Saturday, May 19, 2018

Inilah Manfaat Buah Kurma yang jarang diketahui

Ilmu pengetahuan modern telah membuktikan bahwa makan Kurma merupakan bagian dari diet yang sehat. Mereka mengandung gula, lemak dan protein, serta vitamin penting.

Kuwaluhan.com

Orang Arab biasanya menggabungkan Kurma  dengan susu dan yogurt atau roti, mentega dan ikan. Kombinasi ini memang membuat diet mandiri dan lezat untuk Otak dan tubuh.

Kurma telah disebutkan dalam Al-Qur’an 20 kali, sehingga menunjukkan pentingnya mereka Selain sabda Rasullulah :

"Jika seorang dari kamu berpuasa, biarkan dia berbuka dengan kurma Dalam hal ia tidak memiliki mereka, kemudian dengan air Sesungguhnya air adalah pemurnian"

Salah satu yang disebutkan dalam Al-Qur’an :

Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya), dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan” (QS Al An’aam:141)

Nabi (sallallahu alaiyhi wassallam) memafaa’kan untuk berbuka puasa dengan makan beberapa kurma sebelumnya membaca doa berbuka puasa,

Dan jika buah kurma yang masak tidak tersedia, ia menggantikan mereka dengan beberapa buah anggur kering.

Ketika mereka juga tidak tersedia, ia digunakan untuk memiliki beberapa teguk air, menurut beberapa riwayat.

Kurma juga kaya akan serat alami. Obat modern telah menunjukkan bahwa sangat efektif dalam mencegah kanker perut. Mereka juga mengungguli buah-buahan lain. Mengandung minyak, kalsium, belerang, besi, kalium, fosfor, mangan, tembaga dan magnesium. Dengan kata lain, satu tanggal adalah minimum dari diet yang seimbang dan sehat.

Beberapa alasan bahwa kekurangan gula dalam darah merupakan faktor utama yang membuat orang merasa lapar dan bukan perut kosong seperti yang sering diasumsikan. Ketika tubuh menyerap gizi beberapa tanggal, perasaan kelaparan menjadi diredakan.

Ketika seseorang berbuka puasa dengan memakan Kurma sebelum mengambil beberapa makanan lain, ia tidak bisa makan banyak serta membantu seseorang menghindari makan yang berlebihan.

Percobaan lain juga menunjukkan bahwa kurma mengandung beberapa stimulan yang memperkuat otot rahim pada bulan-bulan terakhir kehamilan. Ini membantu pelebaran rahim pada saat persalinan dan mengurangi perdarahan sa’at melahirkan.

Ahli nutrisi menilai bahwa ini makanan terbaik bagi perempuan masa yang menyusui. Hal ini karena kurma mengandung unsur-unsur yang membantu dalam mengurangi depresi pada ibu dan memperkaya ASI dengan semua unsur yang dibutuhkan untuk membuat anak sehat dan tahan terhadap penyakit.

Dalam Al-Qur’an disebutkan dalam surat Maryam 23-25 :

"Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia [bersandar] pada pangkal pohon kurma, ia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti, lagi dilupakan“. (QS. Maryam 23)

"Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu". (QS. Maryam 24)

"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu." (QS. Maryam 25)

HADIST DAN RIWAYAT BUAH KURMA


Sabda Rasulullah s.a.w. :

“Rumah yang tiada kurma nescaya penghuninya kelaparan”

Daripada Abu Musa r.a. katanya:

Anakku lahir, lalu aku membawanya kepada Nabi s.a.w. lalu baginda menamakannya dengan nama Ibrahim dan meletakkan pada lelangitnya dengan buah kurma”

Saidina Ali r.a. meriwayatkan:

Barang siapa yang memakan 7 butir tamar setiap hari, ia akan membunuh semua kuman di dalam badannya”

Daripada Abdullah bin Jaafar r.a katanya:

Aku pernah melihat Rasulullah s.a.w memakan mentimun Arab dengan buah kurma masak”

Hadis Saad r.a: Rasulullah s.a.w pernah bersabda:

Siapa yang memakan tujuh biji kurma di antara La Bataiha (dua tanah tidak berpasir di Madinah) pada waktu pagi, maka racun tidak akan dapat memudaratkannya sampai petang”

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang bermaksud :
“Diceritakan oleh Jumaah bin Abdullah yang disampaikan oleh Marwan yang mendapat berita daripada Ibnu Hashim bahawa Amir bin Saad mendengar bapanya meriwayatkan Rasulullah s.a.w. bersabda :

barang siapa yang memakan 7 biji tamar ‘Ajwah’ dia akan terkawal daripada kejutan syaitan dan sihir pada hari itu”

Daripada Anas bermaksud :

Rasulullah s.a.w. berbuka puasa dengan beberapa biji buah kurma sebelum sembahyang. Sekiranya tiada terpadat kurma, maka Rasulullah s.a.w. akan berbuka dengan beberapa biji anggur. Sekiranya tiada anggur, maka Baginda meminum beberapa teguk air” (Hadis riwayat Ahmad)

Riwayat daripada Muhammad b. Ali al Husayn bermaksud :

Kurma Ajwa adalah daripada syurga dan daripadanya ia menjauhkan racun (Al-Samm)”

Diriwayatkan pula oleh Amirulmukminin Ali bin Abi Talib:

Barang siapa yang memakan kurma Ajwa tujuh kali sebelum tidur, ia akan menghapuskan penyakit atau keracunan (Al-Dud ) di dalam tubuhnya“

Riwayat tentang kurma daripada Ahlul Bait Rasullallah s.a.w pula, berkata Imam Ali as yang berbunyi; Jibrail as datang kepada Nabi s.a.w dan berkata,

Bergantunglah pada Al-Barni karena ia adalah jenis kurma yang terbaik. Ia membawa manusia terhindar dari api neraka”

Rasullallah s.a.w pula bersabda :

  ”makanlah kurma sebelum sarapan untuk ia membunuh cacing di dalam perut”

Diriwayatkan daripada Abdullah bin Jaafar katanya:

Aku melihat Rasulullah S.A.W memakan buah-buahan dengan kurma masak”

Hadis Rasulullah s.a.w. :

Berilah makan buah kurma kepada isteri-isteri kamu yang hamil, kerana sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, nescaya anak yang bakal dilahirkan itu, menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas pemikirannya”


MANFAAT BUAH KURMA



  • Memakan 7 buah kurma dapat menangkal racun dan sihir
Dalam Shahih Buhari dan Muslim, diriwayatan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam beliau bersabda ‘Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir'.

Ajwah merupakan salah satu jenis kurma yang berasal dari Madinah, dikenal sebagai kurma Hijaz yang terbaik dari seluruh jenisnya. Bentuknya bagus, padat dan agak keras, namun termasuk kurma yang paling lezat, harum dan empuk. Biasanya kalau anda survey ke pasar, dia memiliki harga yang paling tinggi diantara yang lain.

  • Kurma Ajwa berasal dari surga dan dapat mengobati racun
Sebagaimana sabda Rosulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam : "Kurma ‘Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun". HR. Ibnu Majah dengan sanad yang shahih.
  • Menjaga pemiliknya dari kelaparan
Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, akan membikin lapar penghuninya' (HR. Muslim no. 2046)
- Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, seperti rumah yang tidak ada makanan di dalamnya' (HR. Ibnu Majah no. 3328)
  • Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
  • Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus.
  • Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  • Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  • Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  • Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantumelindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  • Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen darihemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  • Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  • Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
  • Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksidan dismutase.
  • Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  • Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  • Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.
Itulah beberapa manfaat buah Kurma.
Wallohua'lam Bisshowab


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.