseharian para santri seperti diadakannya kursus bahasa, kursus komputer, kursus menjahit, pelatihan pertanian, pemanfaatan sampah-sampah menjadi bahan bangunan, peternakan ikan dan lain-lain.

Para santri-pun di tuntut untuk mampu menguasai minimal empat bahasa yaitu bahasa arab, inggeris dan mandarin untuk bekal panduan pelepasan mereka kelak. Dengan modal awal seperti inilah yang terektur pada dirimereka agar mampu memproyeksikan ilmu dunia dan ilmu akhirat, serta mampu mengaktualisasikannya dalam masyarakat dengan menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai IPTEK, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inofatif dan tetap di landasan iman dan takwa yang kuat, karena itu yayasan berusahamengembangkan kreatifitas serta meningkatkan pengetahuan dan profesional tenaga kependidikan sesuai perkembangan dunia pendidikan yang menjadikan pondok pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman sebagai pondok percontohan di seluruh indonesia dalam pengembangan pengajaran IPTEK dan IMTAK bagipendidikan lembaga lainnya.

Dan untuk program pengembangan pembangunan, pesantren ini memiliki program untuk menambah asrama untuk anak-anak tinggal, karena anak- anak tidur di masjid dan tempat - tempat yang terbuka baik anak laki -laki maupun perempuan mengingat belum cukupnya asrama-asrama sebagai tempat yang layak untuk tempat tinggal. Di samping itu karena pendidikan ini pendidikan padat karya, Dia (Al Syekh Habib Saggaf bin Mahdi) mendidik anak-anak untuk belajar cara membuat roti, tahu, tempe, kecap, sabun dan tata cara jahit-menjahit. Dia sangat membutuhkan sarana-sarana yang memudahkan terlaksananya pendidikan tersebut.Mudah-mudahan cita-cita ini mengantar anak-anak didiknya di jalan kesuksesan.

Jenjang pendidikan Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman sistem pembelajaran yang memadukan antara sistem pembelajaran salafiyyah yang merujuk pada pembahasan kitab-kitab klasik ( Tafsir Jalalain, Nahwu Al-Jurumiyah, I’mrithi, Alfiyah, Fiqih Safinatun Najah, Ghoyah wataqrib, Fathul Mu’in dll ). Serta system pendidikan modern yang merujuk pada kurikulum yang ditetapkan oleh DEPDIKNAS.

2. PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH 2 CIPINING


Lokasi : Jl. Argapura, RT.02/RW.3, Argapura, Kec. Cigudeg, Bogor, Jawa Barat 16660

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining berdiri di bawah naungan Yayasan Darunnajah dan merupakan pengembangan dari Pondok Pesantren Darunnajah 1 Ulujami Jakarta Selatan. Kurikulum, sistem pengajaran dan jenis aktifitas santrinya sama.

Pondok Pesantren Darunnajah 2  Cipining berada di atas tanah wakaf seluas 70 ha., di Desa Argapura Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat.

Pondok Pesantren Darunnajah 2  Cipining adalah lembaga pendidikan dan da’wah Islam yang independen tidak berafiliasi kepada partai politik dan/atau organisasi massa tertentu. Juga tidak terlibat/berhubungan dengan kelompok/sekte atau ajaran di luar ahlu sunnah wal jama’ah maupun yang dilarang oleh Pemerintah Republik Indonesi. “berdiri di atas dan untuk semua golongan”.

Kurikulum Pondok Pesantren Darunnajah 2  Cipining, Bogor, tingkat Tarbiyatul Mu’allimin wa al-Mu’allimat al Islamiyah adalah perpaduan kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor dan kurikulum Nasional serta Pesantren Salafiah.

Sistem pengajaran yang dipakai adalah klasikal, dengan metode yang mendorong keaktifan siswa dalam belajar dan dengan terus mengikuti perkembangan di bidang teori kependidikan/metodologi pengajaran.
Bidang-bidang (ilmu-ilmu) Bahasa Arab dan Bahasa Inggris diajarkan langsung dengan bahasa aslinya, begitu pula (ilmu-ilmu) agama Islam diajarkan dengan Bahasa Arab (tujuannya antara lain agar santri/siswa mampu memahami dan menerangkannya dengan bahasa aslinya). Adapun bidang studi lainnya diajarkan dalam bahasa Nasional.

Untuk lebih menunjang penguasaan bahasa Arab dan bahasa Inggris, diselenggarakan juga kegiatan-kegiatan extrakurikuler yang mendukung, anatara lain ; Muhadhoroh (latihan berpidato, muhadatsah/conversation, penerbitan majalah dinding, pemberian kosa kata baru (dua kali dalam sehari), dan penindakan pelanggar disiplin bahasa.

3. PONDOK PESANTREN AZ ZIKRA


Lokasi : Komplek Masjid Az Zikra, Cibadung, Gunung Sindur, Jampang, Kec. Gn. Sindur, Bogor, Jawa Barat 16340

Pondok Pesantren Al-Qur'an dan Sunnah Az-Zikra (PPASA), dirintis pembangunannya oleh Almarhum KH. Muhammad Arifin Ilham sejak tahun 2012. Tarbiyah atau pendidikan di pesantren ini dibawah langsung bimbingan almarhum KH. Muhammad Arifin Ilham dengan tim dewan Asatidz Az-Zikra. Pada tahun ajaran 2015 ini dimulai program SMP unggulan Tahfidzul Qur'an, Bahasa Arab & Inggris Artinya program ini adalah upayauntuk mendidik generasi muslim yang sholih dengan tetap mendapatkan pendidikan umum yang seiring sejalan dengan materi unggulan pesantren.

Sementara itu, peserta didik pun semakin dewasa menilai pendidikan bukan semata untuk mencari kerja, namun Alhamdulillah manfaat ilmu islam dirasakan sebagai bekal hidup yang esensial sebagai landasan jiwa dan budi pekerti. Hadirnya PPASA ini semoga Allah menjadikan sebagai media pendidikan umat yang penuh keberkahan.

Selain materi pelajaran sesuai kurikulum nasional, Ponpes Az-Zikra sangat menekankan pelajaran pemahaman Alquran, terutama cara membaca yang benar dan menghafal Alquran.

Untuk santri dengan kelebihan khusus dalam menghafal Alquran disediakan kelas khusus (takhassus) tahfiz. Untuk santri dengan kelebihan berupa suara yang indah juga disediakan kelas khusus belajar lagam (lagu) Alquran.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah membiasakan tujuh sunah Rasulullah setiap hari, yakni, qiyamul lail, tadabur Alquran, shalat berjamaah di masjid, shalat Dhuha, puasa Senin-Kamis, sedekah, menjaga wudhu, serta zikir dan wirid setiap saat.

4. PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BOGOR


Lokasi : Jl. Bubulak, RT.01/RW.02, Padasuka, Ciomas, Bogor, Jawa Barat 16610

Pondok Pesantren Darussalam, didirikan pada tahun 1992 diatas tanah wakaf yang secara yuridis formal memiliki kekuatan hukum yang tetap dari Kepala Kantor Pertanahan Kab. Bogor (Akta Ikrar Wakaf tanggal 26-06-2002, No. K.01/BA.02/w.2/05/VI/2002), berlokasi di kampung Bubulak Padasuka Ciomas Bogor. Pendidikan dan Pengajarannya mengacu pada Manhaj (kurikulum) Pondok Modern Gontor, Nasional dan Tradisional.

Pondok Pesantren Darussalam berdiri di atas tanah seluas 6.400 m2, berlokasi di Kampung Bubulak Desa Padasuka Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, merupakan wakaf dari H. Harun Jazhar (almarhum). Secara geografis, letak lokasi pesantren Darussalam dikelilingi oleh perumahan dengan radius rata-rata 150 meter dari Pesantren.

Berdirinya Pondok Pesantren Darussalam sesungguhnya merupakan sebuah wujud kepedulian dan tanggungjawab moral dari para alumni Pondok Modern Gontor terhadap masalah pendidikan bagi para generasi umat, sekaligus sebagai bentuk jawaban atas amanah, niat suci dan cita-cita dari pewakaf, serta animo, minat, dan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan lembaga pendidikan model pesantren.

5. PONDOK PESANTREN MODERN AR-RIDHO SENTUL BOGOR


Lokasi : Jalan Parung Aleng, RT.003/RW.003, Desa Cikeas, Cikeas, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat 16710

Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho adalah salah satu pondok alumni Darussalam Gontor Mlarak Ponorogo yang didirikan untuk membimbing dan mempersiapkan diri untuk bekal dunia dan akhirat. Keberhasilan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor dalam menerapkan disiplin serta pengkaderan untuk menjadi pemimpin yang Islami dan berkualitas sangat tidak diragukan lagi.

Pengalaman Yayasan Ar-Ridho dalam kiprahnya selama lebih dari 30 tahun dalam bidang pendidikan yang bekerja sama dengan YPI Al-Azhar Jakarta sebagai salah satu sekolah Islam terkemuka di Indonesia melahirkan suatu pendidikan yang global.

Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho menerapkan dua program, yaitu pendidikan agama dan umum. Para santri di didik agar dapat menjaga dan meningkatkan akhlak, ibadah dan kemandiriannya serta beradaptasi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sehingga diharapkan menjadi pemimpin yang berakhlakul karimah,taat beribadah serta ahli dalam perkembangan teknologi.

Selain pendidikan agama (Al-Qur’an, fiqih, tauhid, Bahasa Arab, dll) santri juga diberikan pendidikan Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Komputer, Ekonomi, Sejarah, dan masih banyak lagi.

6. PONDOK PESANTREN MODERN SAHID


Lokasi : Jl. KH. Abdul Hamid No.KM.6, Situ Udik, Kec. Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat 16630

Pondok Pesantren Modern Sahid didirikan pada tanggal 27 Mei 2000 oleh seorang pejuang kemerdekaan yang kemudian menjadi pengusaha nasional sekaligus politisi dan praktisi pendidikan yaitu KPH.Prof.DR.H.Sukamdani Sahid Gitosardjono bersama istrinya K.R.Ay.Hj. Juliah Sukamdani. Beliau berdua bercita-cita menjadikan Pondok Pesantren Modern Sahid ini sebagai Pusat Pendidikan Islam bertaraf Internasional mulai dari tingkat Raudhatul Athfal (TK Islam) sampai perguruan tinggi Islam (jenjang S-1,S-2, S-3) untuk menyiapkan generasi yang unggul, berbudaya, dan Islami dalam rangka merealisasi ajaran Islam rahmatan lil’alamin.

Pesantren ini didukung fasilitas yang lengkap, SDM yang mukhlish dan profesional, serta Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008. Pada tanggal 27 Mei 2006, Pondok Pesantren Modern Sahid diwakafkan dengan nadzir Yayasan Wakaf Sahid Husnul Khatimah. Pondok Pesantren Modern Sahid terus berkembang secara bertahap dalam rangka mewujudkan cita-cita pendiri.

Pondok Pesantren Modern Sahid menerapkan sistem pendidikan terpadu yaitu mengintegrasikan tiga pusat pendidikan (Keluarga, Sekolah, dan Lingkungan). Dengan demikian, santri mendapatkan pendidikan selama 24 jam setiap hari dalam suasana yang Islami.

7. PONDOK PESANTREN RAFAH


Lokasi : Mekarsari, Kec. Ranca Bungur, Bogor, Jawa Barat 16320

Pondok Pesantren Rafah didirikan dengan dana dari umat dan para muhsinin yang menginfaqkan hartanya tanpa pamrih, ikhlas lillahi ta’ala. Terkhusus teman dekat KH. M. Nasir Zein, M.A. yang memiliki komitmen untuk membantu pesantren ini yaitu Al-Ustadz Sayyid Muhsin bin Abdurrahman Alkaf.

Selain itu Juga diambil dari sumbangan wali santri yang merupakan kewajiban mereka. Awal Pembangunan Masjid merupakan bangunan awal yang berdiri di Pondok Pesantren Rafah, karena masjid merupakan pusat dakwah untuk ummat dengan segala kegiatannya.

Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. di awal kedatangan beliau ke kota Madinah. Pembangunan masjid ini diselesaikan selama 8 bulan. Dimulai pada tanggal 1 Dzulqo’dah dan selesai pada bulan Sya’ban. Diresmikan pada tanggal 27 Desember 1997 M oleh para ulama dan pejabat setempat yang hadir waktu itu, di antaranya Drs. Muamal, selaku Asisten Daerah Bogor.

Mulai tahun ajaran  2009 - 2010 Pondok Pesantren Rafah membuka kurikulum pendidikan Tarbiyatul Mu’allimin Al Islamiyyah (TMI) program Pondok Pesantren dan MA dengan jenjang pendidikan 6 tahun untuk lulusan MI/SD, menginduk ke Departemen Agama, didukung dengan program unggulan hafalan Al Qur'an, kemampuan percakapan harian dengan Bahasa Arab dan Inggris serta praktek berorganisasi dan pengembangan kemampuan / skill  lainnya. Dengan kurikulum tersebut diatas diharapkan peserta didik bisa menjadi kader umat yang qur’ani,  bertafaquh fiddin, menjadi ulama da’i dan da’i ulama, orientasi kemasyarakatan dan bisa melanjutkan jenjang pendidikan baik dalam negeri maupun luar negeri dengan dasar nilai Qur’ani sehingga menjadi generasi khoiru ummah yang diharapkan.

8. PONDOK PESANTREN DARURRAHMAH (YAPIDA)


Lokasi : Jl. KH. Tb. Asep Basri, Bojong Nangka, Gunung Putri, Bojong Nangka, Kec. Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat 16963

Pondok Pesantren Darurrahmah (YAPIDA), didirikan pada tahun 1989 oleh (alm) KH. Tb. Asep Basri diatas tanah seluas ± 6 Ha, untuk mewujudkan keinginannya yang besar dalam menangani pengembangan dan pelestarian budaya pendidikan dan da`wah di mata umat. Menurutnya, santri perlu dipersiapkan sejak dini dengan seperangkat ilmu dan keterampilan yang cukup untuk menyertai perkembangan kehidupan modern yang kian kompleks. Pondok Pesantren  Darurrahmah adalah lembaga pendidikan yang mewadahi visi dan misi umat islam secara aspiratif dengan mengalokasikan waktu selama 24 jam demi mengkondisikan santri aktif dan kondusif dalam belajar.

Pondok Pesantren Darurrahmah juga mempunyai sistem pendidikan yang kondusif dengan memadukan sistem salafiyah dan modern untuk memenuhi kebutuhan dan menjawab tantangan zaman yang diwarnai nuansa keilmuan dan pengetahuan yang Qur`ani dan Haditsi, dengan demikian diharapkan santri dapat mengenal, mempertahankan dan mengembangkan keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ) sebagai mediator dan moderator dalam menggapai karunia dan ridho Allah SWT, serta menjadikan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang dimiliki santri terikat secara holistik serta menciptakan disiplin ilmu yang amaliyah dan amal yang ilmiyah.

Dengan inovasi sistem yang tiada henti, kini Pondok Pesantren Darurrahmah sudah diterima di masyarakat luas sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya menerima siswa yang mampu saja tapi juga santri yang tidak mampu atau yatim/piatu sebagai perwujudan dari bentuk rasa persaudaraan dan kebersamaan antar sesama.

9. PONDOK PESANTREN ANNUR DARUNNAJAH 8


Lokasi : Jl. Intan 1, Cidokom, Kec. Gn. Sindur, Bogor, Jawa Barat 16340

Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 merupakan lembaga pendidikan Islam, menyediakan sistem pendidikan yang berkualitas yang telah memenuhi dunia. Pondok Pesantren Annur menciptakan kader pemimpin agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kecakapan dakwah dan kecakapan hidup.

Pesantren ini menyelenggarakan sistem pendidikan Tarbiyatul Muallimin Al-Islamiyah (TMI) yang identik dan diadopsi dari sistem Kulliyatul Muallimin Al Islamiyah (KMI), sistem pendidikan yang dirancang oleh Pondok Modern Gontor sebagai pelopor pesantren modern. Sistem pendidikan ini sudah teruji baik ditingkat nasional maupun internasional sejak lama dan sudah diakui legalitasnya di bawah Departemen Agama Republik Indonesia melalui PMA tentang Pesantren Muadalah tahun 2014. Selain itu, tersedia program tahfidz Al-Quran dikampus khusus Rabi'ul Qulub (Darunnajah 13) kampus utama.

Keseimbangan antara kekuatan akademis-pendidikan karakter, penguasaan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa komunikasi, integrasi antara Ilmu agama dan umum sebagai Ilmunnafi, pembentukan disiplin diri dan beragam kegiatan ekstrakurikuler selaras dengan konsep Multiple Intelligences, ditambah dengan program menghafal Al-Quran sebagai pelengkap, diciptakan ciri khas pondok pesantren yang disiapkan generasi muslim kreatif ini.

10. PONDOK PESANTREN AL-QURAN NURUL FURQON AL-HUSNI


Lokasi : Perum BCE Sukahati combining, Sukahati, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16913

Pondok Pesantren Al-Quran Nurul Furqon didirikan oleh KH Jejen Sukrillah S.PdI pada tahun 1990. Kampus pesantren berlokasi di Kompleks Perumahan Pemda, Sukahati, Cibinong, Bogor. Pondok Pesantren Al-QuranNurul Furqon dalam kurikulumnya berupaya memadukan antara sistem sorogan dan bandungan dengan sistem kelas. Dan agar para santri mampu mandiri setelah keluar dari pesantren, maka mereka diberi bekal berbagai keterampilan, sesuai pilihannya di BLK (Balai Latihan Kerja) di samping mereka memahami ilmu Qiroat, sebagai ciri khas Pondok Pesantren Nurul Furqon, juga wawasan keislaman, sains, dan teknologi. 

11. PONDOK PESANTREN MINHAJ SHAHABAH


Lokasi : Jl. Pam Ciburial, RT.001/RW.011, Sukamantri, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610

Ma'had Minhaj Shahabah adalah lembaga pendidikan Islam berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah, Selain membahas Al-Qur'an dan Hadits, juga mengajarkan Pendidikan yang sesuai dengan sekolah formal lainnya. SMP AL MINHAJ & SMA AL MINHAJ TAMANSARI, beralamat di Kampung Sukamaju, RT / RW 001/011, Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia di bawah Yayasan Minhaj Shahabah.

Ma'had Minhaj Shahabah Berada di lereng gunung salak Kabupaten Bogor yang nyaman untuk belajar, mengutamakan pendidikan syar'i dengan target hafal Al Qur'am ( Tahfidzul Qur'an ) 15 Juz di tingkat SMP dan 15 Juz di tingkat SMA dan tak lupa memberikan porsi bagi pendidikan umum yang memadai yang dibuktikan dengan legalitas sekolah dibawah kementerian pendidikan dan pertanian KEMDIKBUD.

12. PONDOK PESANTREN DARUL MUTTAQIEN


Lokasi : Jl. Jkt - Bogor No.KM. 41, Jabon Mekar, Kec. Parung, Bogor, Jawa Barat 16330

Sejak berdirinya, dari tahun ke tahun Pondok Pesantren Darul Muttaqien telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Hingga saat ini kegiatan pendidikan yang diselenggarakan Pesantren Darul Muttaqien meliputi : TK Islam, SD Islam Terpadu, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, SMP Islam Terpadu, Pesantren Salafiyah, TPA serta madrasah Diniyah. Semoga harapan wakif menjadi kenyataan, bahwa Darul Muttaqien menjadi lembaga pesantren yang berkhidmat kepada ummat dengan mendidik generasi bangsa. Dalam rangka menyiapkan generasi muslim yang berkualitas, Pondok Pesantren Darul Muttaqien menerapkan Pendidikan Islam Terpadu dengan pendekatan “learning process” serta berkomunikasi berbahasa Arab dan Inggris melalui manajemen terpadu dan peningkatan hubungan kemitraan.

Pesantren Darul Muttaqien meliputi :

1. R A
2. TPQ
3. Diniyah Takmiliyah
4. SD Islam Terpadu (Full Day School)
5. SMP Islam Terpadu (Full Day School)
6. Madrasah Tsanawiyah (Berasrama)
7. Madrasah Aliyah (Berasrama)
8. Pesantren Salafiyah (Berasrama)

Di masa yang akan datang sejalan dengan tuntutan dan kemampuan yang dimiliki, Pesantren Darul Muttaqien tidak menutup kemungkinan melakukan pengembangan sekolah-sekolah dengan jenjang dan bentuk lain seperti SMK, Madrasah Aliyah Kejuruan dan Perguruan Tinggi. Program-program serupa menjadi grand design Pesantren Darul Muttaqien dalam rangka merespon kebutuhan masyarakat dan tuntutan zaman.

13. PONDOK PESANTREN BINA MADANI


Lokasi : Jl. Raya H.E. Sukma Gg. Siliwangi No. 25, Bogor Selatan, Harjasari, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16110

Pondok Pesantren Bina Madani Bogor Selatan adalah untuk Putera dan Puteri merupakan lembaga pendidikan berbasis Al-Qur’an yang dibangun diatas pondasi iman dengan asas Al-Qur’an dan As Sunnah serta berupaya melahirkan generasi muslim berji waqur’ani yang siap dan setia menegakan panji Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah sholallahu ‘alaihi wasallam pada diri, keluarga dan umatnya. Santri akan di tempa menjadi muslim sholih dan sholihah yang hafal 30 juz, beraqidah lurus, berakhlaq mulia dan menjadi tauladan yang baik serta siap berdakwah dalam kebenaran dan kesabaran.

14. PONDOK PESANTREN KILAT AL HIKMAH


Lokasi : Jalan Al Hikmah, Gang Warung Nangka , RT.04 / RW.02, Bojongkerta, Bogor Selatan, Bojongkerta, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16139

Pada awalnya Wakaf Perseorangan atas lahan wakaf di Bojong Kerta atau lazim dikenal oleh masyarakat berada di daerah Rancamaya, Ciawi – Kota Bogor ini dicatatkan dengan status hukum berbentuk yayasan, maka landasan hukum yang menjadi pedoman dasar penyelenggaraan kegiatan yang dipakai sebagai acuan untuk merencanakan, mengembangkan program, dan penyelenggaraan kegiatan fungsional sesuai dengan tujuannya adalah yayasan. (Yayasan Wakaf Al-Hikmah, 1990-2012).

Dengan mengingat terjadinya perubahan perundang-perundangan yang menempatkan “yayasan” sebagai badan setara dengan “corporate” maka sesuai hakikat dan makna dari wakaf (sebagai aset ummat yang tidak dibagi dan tidak juga boleh habis) status hukum yayasan pun diubah menjadi lembaga. (Lembaga Wakaf Al-Hikmah, 2012).

Paket Studi Intensif merupakan program yang bertujuan membentuk generasi muda yang berkarakter ihsan, yang kelak siap menerima estafeta kepemimpinan kaum tua. Melalui paket studi intensif ini kalangan muda dibekali dan dilatih untuk mengenal dan memahami lebih dalam tentang nilai dasar Islam melalui pendekatan perkaderan.

Dari memahami nilai-nilai Islam secara substansif kelak pada gilirannya peserta latih akan mampu menghadapi derasnya pertarungan di tengah pergaulan hidup yang multinilai dalam era kesejagatan, yang dengan dibekali paradigma berfikir (fikrah) Islami mereka dapat membedakan dan memilah hal-hal di antara dua sisi yang berseberangan: yang hak atau batil, yang benar atau salah, yang halal atau haram untuk mereka mengambil sikap pada kecenderungan yang sesuai norma Islami. Peserta latih juga dibekali dengan metodologi kepemimpinan (leadership) dan teknik memecahkan masalah (scientific problem solving), serta simulasi dalam olah daya kecermatan.

15. PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH AN-NAJIYAH


Lokasi: Kayumanis Ciri Mekar, Cibinong, Cirimekar, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16917

Berawal dari pengajian Al-Quran untuk anak-anak di sebuah kontrakan yang diikuti oleh anak-anak masyarakat kampung Poncol Cirimekar Cibinong. Tradisi pengajian sore atau lepas maghrib bagi anak-anak di sebuah kampung adalah merupakan kebutuhan bagi generasi Islam pemula, maka tidak aneh kalau pengajian ini diikuti oleh hampir semua anak-anak masyarakat Cirimekar dan sekitarnya.

Tahun 1994, pengajian dengan nama TPA Al-Ikhlash ini sedikit berbeda dengan pengajian tradisional yang ada di rumah-rumah guru ngaji, karena tenaga pengajarannya dilaksanakan dengan metode IQRO, sementara di tempat-tempat lain masih menggunakan sistim Baghdadiyah (ejahan). Di awal tahun 1994 Drs. Abdul Halim Al-Qorny, sebagai pengasuh pengajian Al-Ikhlash menerima wakaf tanah dari H. Adang Zakaria seluas 285 m2 (terdiri dari dua lokasi) Pada tgl. 04 Juni 1994 terbentuklah sebuah yayasan pendidikan Islam dengan nama YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-IKHLASH (Notaris HM.Adam.SH) sekaligus memulai pembangunan sarana pendidikan.

Pada tgl 1 Agustus 2001 bangunan tersebut sudah dapat diisi, walau dengan sangat darurat, rumah ustadz dan kamar santri hanya dibatasi hijab, Ponpes Al-Hikmah An-Najiyah sudah mulai melaksanakan tugas pendidikan da’wah dan pengabdiannya, dan pada waktu itu yang dapat diteima hanyalah santri putra.Sambil menyelesaikan pembangunan, pelaksanaan pendidikan kepesantrenan, majlis ta’lim dan kegiatan sosial lainnya terus dikembangkan, setahun kemudian rampung juga pembangunan ponpes tahap pertama.

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Itulah Deretan Pondok Pesantren Terbaik dan Terkenal di Kawasan Bogor Jawa Barat.

1 Komentar untuk "15 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Bogor Jawa Barat"

  1. Sibhaanallooh.. anakku ada di 2 psantren terbaik dibogor . Nurul furqon dan arrido. Alhandulillah ku sangat bersyukur pd Alloh swt.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel