Garis keturunan Arjuna dari beberapa Istrinya, Kisah Mahabharata

Raden Arjuna adalah putra ketiga dari pasangan Dewi Kunti dan Prabu Pandu atau sering disebut dengan ksatria Panengah Pandawa. Seperti yang lainnya, Arjuna pun sesungguhnya bukan putra Pandu, namun ia adalah putra dari Dewi Kunti dan Batara Indra. Dalam kehidupan orang jawa, Arjuna adalah perlambang manusia yang berilmu tingga namun ragu dalam bertindak. Hal ini nampak jelas sekali saat ia kehilangan semangat saat akan menghadapi saudara sepupu, dan guru-gurunya di medan Kurusetra. Keburukan dari Arjuna adalah sifat sombongnya. Karena merasa tangguh dan juga tampan, pada saat mudannya ia menjadi sedikit sombong.



Arjuna memiliki dasanama sebagai berikut: 
Herjuna, Jahnawi, Sang Jisnu, Permadi sebagai nama Arjuna saat muda, Pamade, Panduputra dan Pandusiwi karena merupakan putra dari Pandu, Kuntadi karena punya panah pusaka, Palguna karena pandai mengukur kekuatan lawan, Danajaya karena tidak mementingkan harta, Prabu Kariti saat bertahta menjadi raja di kayangan Tejamaya setelah berhasil membunuh Prabu Niwatakaca, Margana karena dapat terbang tanpa sayap, Parta yang berarti berbudi luhur dan sentosa, Parantapa karena tekun bertapa, Kuruprawira dan Kurusatama karena ia adalah pahlawan di dalam baratayuda, Mahabahu karena memiliki tubuh kecil tetapi kekuatannya besar, Danasmara karena tidak pernah menolak cinta manapun, Gudakesa, Kritin, Kaliti, Kumbawali, Kumbayali, Kumbang Ali-Ali, Kuntiputra, Kurusreta, Anaga, Barata, Baratasatama, Jlamprong yang berarti bulu merak adalah panggilan kesayangan Werkudara untuk Arjuna, Siwil karena berjari enam adalah panggilan dari Prabu Kresna, Suparta, Wibaksu, Tohjali, Pritasuta, Pritaputra, Indratanaya dan Indraputra karena merupakan putra dari Batara Indra, dan Ciptaning dan Mintaraga adalah nama yang digunakan saat bertapa di gunung Indrakila. Arjuna sendiri berarti putih atau bening.

Arjuna mempunyai banyak sekali istri,dari kisah lain ada 40 istri Arjuna.itu semua sebagai simbol penghargaan atas jasanya ataupun atas keuletannya yang selalu berguru kepada banyak pertapa.
Namun Berikut sebagian kecil istri dan keturunan nya :

-Dewi Subadra, berputra Raden Abimanyu
-Dewi Sulastri, berputra Raden Sumitra
-Dewi Larasati, berputra Raden Bratalaras
-Dewi Ulupi atau Palupi, berputra Bambang Irawan
-Dewi Jimambang, berputra Kumaladewa dan Kumalasakti
-Dewi Ratri, berputra Bambang Wijanarka
-Dewi Dresanala, berputra Raden Wisanggeni
-Dewi Wilutama, berputra Bambang Wilugangga
-Dewi Manuhara, berputra Endang Pregiwa dan Endang Pregiwati
-Dewi Supraba, berputra Raden Prabakusuma
-Dewi Antakawulan, berputra Bambang Antakadewa
-Dewi Juwitaningrat, berputra Bambang Sumbada
-Dewi Maheswara
-Dewi Retno Kasimpar
-Dewi Dyah Sarimaya
-Dewi Srikandi

Itulah beberapa istri dari Arjuna dan garis Keturunan nya.

Belum ada Komentar untuk "Garis keturunan Arjuna dari beberapa Istrinya, Kisah Mahabharata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel