Daftar Kabupaten dan Kota Tertua di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan begitu banyak kota dan daerah di dalamnya. Indonesia juga negara yang banyak diberkahi kejaiban alam dan budaya.

Berikut ini kita akan membahas Kabupaten dan Kota-kota tertua di Indonesia menurut tahun Berdirinya dan pada sejarahnya di masa lampau.

Berikut keterangannya :

1. PALEMBANG


Palembang adalah kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Kota Medan. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 358,55 kilometer persegi. Lebih dari 1,7 juta orang tinggal di kota yang berjuluk Bumi Sriwijaya ini. Ikon utama dari kota ini adalah Jembatan Ampera yang khas.

Kota ini berdiri pada 16 Juni 682 Masehi, seperti yang tertulis di sebuah prasasti Kedukan Bukit. Keberadaan prasasti tersebut juga mengukuhkan posisi Palembang sebagai kota tertua di Indonesia.

Kota tersebut juga menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kekuatan maritime terbesar se-Asia Tenggara.

2. SALATIGA


Salatiga merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah yang berdiri sejak tahun 750 Masehi. Meskipun kota ini kecil, namun kota ini menyimpan sejarah yang panjang dan kuat karena pernah megalami sebuah peperangan hebat di masa kerajaan.

Lahirhnya kota Salatiga ini tertuang dalam sebuah tulisan yang tertera jelas di atas sebuah batu andesit, yang dikenal sebagai Prasasti Plumpungan. Prasasti tersebut berada di Desa Kauman Kidul, Sidorejo.

3. KEDIRI


Kota KEDIRI adalah salah satu kota tertua di Indonesia yang berdiri sejak 25 Maret tahun 879 Masehi. Kota ini terletak di Porvinsi Jawa Timur dengan luas wilayah mencapai 63,40 kilometer persegi. Kota Kediri juga dikenal sebagai pusat perdagangan gula dan rokok terbesar di Indonesia.

Sejarah kerajaan Kediri dan Singasari memang sangat kental dengan kota ini. Berbagai peninggalan kerajaan-kerjaan pun terdapat di Kota Kediri. Selain itu, kota Kediri ini memiliki sebuah bangunan yang mirip dengan Monumen Arc de Triomphe yang ada di paris, monument tersebut memang dibuat mirip dan dijadikan sebagai ikon kota Kediri, nama Monumen tersebut adalah Monumen Simpan Lima Gumul.

4. MAGELANG


Kota tertua di Indonesia selanjutnya adalah Magelang. Kota Kecil ini memang menawan dan terletak di Provinsi Jawa Tengah. Meskipun kota ini kecil, namun memiliki sejarah yang sangat kuat dan bernilai tinggi. Kota Magelang terkenal karena menjadi lokasi salah satu keajaiban dunia, yaitu Candi Borrobudur.

Magaleng resmi didirikan sebagai kota pada 11 April 907 Masehi. Pada abad ke-18 Inggris pernah memerintah kota Magelang dan dijadikan pusat pemerintahan. Bupati pertama yang mempelopori pengembangan kota Magelang adalah Mas Ngabehi Danurukmo.

5. PURWOREJO


Kota selanjutnya adalah PURWOREJO, kota ini adalah sebuah kota yang terletak di selatan Jawa Tengah yang memiliki sejarah yang sangat panjang. Usia kota ini sendiri diperkirakan mencapai 1115 karena lahir pada 5 oktober 901 Masehi yang ditentukan sesuai dengan peristiwa pematokan tanah yang tercatat di prasasti Boro Tengah dan prasasti Kayu Ara Hiwang yang menandai beridirinya kota ini.

6. PASURUAN


Selanjutnya adalah Pasuruan, kota ini berdiri Pada tanggal 18 September 929 Masehi, berdasarkan ditemukannya Prasasti Cunggrang yang merupakan salah satu prasasti peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang terletak di Dusun Sukci, Desa Bulusari, Kecamatan Gempol.

Karena berada di dekat pemakaman umum, suasana prasasti ini terkesan sedikit mistis.
Prasasti Cunggrang ini dibuat oleh Mpu Sendok, sang Pendiri Wangsa Isyana Kerajaan Medang (Mataram Kuno) pada tanggal 18 September tahun 851 Saka atau 929 Masehi.

Prasasti ini dibangun sebagai ucapan terima kasih kepada penduduk Dusun Cunggrang (sekarang disebut dengan Dusun Sukci) yang telah bergotong royong merawat pertapaan, prasada, dan pancuran air di Gunung Penanggungan yang saat itu disebut dengan Pawitra.

Ini membuktikan bahwa budaya gotong royong sudah ada sejak dulu di Pasuruan. Isi dari Prasasti Cunggrang yang terdiri dari tulisan Jawa kuno yang diukirkan tidak dapat terbaca dengan jelas dikarenakan banyak bagian yang rumpil. Namun, inti dari prasasti tersebut menjelaskan bahwa daerah yang bernama Cunggrang, dijadikan daerah sima, yaitu daerah yang dibebaskan dari pajak oleh Kerajaan Mataram.

7. NGANJUK


Yang selanjutnya Kabupaten Nganjuk, Kabupaten ini berdiri Pada tanggal 10 April 937 Masehi, berdasarkan Prasasti Anjukladang yang dikeluarkan Maharaja Mpu Sindok atas jasa-jasa penduduk desa Anjukladang dalam membantu memerangi musuh negara.
Prasasti Anjuk Ladang adalah piagam batu berangka tahun 859 Saka (versi Brandes, 935 M) yang dikeluarkan oleh Raja Sri Isyana (Pu Sindok) dari Kerajaan Medang setelah pindah ke bagian timur Pulau Jawa.

Prasasti ini juga disebut Prasasti Candi Lor karena ditemukan pada reruntuhan Candi Lor, di Desa Candirejo, Loceret, Nganjuk, beberapa kilometer di tenggara kota Nganjuk.

Itulah beberapa kota paling Tua di seluruh Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Kabupaten dan Kota Tertua di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel