Silsilah dan Garis Keturunan Syekh Abdul Qodir Al Jaelani

Syaikh Abdul Qadir Al- Jilani adalah imam yang zuhud dari kalangan sufi, beliau adalah Imam Al-Kabir dan seorang wali Quthub yang terkenal, nasab beliau dari arah ibu sampai kepada Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib.

Kuwaluhan.com

Nama lengkap beliau adalah Abu Muhammad Abdul Qadir bin Abi Shalih Abdullah bin Janki Duwats bin Abi Abdillah bin Yahya bin Muhammad bin Dawud bin Musa bin Abdillah bin Musa Al-Hauzi bin Abdullah Al-Mahdi bin Hasan bin Al-Mutsanna bin Hasan bin Ali bin Abi Thalib.

SILSILAH KETURUNAN SYEKH ABDUL QODIR AL-JAILANI

A.   Keturunan dari memori

1.   Syekh Abdul Qodir adalah putra dari
2.   Al-Imam Sayyid Abi Saleh Janaki Daosti, putra dari
3.   Al-Imam Sayyid Abdillah, putra dari
4.   Al-Imam Sayyid Yahya Az-Zahid, putra dari
5.   Al-Imam Sayyid Muhammad, putra dari
6.   Al-Imam Sayyid Daud, putra dari
7.   Al-Imam Sayyid Musa, putra dari
8.   Al-Imam Sayyid Abdillah, putra dari
9.   Sayyid Musa Al-Jun, putra dari
10. Al-Imam Sayyid Abdillah Al-Mahdi, putra dari
11. Al-Imam Sayyid Hasa Al-Mutsana, putra dari
12.  Al-Imam Sayyid Hasan As-Sibthi, putra dari
13. Al-Imam Sayyidina Ali Ibnu Abi Thalib

B.   Keturunan dari Ibunya

1.   Syekh Abdul Qodir adalah putra dari
2.   Sayyidah Ummil Khoer Amatil Jabbar Fatimah, putri dari
3.   Sayyid Abdillah Al-Suma'I Az-Zahid, putra dari
4.   Sayyid Abi Jamaludin, putra dari
5.   Sayyid Mahmud, putra dari
6.   Sayyid Abul Atho-I Abdillah
7.   Sayid Kamaludin isa, putra dari
8.   Sayyid Imam Alaudin Muhammad Al-Jawwad, putra dari
9.   Sayyid Imam Ali Ar-Ridha, putra dari
10. Sayyid Imam Musa Al-Kadzim, putra dari
11. Imam Ja'far Sadiq, putra dari
12.  Imam Muhammad Al-Baqir, putra dari
13. Imam Zainal Abidin Ali, putra dari
14. Imam Husein Syahid Karbala, putra dari
15.  Al-Imam Sayyidina Ali Ibnu Abi Thalib.

Menuntut Ilmu dan Guru-guru Beliau

Beliau tiba di Baghdad pada tahun 488 H. pada saat beliau berusia 18 tahun. Beliau kemudian sibuk dalam mempelajari Al-Qur’an sampai menguasainya. Lalu belajar fikih serta memantapkan keilmuan beliau dalam bidang ushul fikih, furu’ul-fiqh, dan ilmu khilaf. Beliau juga mempelajari hadits dan sibuk dengan mau’idhah sampai beliau mahir memberi mau’idhah. Beliau belajar ilmu dari para ulama yang tersohor di masanya. Di antara guru-guru beliau adalah:

1. Ali bin Aqil Abul Wafa’ bin Aqil (w. 513 H.). Beliau adalah seorang alim di Irak dan menjadi syaikh para Imam Hanbaliyah di Baghdad pada masanya. Beliau adalah penulis buku Al-Funun fi Mukhtalafil ‘Ulum yang belum pernah seorang pun yang menulis buku ini, di dunia ini, seperti beliau. Buku itu mencapai 400 juz.

2. Mahfudh bin Ahmad bin Hasan Abul Khattab Al-Kalwadzaniy (w. 510 H.). Beliau adalah seorang ahli fikih di Baghdad dan imam para penganut madzhab Hanbali pada masanya.

3. Yahya bin Ali bin Muhammad Abu Zakariya At-Tibrizy (w. 502 H.). Beliau adalah seorang imam ahli bahasa dan sastra yang tersohor.

4. Muhammad bin Muhammad bin Husain Abul Husain bin Abu Ya’la Al Farra’ (w. 526 H.). Beliau adalah seorang ahli sejarah dari golongan ahli fikih madzhab Hanbali.

5. Hibatullah bin Mubarak bin Musa Abul Barakat As-Saqathiy (w. 509 H.). Beliau adalah seorang yang sangat alim dan ahli hadits, sekaligus seorang ahli sejarah.

6. Muhammad bin Ali bin Maimun Abul Ghanaim An-Nursiy (w. 510 H.). Beliau adalah seorang ahli bacaan Al-Qur’an dan penghafal Al-Qur’an.

7. Mubarak bin Abdul-Jabbar bin Ahmad Abul Hasan Al-Azdiy, yang terkenal dengan nama Ibnu Thuyuriy (w. 500 H.). Beliau adalah seorang ahli hadits yang tsiqah.

8. Ja’far bin Ahmad bin Husain Abu Muhammad As-Siraj (w. 500 H.). Beliau seorang sastrawaan, alim dalam bidang qira’at, nahwu, dan bahasa. Beliau juga termasuk golongan penghafal Al-Qur’an.

9. Hammad bin Muslim Abu Abdillah Ad-Dabbas Ar-Rahbiy (w. 525 H.). Beliau adalah seorang arif, wara’, dan penuh dengan hikmah. Beliau termasuk wali Allah swt yang mempunyai banyak karamah.

10. Mubarak bin Ali Abu Sa’ad Al Mukharramiy (w. 513 H.). Seorang Imam Qadhi yang ahli fikih. Sayyid Abdul Qadir mendapatkan selendang (jubah) kewalian dari beliau.

Murid-murid Beliau

Banyak ulama terkenal yang belajar dari beliau. Mereka belajar ilmu-ilmu syari’ah dan mendengarkan hadits-hadits. Di antara mereka adalah:

1. Abdul Ghani bin Abdul Wahid Ali Taqiyyuddin Al-Muqaddasiy (w. 600 H.). Beliau adalah seorang penghafal hadits yang besar dan seorang imam yang terkenal. Karya beliau cukup banyak.

2. Abdul Karim bin Muhammad bin Manshur Abu Sa’ad As-Sama’aniy, (w. 562 H.). beliau adalah seorang Imam ahli sejarah dan ahli hadits yang besar.

3. Abdullah bin Ahmad bin Qudamah Muwaffiquddin Al-Muqaddasiy (w. 620 H.). Beliau adalah seorang imam yang alim rabbaniy (ilmu ketuhanan) dan seorang imam madzhab Hanbali pada masanya. Beliau berkata, “Saya dan Al-Hafidh Abdul Ghaniy memakai selendang (jubah) kewalian langsung dari tangan syaikhul Islam Abdul Qadir. Kami menyibukkan diri dengan belajar fikih. Kami mendengarkan pelajaran dari beliau, mengambil manfaat dari persahabatan dengan beliau, dan kami tidak mendapati dari masa hidup beliau kecuali hanya 50 malam.”

4. Usman bin Marzuq bin Humaid Abu Amr Al-Qurasyiy (w. 564 H.). Beliau adalah seorang Imam dan ahli fikih, menjadi panutan, serta seorang yang zuhud. Beliau menetap di Mesir.

5. Muhammad bin Ibrahim bin Tsabit bin Al-Kaizaniy (w. 562 H.). Beliau adalah seorang sastrawan, penyair dan seorang yang zuhud.

6. Abdul Mughits bin Zuhair bin Alwi Al-Harbiy (w. 583 H.). Beliau termasuk ahli hadits dan ahli fikih madzhab Hanbali.

7. Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Abu Amr Ibn Qudamah Al-Muqaddasiy (w. 607 H.). Beliau adalah seorang imam yang zuhud dan ahli fikih. Beliau juga saudara laki-laki Muwaffiquddin bin Qudamah.

8. Abdul Malik bin Isa bin Darbas Al-Maraniy Asy-Syafi’i. Beliau adalah seorang hakim agung (qadhil-qudhat). Wafat pada tahun 605 H.

Beberapa putra beliau juga belajar kepada beliau. Di antara mereka adalah:

1. Musa bin Abdul Qadir bin Musa Abu Nashr Al-Jailaniy (w. 618 H.). Beliau adalah seorang yang sangat alim, ahli hadits, dan fikih.

2. Abdurrazaq bin Abdul Qadir bin Musa Abu bakar Al-Jailaniy (w. 618 H.). Beliau adalah seorang yang sangat alim dan ahli fikih, ahli hadits yang tsiqah, seorang yang zuhud dan wara’.

3. Abdul Wahab bin Abdul Qadir bin Musa Saifuddin bin Abu Abdillah Al-Jailaniy (w. 593 H.). Beliau adalah seorang ahli fikih, penyampai nasihat dan seorang yang zuhud.

4. Abdul Aziz bin Abdul Qadir Al-Jailaniy. Beliau belajar fikih dari ayahnya, mengajar hadits , dan menyampaikan nasihat. Banyak murid beliau yang menyelesaikan belajar dengan beliau.

5. Ulama yang juga belajar dari beliau adalah Abdullah bin Usman Al-Yunani (w. 517 H.). Beliau adalah tokoh yang disegani di Syam, seorang yang arif dan mempunyai banyak karamah.

WALOHWALLOHU BISSHOWAB

1 Komentar untuk "Silsilah dan Garis Keturunan Syekh Abdul Qodir Al Jaelani"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel