Kisah dan Sejarah NABI SULAIMAN as

Nabi Sulaiman yaitu salah seorang putra Nabi Daud. Nabi Sulaiman telah memperlihatkan tanda tanda kecerdasannya mulai sejak berumur sebelas th.. Di th. itu sudah terlihat kepandaian berpikir, ketajaman otak serta kecermatan dalam mengambil serta memperhitungkan satu keputusan.

Sesudah Sulaiman cukup usia serta ditinggal oleh ayahandanya, Alloh mengangkatnya sebagai Rosul serta Nabi serta diangkatnya sebagai raja di kerajaan Israil. Sulaiman tidak cuma berkuasa atas manusia, akan tetapi semua makhluk baik binatang serta jin. Nabi Sulaiman bisa mengerti bhs semua binatang.

Nabi Sulaiman mempunyai istana yang begitu megah serta indah. Istana itu di bangun dengan cara bergotong royong oleh beberapa jin, binatang serta manusia.

Dinding kerajaannya terbuat dari batu pualam, sedang tiang serta pintunya terbuat dari tembaga serta emas, atapnya terbuat dari perak serta hiasan ukirannya dari intan serta mutiara, pasir, berlian. Taman di kerajaan ditaburi oleh mutiara serta lain sebagainya.

KISAH NABI SULAIMAN DENGAN IKAN PAUS

Satu saat Nabi sulaiman jalan untuk melingkari serta melihat semua golongan di daerah kekuasaannya. Waktu itu Nabi Sulaiman lihat di tepi pantai ada seekor ikan paus yang besar terdampar. Nabi Sulaiman ajukan pertanyaan : “Wahai ikan paus tengah apakah engkau di sini? ”

Lalu ikan paus menjawabnya, “Saya tengah mengambil rizki apa yang sudah jadi hakku hari ini dari Alloh. ” Nabi Sulaiman berkata, ”Saya mengundang anda besok untuk makan bersama beberapa temanmu. ” Ikan paus menjawabnya, ” Saya akan tiba di saat yang sama tanpa bersama beberapa rekanku. ”

Di hari besoknya Nabi Sulaiman sediakan makanan yang begitu banyak, dalam kisahnya, panjang prasmanan yang disiapkan sepanjang 10 km, sesudah waktunya tiba, nampaklah ikan paus itu serta berkata, “Saya ada penuhi undanganmu wahai Nabi Sulaiman. ”

Lalu Nabi Sulaiman mempersilahkan ikan paus itu untuk menyantap hidangan yang sudah disiapkan.

Waktu itu Nabi Sulaiman kaget serta heran saat ikan paus itu melahap semuanya makanan yang sudah disiapkan dengan seketika serta berkata, ”Mana lagi ya Sulaiman? Nabi Sulaiman ajukan pertanyaan, ”Kamu telah mengonsumsi begitu banyak serta masihlah meminta lagi? ”

Jawab Nabi Sulaiman dengan terheran-heran “Wahai Nabi Sulaiman, engkau telah tutup rizkiku dari Alloh hari ini serta engkau sudah berjanji untuk berikan rizki yang sama, ketahuilah wahai Sulaiman, sunguh makanan yang engkau siapkan hari ini kurang untuk makan pagiku. ”

Mendengar pengucapan ikan paus itu seraya berdo’a pada Alloh sesungguhnya Engkau maha pemberi rizki, cuma kepadamulah yang berkuasa atas semuanya. Hamba adalah orang yang lemah serta tak berdaya dimuka bumi ini tetapi dengan kekuasaan-Mu.

NABI SULAIMAN DENGAN SEMUT

  Satu diantara mukjizat Alloh yang didapatkan pada Nabi Sulaiman yakni bisa berkomunikasi dengan binatang. Disuatu hari, rombongan Nabi Sulaiman bakal menuju lembah Asgalan. Rombongan itu salah satunya Nabi Sulaiman serta beberapa umatnya, malaikat, jin serta binatang-binatang.

Di pertengahan jalan, Nabi Sulaiman memerintahkan rombongannya untuk berhenti. Nabi Sulaiman berkata, ”Berhentilah sesaat, kita berikan waktu pada makhluk Alloh untuk berlindung diri. ” Umat ajukan pertanyaan, ”Wahai Nabiyulloh, kenapa kita mendadak berhenti di pertengahan jalan?. ”

Lalu Nabi Sulaiman menjawab, “Di depan ada lembah semut, yang mana didalamnya ada jutaan semut, jadi saya bakal memberitahu mereka untuk berlindung supaya tak terinjak oleh rombongan kita. ”

Nabi Sulaiman mendengar serta berdialog pada raja semut dari jarak yang begitu jauh. Nabi Sulaiman memohon pada raja semut supaya semuanya pasukan semut itu berlindung diri. Mendengar pengucapan Nabi Sulaiman, jadi raja semut menyeru pada semua pasukannya untuk berlindung.

Sesudah semuanya semut berlindung, lalu perjalanan rombongan Nabi Sulaiman kembali dilanjutkan. Raja semut berikan pujian pada Nabi Sulaiman, lantaran sarang yang dipakai rumah oleh semut tak rusak sama sekali. Sungguh Dialah raja di atas semua raja.

NABI SULAIMAN DENGAN RATU BALQIS

  Nabi Sulaiman yaitu seseorang raja yang sholeh. Beliau begitu berwibawa serta diberi mukjizat agar bisa mengerti bhs binatang serta menundukkan jin, hingga begitu disegani oleh beberapa kaumnya.

Disuatu hari Nabi Sulaiman mengundang semuanya bala tentaranya yang terbagi dalam manusia, jin serta semuanya binatang. Semuanya jenis binatang menghadiri undangan itu, sesudah di check nyatanya ada satu type binatang yg tidak penuhi undangan Nabi Sulaiman, yakni burung hud-hud.

Burung hud-hud yaitu mata-mata Nabi Sulaiman yang bertugas untuk mencari semuanya info mengenai bebrapa peristiwa yang perlu di kenali Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman sedikit kesal akan ketidak hadiran burung hud-hud serta ajukan pertanyaan, ”Dimana kehadiran burung hud-hud, kenapa belum ada juga, walau sebenarnya ada pekerjaan baru yang perlu ditangani, yaitu mencari sumber mata air baru. ” Semuanya terdiam tidak ada yang berani menjawab.

   Nabi Sulaiman berhenti bicara, datanglah burung hud-hud dengan nafas yang tersengal-sengal, kelihatannya habis terbang dengan kencang.

Burung hud-hud hampiri Nabi Sulaiman serta berkata, ”Mohon ampun baginda raja, saya barusan mengadakan perjalanan panjang serta saya temukan satu negri di mana negri itu begitu subur, walau demikian ratu serta rakyatnya menyembah matahari. ”

Mendengar narasi burung hud-hud, Nabi Sulaiman kurang yakin. Untuk menyebutkan kebenaran itu Nabi Sulaiman memerintahkan pada burung hud-hud untuk kirim surat pada ratu di negri itu. Negri itu bernama negri Saba yang di pimpin oleh ratu Balqis.

Lalu burung hud-hud kembali pada negri Saba untuk mengemukakan surat. Surat itu berniat dijatuhkan pas tentang kepala Balqis yang tengah tidur.

Ratu Balqis terbangun serta membaca surat itu. Bunyi dari surat itu yaitu Surat ini dari Sulaiman serta sebenarnya suratnya berbunyi, “Dengan nama Alloh yang maha pemurah lagi maha penyayang.

Jangan sampai kalian sombong terhadapku serta datanglah kepadaku sebagai orang yang berserah diri. ” (QS. An-Naml : 30-31). Demikianlah pembukaan dari surat itu.

Dalam surat itu Nabi Sulaiman juga mengajak supaya tak menyembah matahari serta berserah diri pada Alloh. Lalu Ratu Balqis mengadakan perkumpulan dengan beberapa mentrinya untuk mengulas permasalahan ungkapan Nabi Sulaiman itu.

Hasil perkumpulan itu pada akhirnya Ratu Balqis setuju untuk mempersiapkan panglima pilihan untuk mengawalnya ke kerajaan Nabi Sulaiman. Mendengar berita itu burung hud-hud kembali pada Nabi Sulaiman serta bercerita kalau akan tiba panglima perang serta Ratu Balqis ke kerajaan.

Mendengar narasi burung hud-hud, jadi Nabi Sulaiman mengutus pada beberapa prajuritnya dari semua kelompok baik dari manusia, jin ataupun binatang. Nabi Sulaiman mengutus untuk memindahkan kerajaan Balqis ke hadapan Nabi Sulaiman.

Pada akhirnya beberapa jin memindahkan kerajaan Balqis tepat dihadapan Nabi Sulaiman saat itu juga. Nabi Sulaiman lantas bersujud atas kekuasaan Alloh.

Setibanya Ratu balqis di kerajaan Nabi Sulaiman, Balqispun terkagum-kagum bakal kemegahan serta keindahan istana Sulaiman. Lalu Nabi Sulaiman mengajak Ratu Balqis untuk memutari istana. Pada saat tersebut Nabi Sulaiman mengajak Ratu Balqis serta beberapa pengikutnya untuk beriman pada Alloh.

Ratu Balqis saat itu juga membaca Syahadat serta memeluk agama islam beserta pengikutnya. Untuk menyempurnakan keimanan, Ratu Balqis pada akhirnya dinikahi oleh Nabi Sulaiman serta kerajaannya dikumpulkan pada Kerajaan Saba serta Kerajaan Sulaiman.

NABI SULAIMAN DENGAN MALAIKAT MAUT

   Disuatu hari, Nabi Sulaiman mengadakan jamuan makan pada beberapa tamu kenegaraan. Di tengah-tengah riuhnya makan malam, datanglah seseorang pemuda yang tidak di kenal secara mendadak. Pemuda itu memandangi seluruh tamu satu persatu dengan tatapan yang tajam serta menggetarkan hati untuk yang dipandanginya.

Sesudah memandangi satu persatu, pandangan pemuda itu selesai pada si fulan dengan lama, si fulan juga bergetar serta merinding. Lalu pemuda misterius itu pergi tak tahu kemana. Tidak ada seseorangpun yang tahu arah kepergiannya.

Sesudah situasi tenang, jadi si fulan bertanya hal itu pada Nabi Sulaiman, ”Waha Nabi Sulaiman siapakah pemuda itu? ” Nabi Sulaiman menjawab, ”Pemuda itu yaitu malaikat maut yang bakal mencabut nyawa salah seseorang yang ada disini. ”

Lalu si fulan menduga kalau yang bakal dicabut nyawanya yaitu dia. Si fulan memohon pada Nabi Sulaiman supaya memindahkan dirinya dari tempat jamuan itu. Nabi Sulaiman mengutus pada angin untuk memindahkan si fulan ke negri india.

Sesudah kepergian si fulan dari tempat itu, pemuda datang ke tempat jamuan serta bertanya pada Nabi Sulaiman, “Kemana perginya si fulan? ” Nabi Sulaiman bercerita yang sesungguhnya serta memberitahu kalau si fulan ada di india berbarengan dengan hembusan angin kencang.

Lalu Nabi Sulaiman ajukan pertanyaan pada malaikat maut yang menjelma sebagai pemuda itu, “Ada apa dengan si fulan? ”. Pemuda itu menjawabnya, “Sesungguhnya Alloh sudah menggariskan kematian si fulan sekarang ini juga di India. ” Jadi pemuda itu selekasnya menggerakkan perintah Alloh untuk mencabut nyawa si fulan di India.

NABI SULAIMAN MENINGGAL DUNIA

  Satu saat Nabi Sulaiman memonitor beberapa jin yang tengah bekerja. Ia selalu memonitor beberapa jin dalam bekerja. Jin-jin yang bekerja juga tak berani menolehkan pandangannya ke arah Nabi Sulaiman. Waktu itu malaikat maut hampiri Nabi Sulaiman serta mencabut nyawanya.

Nabi Sulaiman meninggal dunia dalam keadan berdiri disangga oleh tongkatnya hingga beberapa jin yang bekerja tak tahu kalau Nabi Sulaiman sudah meninggal dunia.

Alloh memerintahkan pada rayap supaya mengonsumsi tongkat Nabi Sulaiman. Sesudah berhari-hari tongkat Sulaiman habis dikonsumsi rayap, lalu Nabi Sulaiman tersungkur ke tanah. Beberapa jin yang bekerja hentikan pekerjaannya serta hampiri Nabi Sulaiman.

Kematian Nabi Sulaiman banyak tanda tanda keajaiban. Hal semacam ini lantaran kekuasaan Alloh. Dalam peristiwa itu mengisyaratkan kalau makhluk ghoib tak tahu hal yang ghoib. Yang tahu hanya Alloh.

Demikian cerita perjalanan hidup Nabi Sulaiman yang dilimpahkan nikmat yang banyak, walau demikian tetaplah patuh pada Alloh. Banyak peristiwa yang bisa jadikan pelajaran saat wafatnya Nabi Sulaiman. Hal semacam ini ada dalam surat Saba’ ayat 14.

Sekian mengenai Kisah Singkat nabi SULAIMAN AS,mudah"an menambah wawasan bagi kita umat Islam.Jika ada kekurangan cerita tersebut silahkan untuk berkomentar.

Belum ada Komentar untuk "Kisah dan Sejarah NABI SULAIMAN as "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel