Inilah Daftar Urutan Kota Terbesar di Provinsi Jawa Timur

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibu kotanya terletak di Surabaya. Luas wilayahnya 47.922 km², dan jumlah penduduknya 42.030.633 jiwa (sensus 2017).

Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat.

Berikut adalah Daftar Urutan Kota terbesar di Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

1. KOTA SURABAYA



Surabaya adalah ibukota Provinsi Jawa Timur dan merupakan kota terbesar di Jawa Timur. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan jumlah penduduk metropolisnya yang mencapai 3 juta jiwa, Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan terbesar di kawasan Indonesia timur.

Surabaya terkenal dengan sebutan kota Metropolitan, kota pelajar, kota industri dan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Perekonomian Kota Surabaya kini sedang menggeliat menunjukkan respon Positif dan merupakan salah satu kota yang berkembang paling pesat di kawasan ASEAN.


2. KOTA Malang



Malang adalah kota terbesar ke delapan di pulau jawa. Jumlah penduduk Kota Malang 820.243 (2010), dengan tingkat pertumbuhan 3,9% per tahun.
Malang merupakan kota terbesar ke-2 di Jawa Timur. Malang mempunyai julukan kota pariwisata,kota Sejarah,kota kuliner, kota Industri,kota sastra, kota budaya dan kota apel.

Malang juga dikenal sebagai Kota Pendidikan, karena memiliki sejumlah perguruan tinggi ternama.  kota ini terletadi Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, terletak 90 km sebelah selatan Kota Surabaya, dan wilayahnya dikelilingi oleh Kabupaten Malang.

3. KOTA KEDIRI



Kota Kediri merupakan Kota terbesar ke-3 di Jawa Timur. Penataan kota ini adalah khas kota-kota di Jawa sejak jaman penjajahan Belanda.  Kini, modernisasi kota sudah menyebar dari jalan utama, khususnya ke arah Selatan dan Timur.

Dalam hal pembangunan dan Pariwisata Kota Kediri juga tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya seperti Surabaya dan Malang. Dan di Kediri juga telah berdiri mall-mall besar, pertokoan, kantor jasa, dan aktivitas lainnya.  Di sebelah Timur kota, adalah area industri dan jasa berbasis rokok PT. Gudang Garam. Dalam waktu dekat, di Kediri juga dibangun Bandara Nasional yang di naungi langsung oleh PT Gudang Garam.

Selain kota Tahu, Kota Kediri juga mempunyai julukan Kota Santri, kota Pelajar, kota Industri, kota pariwisata, kota Sejarah, Kota sastra dan kota budaya.

4. KOTA SIDOARJO


Kota Sidoarjo merupakan kota terbesar ke-4 di Jawa Timur. Kabupaten ini juga cukup terkenal karena Bendungan Lumpur Lapindo-nya. Kabupaten ini terletak berbatasan dengan Kota Surabaya . Kabupaten ini mempunyai penduduk berjumlah 1.682.000 jiwa dengan luasnya mencapai 591,59 km2 .

5. KOTA MADIUN



Kota Madiun adalah sebuah kota terbesar ke-5 di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terletak 160 km sebelah barat Surabaya, atau 111 km sebelah timur Surakarta, Jawa Tengah.

Di kota ini terdapat pusat industri kereta api (INKA). Madiun dikenal memiliki Lapangan Terbang Iswahyudi, yakni salah satu pangkalan utama AURI, meski sebenarnya terletak di Kabupaten Magetan. Madiun memiliki julukan Kota Brem, Kota Pelajar, Kota Sepur, Kota Pecel, Kota Budaya dan Kota Industri.

6. KOTA JEMBER



Kota Jember merupakan kota terbesar ke-6 di Jawa Timur. Dengan luas 3.293,34 Km2, penduduk yang banyak mendiami kabupaten Jember adalah suku Jawa dan suku Madura, dengan penduduk minoritas Tionghoa dan suku Osing. Suku Madura banyak berdomisili di daerah utara dan suku Jawa banyak bertempat tinggal di Selatan dan bagian pesisir pantai.

Jember terkenal akan produksi tembakaunya dan kabupaten ini juga tempat dimana saya lahir . Jember mempunyai beberapa pariwisata diantaranya Pantai Watu Ulo . Jember dulunya merupakan kota administratif namun sekarang status itu telah dihapus dan ibukota kabupaten ini terletak di Jember . Kabupaten ini mempunyai bandara sendiri yang namanya Bandara Notohadinegoro,.

Kota Jember juga memiliki julukan kota pariwisata dan kota pendidikan.


7. KOTA PROBOLINGGO


Probolinggo adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak sekitar 100 km sebelah tenggara Surabaya, Kota Probolinggo berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta Kabupaten Probolinggo di sebelah timur, selatan, dan barat. Probolinggo merupakan kota terbesar ke-7 di Jawa Timur setelah Jember.

Kota ini terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur dan menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali.

Itulah daftar Urutan kota terbesar. Yang berada di Provinsi Jawa Timur.

15 Komentar untuk "Inilah Daftar Urutan Kota Terbesar di Provinsi Jawa Timur"

  1. Tdu jember gk nih,jember itu kota bsar ke tiga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudahlah ferguso, akui saja kalau jember itu peringkat 6 🤣

      Hapus
    2. Jember memang dulu, pernah berada diurutan 3 setelah Malang. Tapi setelah gagal menjadi status kota madya, maka investor beralih ke kota lain.

      Hapus
  2. Sebentar lagi di bangun bandara international, apa itu bukan pembangunan.... Mikir pakai otak

    BalasHapus
  3. Apa di madiun ada bandara ya 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  4. Pak adminnya belum main ke Jember nie hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah main 2X ke Jember, Memang begitu keadaan di Jember. Tak Seramai Kediri.

      Hapus
  5. Yang kami sampaikan itu kota terbesar, bukan Kabupaten. Sedangkan Jember Belum Memiliki Kota Madya. Untung-untungan Jember Kami Sebutkan juga di sini. Jadi jangan Protes...

    BalasHapus
  6. Daftar kota (kotamadya, dipimpin walikota) di jawa timur
    Surabaya
    Mojokerto
    Pasuruan
    Malang
    Blitar
    Kediri
    Batu
    Madiun
    Probolinggo

    BalasHapus
  7. Gak keliru kah ini? Probolinggo kan kota kecil, jika dibandingkan dengan Pasuruan mah kayaknya lebih besar pasuruan, terbukti dengan banyaknya industri yang sangat berkembang pesat di pasuruan. Selain dari segi industri, dari segi pariwisata saja lebih banyak pasuruan lho.

    BalasHapus
  8. Kalau mau sedikit ilmiah, krn ini bicara Daerah Tingkat II (Kabupaten/Kotamadya), mestinya yg dibandingkan yg status Kota.
    Misalkan Kabupaten Jember, 3 Kecamatan yg ada di Kota bisa diasumsikan sbg "Kotamadya" yg jumlah penduduk thn 2021 sebesar 360.888 jiwa.
    Bandingkan dg Kota Kediri 287.962.
    Saran saya, kalau menulis jangan asal, maaf & terimakasih.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel