Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Kalimantan

Daftar Kota terbesar di Kalimantan

Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia setelah pulau Papua. Di Pulau Kalimantan terkenal akan sumber daya alamnya yang berlimpah, terutama dari sektor perkebunan dan pertambangan. Provinsi di Kalimantan yang paling terkenal akan kekayaan sumber daya alamnya adalah provinsi Kalimantan Timur.

Penduduk pulau Kalimantan berjumlah 18,59 juta jiwa, jauh dibawah penduduk pulau Jawa yang berjumlah 160 juta jiwa atau pulau Sumatera yang berjumlah 50 juta jiwa. Makanya tidak heran kota-kota di Kalimantan relatif lebih kecil dibandingkan kota-kota di Jawa dan Sumatera. Bahkan untuk saat ini, belum ada kota di Kalimantan yang penduduknya mencapai 1 juta jiwa.

Berikut ini kami akan merangkum Daftar Kota paling Besar di Kalimantan.
Mari disimak ulasannya :

SAMARINDA

Samarinda adalah kota terbesar di pulau Kalimantan. Ibukota provinsi Kalimantan Timur ini memiliki penduduk berjumlah 883.838 jiwa berdasarkan data kependudukan tahun 2015.

BALIKPAPAN

Sama seperti Samarinda, kota Balikpapan juga berasal dari provinsi Kalimantan Timur. Kendati Balikpapan bukanlah ibukota provinsi dan bukan kota terbesar di provinsi Kalimantan Timur, namun kota Balikpapan yang paling berkembang dibandingkan kota-kota lainnya di Kalimantan Timur. Berdasarkan data kependudukan tahun 2015, jumlah penduduk Balikpapan adalah 736.807 jiwa.

BANJARMASIN

Banjarmasin merupakan ibukota provinsi Kalimantan Selatan. Banjarmasin sekaligus menjadi kota terbesar di sana. Berdasarkan data kependudukan tahun 2014, jumlah penduduk banjarmasin mencapai 666.223 jiwa.

PONTIANAK

Tahun 2014, jumlah penduduk pontianak tercatat 598.097 jiwa. Pontianak merupakan ibukota provinsi Kalimantan Barat dan berstatus kota terbesar di sana.

PALANGKARAYA

Palangkaraya merupakan ibukota provinsi Kalimantan Tengah dan sekaligus menjadi kota terbesar di sana. Jumlah penduduk kota Palangkaraya berdasarkan data tahun 2014 adalah 252.105 jiwa.

TARAKAN

Tarakan merupakan kota terbesar di provinsi Kalimantan Utara, provinsi termuda di Indonesia. Berdasarkan catatan kependudukan tahun 2014, jumlah penduduk tarakan mencapai 227.200 jiwa. Kota ini berada pada sebuah pulau kecil yang terpisah dari daratan utama Kalimantan.

BANJARBARU

Banjarbaru merupakan kota terbesar kedua di provinsi Kalimantan Selatan. Berdasarkan data kependudukan tahun 2014, penduduk Banjarbaru berjumlah 215.440 jiwa.

SINGKAWANG

Kota Singkawang berada di provinsi Kalimantan Barat. Penduduk kota Singkawang mencapai 198.742 jiwa berdasarkan data kependudukan tahun 2013.

BONTANG

Sama seperti Samarinda dan Balikpapan, kota Bontang juga berasal dari provinsi Kalimantan Timur. Berdasarkan data kependudukan tahun 2013, jumlah penduduk kota Bontang adalah 163.326 jiwa.

TANJUNG SELOR

Tanjung Selor merupakan kota yang baru terbentuk di pulau Kalimantan. Bahkan sebenarnya kota Tanjung Selor  belum benar-benar resmi dibentuk. Sampai saat ini yang sudah pasti adalah, Tanjung Selor ditunjuk sebagai ibukota provinsi Kalimantan Utara. Jumlah penduduk Tanjung Selor adalah 60.248 jiwa berdasarkan data kependudukan tahun 2014.

Itulah beberapa Kota Terbesar yang berada di Pulau Kalimantan.
Terima Kasih atas kunjungannya...!!

Belum ada Komentar untuk "Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Kalimantan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel