Inilah Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Sulawesi Tengah Indonesia

Sulawesi Tengah adalah sebuah provinsi di bagian tengah Pulau Sulawesi, Indonesia. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Palu. Luas wilayahnya 61.841,29 km², dan jumlah penduduknya 3.222.241 jiwa.


Sulawesi Tengah memiliki wilayah terluas di antara semua provinsi di Pulau Sulawesi, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Pulau Sulawesi setelah provinsi Sulawesi Selatan.

Sedangkan Kota dengan jumlah penduduk terbanyak adalah Kota Palu sebanyak 362.202 jiwa. Laju pertumbuhan penduduk adalah 1,95% per tahun (2010). Sementara penduduk Provinsi Sulawesi Tengah yang tinggal di daerah pemukiman dan pedalaman ialah sekitar 30%, daerah pesisir 60%, dan kawasan kepulauan ialah 10%.

Berikut ini kami telah merangkum Daftar Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Sulawesi Tengah berdasarkan jumlah penduduk :

1. Kabupaten Parigi Moutong

Kabupaten Parigi Moutong adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Parigi. Kabupaten Parigi Moutong melingkupi sebagian besar dari daerah pantai timur Sulawesi Tengah dan Teluk Tomini.

Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Sulawesi Tengah dengan jumlah penduduk mencapai 444.513 jiwa tahun 2017 dengan luas wilayah sekitar 6.231,85 km2.

2. Kabupaten Banggai

Kabupaten Banggai, adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Luwuk.

Kabupaten Banggai merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat kedua di Provinsi Sulawesi Tengah dengan jumlah penduduk mencapai 359.495 tahun 2017 dan memiliki luas wilayah sekitar 9.672 km².

Kabupaten Banggai menjadi salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, baik berupa hasil laut (ikan, udang, mutiara, rumput laut dan sebagainya), aneka hasil bumi (kopra, sawit, coklat, beras, kacang mente dan lainnya) serta hasil pertambangan (nikel yang sedang dalam taraf eksplorasi) dan gas (Blok Matindok dan Senoro).

3. Kabupaten Donggala

Kabupaten Donggala adalah sebuah kabupatendi provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten sekaligus pusat administrasi terletak di Kota Donggala.

Kabupaten Donggala merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-3 di Provinsi Sulawesi Tengah dengan jumlah penduduk mencapai 301.757 jiwa dengan luas wilayah sekitar 4275,08 km².

Kabupaten Donggala terdiri dari 16 kecamatan dan 166 desa/kelurahan. Donggala mengelilingi wilayah Kota Palu, dan berbatasan dengan Parigi Moutong di bagian timur, Tolitoli di bagian utara dan timur laut, Sigi di bagian selatan, dan Sulawesi Barat di bagian barat dan barat daya.

4. Kabupaten Sigi

Kabupaten Sigi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibukotanya adalah Bora yang berada di Kecamatan Sigi Biromaru.

Kabupaten Sigi merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-4 di provinsi Sulawesi Tengah dengan jumlah penduduk mencapai 247.057 jiwa tahun 2017 dengan luas wilayah sekitar 5.196 km2.

Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Donggala.

5. Kabupaten Poso

Kabupaten Poso adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia.
Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Poso.

Kabupaten ini mempunyai luas wilayah sebesar 8.712,25 km² dan merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-5 di provinsi Sulawesi Tengah dengan jumlah penduduk mencapai 243.025 jiwa tahun 2017.

Itulah daftar kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Sulawesi Tengah berdasarkan jumlah penduduk. Jika ada Kekeliruan silahkan berkomentar di bawah artikel.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Sulawesi Tengah Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel