Social Items

Sebenarnya Di Jawa Timur terdapat Ratusan bahkan ada Ribuan Pondok Pesantren besar kecil Yang sangat berkualitas dan bermutu. Namun Kali ini kami hanya menulis beberapa Nama Pondok Pesantren yang sudah banyak Santrinya dan Alumninya berdasarkan Informasi yang didapatkan.
Berikut ini adalah nama-nama Pondok Pesantren yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita:

1. Pondok Pesantren Lirboyo – Kediri



Pondok pesantren terbaik di Jawa Timur adalah Lirboyo. Awal mula berdiri Pondok Pesantren Lirboyo berkaitan erat dengan kepindahan dan menetapnya KH Abdul Karim ke desa Lirboyo tahun 1910 M. Sebagai Pusat pendidikan Islam, Pondok Pesantren Lirboyo mencetak generasi bangsa yang cerdas ruhaniyah, juga smart-intelektual, mumpuni dalam keberagaman bidang, juga keberagamaan Islam yang otentik. Pondok Pesantren Lirboyo memadukan antara tradisi yang mampu mengisi kemodernitasan dan terbukti telah melahirkan banyak tokoh-tokoh yang shalih dan shalihah.


2. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah – Situbondo



Pondok pesantren Salafiyah Syafiiyah berdiri pada tahun 1328 H/1908 M. Berlokasi di Sukorejo, Situbondo. Dalam upaya mewujudkan pendidikan terbaik sesuai kebutuhan zaman, berbagai lembaga pendidikan kejuruan dan keahlian pun didirikan, seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Lembaga Kader Ahli Fiqh Ma’had Aly dan Madrasatul Qur’an sebagai lembaga kajian dan pendalaman ilmu-ilmu Al Qur’an. Termasuk lembaga ekonomi Koperasi. Lembaga-lembaga informal seperti kursus dan pelatihan juga turut mewarnai perkembangannya.

Baca Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah

3. Pondok Modern Darussalam Gontor – Ponorogo



Pondok pesantren Darussalam Gontor didirikan pada 20 September 1926/ 12 Rabi’ul Awwal 1345. Memiliki visi sebagai lembaga pendidikan pencetak kader-kader pemimpin umat, menjadi tempat ibadah talab al-’ilmi; dan menjadi sumber pengetahuan Islam, bahasa al-Qur’an, dan ilmu pengetahuan umum, dengan tetap berjiwa pesantren. Lokasinya terletak lebih kurang 3 km sebelah timur Tegalsari dan 11 km ke arah tenggara dari kota Ponorogo.

Gontor merupakan salah satu pondok pesantren terbaik yang memiliki Institut Studi Islam Darussalam (ISID). Saat ini ISID memiliki tiga Fakultas: Fakultas Tarbiyah dengan jurusan Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ushuluddin dengan jurusan Perbandingan Agama, dan Akidah dan Filsafat, dan Fakultas Syariah dengan jurusan Perbandingan Madzhab dan Hukum, dan jurusan Manajemen Lembaga Keuangan Islam.

4. Pondok Pesantren Langitan – Tuban


Pondok Pesantren Langitan berdiri pada tahun 1852 M, di Dusun Mandungan Desa Widang Kecamatan Widang Kabupaten Tuban Jawa Timur. Komplek Pondok Pesantren Langitan terletak di samping Bengawan Solo dan berada di atas areal tanah seluas kurang lebih 7 hektar serta pada ketinggian kira-kira tujuh meter di atas permukaan laut. Pesantren ini dalam kurun waktu yang cukup panjang, telah menerapkan beberapa methode pendidikan dan pengajaran dalam sistem klasikal (madrasiyah) dan non klasikal (ma’hadiyah).

Baca berdirinya Pondok Langitan Tuban

5.Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang



Pesantren Tebuireng merupakan salah satu pesantren terbesar di Kab. Jombang. Pesantren ini didirikan pada tahun 1899 oleh salah satu ulama besar yaitu KH. Hasyim Asy’arie. Kyai Hasyim Asy’ari dikenal sebagai sosok ulama kharismatik sekaligus pendiri organisasi Ulama (NU).

Disamping pelajaran ilmu syari’at, bahasa Arab dan Agama islam, pondok pesantren ini juga memasukan pelajaran umum kedalam struktur pembelajarannya. Pesantren Tebuireng sudah sangat banyak memberikan kontribusi terhadap masyarakat indonesia. Terutama di dalam dunia pendidikan indonesia.

KH Abdurrahman alias Gusdur menjadi presiden RI ke empat dan yang pertama berasal dari kalangan santri. Beliau adalah cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari.

Baca sejarah Pondok Pesantren Tebu Ireng

6. Pondok Pesantren Sidogiri – Pasuruan



Pondok pesantren terbaik dan favorit di Jatim yang pertama adalah Ponpes Sidogiri yang didirikan pada tahun 1718 atau 1745 oleh Sayyid Sulaiman. Beliau adalah putra pertama pasangan Sayid Abdurrahman bin Umar ba Syaiban dan Syarifah Khadijah, cucu Sunan Gunung Jati. Meskipun menggunakan sistem salaf dan tidak mendirikan pendidikan sekolah formal, tetapi Sidogiri banyak menghasilkan lulusan yang mumpuni. Madrasahnya pun telah mendapat status muadalah (persamaan). Sehingga ijazah aliyah bisa digunakan untuk kuliah.

Selain merupakan pondok pesantren tertua di Indonesia, perkembangan pesantren sidogiri yang sangat cepat, baik sisi pendidikan maupun perekonomian. Sayap bisnis para alumni Sidogiri dikembangkan lewat BMT MMU (Maslahah Mursalah lil Ummah) yang fokus pada pemberdayaan guru, BMT UGT (Usaha Gabungan Terpadu) yang melayani jasa keuangan syariah secara umum. Sedangkan usaha milik Ponpes Sidogiri adalah toko basmalah. Sangat layak menjadi pertimbangan untuk memilihnya sebagai tempat pendidikan anak-anak Anda.

Selengkapnya Berdirinya Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

7. Pondok Pesantren Darul Ulum – Jombang



Pondok Pesantren Darul Ulum didirikan antara tahun 1885-1937 M. Sebagai salah satu wadah pendidikan terbaik, Darul Ulum sejak didirikannya telah ditanamkan beberapa kriteria dasar tentang tujuan dan dasar didirikannya. Dasar amaliyah sebagai lembaga sosialisasi nilai agama adalah sunnah wal jamaah. Secara bahasa Darul berarti Gudang sedangkan ‘Ulum, jamak dari ilmu yang berarti ilmu-ilmu, sehingga secara garis besar Darul ‘Ulum memiliki arti “Gudangnya Ilmu-ilmu”, yang filosofinya tampak jelas dalam nama pondok pesantren tersebut.


8. Pesantren Ilmu Al-Quran – Malang



Pondok pesantren terbaik yang terletak di Singosari kabupaten Malang ini, (±10 km utara kota Malang) adalah lembaga pendidikan kepesantrenan semi salaf. Didirikan oleh KH Bashori Alwi pada 1 Mei 1978. Sesuai dengan namanya, PIQ mempunyai spesialisasi dan prioritas pengajaran pada Al-Quran. Hal ini erat kaitannya dengan figur KHM. Basori Alwi sebagai seorang ahli ilmu tajwid, intelektual Al-Quran dan notabene pendiri Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz, suatu lembaga yang banyak melahirkan intelektual Al-Quran di Indonesia.


PIQ Singosari Malang mampu membangun kepercayaan umat di dalam pengajaran dan pengembangan ilmu-ilmu agama. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya jumlah santri baik lokal maupun non lokal yang berasal dari luar kota (Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Irian Jaya) yang diikuti dengan pencapaian prestasi yang semakin meningkat, baik ketika mengikuti event-event tingkat regional maupun nasional. Bahkan alumni-alumninya banyak yang memegang peranan penting di masyarakat.

9. Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci – Gresik


Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin dirintis KH. Abdullah Faqih Suci sekitar tahun 1969 yang pada mulanya berupa surau kecil untuk mengaji AI-Qur’an dan Kitab Kuning di lingkungan desa Suci dan sekitarnya. Mamba’us Sholihin yang mengadopsi perpaduan sistem Salaf-Modern. Hal ini tak lepas dari pada Background Pengasuh Pesantren Al Mukarrom KH Masbuhin Faqih, yang merupakan alumni Gontor dan Langitan. Dengan semangat melestarikan kebaikan masa klasik, dan mengadopsi hal-hal baru yang lebih baik”, menjadikan Mamba’us Sholihin sebagai Pesantren yang cukup lengkap kurikulum pendidikannya, baik yang berupa pendidikan formal maupun non formal.

10. Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan – Sumenep



Pondok Pesantren terbaik ini didirikan pada tahun 1952. Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN diurus dan dikelola secara kolektif oleh beberapa Badan Pengurus yang terstruktur, sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. Badan-badan pengurus tersebut bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen yang modern, efektif dan efisien tapi tetap berpijak pada bingkai visi dan misinya. Saat ini memiliki Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) dengan dibukanya 3 jurusan baru, Pendidikan Bahasa Arab (Tarbiyah), Jurusan Tafsir Hadis (Ushuluddin) dan Jurusan Akidah Filsafat (Ushuluddin).

11. Pondok Pesantren Nurul Jadid – Probolinggo


Pondok Pesantren Nurul Jadid didirikan oleh almarhum KH. Zaini Mun’im pada tahun 1950. Berlokasi di desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Membantu terbentuknya manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlaqul al-karimah, berwawasan luas, berpandangan kedepan, cakap, terampil, mandiri, kreatif, memiliki etos kerja, toleran, bertanggung jawab kemasyarakatan serta berguna bagi agama, bangsa dan negara.


12.Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar, Madura



Pesantren Darul Ulum Banyuanyar didirikan pada tahun 1787 oleh KH. Itsbat bin Ishaq. Pesantren ini termasuk pesantren tertua di Madura. Pesantren ini didirikan diatas sebidang tanah yang sempit dan gersang yang kemudian disebut dengan “Banyuanyar”.

Penamaan “Banyuanyar” ini atas dasar penemuan sumber mata air yang cukup basar oleh KH. Itsbat yang tidak pernah surut sampai sekarang. Setelah KH. Itsbat wafat, beliau maninggalkan amanah agar lokasi pesantren kecilnya dikembangkan menjadi Pondok Pesantren yang representatif dan mampu menjawab segala tantangan zaman.

13.Pondok Pesantren Al-Khoirot, Malang



Pesantren Al-Khoirot didirikan pada tahun 1963 oleh KH. Syuhud Zayyadi. Dari segi usia pesantren ini terbilang masih muda di bandingkan dengan pesantren lain. Pesantren ini terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca tentang Kemuliyaan Malam Jum'at

Sistem pendidikan yang diberlakukan di pesantren ini adalah sistem pendidikan salaf murni, yaitu pengajian kitab kuning klasik dengan metode sorogan, wetonan, dan bandongan.

Saat ini sistem pendidikannya mulai berkembang dengan diperkenalkannya pendidikan formal madrasah diniyah, madrasah tsanawiyah (MTs) dan madrasah aliyah (MA) yang statusnya diakui pemerintah dan lulusannya dapat melanjutkan studi ke sekolah manapun baik negeri atau swasta, dalam negeri atau luar negeri.

14.Pondok Pesantren Al-Fatah, Temboro MAGETAN


Pesantren Al Fatah merupakan salah satu pesantren yang sedang tumbuh pesat. Pesantren ini terletak di Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Secara fisik akan banyak dijumpai beberapa bangunan permanen yang cukup sederhana, terutama rumah-rumah para Ustadz.

Salah satu kelebihan pesantren ini adalah, kebersihan lingkungan dan paling utama kebersihan kamar mandi dan ketersediaan air bersih. Luar biasa. Walhasil tidak ada tradisi “jarban”/ korengan/penyakit gatal yang biasanya menjadi syarat bagi santri.

Pondok Pesantren Nurul Jadid didirikan oleh almarhum KH. Zaini Mun’im pada tahun 1950. Berlokasi di desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Membantu terbentuknya manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlaqul al-karimah, berwawasan luas, berpandangan kedepan, cakap, terampil, mandiri, kreatif, memiliki etos kerja, toleran, bertanggung jawab kemasyarakatan serta berguna bagi agama, bangsa dan negara.

15. Pondok Pesantren Assalafi Al-Fitrah – Surabaya


Pondok pesantren terbaik dan favorit di Jawa Timur yang terakhir adalah Pondok Pesantren Al Fithrah. Didirikan pada tahun 1985, berlokasi di jalan Kedinding Lor 99 Surabaya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era globalisasi dan informasi, serta guna memberikan landasan yang kuat dengan didikan yang bermoral, maka akhlak mulia sangat diperlukan untuk membentengi diri, keluarga khususnya anak-anak.

Meskipun tak banyak diliput media massa, nama Alm. KH Asrori Al-Ishaqi sudah tak asing lagi bagi masyarakat sekitar. Keteladanan beliau patut dicontoh oleh pemuda-pemudi generasi penerus bangsa, dalam perkembangannya sangat membutuhkan pendidikan agama Islam, guna melindungi diri dan kehidupannya, agar tidak terseret dalam arus globalisasi dan informasi yang menyesatkan. Sampai detik ini, Pondok Pesantren Assalafi Al-Fitrah, Surabaya masih dipercaya untuk mengayomi para santri dari penjuru Nusantara yang menimba ilmu di sana.

16.Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo


Pondok Pesantren Al-Falah berada di desa Karangkates kecamatan  Ploso  Kabupaten Kediri. Pesantren ini didirikan oleh KH Ahmad Djazuli Usman yang di bantu oleh Muhammad Qomar dan didirikan pada tahun 1925.

17.PONDOK PESANTREN BATA-BATA – PAMEKASAN



Pondok ini didirikan pada tahun 1943 M oleh RKH. Abdul Majid bin Abdul Hamid bin RKH. Itsbat. Pesantren ini juga merupakan pesantren terbaik dan favorit yang ada di pulau Madura atau lebih tepatnya di Kabupaten Pamekasan.

Baca juga:

-25 pondok pesantren Terbesar di Indonesia
-Kemuliyaan Bulan Suci Romadhan 


Itulah beberapa Pondok Pesantren di Jawa Timur yang sampai sekarang tetap berkembang.
Jika ada kekurangan silahkan berkomentar di bawah untuk melengkapi nama pondok kawan-kawan semua.

Daftar Kumpulan Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Jawa Timur hingga Sekarang

Sebenarnya Di Jawa Timur terdapat Ratusan bahkan ada Ribuan Pondok Pesantren besar kecil Yang sangat berkualitas dan bermutu. Namun Kali ini kami hanya menulis beberapa Nama Pondok Pesantren yang sudah banyak Santrinya dan Alumninya berdasarkan Informasi yang didapatkan.
Berikut ini adalah nama-nama Pondok Pesantren yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita:

1. Pondok Pesantren Lirboyo – Kediri



Pondok pesantren terbaik di Jawa Timur adalah Lirboyo. Awal mula berdiri Pondok Pesantren Lirboyo berkaitan erat dengan kepindahan dan menetapnya KH Abdul Karim ke desa Lirboyo tahun 1910 M. Sebagai Pusat pendidikan Islam, Pondok Pesantren Lirboyo mencetak generasi bangsa yang cerdas ruhaniyah, juga smart-intelektual, mumpuni dalam keberagaman bidang, juga keberagamaan Islam yang otentik. Pondok Pesantren Lirboyo memadukan antara tradisi yang mampu mengisi kemodernitasan dan terbukti telah melahirkan banyak tokoh-tokoh yang shalih dan shalihah.


2. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah – Situbondo



Pondok pesantren Salafiyah Syafiiyah berdiri pada tahun 1328 H/1908 M. Berlokasi di Sukorejo, Situbondo. Dalam upaya mewujudkan pendidikan terbaik sesuai kebutuhan zaman, berbagai lembaga pendidikan kejuruan dan keahlian pun didirikan, seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Lembaga Kader Ahli Fiqh Ma’had Aly dan Madrasatul Qur’an sebagai lembaga kajian dan pendalaman ilmu-ilmu Al Qur’an. Termasuk lembaga ekonomi Koperasi. Lembaga-lembaga informal seperti kursus dan pelatihan juga turut mewarnai perkembangannya.

Baca Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah

3. Pondok Modern Darussalam Gontor – Ponorogo



Pondok pesantren Darussalam Gontor didirikan pada 20 September 1926/ 12 Rabi’ul Awwal 1345. Memiliki visi sebagai lembaga pendidikan pencetak kader-kader pemimpin umat, menjadi tempat ibadah talab al-’ilmi; dan menjadi sumber pengetahuan Islam, bahasa al-Qur’an, dan ilmu pengetahuan umum, dengan tetap berjiwa pesantren. Lokasinya terletak lebih kurang 3 km sebelah timur Tegalsari dan 11 km ke arah tenggara dari kota Ponorogo.

Gontor merupakan salah satu pondok pesantren terbaik yang memiliki Institut Studi Islam Darussalam (ISID). Saat ini ISID memiliki tiga Fakultas: Fakultas Tarbiyah dengan jurusan Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ushuluddin dengan jurusan Perbandingan Agama, dan Akidah dan Filsafat, dan Fakultas Syariah dengan jurusan Perbandingan Madzhab dan Hukum, dan jurusan Manajemen Lembaga Keuangan Islam.

4. Pondok Pesantren Langitan – Tuban


Pondok Pesantren Langitan berdiri pada tahun 1852 M, di Dusun Mandungan Desa Widang Kecamatan Widang Kabupaten Tuban Jawa Timur. Komplek Pondok Pesantren Langitan terletak di samping Bengawan Solo dan berada di atas areal tanah seluas kurang lebih 7 hektar serta pada ketinggian kira-kira tujuh meter di atas permukaan laut. Pesantren ini dalam kurun waktu yang cukup panjang, telah menerapkan beberapa methode pendidikan dan pengajaran dalam sistem klasikal (madrasiyah) dan non klasikal (ma’hadiyah).

Baca berdirinya Pondok Langitan Tuban

5.Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang



Pesantren Tebuireng merupakan salah satu pesantren terbesar di Kab. Jombang. Pesantren ini didirikan pada tahun 1899 oleh salah satu ulama besar yaitu KH. Hasyim Asy’arie. Kyai Hasyim Asy’ari dikenal sebagai sosok ulama kharismatik sekaligus pendiri organisasi Ulama (NU).

Disamping pelajaran ilmu syari’at, bahasa Arab dan Agama islam, pondok pesantren ini juga memasukan pelajaran umum kedalam struktur pembelajarannya. Pesantren Tebuireng sudah sangat banyak memberikan kontribusi terhadap masyarakat indonesia. Terutama di dalam dunia pendidikan indonesia.

KH Abdurrahman alias Gusdur menjadi presiden RI ke empat dan yang pertama berasal dari kalangan santri. Beliau adalah cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari.

Baca sejarah Pondok Pesantren Tebu Ireng

6. Pondok Pesantren Sidogiri – Pasuruan



Pondok pesantren terbaik dan favorit di Jatim yang pertama adalah Ponpes Sidogiri yang didirikan pada tahun 1718 atau 1745 oleh Sayyid Sulaiman. Beliau adalah putra pertama pasangan Sayid Abdurrahman bin Umar ba Syaiban dan Syarifah Khadijah, cucu Sunan Gunung Jati. Meskipun menggunakan sistem salaf dan tidak mendirikan pendidikan sekolah formal, tetapi Sidogiri banyak menghasilkan lulusan yang mumpuni. Madrasahnya pun telah mendapat status muadalah (persamaan). Sehingga ijazah aliyah bisa digunakan untuk kuliah.

Selain merupakan pondok pesantren tertua di Indonesia, perkembangan pesantren sidogiri yang sangat cepat, baik sisi pendidikan maupun perekonomian. Sayap bisnis para alumni Sidogiri dikembangkan lewat BMT MMU (Maslahah Mursalah lil Ummah) yang fokus pada pemberdayaan guru, BMT UGT (Usaha Gabungan Terpadu) yang melayani jasa keuangan syariah secara umum. Sedangkan usaha milik Ponpes Sidogiri adalah toko basmalah. Sangat layak menjadi pertimbangan untuk memilihnya sebagai tempat pendidikan anak-anak Anda.

Selengkapnya Berdirinya Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

7. Pondok Pesantren Darul Ulum – Jombang



Pondok Pesantren Darul Ulum didirikan antara tahun 1885-1937 M. Sebagai salah satu wadah pendidikan terbaik, Darul Ulum sejak didirikannya telah ditanamkan beberapa kriteria dasar tentang tujuan dan dasar didirikannya. Dasar amaliyah sebagai lembaga sosialisasi nilai agama adalah sunnah wal jamaah. Secara bahasa Darul berarti Gudang sedangkan ‘Ulum, jamak dari ilmu yang berarti ilmu-ilmu, sehingga secara garis besar Darul ‘Ulum memiliki arti “Gudangnya Ilmu-ilmu”, yang filosofinya tampak jelas dalam nama pondok pesantren tersebut.


8. Pesantren Ilmu Al-Quran – Malang



Pondok pesantren terbaik yang terletak di Singosari kabupaten Malang ini, (±10 km utara kota Malang) adalah lembaga pendidikan kepesantrenan semi salaf. Didirikan oleh KH Bashori Alwi pada 1 Mei 1978. Sesuai dengan namanya, PIQ mempunyai spesialisasi dan prioritas pengajaran pada Al-Quran. Hal ini erat kaitannya dengan figur KHM. Basori Alwi sebagai seorang ahli ilmu tajwid, intelektual Al-Quran dan notabene pendiri Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz, suatu lembaga yang banyak melahirkan intelektual Al-Quran di Indonesia.


PIQ Singosari Malang mampu membangun kepercayaan umat di dalam pengajaran dan pengembangan ilmu-ilmu agama. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya jumlah santri baik lokal maupun non lokal yang berasal dari luar kota (Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Irian Jaya) yang diikuti dengan pencapaian prestasi yang semakin meningkat, baik ketika mengikuti event-event tingkat regional maupun nasional. Bahkan alumni-alumninya banyak yang memegang peranan penting di masyarakat.

9. Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci – Gresik


Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin dirintis KH. Abdullah Faqih Suci sekitar tahun 1969 yang pada mulanya berupa surau kecil untuk mengaji AI-Qur’an dan Kitab Kuning di lingkungan desa Suci dan sekitarnya. Mamba’us Sholihin yang mengadopsi perpaduan sistem Salaf-Modern. Hal ini tak lepas dari pada Background Pengasuh Pesantren Al Mukarrom KH Masbuhin Faqih, yang merupakan alumni Gontor dan Langitan. Dengan semangat melestarikan kebaikan masa klasik, dan mengadopsi hal-hal baru yang lebih baik”, menjadikan Mamba’us Sholihin sebagai Pesantren yang cukup lengkap kurikulum pendidikannya, baik yang berupa pendidikan formal maupun non formal.

10. Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan – Sumenep



Pondok Pesantren terbaik ini didirikan pada tahun 1952. Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN diurus dan dikelola secara kolektif oleh beberapa Badan Pengurus yang terstruktur, sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. Badan-badan pengurus tersebut bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen yang modern, efektif dan efisien tapi tetap berpijak pada bingkai visi dan misinya. Saat ini memiliki Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) dengan dibukanya 3 jurusan baru, Pendidikan Bahasa Arab (Tarbiyah), Jurusan Tafsir Hadis (Ushuluddin) dan Jurusan Akidah Filsafat (Ushuluddin).

11. Pondok Pesantren Nurul Jadid – Probolinggo


Pondok Pesantren Nurul Jadid didirikan oleh almarhum KH. Zaini Mun’im pada tahun 1950. Berlokasi di desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Membantu terbentuknya manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlaqul al-karimah, berwawasan luas, berpandangan kedepan, cakap, terampil, mandiri, kreatif, memiliki etos kerja, toleran, bertanggung jawab kemasyarakatan serta berguna bagi agama, bangsa dan negara.


12.Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar, Madura



Pesantren Darul Ulum Banyuanyar didirikan pada tahun 1787 oleh KH. Itsbat bin Ishaq. Pesantren ini termasuk pesantren tertua di Madura. Pesantren ini didirikan diatas sebidang tanah yang sempit dan gersang yang kemudian disebut dengan “Banyuanyar”.

Penamaan “Banyuanyar” ini atas dasar penemuan sumber mata air yang cukup basar oleh KH. Itsbat yang tidak pernah surut sampai sekarang. Setelah KH. Itsbat wafat, beliau maninggalkan amanah agar lokasi pesantren kecilnya dikembangkan menjadi Pondok Pesantren yang representatif dan mampu menjawab segala tantangan zaman.

13.Pondok Pesantren Al-Khoirot, Malang



Pesantren Al-Khoirot didirikan pada tahun 1963 oleh KH. Syuhud Zayyadi. Dari segi usia pesantren ini terbilang masih muda di bandingkan dengan pesantren lain. Pesantren ini terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca tentang Kemuliyaan Malam Jum'at

Sistem pendidikan yang diberlakukan di pesantren ini adalah sistem pendidikan salaf murni, yaitu pengajian kitab kuning klasik dengan metode sorogan, wetonan, dan bandongan.

Saat ini sistem pendidikannya mulai berkembang dengan diperkenalkannya pendidikan formal madrasah diniyah, madrasah tsanawiyah (MTs) dan madrasah aliyah (MA) yang statusnya diakui pemerintah dan lulusannya dapat melanjutkan studi ke sekolah manapun baik negeri atau swasta, dalam negeri atau luar negeri.

14.Pondok Pesantren Al-Fatah, Temboro MAGETAN


Pesantren Al Fatah merupakan salah satu pesantren yang sedang tumbuh pesat. Pesantren ini terletak di Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Secara fisik akan banyak dijumpai beberapa bangunan permanen yang cukup sederhana, terutama rumah-rumah para Ustadz.

Salah satu kelebihan pesantren ini adalah, kebersihan lingkungan dan paling utama kebersihan kamar mandi dan ketersediaan air bersih. Luar biasa. Walhasil tidak ada tradisi “jarban”/ korengan/penyakit gatal yang biasanya menjadi syarat bagi santri.

Pondok Pesantren Nurul Jadid didirikan oleh almarhum KH. Zaini Mun’im pada tahun 1950. Berlokasi di desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Membantu terbentuknya manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlaqul al-karimah, berwawasan luas, berpandangan kedepan, cakap, terampil, mandiri, kreatif, memiliki etos kerja, toleran, bertanggung jawab kemasyarakatan serta berguna bagi agama, bangsa dan negara.

15. Pondok Pesantren Assalafi Al-Fitrah – Surabaya


Pondok pesantren terbaik dan favorit di Jawa Timur yang terakhir adalah Pondok Pesantren Al Fithrah. Didirikan pada tahun 1985, berlokasi di jalan Kedinding Lor 99 Surabaya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era globalisasi dan informasi, serta guna memberikan landasan yang kuat dengan didikan yang bermoral, maka akhlak mulia sangat diperlukan untuk membentengi diri, keluarga khususnya anak-anak.

Meskipun tak banyak diliput media massa, nama Alm. KH Asrori Al-Ishaqi sudah tak asing lagi bagi masyarakat sekitar. Keteladanan beliau patut dicontoh oleh pemuda-pemudi generasi penerus bangsa, dalam perkembangannya sangat membutuhkan pendidikan agama Islam, guna melindungi diri dan kehidupannya, agar tidak terseret dalam arus globalisasi dan informasi yang menyesatkan. Sampai detik ini, Pondok Pesantren Assalafi Al-Fitrah, Surabaya masih dipercaya untuk mengayomi para santri dari penjuru Nusantara yang menimba ilmu di sana.

16.Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo


Pondok Pesantren Al-Falah berada di desa Karangkates kecamatan  Ploso  Kabupaten Kediri. Pesantren ini didirikan oleh KH Ahmad Djazuli Usman yang di bantu oleh Muhammad Qomar dan didirikan pada tahun 1925.

17.PONDOK PESANTREN BATA-BATA – PAMEKASAN



Pondok ini didirikan pada tahun 1943 M oleh RKH. Abdul Majid bin Abdul Hamid bin RKH. Itsbat. Pesantren ini juga merupakan pesantren terbaik dan favorit yang ada di pulau Madura atau lebih tepatnya di Kabupaten Pamekasan.

Baca juga:

-25 pondok pesantren Terbesar di Indonesia
-Kemuliyaan Bulan Suci Romadhan 


Itulah beberapa Pondok Pesantren di Jawa Timur yang sampai sekarang tetap berkembang.
Jika ada kekurangan silahkan berkomentar di bawah untuk melengkapi nama pondok kawan-kawan semua.

24 comments:

  1. Ponpes Ringin Agung Kediri kok gak masuk di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Lirboyo terkenal dengan Kyai nya bernama Gus Maksum. Pencak DOR juga dari Lirboyo.

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya masih banyak namun yang paling banyak dan Terbesar berdasarkan informasi yang dikumpulkan ya di atas tersebut.

    ReplyDelete
  4. Tremas Pondok Pesantren luar biasa namun pondok Tremas ada di Jawa tengah, bukan di Jawa Timur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tremas itu masuk wilayah pacitan, jawa timur, bukan jawa tengah....

      Delete
  5. gontor,1 yg sangat sangat saya impikan dari sekian pondok yg saya ketahui,
    yg pasti semua tujuan sama akang2
    " fi sabilillah " amin

    ReplyDelete
  6. tolabul ilmi faridlotun mingkulli muslimin walmuslimatin...

    ReplyDelete
  7. Sebelumnya Saya berterima kasih kepada kawan-kawan sudah sempat mampir ke blog saya.
    Semua Pondok itu sama saja dari yang pondok kecil sampai pondok yang besar, sama-sama mencari ilmu agama yang bermanfaat untuk bekal di kehidupan dunia maupun akhirat..

    ReplyDelete
  8. Subhanalloh, Jawa Timur Memang pusatnya ilmu agama se-Indonesia

    ReplyDelete
  9. pancen Joss tenan Ponpes Jawa Timur

    ReplyDelete
  10. Oh ea makasih kunjungannya, saya kira Tremas ikut Jawa tengah.mohon maaf kalau saya keliru baca sumber keterangan nya.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. Dulu aku pingen bgt mondok,tp gk ada yang biayain.nanti klu punya anak aku pngn mondokin ke salah satu di kediri. Amiinn

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. Admin, comment2 spam tolong dihapus, sgala dukun apa itu..

    ReplyDelete
  15. Iya gan, terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  16. Sebenarnya semua Pesantren Masuk Kategori ini

    ReplyDelete
  17. Diusianya yang sudah lebih 104 tahun, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo (Pondok Pesantren Sukorejo Situbondo/ P2S2 Sukorejo), merupakan salah satu ponpes terbesar di Indonesia yang saat ini memilki lebih dari 15 ribu santri putra/putri dari hampir seluruh Indonesia dan juga luar negeri. (Maaf ini hanya sekedar menambahkan saja, karena semua pondok juga bagus dengan kelebihannya masing-masing)

    ReplyDelete
  18. Terima kasih atas masukan dan kunjungannya, semoga pondok pesantren salafiyah Syafi'iyah Situbondo membuat generasi Santri Putra dan putri berkualitas serta berguna bagi masyarakat dan kemajuan Muslim di Indonesia. Aminn yaa Robbal'alain

    ReplyDelete

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham