Inilah Daftar Negara Tertua Di Dunia Yang Sebenarnya

Berikut ini adalah daftar Negara Paling Tua di Dunia yang hingga saat ini masih dihuni :



INDIA

Negara India merupakan salah satu negara tertua di dunia. Peninggalan manusia paling awal yang diautentikasi di Asia Selatan tertanggal sekitar 30.000 tahun yang lalu. Situs-situs seni cadas Mesolithic kontemporer hampir pernah ditemukan di banyak bagian anak benua India, termasuk di tempat penampungan batu Bhimbetka di Madhya Pradesh.

ARAB SAUDI

Negara Arab juga merupakan salah satu negara paling Tua di Dunia, Arab Bai’dah, yaitu kaum Arab teradahulu yang sejarahnya tidak bisa dilacak secara lengkap.

Arab Aribah, atau penduduk asli, yaitu keturunan Arab yang berasal dari keturunan Ya’rub bin Yasyjub bin Qahthan. Bertempat tinggal di Yaman.
Arab Musta’ribah, disebut juga Arab campuran atau Arab pendatang, yang berasal dari keturunan Ismail. Disebut juga Arab ‘Adnaniyah.

MESIR

Mesir juga merupakan salah satu negara tertua di dunia. Usia nya sudah lebih dri 5000 tahun. Suku asli Mesir adalah suku yang nomaden dari guru sahara, Afrika. Selama tiga ribu tahun Mesir dipimpin oleh Firaun dari dinasti ke dinasti yang jumlahnya ada 30 dinasti, yang jumlah 140 Firaun yang berkuasa dari tahun ketahun.

Mesir kuno di bagi menjadi 3 era, Old Kingdom, Middle Kingdom, New Kingdom. Setelah Era New Kingdom, Kerajaan Mesir kuno mengalami keruntuhan dan dikuasai oleh Suku dari luar yaitu suku Romawi (Oleh The Great Alexander), Arab, Turki (oleh Kesultanan Ottoman / Utsmaniyah). Peninggalan peninggalan dari kerajaan Mesir kuno sangat banyak, contohnya ada Piramida Giza di Giza, Spinx ( Giza ), Lembah para raja, Red Pyramid, Piramida Sakkara, Kota Memphis (kota Mesir kuno)

YUNANI

Daerah sekitar Attica Yunani dihuni sejak zaman Upper Paleolithic (30.000–10.000 SM), tetapi bukti arkeologi hanya dapat menunjukkan bahwa gua-gua kecil di sekitar "Acropolis of Athens" dan mata air "Klepsythra" digunakan dalam masa Neolithic (3000–2800 SM).

Di daerah Yunani inilah kebudayaan Eropapertama kali muncul, dimulai dengan peradaban "Cycladic" di kepulauan Laut Aegea sekitar 3000 SM, peradaban "Minoan" di pulau Kreta (2700–1500 SM) dan peradaban "Mycenaean Greece" di tanah utama (1900–1100 SM). Periode antara 1200 dan 800 SM dikenal sebagai "Greek Dark Ages" diperkirakan setelah serangan orang Doria, yang mengakhiri zaman Mycenea. Dua karya sastra Yunani terkenal, Illiad dan Odyssey karya Homer, ditulis dalam zaman ini.

ISRAEL

Negara Israel juga merupakan negara tertua di dunia, Tanah Israel, yang dikenal dalam bahasa Ibrani sebagai Eretz Yisrael, merupakan tanah suci orang Yahudi. Menurut kitab Taurat, Tanah Israel dijanjikan kepada tiga Patriark Yahudi oleh Tuhan sebagai tanah air mereka. Pada cendekiawan memperkirakan periode ini ada pada milenium ke-2 SM.

Menurut pandangan tradisional, sekitar abad ke-11 SM, beberapa kerajaan dan negara Israel didirikan disekitar Tanah Israel; Kerajaan-kerajaan dan negara-negara ini memerintah selama seribu tahun ke depan.

Antara periode Kerajaan-kerajaan Israel dan penaklukan Muslim abad ke-7, Tanah Israel jatuh di bawah pemerintahanKerajaan Israel,Kerajaan Yehuda Asiria, Babilonia, Persia, Yunani, Romawi, Sassania, dan Bizantium.
Israel merupakan satu-satunya negara Yahudi di dunia.

IRAN (PERSIA)

Dari tulisan-tulisan sejarah, peradaban Iran yang pertama ialah Proto-Iran, diikuti dengan peradaban Elam. Pada milenium kedua, dan ketiga, Bangsa Arya hijrah ke Iran, dan mendirikan kekaisaran pertama Iran, Kekaisaran Media (728-550 SM). Kekaisaran ini telah menjadi simbol pendiri bangsa, dan juga kekaisaran Iran, yang disusul dengan Kekaisaran Achaemenid (648–330 SM) yang didirikan oleh Cyrus Agung.

Koresh yang Agung juga terkenal sebagai pemerintah pertama yang mewujudkan undang-undang mengenai hak-hak kemanusiaan, tertulis di atas artefak yang dikenal sebagai Silinder Cyrus. Ia juga merupakan pemerintah pertama yang memakai gelar Agung, dan juga Shah Iran. Di zamannya, perbudakan dilarang di kawasan-kawasan taklukannya (juga dikenal sebagai Kekaisaran Persia.) Gagasan ini kemudian memberi dampak yang besar pada peradaban-peradaban manusia setelah zamannya.

ITALIA (ROMAWI)

Romawi adalah sebuah entitas politik yang pernah berkuasa di Italia saat ini dengan Roma sebagai pusat pemerintahannya. Walaupun kota Roma telah berdiri sejak tahun 753 SM, perlu waktu 500 tahun bagi pemerintah Romawi untuk meneguhkan kekuasaannya hingga melewati semenanjung Italia.

Dalam proses memperluas kekuasaannya, Romawi berbenturan dengan Kartago(pemerintahan yang didirikan tahun 814 SM oleh bangsa Fenisia). Akibatnya, keduanya berperang dalam sebuah peperangan yang disebut Perang Punic (264-241 SM). Perang ini berakhir dengan direbutnya kota Kartagooleh Romawi pada tahun 146 SM, yang menandai permulaan dari dominasi pemerintahan Romawi di Eropa, yang terus berkuasa dengan kekuasaan tertinggi selama enam abad berikutnya.

IRAK

Secara historis Irak dikenal sebagai Mesopotamia, yang secara harafiah berarti "di antara dua sungai " dalam bahasa Yunani. Tanah ini menjadi tempat kelahiran peradaban pertama dunia yang dikenal, budaya Sumeria, diikuti dengan budaya Akkadia, Babilonia dan Asyur yang pengaruhnya meluas ke daerah-daerah tetangganya sejak sekitar 5000 SM.

Peradaban-peradaban ini menghasilkan tulisan tertua dan sebagian dari ilmu pengetahuan, matematika, hukum dan filsafatyang pertama di dunia, hingga menjadikan wilayah ini pusat dari apa yang umumnya dikenal sebagai "Buaian Peradaban". Peradaban Mesopotamia kuno mendominasi peradaban-peradaban lainnya pada zamannya.

Pada abad ke-6 SM, wilayah ini menjadi bagian dari Kekaisaran Persia di bawah Koresy Agung selama hampir 4 abad, sebelum ditaklukkan oleh Alexander Agungdan tetap berada di bawah kekuasaan Kerajaan Makedonia selama hampir dua abad. Sebuah suku bangsa Iran dari Asia Tengah yang bernama Parthia kemudian merebut wilayah ini, diikuti dengan Dinasti Sassanid Persia selama 9 abad, hingga abad ke-7.

CHINA (MONGOL)

Negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia ini telah berdiri sejak tahun 221. Beijing merupakan ibukota dari negara yang menganut sistem pemerintahan Republik ini. Negara ini juga merupakan negara terbesar di Asia yang juga terkenal dengan sejarah panjangnya menganai cerita berbagai Dinasti yang berkembang selama ini.

Negara yang berhaluan komunis ini bertetanggaan dengan RRM di sebelah Utara, L.Cina Timur disebelah Timur dan L.Kuning serta Nepal, Bhutan, India, Myanmar, Laos, Vietnam disebelah Selatan dan disebelah Barat ada Pakistan dan Afganistan.

JEPANG

Jepng sudah berdiri sejak tahun 660 SM. Negara yang beribukotakan di Tokyo ini menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional. Jepang dikenal sebagai negara yang maju di bidang teknologi. Selain itu, negara ini merupakan satu–satunya negara Asia yang pernah menjajah bangsa lain.

Jepang merupakan negara kepulauan yang berbatasan dengan Laut Okhstosk disebelah utara, Samudra Pasifik di sebelah Timur, L.Cina Timur dan L.Filiphina di seblah Selatan dan L.Jepang dan Selat Korea disebelah Barat.

Itulah daftar Negara Tertua Di Dunia, jika ada kesalahan informasi silahkan beri komentar pada kotak di bawah.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Daftar Negara Tertua Di Dunia Yang Sebenarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel