Jasa PRESIDEN SOEKARNO pada Dunia Hingga sekarang




Kuwaluhan.com- Akan membahas tentang Presiden pertama  kita,yaitu PRESIDEN SOEKARNO.Sampai sekarang belum ada satupun presiden Indonesia setelah Soekarno yang mempunyai pamor serupa jika membahas kiprah soekarno di dunia internasional. Di luar negeri, sosok Putra Fajar itu begitu memilki pengaruh yang kuat. Bahkan, jika Soekarno ke luar negeri pasti akan di sambut dengan meriah. Kalau sekarang? Hmm mungkin ada tapi tetap tidak semeriah presiden pertama.
Tantang membawa pengaruh di dunia internasional, Soekarno memang memilikinya. Apa yang dikatakan beliau, akan menjadi pertimbangan. Dalam karir kepemimpinannya, sekitar empat kali bapak Megawati ini mengutarakan pendapatnya kepada suatu negara dan benar-benar di turuti. Apa yang di utarakan Soekarno memberi manfaat besar bagi kepada negara tersebut dan juga negara-negara di seluruh dunia. Bagaimana kronologinya? Silahkan simak ulasan berikut.

1.Menyelamatkan Universitas Al Azhar Mesir

Al Azhar merupakan salah satu kamus tertua di dunia. Di bangun pada tahun 970an masehi. Keberadaan universitas ini adalah hal yang sangat penting bagi umat Islam. Dan bagi Mesir, dunia mengenal mereka salah satunya adalah melalui kampus yang umurnya sudah lebih dari 1000 tahun ini. Presiden Mesir kala itu, tahun 1955 berencana menutup Al Azhar itu dengan alasan politik. Tentu hal itu menghebohkan umat Islam di seluruh dunia, termasuk Bung Karno. Kemudian Bung Karno melakukan lawatan ke Mesir. Tujuannya adalah untuk tujuan negara tapi misi lain Bung KArno adalah untuk menyelamatkan Al Azhar.
Hubungan antara Gamal Abdul Nasser dengan Soekarno sangat hangat dan mesra. Gamal di kenal keras, namun jika berhadapan dengan Soekarno beliau bisa menerima kritikan. Pada pertemuannya dengan Presiden Mesir, Bung Karno mengatakan bahwa Al Azhar adalah symbol yang sudah kental dengan Mesir. Orang Indonesia mengenal Mesir lewat universitas itu. Siapa sangka apa yang dikatan Bung Karno tersebut membuat Gamal berpikir panjang dan tidak jadi menutup Universitas Al Azhar itu. Bisa di bayangkan jika Bung Karno tidak langsung ke Mesir kala itu maka universitas itu mungkin sudah di tutup 62 tahun yang lalu.

2. Atas Prakarsa Soekarno Masjid Biru Saint Petersburg Rusia Berdiri


Di masa Bung Karno, Rusia sering menyuplai senjata seta deretan alutsista nomer wahid-nya ke Indonesia. Hubungan Rusia dan Indonesia dulu oernah sangat manis. Bung Karno sendiri berperan besar bagi rusia, terutama untuk para Muslim di sana.
Siapa sangka jika masjid yang eksotis itu sebelum di buka kembali ternyata dipakai sebagai gudang obat-obatan dan gudang senjata. Mengetahui itu, Soekarno merasa simpati kemudian beliau mendesak sejawatnya yaitu Presiden Nikia Khrushev untuk membuat tempat ini berfungsi kembali sebagai tempat ibadah. Tanpa membantah apapun, sang Presiden Rusia pun langsung menuruti Soekarno. Sampai hari ini masjid dengan ornament cantik nan indah ini tetap berdiri kokoh.

3. Soekarno dalam Menemukan Makam Imam Bkhari


Imam Bukhari adalah sosok yang paling penting pagi umat Muslim di dunia. Beliau merupakan pewaris hadist yang dikenal dengan kesahihannya. Tanpa beiau, mungkin umat muslim di dunia tidak banyak tahu tentang jejak kisah Nabi Muhammad SAW. Banyak orang mengatakan bahwa penemuan makamnya adalah berkat jasa seorang Bung Karno.
Diawali oleh desakan Bung Karno kepada presiden Rusia untuk menemukan makam ini. Awalnya pihak Rusia hamper patah harapan, hingga akhirnya setalah bersusah payah mereka menemukannya di Uzbekistan. Pada awal di temukan, makam ini tidak terawatt, namun semenjak itu sampai sekarang keadaan makam tersebut sudah jauh berubah. Bahkan makam ini sekarang jadi tempat ziarah popular umat Muslim di seluruh dunia.

4.Jasa Soekarno di Tandusnya Arafah


Dulunya padang arafah hanya berupa gurun bertandus yang panasnya sangat menyengat. Jika pernah mengunjunginya, sekarang tempat ini dipenuhi oleh banyak pepohonan yang rindang. Sehingga awalnya panas, jadi lebih sejuk dan nyaman. Percaya atau tidak, hal ini sebenarnya karena jasa seorang Bung Karno.
Ketika Bung Karno sedang berhaji, Bung Karno merasa kepanasan di arafah. Hingga akhirnya beliau mengusulkan untuk menanam pohon-pohon disekitar tempat tersebut. Ketika yang mengatakannnya adalah seorang Bung Karno, para petinggi di Arab pun menuruti. Hingga hari ini pohon-pohon Soekarno itu pun tumbuh subur dan meluas merindangi Arafah.
Siapa sangka jika seorang Bung Karno juga punya jasa yang besar bagi dunia Internasional, bahkan secara khusus juga berjasa bagi umat muslim di dunia. Ini semua menjadi bukti kehebatan Sang Putra Fajar. Bayangkan jika Bung Karno tidk melakukan inisiatif tersebut, mungkin banyak hal yang berbeda. Kita sebagai penerus bangsa harus bangga dengan sosok beliau. Bangga karena sosok dari bumi pertiwi ini juga bisa mengharumkan nama Indonesia.

Sekian mengenai tentang BP. PRESIDEN kita SOEKARNO,semoga Presiden yang lain juga bisa meniru jejak Beliau.

Belum ada Komentar untuk "Jasa PRESIDEN SOEKARNO pada Dunia Hingga sekarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel