Sejarah Asal usul Lahirnya Norwich City Football Club

Norwich City merupakan team yang penuh kejutan. Ditangani oleh Paul Lambert, Norwich city menjadi tim yang cukup di perhitungkan di Liga Inggris walau baru saja naik ke Liga Utama Inggris.


Klub yang bermarkas di Carrow Road dan di juluki "the canaries" ini merupakan tim yang cukup mengesankan di liga Inggris. Klub ini juga merupakan salah satu penggagas Liga Premier di tahun 1992-1993 dan finis ketiga di musim pertama.

SEJARAH BERDIRINYA NORWICH CITY

Di sebuah kafe, Norwich City didirikan pada 17 Juni 1902. Pertandingan pertama yang mereka mainkan terjadi 6 September 1902 dengan menghadapi Harwich & Parkeston di stadion Newmarket Road. Pada 1905, Norwich menanggalkan status amatir dan menjadi profesional.

Julukan yang mereka pakai adalah Canaries karena popularitas burung kenari di kota tersebut saat itu. Norwich baru berhasil mencicipi kasta tertinggi sepakbola Inggris pada musim 1971/72 bersama manajer Ron Saunders. Setahun berselang, untuk kali pertama mereka tampil di stadion Wembley meski kemudian dikalahkan Tottenham Hotspur 1-0 di ajang Piala Liga.

KEJAYAAN DAN KETERPERUKAN NORWICH CITY

Musim 1984/85 menjadi musim yang ironi bagi Norwich. Mereka berhasil menjuarai Piala Liga, tetapi terdegradasi ke divisi satu. Rekor tersebut menjadikan Norwich sebagai klub Inggris pertama yang berhasil menjuarai sebuah piala dan terdegradasi pada musim yang sama. Catatan ini baru terulang lagi musim lalu dengan menimpa Birmingham City. Sayangnya, jatah Norwich tampil di kompetisi Eropa dibatalkan akibat Tragedi Heysel.

Salah satu musim penuh kenangan bagi Norwich terjadi pada 1992/93 atau persis pada era Liga Primer dimulai. Mendominasi liga sejak awal hingga menjelang akhir, Canaries akhirnya harus puas menempati peringkat ketiga di belakang juara Manchester United dan Aston Villa. Musim berikutnya mereka tampil di Piala UEFA dan berhasil mengalahkan Bayern Munich di kandang lawan, meski kemudian disingkirkan Inter Milan.

Musim 1994/95, Norwich terdegradasi ke divisi Championship dan baru berhasil kembali ke level tertinggi sembilan tahun berselang, 2003/04. Namun, mereka langsung terdegradasi kembali dan dimulailah periode muram bagi klub kuning-hijau ini.

NORWICH CITY SEKARANG

Musim 2008/09, setelah serangkaian kemelut kepelatihan, Norwich terempas ke divisi dua atau setingkat di bawah divisi Championship. Muncul lah sosok juru selamat pada diri Paul Lambert. Eks pemain Norwich asal Skotlandia ini berhasil membawa Norwich menjuarai divisi dua dan kembali ke Championship pada musim debutnya.

Seakan belum puas menularkan inspirasi, Lambert kembali sukses mengangkat Norwich ke divisi teratas sepakbola Inggris hanya dalam waktu dua musim! Inspirasi seperti itu kembali dibutuhkan Norwich dalam mengatasi tantangan di Liga Primer musim ini.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Asal usul Lahirnya Norwich City Football Club"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel