Inilah 7 Universitas Terbaik dan Terbesar di Kota Bogor Jawa Barat

Bogor adalah salah satu kota di provinsi Jawa Barat yang letaknya sangat strategis dan dekat dengan Ibukota negara. Tak heran jika ada beberapa perguruan tinggi di Bogor baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Berikut ini kami merangkum daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Terpopuler di Kota Bogor :

1. Institut Pertanian Bogor

Lokasi : Jl. Raya Darmaga, Kampus IPB Darmaga, Bogor, Jawa Barat.

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan perguruan tinggi terbaik di Bogor, bahkan masuk ke dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Kampus ini memiliki wilayah yang sangat luas. Untuk kegiatan belajar mengajar ada lima lokasi kampus, yakni kampus IPB Darmaga, kampus IPB Baranang Siang, kampus IPB Gunung Gede, kampus IPB Cilibende, dan kampus IPB Taman Kencana.

Meski merupakan kampus pertanian, namun jurusan di kampus ini tidak melulu menyoal pertanian kok. Ada juga jurusan Statistika, Ilmu Komputer, Matematika, Kimia, Kedokteran hewan, teknik sipil dan lingkugan, dan masih banyak lagi.

2. Universitas Pakuan Bogor


Lokasi : Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143 Jawa Barat Indonesia

Universitas Pakuan atau yang biasa disebut Unpak beridri sejak tahun 1980. Lokasinya berada di Jalan Pakuan. Jurusan unggulan di universitas ini yakni Ilmu Hukum dan Administrasi Pendidikan. Jadi, bagi kamu yang tertarik dengan dunia hukum atau pendidikan, bisa banget nih mencoba mendaftar di Unpak.

Unpak menyelenggarakan pendidikan jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), dan doktor (S3). Universitas ini sudah berhasil mencetak lulusan yang unggul loh, salah satunya yakni Bupati Bogor Ibu Nurhayati yang lulus merupakan dari Fakultas Hukum tahun 1991.

3. Universitas Djuanda Bogor

Lokasi : Jl. Tol Ciawi No1, Ciawi-Bogor, West Java, Bogor, Jawa Barat 16720

Bagi kamu yang ingin kuliah di dekat daerah puncak atau Sukabumi, Universitas Djuanda jawabannya. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat suasana kampus ini sejuk dan nyaman untuk belajar.

Beberapa fakultas yang ada di universitas ini antara lain :

  • Fakultas Ekonomi, 
  • Fakultas Hukum, 
  • FISIP, 
  • Fakultas Ekonomi, 
  • Fakultas Pertanian, 
  • Fakultas Ilmu Pangan Halal Islam,
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

4. Universitas Ibnu Khaldun

Lokasi : Jl. Baru, Kedung Badak, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16162

Universitas Ibnu Khaldun, dari namanya saja kita sudah bisa tahu bahwa univeritas ini berafaskan Islam. Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) merupakan kampus Islam tertua di Bogor karena sudah berdiri sejak 1961. Tepatnya pada tanggal 23 April 1961 (7 Dzul Qaidah 1380 H).

Meski merupakan perguruan tinggi Islam, namun UIKA juga membuka fakultas dan jurusan ilmu umum seperti Fakultas HukuM, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Kesehatan.

5. Universitas Nusa Bangsa

Lokasi : Jalan KH. Sholeh Iskandar KM. 4, Tanah Sereal, Cibadak, Tanah Sereal, Bogor, Jawa Barat 16166

Dibandingkan dengan universitas yang telah disebutkan di atas, Universitas Nusa Bangsa merupakan yang termuda, yakni berdiri sejak 19 Juli 1989. Saat ini UNB sudah memuluskan setidaknya 2.500 mahasiswa.

Bagi anda yang ingin kuliah sambil bekerja, kamu bisa memilih UNB sebagai tempat kuliah yang tepat. Sebab sistem pembelajaran di kampus ini memungkinkan mahasiswanya untuk bekerja sambilan, selain itu biaya kuliah di UNB juga relatif terjangkau.

Program Studi dan Fakultas di UNB yakni :

  • Fakultas Pertanian, 
  • Fakultas MIPA, 
  • Fakultas Kehutanan,
  • Fakultas Ekonomi. 

6. STKIP MUHAMMADIYAH BOGOR 

Lokasi : Jalan Raya Leuwiliang No.106, Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat 16640

Gagasan pendirian lembaga Pendidikan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Kabupaten Bogor sesungguhnya sudah lama digulirkan, yakni mulai tahun 1996, dan kembali diangkat dalam forum Musyawarah Daerah (MUSYDA) Muhammadiyah Kabupaten Bogor tahun 2000 di Cileungsi.

Berbekal rekomendasi-rekomendasi dan data-data pendukung lainnya, lembaga pendidikan tinggi tersebut diusulkan ke Dikti Depdiknas RI. Namun dalam realisasi perizinan, berdasarkan SK Dikti Diknas RI, No. 142/D/O/2009, tentang Izin pendirian dan pemubkaan program-program studi STKIP Muhammadiyah Bogor, dengan 3 program studi yaitu ;

1. S.1 Administrasi Pendidikan
2. S.1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
3. S.1 Pendidikan Bahasa Inggris

7. POLITEKNIK AKA BOGOR

Lokasi : Jalan Pangeran Sogiri No. 283, Tanah Baru, Bogor Utara, Tanah Baru, Bogor Utara, Tanah Baru, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16154

Politeknik AKA Bogor, didirikan di Bogor, Jawa Barat pada tahun 1959 oleh Departemen Perindustrian Rakyat untuk menyelenggarakan program Sarjana Muda dengan tujuan untuk menyediakan analis tingkat akademi yang diperlukan oleh Balai Penelitian Kimia Bogor (sekarang Balai Besar Industri Agro Bogor).

Sebagai unit pendukung perindustrian, tugas Politeknik AKA Bogor adalah untuk menyediakan SDM Kimia Analisis yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan dan mengembangkan industri. Untuk menjadi negara industri maju, industri memerlukan tambahan SDM Kimia Analisis yang cukup besar dari segi jumlah maupun dari segi kualitas dan tingkat keahlian.

Sasaran tingkat keahlian pendidikan ini adalah kemampuan analis kimia secara mandiri, mampu mengembangkan keahliannya, mampu membina bawahannya dan memiliki dan dasar keahlian manajerial.

Itulah beberapa daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Populer di kota Bogor Jawa Barat.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 7 Universitas Terbaik dan Terbesar di Kota Bogor Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel