Social Items

Arti Hari Jum'at dan kebaikan pada hari Jum'at menurut Hadist

Hari Jum'at adalah hari ke-6 dalam Seminggu.Pada hari Jum'at banyak sekali kebaikan yang terkandung di dalamnya.
Berikut adalah ulasan tentang Hari Jum'at;


1. Hari paling utama di dunia

Allah menciptakan Nabi Adam ‘alaihissallam dan mewafatkannya.Hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan ke dalam surga.Hari Nabi Adam ‘alaihissallam diturunkan dari surga menuju bumi.Hari akan terjadinya kiamat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

2. Hari bagi kaum muslimin

Hari jum’at adalah hari berkumpulnya umt Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam masjid-masjid mereka yang besar untuk mengikuti shalat dan sebelumnya mendengarkan dua khutbah jum’at yang berisi wasiat taqwa dan nasehat-nasehat, serta do’a.

Dari Kuzhaifah dan Rabi’i bin Harrasy radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari jum’at, Yahudi pada hari sabtu, dan Nasrani pada hari ahad, kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari jum’at, mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain.” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)

3. Hari yang paling mulia dan merupakan penghulu dari hari-hari

Dari Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Hari jum’at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari jum’at ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari jum’at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari jum’at juga Adam dimatikan, di hari jum’at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari jum’at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari jum’at.” (HR. Ahmad)

4. Waktu yang mustajab untuk berdo’a

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari jum’at lalu beliau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


“Di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim)

Kebaikan Hari Jum'at

Telah diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra, dengan sanad yang sama, ia berkata: Rasulullah saw, ditanya tentang hari Jum'at. Maka Beliau menjawab: "Hari Jum'at adalah hari silaturohmi dan pernikahan".
          
Para penanya itu menanyakan kembali: "Apa sebab demikian, Ya Rasulullah saw". Jawab: "Karena para Anbiya 'alaihissalam dahulu melakukan pernikahan pada hari itu".
          
Sebagian ulama' berpendapat:
Telah terjadi tujuh pernikahan antara para Anbiya' dan antara para Auliya 'pada hari jum'at, yaitu;

1.Pernikahan antara Nabi Adam as. dan ibu Hawa.

2.Pernikahan antara Nabi Yusuf as. dan Zulaikhah.

3.Pernkahan antara Musa as, dan Shofwaro.

4.Pernikahan antara Nabi Sulaiman as, dan Ratu Balqis.

5.Pernikahan antara Nabi Muhammad saw, dengan Siti Khotijah.

6.Pernikahan Nabi Muhammad saw, dengan Siti Aisyah.


7.Pernikahan Sayyidina Ali bin Abi Tholib dengan Siti Fathimah.


Demikian penjelasan mengenai Hari Jum'at, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo