Social Items

Selain benua, di Bumi ini mempunyai pulau- pulau terbesar di Dunia yang merupakan bagian dari benua tersebut. Bumi sendiri memiliki pulau yang jumlahnya lebih dari 180.497 pulau. Diantara pulau- pulau yang banyak tersebut, beberapa diantaranya memiliki luas wilayah yang lebih dari 190 ribu kilometer persegi.

Kuwaluhan.com

Beberapa pulau terbesar yang ada di dunia tersebut antara lain sebagai berikut:

Pulau Greenland


Greenland merupakan salah satu nama pulau yang ada di dunia. Apabila kita mengamati globe, maka kita akan menemukan pulau yang berukuran sangat besar yang berada di dekat ujung Bumi. Nah, pulau yang paling besar itulah  yang dinamakan Greenland. Selain disebut dengan Greenland, daratan atau pulau ini juga memiliki beberapa nama lain yakni Kalaallit Nunaat.

Pulau Greenland memiliki luas wilayah hingga 2.175.600 km². Pulau Greenland ini termasuk ke dalam wilayah Greenland yang termasuk divisi otonomi dari Kerajaan Denmark. Pulau Greenland merupakan pulau yang termasuk dalam wilayah Benua Amerika Utara. Pulau Greenland ini merupakan sebuah pulau yang berada di Samudera Atlantik (yakni bagian utara, di timur laut Kanada). Sebenarnya sejak tahun 1979, Pulau Greenland diberi kemandirian dan sejak tahun 1985 pulau ini tidak menjadi anggota Uni Eropa. Namun, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara.

Pulau Papua


Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai ribuan pulau. Dari ribuan pulau tersebut, ada lima pulau yang ukurannya sangat besar. Kelima pulau terbesar yang menyusun negara Indonesia antara lain adalah Papua, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Jawa. Dan salah satu pulau yang masuk ke dalam jajaran pulau terbesar di dunia adalah Papua. Pulau Papua merupakan pulau besar yang letaknya di penghujung timur wilayah Indonesia.

Pulau Papua ini dibagi menjadi dua wilayah negara yang berbeda. Belahan pulau masuk ke dalam wilayah Indonesia, dan belahan lainnya merupakan bagian dari Papua Nugini. Istilah atau nama Papua digunakan untuk merujuk papa pulau ini secara keseluruhan. Nugini berasal dari kata “New Guinea” yakni sebuah nama yang diberikan oleh bangsa Barat yang di-Indonesiakan. Orang- orang Barat tersebut berpendapat bahwa tanah Papua ini mirip Guinea, sehingga wilayah tersebut diberi nama yang sama. Keadaan wilayah di Pulau Papua ini mirip dengan Benua Australia, hal ini karena pengaruh berbagai hal, seperti jenis binatang dan juga flora khas yang dimilikinya. Selain itu, Pulau ini juga merupakan tempat beradanya puncak gunung tertinggi di Indonesia, yakni Puncak Jaya yang memiliki ketinggian hingga 5.030 meter. Pulau Papua memiliki luas sekitar 786.000 km². Pulau Papua ini meski berdekatan dengan Benua Australia, namun Pulau Papua masuk ke dalam wilayah Benua Asia.

Pulau Kalimantan


Indonesia memang merupakan negara yang mempunyai banyak pulau. Beberapa pulau bahkan masuk ke dalam jajaran pulau terbesar di dunia. Setelah pulau Papua, pulau lain di Indonesia yang masuk ke dalam daftar pulau terbesar di dunia adalah pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan merupakam salah satu pulau terbesar di Indonesia yang dilalui oleh garis lintang nol derajat atau khatulistiwa. Pulau Kalimantan mempunyai luas hingga 743.330 km². di pulau Kalimantan ini, kita akan menemukan tiga wilayah negara yang tergabung dalam satu pulau. Beberapa negara yang menaungi pulau Kalimantan adalah Indonesia (wilayah paling luas), Malaysia dan Brunei Drussalam.

Maka dari itulah pulau ini secara keseluruhan disebut dengan Borneo, sehingga nama Kalimantan merupakan nama yang masuk wilayah Indonesia saja. Pada zaman dahulu, Borneo merupakan sebuah nama yang dipakai oleh kolonial Belanda atau Inggris. Sementara Kalimantan merupakan nama yang dipakai rakyat Indonesia. Pulau Kalimantan merupakan pulau yang berada di wilayah benua Asia. Pulau Kalimantan ini sangat terkenal dengan berbagai macam kekayaan alam yang dimilikinya. Beberapa jenis kekayaan alam yang dapat kita temukan di Pulau Kalimantan antara lain hasil hutan seperti kayu, rotan, satwa, dan lain sebagainya (karena Kalimantan mempunyai hutan hujan tropis yang sangat luas), barang tambang ( seperti minyak bumi, batu bara, intan, dan lain sebagainya), serta kekayaan laut yang dimiiki pesisir- pesisir pantai di Pulau Kalimantan.

Pulau Madagaskar


Pulau yang masuk ke dalam pulau terluas di dunia selanjutnya adalah pulau Madagaskar. Madagaskar menjadi tempat yang sangat terkenal sejak munculnya film kartun animasi binatang yang berjudul Madagaskar. Madagaskar merupakan sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 587.041 km². pulau Madagaskar hanya terdiri atas satu negara saja, yaitu negara Madagaskar.

Pulau Madagaskar ini terdapat di wilayah Benua Afrika. Secara geologi, Madagaskar ini berada pada lempeng tektonik yang terpisah dari benua Afrika. Pertama kali terpisah dari anak benua India, pulau ini bergerak semakin mendekati benua itu. Pulau yang bergerak ini merupakan pulau tua seperti Australia, sehingga tanahnya pun khat bahan mineral diakibatkan tidak adanya aktivitas vulkanik. Tanah di Madagaskar ini kebanyakan berwarna merah. Hal ini menandakan bahwa tanah di wilayah ini telah mengalami pelapukan. Wilayah ini merupakan wilayah perisolasian, sehingga setelah terisolasi selama ratusan juta tahun, flora dan fauna yang hidup di Madagaskar pun sangat khas dan banyak spesies endemik yang ditemukan di sana. Keadaan di pulau Madagaskar pun mirip dengan keadaan yang ada di pulau Sulawesi, Indonesia.

Pulau Baffin


Pulau terluas di dunia yang selanjutnya adalah Pulau Baffin. Baffin merupakan nama sebuah pulau yang mempunyai luas 507.541 km². Pulau Baffin ini merupakan bagian dari wilayah negara Kanada. Keberadaan pulau ini termasuk ke dalam wilayah benua Amerika Utara.

Pulau Baffin ini merupakan salah satu dari Kepulauan Arktik yang berada di wilayah Nunavut. Nama pulau Baffin ini diambil dari nama akhir penjelajah Britania, yakni William Baffin.

Pulau Sumatera


Lagi- lagi adalah wilayah negara Indonesia. Wilayah Indonesia mempunyai beberapa pulau yang merupakan pulau terbesar di dunia. Setelah Papua dan Kalimantan, selanjutnya adalah pulau Sumatera. Pulau Sumatera yang berada di sebelah barat negara Indonesia merupakan pulau terbesar ke enam di dunia. Pulau Sumatera mempunyai luas wilayah sebesar 443.065 km². Pulau Sumatera juga dieja menjadi pulau Sumatra.

Dahulu, di Sumatera ini pernah ada kerajaan Samudera yang sekarang dikenal dengan Aceh. Nama ini diberikan berdasar pasa sebuah serita yang konon katanya pada waktu itu Cendekiawan Islam asal Maroko, Ibnu Batutah selalu melafalkan kata samudera ketika di kegiatannya berkunjung ke pulau ini. semenjak saat itulah nama Sumatera dipakai untuk nama wilayah tersebut. Selain nama Sumatera, pulau ini juga diberi nama Andalas atau Suwarnadwipa. Suwarnadwipa sendiri memiliki arti “Pulau Emas”. Pulau Sumatera merupakan bagian dari negara Indonesia. Karena merupakan bagian dari wilayah Indonesia, maka Pulau Sumatera ini berada di Benua Asia.

Pulau Honshu


Pulau terbesar selanjutnya adalah Pulau Honshu. Pulau Honshu merupakan pulau yang paling besar yang berada di wilayah negara Jepang. Pulau Honshu merupakan pulau yang terkenal yang terletak di selatan Hokkaido, utara Shikoku di seberang Laut Dalam Negeri, dan timur laut Kyushu di seberang Selat Shimonoseki. Pulau Honshu ini mempunyai luas wilayah 227.414 km². Pulau Honshu adalah bagian dari negara Jepang. Karena merupakan bagian negara Jepang, Pulau ini masuk ke dalam wilayah Benua Asia.

Pulau Britania Raya


Pulau terbesar di dunia selanjutnya adalah Pulau Britania Raya atau yang biasa disebut dengan Great Britain. Pulau ini merupakan bagian dari negara Inggris, Skotlandia dan Wales. Pulau Britania Raya merupakan pulau yang terletak di lepas pantai Eropa Barat, sebelah barat laut. Pulau Britania Raya mempunyai luas sebesar 219.000 km². Pulau Britania Raya ini termasuk ke dalam wilayah Benua Eropa.

Pulau Victoria


Setelah Pulau Britania Raya, selanjutnya adalah Pulau Victoria. Pulau Victoria adalah Pulau yang berada di wilayah Benua Amerika Utara. Pulau Victoria juga merupakan pulau yang ada di wilayah negara Kanada.

Pulau Victoria merupakan salah satu dari kepulauan Arktik Kanada di Nunavut dan Teritori Northwest, Kanada. Sepertiga bagian barat dari pulau ini merupakan bagian dari Inuvik, Teritori Northwestdan sisanya adalah bagian dari Kitikmeot, Nunavut. Pulau Victoria ini mempunyai luas wilayah 217.291 km².

Pulau Ellesmere


Pulau kesepuluh yang merupakan pulau terbesar di dunia adalah Pulau Ellesmere. Pulau Ellesmere ini mempunyai luas wilayah 196.236 km². Seperti halnya Pulau Victoria, Pulau Ellesmere juga merupakan pulau yang berada di wilayah negara Kanada dan masuk ke wilayah Benua Amerika Utara.

Pulau Ellesmere merupakan bagian dari daerah Qikiqtaaluk wilayah Kanada Nunavut. Pulauini terletak di dalam kepulauan Arktik Kanada yang dianggap sebagai Kepulauan Ratu Elizabeth, dengan Cape Columbia menjadi titik paling utara di Kanada. Arktik sistem gunung Cordillera meliputi sebagian besar Pulau Ellesmere ini. sehingga hal ini menyebabkan bahwa Pulau Ellesmere menjadi pulau yang paling bergunung- gunung di Kanada. Willow Kutub Utara menjadi satu- satunya spesies kayu tumbuh di Pulau Ellesmere.

Pulau Sulawesi


Pulau selanjutnya yang merupakan pulau terbesar di dunia lagi- lagi terdapat di Indonesia. Setelah ada Papua, Kalimantan danSumatera, kini giliran Pulau Sulawesi. Pulau Sulawesi berada di sebelah pulau Kalimantan. Pulau Sulawesi mempunyai nama lain dalam bahasa Inggris, yakni Celebes. Pulau Sulawesi lebih tepatnya di antara Pulau Kalimantan dan Kepulauan Maluku. Pulau Sulawesi mempunyai luas sekitar 174.600 km².

Pulau Sulawesi mempunyai bentuk yang unik, yakni menyerupai bunga mawar laba- laba atau mirip dengan huruf K besar yang membujur dari arah utara ke arah selatan, serta tiga semenanjung yang membujur ke timur laut, timur dan juga tenggara. Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau yang kaya akan hasil rempah- rempah. Dahulu, ketika bangsa penjajah masuk ke Indonesia untuk mencari rempah- rempah, mereka singgah di Pulau Sulawesi.

Selain mempunyai banyak rempah- rempah, pulau Sulawesi juga menyimpan sejarah yang banyak, seperti peninggalan- peninggalan kerajaan, prasasti- prasasti dan lain sebagainya. Dengan demikian pulau Sulawesi menjadi pulau yang penting bagi Indonesia.

Daftar Urutan Pulau Terluas dan Terbesar di DUNIA

Selain benua, di Bumi ini mempunyai pulau- pulau terbesar di Dunia yang merupakan bagian dari benua tersebut. Bumi sendiri memiliki pulau yang jumlahnya lebih dari 180.497 pulau. Diantara pulau- pulau yang banyak tersebut, beberapa diantaranya memiliki luas wilayah yang lebih dari 190 ribu kilometer persegi.

Kuwaluhan.com

Beberapa pulau terbesar yang ada di dunia tersebut antara lain sebagai berikut:

Pulau Greenland


Greenland merupakan salah satu nama pulau yang ada di dunia. Apabila kita mengamati globe, maka kita akan menemukan pulau yang berukuran sangat besar yang berada di dekat ujung Bumi. Nah, pulau yang paling besar itulah  yang dinamakan Greenland. Selain disebut dengan Greenland, daratan atau pulau ini juga memiliki beberapa nama lain yakni Kalaallit Nunaat.

Pulau Greenland memiliki luas wilayah hingga 2.175.600 km². Pulau Greenland ini termasuk ke dalam wilayah Greenland yang termasuk divisi otonomi dari Kerajaan Denmark. Pulau Greenland merupakan pulau yang termasuk dalam wilayah Benua Amerika Utara. Pulau Greenland ini merupakan sebuah pulau yang berada di Samudera Atlantik (yakni bagian utara, di timur laut Kanada). Sebenarnya sejak tahun 1979, Pulau Greenland diberi kemandirian dan sejak tahun 1985 pulau ini tidak menjadi anggota Uni Eropa. Namun, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara.

Pulau Papua


Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai ribuan pulau. Dari ribuan pulau tersebut, ada lima pulau yang ukurannya sangat besar. Kelima pulau terbesar yang menyusun negara Indonesia antara lain adalah Papua, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Jawa. Dan salah satu pulau yang masuk ke dalam jajaran pulau terbesar di dunia adalah Papua. Pulau Papua merupakan pulau besar yang letaknya di penghujung timur wilayah Indonesia.

Pulau Papua ini dibagi menjadi dua wilayah negara yang berbeda. Belahan pulau masuk ke dalam wilayah Indonesia, dan belahan lainnya merupakan bagian dari Papua Nugini. Istilah atau nama Papua digunakan untuk merujuk papa pulau ini secara keseluruhan. Nugini berasal dari kata “New Guinea” yakni sebuah nama yang diberikan oleh bangsa Barat yang di-Indonesiakan. Orang- orang Barat tersebut berpendapat bahwa tanah Papua ini mirip Guinea, sehingga wilayah tersebut diberi nama yang sama. Keadaan wilayah di Pulau Papua ini mirip dengan Benua Australia, hal ini karena pengaruh berbagai hal, seperti jenis binatang dan juga flora khas yang dimilikinya. Selain itu, Pulau ini juga merupakan tempat beradanya puncak gunung tertinggi di Indonesia, yakni Puncak Jaya yang memiliki ketinggian hingga 5.030 meter. Pulau Papua memiliki luas sekitar 786.000 km². Pulau Papua ini meski berdekatan dengan Benua Australia, namun Pulau Papua masuk ke dalam wilayah Benua Asia.

Pulau Kalimantan


Indonesia memang merupakan negara yang mempunyai banyak pulau. Beberapa pulau bahkan masuk ke dalam jajaran pulau terbesar di dunia. Setelah pulau Papua, pulau lain di Indonesia yang masuk ke dalam daftar pulau terbesar di dunia adalah pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan merupakam salah satu pulau terbesar di Indonesia yang dilalui oleh garis lintang nol derajat atau khatulistiwa. Pulau Kalimantan mempunyai luas hingga 743.330 km². di pulau Kalimantan ini, kita akan menemukan tiga wilayah negara yang tergabung dalam satu pulau. Beberapa negara yang menaungi pulau Kalimantan adalah Indonesia (wilayah paling luas), Malaysia dan Brunei Drussalam.

Maka dari itulah pulau ini secara keseluruhan disebut dengan Borneo, sehingga nama Kalimantan merupakan nama yang masuk wilayah Indonesia saja. Pada zaman dahulu, Borneo merupakan sebuah nama yang dipakai oleh kolonial Belanda atau Inggris. Sementara Kalimantan merupakan nama yang dipakai rakyat Indonesia. Pulau Kalimantan merupakan pulau yang berada di wilayah benua Asia. Pulau Kalimantan ini sangat terkenal dengan berbagai macam kekayaan alam yang dimilikinya. Beberapa jenis kekayaan alam yang dapat kita temukan di Pulau Kalimantan antara lain hasil hutan seperti kayu, rotan, satwa, dan lain sebagainya (karena Kalimantan mempunyai hutan hujan tropis yang sangat luas), barang tambang ( seperti minyak bumi, batu bara, intan, dan lain sebagainya), serta kekayaan laut yang dimiiki pesisir- pesisir pantai di Pulau Kalimantan.

Pulau Madagaskar


Pulau yang masuk ke dalam pulau terluas di dunia selanjutnya adalah pulau Madagaskar. Madagaskar menjadi tempat yang sangat terkenal sejak munculnya film kartun animasi binatang yang berjudul Madagaskar. Madagaskar merupakan sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 587.041 km². pulau Madagaskar hanya terdiri atas satu negara saja, yaitu negara Madagaskar.

Pulau Madagaskar ini terdapat di wilayah Benua Afrika. Secara geologi, Madagaskar ini berada pada lempeng tektonik yang terpisah dari benua Afrika. Pertama kali terpisah dari anak benua India, pulau ini bergerak semakin mendekati benua itu. Pulau yang bergerak ini merupakan pulau tua seperti Australia, sehingga tanahnya pun khat bahan mineral diakibatkan tidak adanya aktivitas vulkanik. Tanah di Madagaskar ini kebanyakan berwarna merah. Hal ini menandakan bahwa tanah di wilayah ini telah mengalami pelapukan. Wilayah ini merupakan wilayah perisolasian, sehingga setelah terisolasi selama ratusan juta tahun, flora dan fauna yang hidup di Madagaskar pun sangat khas dan banyak spesies endemik yang ditemukan di sana. Keadaan di pulau Madagaskar pun mirip dengan keadaan yang ada di pulau Sulawesi, Indonesia.

Pulau Baffin


Pulau terluas di dunia yang selanjutnya adalah Pulau Baffin. Baffin merupakan nama sebuah pulau yang mempunyai luas 507.541 km². Pulau Baffin ini merupakan bagian dari wilayah negara Kanada. Keberadaan pulau ini termasuk ke dalam wilayah benua Amerika Utara.

Pulau Baffin ini merupakan salah satu dari Kepulauan Arktik yang berada di wilayah Nunavut. Nama pulau Baffin ini diambil dari nama akhir penjelajah Britania, yakni William Baffin.

Pulau Sumatera


Lagi- lagi adalah wilayah negara Indonesia. Wilayah Indonesia mempunyai beberapa pulau yang merupakan pulau terbesar di dunia. Setelah Papua dan Kalimantan, selanjutnya adalah pulau Sumatera. Pulau Sumatera yang berada di sebelah barat negara Indonesia merupakan pulau terbesar ke enam di dunia. Pulau Sumatera mempunyai luas wilayah sebesar 443.065 km². Pulau Sumatera juga dieja menjadi pulau Sumatra.

Dahulu, di Sumatera ini pernah ada kerajaan Samudera yang sekarang dikenal dengan Aceh. Nama ini diberikan berdasar pasa sebuah serita yang konon katanya pada waktu itu Cendekiawan Islam asal Maroko, Ibnu Batutah selalu melafalkan kata samudera ketika di kegiatannya berkunjung ke pulau ini. semenjak saat itulah nama Sumatera dipakai untuk nama wilayah tersebut. Selain nama Sumatera, pulau ini juga diberi nama Andalas atau Suwarnadwipa. Suwarnadwipa sendiri memiliki arti “Pulau Emas”. Pulau Sumatera merupakan bagian dari negara Indonesia. Karena merupakan bagian dari wilayah Indonesia, maka Pulau Sumatera ini berada di Benua Asia.

Pulau Honshu


Pulau terbesar selanjutnya adalah Pulau Honshu. Pulau Honshu merupakan pulau yang paling besar yang berada di wilayah negara Jepang. Pulau Honshu merupakan pulau yang terkenal yang terletak di selatan Hokkaido, utara Shikoku di seberang Laut Dalam Negeri, dan timur laut Kyushu di seberang Selat Shimonoseki. Pulau Honshu ini mempunyai luas wilayah 227.414 km². Pulau Honshu adalah bagian dari negara Jepang. Karena merupakan bagian negara Jepang, Pulau ini masuk ke dalam wilayah Benua Asia.

Pulau Britania Raya


Pulau terbesar di dunia selanjutnya adalah Pulau Britania Raya atau yang biasa disebut dengan Great Britain. Pulau ini merupakan bagian dari negara Inggris, Skotlandia dan Wales. Pulau Britania Raya merupakan pulau yang terletak di lepas pantai Eropa Barat, sebelah barat laut. Pulau Britania Raya mempunyai luas sebesar 219.000 km². Pulau Britania Raya ini termasuk ke dalam wilayah Benua Eropa.

Pulau Victoria


Setelah Pulau Britania Raya, selanjutnya adalah Pulau Victoria. Pulau Victoria adalah Pulau yang berada di wilayah Benua Amerika Utara. Pulau Victoria juga merupakan pulau yang ada di wilayah negara Kanada.

Pulau Victoria merupakan salah satu dari kepulauan Arktik Kanada di Nunavut dan Teritori Northwest, Kanada. Sepertiga bagian barat dari pulau ini merupakan bagian dari Inuvik, Teritori Northwestdan sisanya adalah bagian dari Kitikmeot, Nunavut. Pulau Victoria ini mempunyai luas wilayah 217.291 km².

Pulau Ellesmere


Pulau kesepuluh yang merupakan pulau terbesar di dunia adalah Pulau Ellesmere. Pulau Ellesmere ini mempunyai luas wilayah 196.236 km². Seperti halnya Pulau Victoria, Pulau Ellesmere juga merupakan pulau yang berada di wilayah negara Kanada dan masuk ke wilayah Benua Amerika Utara.

Pulau Ellesmere merupakan bagian dari daerah Qikiqtaaluk wilayah Kanada Nunavut. Pulauini terletak di dalam kepulauan Arktik Kanada yang dianggap sebagai Kepulauan Ratu Elizabeth, dengan Cape Columbia menjadi titik paling utara di Kanada. Arktik sistem gunung Cordillera meliputi sebagian besar Pulau Ellesmere ini. sehingga hal ini menyebabkan bahwa Pulau Ellesmere menjadi pulau yang paling bergunung- gunung di Kanada. Willow Kutub Utara menjadi satu- satunya spesies kayu tumbuh di Pulau Ellesmere.

Pulau Sulawesi


Pulau selanjutnya yang merupakan pulau terbesar di dunia lagi- lagi terdapat di Indonesia. Setelah ada Papua, Kalimantan danSumatera, kini giliran Pulau Sulawesi. Pulau Sulawesi berada di sebelah pulau Kalimantan. Pulau Sulawesi mempunyai nama lain dalam bahasa Inggris, yakni Celebes. Pulau Sulawesi lebih tepatnya di antara Pulau Kalimantan dan Kepulauan Maluku. Pulau Sulawesi mempunyai luas sekitar 174.600 km².

Pulau Sulawesi mempunyai bentuk yang unik, yakni menyerupai bunga mawar laba- laba atau mirip dengan huruf K besar yang membujur dari arah utara ke arah selatan, serta tiga semenanjung yang membujur ke timur laut, timur dan juga tenggara. Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau yang kaya akan hasil rempah- rempah. Dahulu, ketika bangsa penjajah masuk ke Indonesia untuk mencari rempah- rempah, mereka singgah di Pulau Sulawesi.

Selain mempunyai banyak rempah- rempah, pulau Sulawesi juga menyimpan sejarah yang banyak, seperti peninggalan- peninggalan kerajaan, prasasti- prasasti dan lain sebagainya. Dengan demikian pulau Sulawesi menjadi pulau yang penting bagi Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo