Inilah 7 Daftar Gedung Tertinggi di Dunia

Zaman sekarang pembangunan di sebuah negara terus mengalami peningkatan, bahkan juga berlomba-lomba untuk menjadi yang tertinggi di dunia.

Berikut ini adalah Daftar Gedung pencakar langit Tertinggi di Dunia :

7. Guangzhou CTF Finance Centre


Pembangunan gedung ini dimulai pada 2010, namun baru selesai enam tahun kemudian. Secara keseluruhan, CTF Finance Centre merupakan bangunan setinggi 530 meter

Pada tahun lalu, gedung bangunan ini sempat bertengger di posisi lima bangunan tertinggi di dunia. Akan tetapi posisinya harus turun dua tingkat setelah Ping An Finance Center dan Lotte World Center di Korea menjejal posisi keempat dan kelima.

6. One World Trade Center


Kehadiran One World Trade Center setinggi 541 meter, kembali menegaskan posisi Manhattan sebagai kota pusat bisnis. Bangunan ini sekaligus menjadi ikon baru bagi Amerika Serikat.

One WTC merupakan tengara arsitektur yang mudah diingat, karena terhubung dengan akses transportasi bawah tanah yang luas.

Bangunan yang rampung tiga tahun lalu itu menambah panjang deretan kecerdikan Amerika dalam merancang konstruksi bertingkat tinggi.

5. Lotte World Center


Inspirasi bentuk bangunan setinggi 554,5 meter ini diambil dari bentuk seni tradisional Korea. Dengan bentuk yang ramping, Lotte World Center akan menjadi bangunan yang menonjol diantara bangunan sekitarnya.

Bangunan yang masih dalam tahap proses konstruksi ini nantinya akan menjadi tempat bagi ritel, perkantoran, hotel bintang tujuh dan officetel.

Officetel merupakan sebuah tren real estate di Korea Selatan, yang menawarkan akomodasi bergaya studio dan apartemen bagi orang-orang yang bekerja di gedung tersebut.

4. Ping An Finance Center


Berlokasi di Distrik Futian, Shenzhen, bangunan setinggi 599 meter ini menjadi generasi terbaru gedung pencakar langit prototipikal di Asia.

Ping An Finance Center menjadi bangunan yang terhubung dengan kawasan properti komersial dan residensial, serta koridor rel berkecepatan tinggi Pearl River Delta.

Gedung yang baru saja selesai pada tahun ini tersebut, seakan menjadi saksi bagi kota yang pertumbuhannya begitu pesat dalam 35 tahun terakhir, yaitu dari 300.000 jiwa menjadi 10 juta jiwa, pasca ditetapkan sebagai Zona Ekonomi Khusus pertama di China.

3. Makkah Rooyal Clock Tower


Terletak di jantung kota suci umat Islam, Makkah Royal Clock Tower membawa suasana modern di kota bersejarah Mekkah. Menara ini dikembangkan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari King Abdulaziz Endowment Project.

Bangunan setinggi 601 meter juga menjadi akomodasi bagi umat muslim dari seluruh dunia pada saat melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya.

Tempat ini juga berdekatan dengan lokasi Masjidil Haram, yang dapat menampung hingga dua juta jamaah selama berlangsungnya ibadah haji.

2. Shanghai Tower


Sebagai menarak ketiga dari trio gedung pencakar langit di jantung Zona Keuangan dan Perdagangan Lujiazui, Shanghai Tower merupakan sebuah wujud dari prototipe bangunan tinggi.

Berada di dekat Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center, bangunan setinggi 632 meter ini memiliki fasad melengkung dan spiral.

1. Burj Khalifa


Bangunan yang telah selesai dibangun konstruksinya sejak 2010 ini, tetap berdiri kokoh sebagai bangunan tertinggi di dunia.

Dengan menggabungkan teknologi terdepan dan pengaruh kebudayaan, bangunan setinggi 828 meter ini berfungsi sebagai ikon global yang juga menjadi model bagi pusat peradapan manusia di masa depan.


Saat ini, Burj Khalifa di Dubai adalah gedung tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 828 meter.

Namun, sebuah bangunan yang disebut Jeddah Tower di Arab Saudi, digadang-gadang akan menjadi gedung tertinggi di dunia selanjutnya.


Sebab, bangunan yang masih dalam proses pembangunan ini telah mencapai ketinggian 252 meter pada akhir 2017.

Dilaporkan, bangunan yang pembangunan telah menelan biaya sekitar Rp 8,6 triliun ini akan dibuka pada tahun 2020.

Nantinya, Jeddah Tower akan menjadi ikon Jeddah Economic City, sebuah proyek komersial yang akan menawarkan rumah, hotel, kantor, serta tempat-tempat wisata.

Dua pendukung proyek paling menonjol ini adalah Pangeran Arab Saudi Al-Waleed bin Talal dan Bakr Bin Laden, ketua perusahaan konstruksi Jeddah Tower Bin Laden Group.

Itulah daftar Gedung pencakar langit Tertinggi di Dunia.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 7 Daftar Gedung Tertinggi di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel