Thursday, May 18, 2017

Agama di Indonesia beserta Kitab Suci masing-masing

Indonesia adalah negara berkembang dan mempunyai beragam budaya suku bangsa yang berbeda beda, Agama​ di Indonesia pun juga beragam.


Berikut adalah keterangan tentang Agama yang berada di Indonesia beserta Al-kitab nya:

1. Agama Islam

Kitab suci Agama Islam adalah “Al-Qur’an“. Terdiri dari beberapa bagian yang disebut dengan Surah. Terdapat 114 surah dalam AL-Qur’an, yang mana dalam setiap surah terdapat beberapa ayat. Sebagai contoh, AL Baqarah adalah surah terpanjang yang memiliki 286 ayat. Sedangkan untuk surah yang terpendek berisikan 3 ayat seperti surah Al Kautsar.

Agama Islam juga merupakan agama Paling Tua di Dunia yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim dan disempurnakan oleh Nabi Muhammad SAW.

2. Agama Kristen Protestan

Kitab suci Agama Kristen Protestan adalah “INJIL“, yang terdiri dari 66 kitab (39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru).

3. Agama Katolik

Kitab suci Agama Katolik adalah “Alkitab“, yang terdiri dari 72 kitab (Perjanjian Lama terdiri dari 46 kitab sedangkan Perjanjian Baru terdiri dari 27 kitab).

4. Agama Hindu

Kitab suci Agama Hindu adalah Weda, yang biasa disebut juga dengan nama Catur Weda, yaitu Regweda, Yajurweda, Samaweda dan Atharwaweda.

5. Agama Buddha

Kitab suci Agama Buddha adalah Tripitaka.

6. Agama Kong Hu Cu

Kitab suci Agama Kong Hu Cu dibagi ke dalam beberapa kelompok, yaitu sebagai berikut :
Wu Jing (Kitab Suci yang Lima), terdiri dari : Kitab Sanjak Suci (Shi Jing), Kitab Dokumen Sejarah (Shu Jing), Kitab Wahyu Perubahan (Yi Jing), Kitab Suci Kesusilaan (Li Jing), Kitab Chun-qiu (Chunqiu Jing).

Si Shu (Kitab Yang Empat), terdiri dari : Kitab Ajaran Besar (Da Xue), Kitab Tengah Sempurna (Zhong Yong), Kitab Sabda Suci (Lun Yu), Kitab Mengzi (Meng Zi).

Xiao Jing (Kitab Bhakti)

Demikian penjelasan tentang Umat beragama Di INDONESIA beserta Kitab Suci masing-masing.

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham
EmoticonEmoticon