Social Items

Berikut ini adalah Daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Populer di Provinsi Banten Indonesia :

1. UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA


Lokasi : Jalan Raya Jakarta Km 4, Panancangan, Cipocok Jaya, Banjaragung, Kota Serang, Banten 42124

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa disingkat Untirta, adalah PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang terdapat di Provinsi Banten, Indonesia. Dengan kampus utama di Serang dan kampus Fakultas Teknik yang berada di Cilegon.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri No. 1 di Indonesia yang berada di Provinsi Banten. Universitas ini dididrikan oleh orang-orang yang memiliki keinginan untuk memajukan dunia pendidikan di Banten. Universitas ini sudah memiliki prestasi-prestasi yang membanggakan di nasional dan terus akan melakukan prestasinya di dunia international.

Fakultas dan Program Studi diantaranya :

- Fakultas Teknik
- Fakultas Ekonomi dan Bisnis
- Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan
- Fakultas Pertanian
- Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
- Fakultas Hukum
- Program Pascasarjana

2. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH


Lokasi : Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Cempaka Putih, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta atau UIN Jakarta adalah sebuah universitas Islam negeri yang terletak di Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Sebelumnya, perguruan tinggi ini dikenal dengan nama IAIN Syarif Hidayatullahatau IAIN Jakarta.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah menjalankan mandatnya sebagai institusi pembelajaran dan transmisi ilmu pengetahuan, institusi riset yang mendukung proses pembangunan bangsa, dan sebagai institusi pengabdian masyarakat yang menyumbangkan program-program peningkatan kesejahteraan sosial.

Selama setengah abad itu pula, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah melewati beberapa periode sejarah sehingga sekarang ini telah menjadi salah satu universitas Islam terkemuka di Indonesia.

Fakultas dan Program Studi diantaranya :

- Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
- Fakultas Adab dan Humaniora
- Fakultas Ushuluddin
- Fakultas Syariah dan Hukum
- Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
- Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI)
- Fakultas Psikologi
- Fakultas Ekonomi dan Bisnis
- Fakultas Sains dan Teknologi
- Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan
- Fakultas Sosial dan Politik
- Progam Pascasarjana

3. UNIVERSITAS PELITA HARAPAN (UPH)


Lokasi : Jl. MH. Thamrin Boulevard 1100 Lippo Village, Kelapa Dua, Karawaci, Tangerang, Banten 15811

Universitas Pelita Harapan merupakan salah satu universitas swasta di Indonesia yang didirikan pada bulan Mei 1994 oleh Ir. Johannes Oentoro dan Dr. (HC) James Riady (Grup Lippo). Awalnya UPH menempati gedung sementara di Gedung Lippo Bank, Kedoya, Jakarta, kemudian pindah ke gedung Menara Asia, di kota mandiri Lippo Karawaci, Tangerang.

Tanggal 5 September 1994, kegiatan perkuliahan dimulai di Menara Asia dengan kurang lebih 250 mahasiwa di 3 fakultas dan 8 jurusan, sementara pembangunan gedung UPH Tower berjalan.

Pada tahun 2006, UPH juga membuka kelas internasional bagi mereka yang ingin mendapatkan gelar Sarjana di Indonesia. Sedangkan untuk program S2 Master, UPH membuka kelas di kawasan Semanggi, Jakarta. Tahun 2007, UPH membuka cabang diluar Jabodetabek, yaitu di Surabaya, Jawa Timur dengan 6 program sarjana S-1 dan 2 program S-2 master.

Fakultas dan Program Studi diantaranya :

- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Ilmu Komputer
- Fakultas Desain
- Fakultas pendidikan
- Fakultas Sains dan Teknologi
- Fakultas Kedokteran
- Fakultas Hukum
- Fakultas ilmu seni
- Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan
- Fakultas Psikologi
- Fakultas Ilmu Filsafat
- Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik

4. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)


Lokasi : Jalan Raya PLP Curug, Serdang Wetan, Legok, Serdang Wetan, Legok, Tangerang, Banten 15820

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI ) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Departemen Perhubungan Republik Indonesia. STPI Curug terletak di Kecamatan Legok Kewedanaan Curug Kabupaten Tangerang Propinsi Banten.

STPI Curug memiliki tugas dan fungsi mendidik putra putri terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang diakui secara nasional maupun internasional.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya STPI Curug memiliki 4 (empat) jurusan pendidikan, yaitu Jurusan Penerbang, Jurusan Teknik Penerbangan, Jurusan Keselamatan Penerbangan dan Jurusan Manajemen Penerbangan. Setiap jurusan pendidikan terbagi dalam beberapa program studi sesuai dengan minat dan bakat peserta pendidikan dan pelatihan.

5. Universitas Serang Raya (UNSERA)


Lokasi : Jalan Raya Serang, Cilegon KM. 5 Taman Drangong Serang, Drangong, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42116

Universitas Serang Raya, disingkat UNSERA, adalah sebuah perguruan tinggi swasta di wilayah Provinsi Banten dan merupakan penggabungan dua perguruan tinggi yaitu STMIK Serang dan STIE Serang yang berada di naungan Yayasan Pendidikan Informatika.

'''Universitas Serang Raya''' sudah di anggap merupakan sebuah perguruan tinggi swasta terbaik di Provinsi Banten. Universitas Serang Raya telah melewati tahun demi tahun, dan hingga saat ini Universitas Serang Raya telah menjadi salah satu Universitas terbaik di Provinsi Banten dan memiliki Mahasiswa yang sudah banyak.

Fakultas dan Jurusan :

- Fakultas Teknologi Informasi (FTI)
- Fakultas Teknik (FT)
- Fakultas Ekonomi (FE)
- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
- Program Diploma

6. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)


Lokasi : Jl. Scientia Boulevard, Gading Serpong, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Curug Sangereng, Klp. Dua, Tangerang, Banten 15811

Universitas Multimedia Nusantara adalah sebuah universitas yang berdiri pada tahun 2006 dengan kampus definitif yang berada di daerah Summarecon Serpong, Tangerang.

Universitas ini diresmikan pendiriannya pada tanggal 20 November 2006. Fokus pendidikannya adalah dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Universitas ini didirikan oleh Kelompok Kompas Gramedia, sebuah kelompok usaha terkemuka yang bergerak di bidang media massa, penerbitan, percetakan, toko buku hotel dan jasa pendidikan. Sebagai pendiri, Kompas Gramedia mendukung UMN tidak saja dalam hal penyediaan sarana fisik tetapi juga tenaga pengajar dan sarana kerja magang bagi mahasiswanya.

Fakultas diantaranya :

- Fakultas Komunikasi
- Fakultas Seni dan Desain
- Fakultas Teknik dan Informatika
- Fakultas Ekonomi

7. Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH)


Lokasi : Jalan Jendral Sudirman No. 30, Panancangan, Cipocok Jaya, Sumurpecung, Kecamatan Serang, Sumurpecung, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42118

Berdirinya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) “Sultan Maulana Hasanuddin” (SMH) Banten mereflesikan semangat perjuangan ummat Islam Banten yang dimulai sejak tahun 1961 ketika pertama kali Universitas Maulana Yusuf dibuka sampai dengan diresmikannya IAIN “SMH” Banten pada tahun 2004.

IAIN “SMH” Banten berasal dari Fakultas Syari’ah “Maulana Yusuf” yang didirikan oleh masyarakat Banten bersama Korem 064 Maulana Yusuf. Operasi Bhakti Korem 064 yang sedang melaksanakan pembangunan di wilayah Banten berniat mendirikan Universitas Maulana Yusuf.

8. Universitas Swiss German (SGU)


Lokasi : The Prominence Tower, Jalan Jalur Sutera Barat Kav 15, Alam Sutera, Panunggangan Timur, Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143

Universitas Swiss German atau SGU adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terdapat di Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Kampus Universitas Swiss German Serpong berada di Bumi Serpong Damai.SGU adalah universitas yang disponsori Foundation (Yayasan Swiss Jerman University-Asia) untuk wilayah ASEAN, yang didirikan pada tahun 2000, adalah upaya bersama antara Jerman, Austria, Swiss dan Indonesia.

Berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang bermutu sesuai dengan standar internasional, SGU didirikan sebagai sebuah institusi dengan komitmen jangka panjang di Indonesia. SGU bertujuan untuk mengembangkan tenaga profesional untuk memenuhi kebutuhan lulusan yang berkualitas untuk memperkuat hubungan antara Asia dan Eropa.

9. Institut Teknologi Indonesia Serpong (ITI)


Lokasi : Jl. Raya Puspitek, Kelurahan Setu, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan 15320, Banten

Institut Teknologi Indonesia adalah perguruan tinggi swasta yang dibentuk oleh Persatuan Insinyur Indonesia melalui Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia untk memenuhi kebutuhan tenaga insinyur teknik di Indonesia pada 2 Juni 1984.

Pada awal berdirinya, ITI dikawal oleh beberapa nama besar tokoh-tokoh PII seperti Baharuddin Jusuf Habibie, Hartarto, Aburizal Bakrie, Ismet Iskandar, Tamudji, dan G.M. Tambubolon, dan mantan Mendikbud Prof. Dr Wardiman. Pada 1 Oktober 1984, ITI diresmikan oleh Prof. Dr. Ing B.J. Habibie di Gedung Graha Purna Yudha Jakarta, dan tanggal tersebut ditetapkan sebagai Dies Natalis ITI

ITI berlokasi di daerah Serpong Banten yang kental dengan suasana teknologinya karena berdekatan dengan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serpong.

ITI memiliki beberapa program studi diantaranya:

Program Sarjana (S1) :

  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Teknik Industri
  • Teknik Kimia
  • Teknik Informatika
  • Teknik Sipil
  • Arsitektur
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Teknologi Industri PertanianManajemen

10. Surya University (SU)


Lokasi : Gedung Unity, Summarecon Serpong Tangerang Banten

Surya University (Akronim: SU) atau Universitas Surya adalah sebuah universitas yang didirikan pada tahun 2013 oleh tokoh pendidikan dan fisikawan Yohanes Surya. Kampus sementara Surya University berada di daerah Scientia Garden, Summarecon Serpong, Tangerang - Banten.

Beberapa dosen terkenal seperti: Onno Purbo, Sidrotun Naim, Taruna Ikrar, Prof. Dr. Irwandi Jaswir, Aretha Aprilia, Irawan Satriotomo dan Hokky Situngkir bergabung dengan Universitas ini.

Pada 3 September 2013, Universitas ini mengadakan Kuliah Perdana untuk pertama kalinya bagi angkatan 2013 di Jakarta Convetion Center, dan dihadiri oleh Wakil Presiden Indonesia Prof. Dr. H. Boediono, M.Ec. dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Roy Suryo.

11. UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA


Lokasi : Jalan Cendrawasih Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, Sawah Baru, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) didirikan melalui pengalaman panjang grup Jaya yang telah melahirkan berbagai mahakarya properti dan pembangunan infrastruktur monumental di DKI Jaya dan 25 kota di Indonesia serta pengalaman menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah berkualitas sejak tahun 1992.

Kampus ini Dirintis oleh entrepreneur senior dan terkemuka, Dr. (HC) Ir. Ciputra sejak tahun 1961, Pembangunan Jaya merupakan pelopor dan inovator bisnis modern yang ungul di sejumlah bidang usaha (Infrastruktur, Industri pengembangan kota, dan pusat rekreasi).

Berbekal reputasi kualitas unggul, kepelaporan dan inovasi, Grup Jaya mengembangkan Universitas Pembangunan Jaya sebagai pusat pendidikan tinggi dengan keunggulan di bidang Urban Lifestyle and Urban Development.

12. UNIVERSITAS BANTEN JAYA


Lokasi : Warung Pojok, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117

Fakultas Teknik Peningkatan status dari Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Banten Jaya Serang. Secara resmi didirikan tanggal 02 Januari 2002 melalui surat keputusan Mentri Pendidikan Nasional RI. Nomor 05/S/O/2002, tentang ijin Pendirian Dan Penyelenggaraan Program Studi STT Banten Jaya Serang.

Program Studi Teknik Sipil (S1)

Program Studi Teknik Sipil akan menghasilkan sarjana Teknik Sipil yang dapat bekerja dalam bidang perencanaan, perancangan, pengawasaan dan pengelolaan manajemen konstruksi dan wira usaha. Lulusan dapat bekerja dibidang Jasa Konsultasi dan konstruksi, dan dapat bekerja di instansi pemerintah, BUMN dan wira usaha.

Perogram Studi Teknik Industri (S1)

Program Studi Teknik Industri akan menghasilkan sarjana teknik yang berkemampuan tinggi dalam perencanaan penyusunan, perbaikan dan pengoprasian sistem-sistem yang terintegrasi yang terdiri dari manusia, peralatan, bahan-bahan, uang, informasi dan energi serta wirausaha. Lulusan dapat bekerja di instansi pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, BUMD, peneliti bidang industri manufacturing serta wirausaha.

Program Studi Teknik Lingkungan(S1)

Perospek Lulusan sarjana Teknik Lingkungan sangat baik dan berpeluang besar untuk bersaing dalam pekerjaan berkaitan denganteknik lingkungan. Lulusan dapat bekerja terutama dalam membantu perusahaan untuk membuat dokumen AMDL, UKL/UPL, PROPER, DPPL, Audit Lingkungan dan ISO 14001 serta wira usaha.

Itulah 12 Daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Terpopuler di Provinsi Banten

Inilah 12 Universitas Terbaik dan Terpopuler di Provinsi Banten Indonesia

Berikut ini adalah Daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Populer di Provinsi Banten Indonesia :

1. UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA


Lokasi : Jalan Raya Jakarta Km 4, Panancangan, Cipocok Jaya, Banjaragung, Kota Serang, Banten 42124

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa disingkat Untirta, adalah PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang terdapat di Provinsi Banten, Indonesia. Dengan kampus utama di Serang dan kampus Fakultas Teknik yang berada di Cilegon.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri No. 1 di Indonesia yang berada di Provinsi Banten. Universitas ini dididrikan oleh orang-orang yang memiliki keinginan untuk memajukan dunia pendidikan di Banten. Universitas ini sudah memiliki prestasi-prestasi yang membanggakan di nasional dan terus akan melakukan prestasinya di dunia international.

Fakultas dan Program Studi diantaranya :

- Fakultas Teknik
- Fakultas Ekonomi dan Bisnis
- Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan
- Fakultas Pertanian
- Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
- Fakultas Hukum
- Program Pascasarjana

2. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH


Lokasi : Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Cempaka Putih, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta atau UIN Jakarta adalah sebuah universitas Islam negeri yang terletak di Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Sebelumnya, perguruan tinggi ini dikenal dengan nama IAIN Syarif Hidayatullahatau IAIN Jakarta.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah menjalankan mandatnya sebagai institusi pembelajaran dan transmisi ilmu pengetahuan, institusi riset yang mendukung proses pembangunan bangsa, dan sebagai institusi pengabdian masyarakat yang menyumbangkan program-program peningkatan kesejahteraan sosial.

Selama setengah abad itu pula, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah melewati beberapa periode sejarah sehingga sekarang ini telah menjadi salah satu universitas Islam terkemuka di Indonesia.

Fakultas dan Program Studi diantaranya :

- Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
- Fakultas Adab dan Humaniora
- Fakultas Ushuluddin
- Fakultas Syariah dan Hukum
- Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
- Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI)
- Fakultas Psikologi
- Fakultas Ekonomi dan Bisnis
- Fakultas Sains dan Teknologi
- Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan
- Fakultas Sosial dan Politik
- Progam Pascasarjana

3. UNIVERSITAS PELITA HARAPAN (UPH)


Lokasi : Jl. MH. Thamrin Boulevard 1100 Lippo Village, Kelapa Dua, Karawaci, Tangerang, Banten 15811

Universitas Pelita Harapan merupakan salah satu universitas swasta di Indonesia yang didirikan pada bulan Mei 1994 oleh Ir. Johannes Oentoro dan Dr. (HC) James Riady (Grup Lippo). Awalnya UPH menempati gedung sementara di Gedung Lippo Bank, Kedoya, Jakarta, kemudian pindah ke gedung Menara Asia, di kota mandiri Lippo Karawaci, Tangerang.

Tanggal 5 September 1994, kegiatan perkuliahan dimulai di Menara Asia dengan kurang lebih 250 mahasiwa di 3 fakultas dan 8 jurusan, sementara pembangunan gedung UPH Tower berjalan.

Pada tahun 2006, UPH juga membuka kelas internasional bagi mereka yang ingin mendapatkan gelar Sarjana di Indonesia. Sedangkan untuk program S2 Master, UPH membuka kelas di kawasan Semanggi, Jakarta. Tahun 2007, UPH membuka cabang diluar Jabodetabek, yaitu di Surabaya, Jawa Timur dengan 6 program sarjana S-1 dan 2 program S-2 master.

Fakultas dan Program Studi diantaranya :

- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Ilmu Komputer
- Fakultas Desain
- Fakultas pendidikan
- Fakultas Sains dan Teknologi
- Fakultas Kedokteran
- Fakultas Hukum
- Fakultas ilmu seni
- Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan
- Fakultas Psikologi
- Fakultas Ilmu Filsafat
- Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik

4. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)


Lokasi : Jalan Raya PLP Curug, Serdang Wetan, Legok, Serdang Wetan, Legok, Tangerang, Banten 15820

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI ) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Departemen Perhubungan Republik Indonesia. STPI Curug terletak di Kecamatan Legok Kewedanaan Curug Kabupaten Tangerang Propinsi Banten.

STPI Curug memiliki tugas dan fungsi mendidik putra putri terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang diakui secara nasional maupun internasional.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya STPI Curug memiliki 4 (empat) jurusan pendidikan, yaitu Jurusan Penerbang, Jurusan Teknik Penerbangan, Jurusan Keselamatan Penerbangan dan Jurusan Manajemen Penerbangan. Setiap jurusan pendidikan terbagi dalam beberapa program studi sesuai dengan minat dan bakat peserta pendidikan dan pelatihan.

5. Universitas Serang Raya (UNSERA)


Lokasi : Jalan Raya Serang, Cilegon KM. 5 Taman Drangong Serang, Drangong, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42116

Universitas Serang Raya, disingkat UNSERA, adalah sebuah perguruan tinggi swasta di wilayah Provinsi Banten dan merupakan penggabungan dua perguruan tinggi yaitu STMIK Serang dan STIE Serang yang berada di naungan Yayasan Pendidikan Informatika.

'''Universitas Serang Raya''' sudah di anggap merupakan sebuah perguruan tinggi swasta terbaik di Provinsi Banten. Universitas Serang Raya telah melewati tahun demi tahun, dan hingga saat ini Universitas Serang Raya telah menjadi salah satu Universitas terbaik di Provinsi Banten dan memiliki Mahasiswa yang sudah banyak.

Fakultas dan Jurusan :

- Fakultas Teknologi Informasi (FTI)
- Fakultas Teknik (FT)
- Fakultas Ekonomi (FE)
- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
- Program Diploma

6. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)


Lokasi : Jl. Scientia Boulevard, Gading Serpong, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Curug Sangereng, Klp. Dua, Tangerang, Banten 15811

Universitas Multimedia Nusantara adalah sebuah universitas yang berdiri pada tahun 2006 dengan kampus definitif yang berada di daerah Summarecon Serpong, Tangerang.

Universitas ini diresmikan pendiriannya pada tanggal 20 November 2006. Fokus pendidikannya adalah dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Universitas ini didirikan oleh Kelompok Kompas Gramedia, sebuah kelompok usaha terkemuka yang bergerak di bidang media massa, penerbitan, percetakan, toko buku hotel dan jasa pendidikan. Sebagai pendiri, Kompas Gramedia mendukung UMN tidak saja dalam hal penyediaan sarana fisik tetapi juga tenaga pengajar dan sarana kerja magang bagi mahasiswanya.

Fakultas diantaranya :

- Fakultas Komunikasi
- Fakultas Seni dan Desain
- Fakultas Teknik dan Informatika
- Fakultas Ekonomi

7. Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH)


Lokasi : Jalan Jendral Sudirman No. 30, Panancangan, Cipocok Jaya, Sumurpecung, Kecamatan Serang, Sumurpecung, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42118

Berdirinya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) “Sultan Maulana Hasanuddin” (SMH) Banten mereflesikan semangat perjuangan ummat Islam Banten yang dimulai sejak tahun 1961 ketika pertama kali Universitas Maulana Yusuf dibuka sampai dengan diresmikannya IAIN “SMH” Banten pada tahun 2004.

IAIN “SMH” Banten berasal dari Fakultas Syari’ah “Maulana Yusuf” yang didirikan oleh masyarakat Banten bersama Korem 064 Maulana Yusuf. Operasi Bhakti Korem 064 yang sedang melaksanakan pembangunan di wilayah Banten berniat mendirikan Universitas Maulana Yusuf.

8. Universitas Swiss German (SGU)


Lokasi : The Prominence Tower, Jalan Jalur Sutera Barat Kav 15, Alam Sutera, Panunggangan Timur, Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143

Universitas Swiss German atau SGU adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terdapat di Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Kampus Universitas Swiss German Serpong berada di Bumi Serpong Damai.SGU adalah universitas yang disponsori Foundation (Yayasan Swiss Jerman University-Asia) untuk wilayah ASEAN, yang didirikan pada tahun 2000, adalah upaya bersama antara Jerman, Austria, Swiss dan Indonesia.

Berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang bermutu sesuai dengan standar internasional, SGU didirikan sebagai sebuah institusi dengan komitmen jangka panjang di Indonesia. SGU bertujuan untuk mengembangkan tenaga profesional untuk memenuhi kebutuhan lulusan yang berkualitas untuk memperkuat hubungan antara Asia dan Eropa.

9. Institut Teknologi Indonesia Serpong (ITI)


Lokasi : Jl. Raya Puspitek, Kelurahan Setu, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan 15320, Banten

Institut Teknologi Indonesia adalah perguruan tinggi swasta yang dibentuk oleh Persatuan Insinyur Indonesia melalui Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia untk memenuhi kebutuhan tenaga insinyur teknik di Indonesia pada 2 Juni 1984.

Pada awal berdirinya, ITI dikawal oleh beberapa nama besar tokoh-tokoh PII seperti Baharuddin Jusuf Habibie, Hartarto, Aburizal Bakrie, Ismet Iskandar, Tamudji, dan G.M. Tambubolon, dan mantan Mendikbud Prof. Dr Wardiman. Pada 1 Oktober 1984, ITI diresmikan oleh Prof. Dr. Ing B.J. Habibie di Gedung Graha Purna Yudha Jakarta, dan tanggal tersebut ditetapkan sebagai Dies Natalis ITI

ITI berlokasi di daerah Serpong Banten yang kental dengan suasana teknologinya karena berdekatan dengan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serpong.

ITI memiliki beberapa program studi diantaranya:

Program Sarjana (S1) :

  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Teknik Industri
  • Teknik Kimia
  • Teknik Informatika
  • Teknik Sipil
  • Arsitektur
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Teknologi Industri PertanianManajemen

10. Surya University (SU)


Lokasi : Gedung Unity, Summarecon Serpong Tangerang Banten

Surya University (Akronim: SU) atau Universitas Surya adalah sebuah universitas yang didirikan pada tahun 2013 oleh tokoh pendidikan dan fisikawan Yohanes Surya. Kampus sementara Surya University berada di daerah Scientia Garden, Summarecon Serpong, Tangerang - Banten.

Beberapa dosen terkenal seperti: Onno Purbo, Sidrotun Naim, Taruna Ikrar, Prof. Dr. Irwandi Jaswir, Aretha Aprilia, Irawan Satriotomo dan Hokky Situngkir bergabung dengan Universitas ini.

Pada 3 September 2013, Universitas ini mengadakan Kuliah Perdana untuk pertama kalinya bagi angkatan 2013 di Jakarta Convetion Center, dan dihadiri oleh Wakil Presiden Indonesia Prof. Dr. H. Boediono, M.Ec. dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Roy Suryo.

11. UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA


Lokasi : Jalan Cendrawasih Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, Sawah Baru, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) didirikan melalui pengalaman panjang grup Jaya yang telah melahirkan berbagai mahakarya properti dan pembangunan infrastruktur monumental di DKI Jaya dan 25 kota di Indonesia serta pengalaman menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah berkualitas sejak tahun 1992.

Kampus ini Dirintis oleh entrepreneur senior dan terkemuka, Dr. (HC) Ir. Ciputra sejak tahun 1961, Pembangunan Jaya merupakan pelopor dan inovator bisnis modern yang ungul di sejumlah bidang usaha (Infrastruktur, Industri pengembangan kota, dan pusat rekreasi).

Berbekal reputasi kualitas unggul, kepelaporan dan inovasi, Grup Jaya mengembangkan Universitas Pembangunan Jaya sebagai pusat pendidikan tinggi dengan keunggulan di bidang Urban Lifestyle and Urban Development.

12. UNIVERSITAS BANTEN JAYA


Lokasi : Warung Pojok, Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117

Fakultas Teknik Peningkatan status dari Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Banten Jaya Serang. Secara resmi didirikan tanggal 02 Januari 2002 melalui surat keputusan Mentri Pendidikan Nasional RI. Nomor 05/S/O/2002, tentang ijin Pendirian Dan Penyelenggaraan Program Studi STT Banten Jaya Serang.

Program Studi Teknik Sipil (S1)

Program Studi Teknik Sipil akan menghasilkan sarjana Teknik Sipil yang dapat bekerja dalam bidang perencanaan, perancangan, pengawasaan dan pengelolaan manajemen konstruksi dan wira usaha. Lulusan dapat bekerja dibidang Jasa Konsultasi dan konstruksi, dan dapat bekerja di instansi pemerintah, BUMN dan wira usaha.

Perogram Studi Teknik Industri (S1)

Program Studi Teknik Industri akan menghasilkan sarjana teknik yang berkemampuan tinggi dalam perencanaan penyusunan, perbaikan dan pengoprasian sistem-sistem yang terintegrasi yang terdiri dari manusia, peralatan, bahan-bahan, uang, informasi dan energi serta wirausaha. Lulusan dapat bekerja di instansi pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, BUMD, peneliti bidang industri manufacturing serta wirausaha.

Program Studi Teknik Lingkungan(S1)

Perospek Lulusan sarjana Teknik Lingkungan sangat baik dan berpeluang besar untuk bersaing dalam pekerjaan berkaitan denganteknik lingkungan. Lulusan dapat bekerja terutama dalam membantu perusahaan untuk membuat dokumen AMDL, UKL/UPL, PROPER, DPPL, Audit Lingkungan dan ISO 14001 serta wira usaha.

Itulah 12 Daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Terpopuler di Provinsi Banten

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo