Kumpulan Mukjizat Nabi Daud AS dalam Islam

Nabi Daud AS merupakan Rasul Allah yang diberi banyak mukjizat. Mukjizat terkenal yang diberikan kepadanya ialah Kitab Zabur. Sebagai Nabi, ia tidak kenal lelah mengajarkan perintah Allah Ta'ala. Dalam dakwahnya, Nabi Daud AS praktis tidak banyak pertentangan dari kaumnya, dibandingkan dengan nabi-nabi sebelumnya.


Nabi Daud AS juga merupakan nabi yang pandai dalam hal ilmu pengetahuan. Beliau mudah sekali dalam hal belajar dari apa yang ia lihat, dengan dan dirasakannya. Selain itu, ia juga memiliki wawasan yang sangat luas dalam menilai suatu hal. Pendapat yang dilontarnya selalu berisi kebijaksanaan dan keilmuan, hal ini merupakan mukjizat dari Allah Ta'ala.

Dalam riwayatnya, atas seizin Allah, Nabi Daud AS dapat menundukkan gunung dan burung-burung. Hal ini terjadi ketika Nabi Daud AS mengajak burung dan gunung untuk bertasbih mengagungkan nama Allah Ta'ala.

Selain itu, dengan seizin Allah, Nabi Daud AS dapat melunakkan besi tanpa harus dibakar atau dipanaskan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, beliau mampu membuat berbagai alat yang terbuat dari besi termasuk senjata dan baju besi untuk berperang, tanpa menggunakan alat bantu lainnya. Kisah Nabi Daud AS dapat dilihat dalam Surah Al Anbiyaa' ayat 79-80. Allah Ta'ala berfirman:

Artinya: "Maka Kami memberikan pengertian kepada Sulaiman (tentang hukum yang lebih tepat), dan kepada masing-masing Kami berikan hikmah dan ilmu, dan Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Daud. Dan Kamilah yang melakukannya. 
Dan Kami ajarkan (pula) kepada Daud cara membuat baju besi untukmu, guna melindungi kamu dalam peperangan. Apakah kamu bersukur (kepada Allah)?".

Selain mukjizat di atas Nabi Daud juga memiliki Mukjizat lain, yaitu :


  • Suara merdu, Ketika Daud membaca Zabur gunung serta burung berkumpul ikut serta bertasbih, karena ia memiliki suara yang sangat merdu. 
  • Memilik kemampuan untuk melunakkan besi hanya dengan tangannya tanpa harus menempa dengan api kemudian di buat menjadi baju zirah. 
  • Mampu berbicara dengan burung. 
  • Memiliki kerajaan yang sangat kuat. 
  • Dikaruniai ilmu pengetahuan dan kepandaian untuk menghakimi suatu perkara secara bijaksana.


Wallohua'lam Bisshowab

Itulah beberapa Mukjizat Nabi Daud AS, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada kesalahan dan kekurangan silahkan beri komentar di bawah.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Mukjizat Nabi Daud AS dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel