Social Items

Kota Bandung merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Selain memiliki banyak Perguruan tinggi, kota Bandung juga memiliki banyak pondok pesantren, baik Pondok salaf maupun modern.

Berikut ini kami telah merangkum daftar Pondok Pesantren Terkenal dan Terbesar di Kota Bandung :

1. PONDOK PESANTREN NURUL HUDA

Lokasi : RT. 03 / RW. 06, Jl. Rancabentang No.116, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142
www.kuwaluhan.com
Pesantren Nurul Huda  ini berdiri atas prakarsa KHR Memed (alm) beserta istri HJ.SITI Qoeraesyin pada tanggal 03 September 1973. Keberadaan Pesantren Nurul Huda cukup mendapatkan perhatian serta antusias masyarakat sekitar lokasi pesantren khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Pondok Pesantren Nurul Huda sejak berdirinya mempunyai 2 harapan untuk mewujudkan 2 pandangan yaitu Pandangan ke Dalam dan Pandangan ke Luar.

Pandangan ke luar di maksudkan untuk penyebaran dan penerapan nilai-nilai Agama Islam mencetak ulama-ulama  dan kader-kader Pemimpin yang Muttaqin. Dengan kata lain pandangan ke dalam ini terfokus dalam tataran penyebaran serta pengalaman ajaran islam bagi para santrinya.
www.kuwaluhan.com
 Sedangkan pandangan ke luar di maksudkan untuk lebih mengharumkan daerah setempat melalui penerapan nilai-nilai agama islam yang sungguh-sungguh, kegiatan peribadahan dan pengajian . pelaksanaan  ritual keagamaan dan penyebaran syiar-syiar Islam.

Sepeninggal Pendiri pada tanggal 17 januari 2003. Pesantren nurul huda di kelola langsung oleh para putra dan menantu beserta sanak saudara yang selanjutnya disebut Dewan Pembina di bawah Pimpinan KHR M.Kholili Yoesni. sebagai figur Ulama Alumni P.P Miftahul Huda Manonjaya Tasik Malaya. Beliau senantiasa berusaha untuk menerapkan ilmu yang dimilikinya untuk kemajuan Pondok Pesantern Nurul Huda.

Tidak mengherankan selain beliau memiliki kedekatan dengan para Ulama Pimpinan Pondok Pesantren yang termasuk anggota FKPP Kota Bandung. Beliau juga dekat dengan para Ulama, Kyai serta Ustadz yang merupakan Alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya yang banyak tersebar di Kota Bandung. Dalam Himpunan Alumni Miftahul Huda asal Bandung. Beliau menjabat sebagai Koordinator Bandung Raya. Hingga saat ini Pondok Nurul Huda santri-santrinya semakin bertambah banyak.

2. PONDOK PESANTREN AL FALAH DAGO

Lokasi : Jl. Cisitu Baru, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135

Pesantren Al Falah dibangun secara bertahap sejak tahun lima puluh oleh pendirinya, yaitu almarhum Bapak KH, Saefudin Ahmad atau yang lebih dikenal denga panggilan ustadz Idi, Beliau adalah seorang pendidik yang juga aktif di pergerakkan sejak zaman Penjajah Belanda. Jepang bahkan sampai zaman kemerdekaan, Beliau beberapa kali keluar masuk penjara karena perjuangannya yang konsisten untuk menegakkan Syari’at Islam.

Sekolah lanjutan mulai dirintis pada tahun 1964, yaitu dengan didirikannya sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA 4 tahun), tetapi kemudian PGA ini dirubah menjadi Tsanawiyyah pada tahun 1974 sesuai dengan ketentuan Departemen Agama, dimana pada waktu itu sekolah PGA swasta jumlahnya dibatasi dengan alasan sudah kelebihan tenaga pengajar agama islam untuk sekolah dasar.

Karena pertimbangan teknis dimana lulusan madrasah tsanawiyyah pada saat itu tidak dapat melanjutkan ke SMA, serta beberapa pertimbangan teknis dan administratif yang kurang kondusif, maka pada tahun 1976 Madrasah Tsanawiyyah (MTs) Al Falah ini dirubah menjadi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Falah dengan menerapkan kurikulum Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pada tahun 1976 ini Madrasah Ibtidaiyyah dirubah statusnya menjadi Sekolah Dasar (SD), Dengan demikian sejak tahun ini sekolah-sekolah Al Falah kurikulumnya berorientasi pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan sedangkan pola pengajaran salafiyyah tetap dijalankan secara baik dan konsisten.

Dalam upaya memenuhi harapan para jamaah dan alumni yang telah mukim dan terjun dan mengabdi di masyarakat dengan mendirikan madrasah atau pesantren sendiri, maka pada tahun 1978 didirikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Al Falah. Dalam meningkatkan peran Pesantren Al Falah dalam era industrialisasi yang sedang berkembang, maka pada tahun 1984 didirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan tiga jurusan, yaitu Jurusan Teknik Listrik, Jurusan Mesin Perkakas dan Mesin Otomotif

3. PONDOK PESANTREN ANNAJIYAH

Lokasi : Perumahan Griya Cempaka Arum, Jl. Utsman bin Affan No. 90, Rancanumpang, Gedebage, Rancanumpang, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Pesantren An Najiyah Bandung merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan An Najiyah Al Islamiyah Bandung. Pesantren ini berdiri pada tahun 2004 yang berorientasi pada kegiatan da’wah, pendidikan dan sosial yang berlandaskan Al Qur’an dan Sunnah menurut pemahaman Salafush shalih.

Seiring dengan kemajuan yang dicapai Pesantren An Najiyah (Putri), maka dilakukanlah pengembangan dengan membuka kelas baru khusus ikhwan (Putra) dengan nama Pesantren SABILUNNAJAH. Sambil mempersiapkan gedung baru berikut sarana dan prasarananya dilokasi yang baru seluas kurang lebih 1,2 ha, pada bulan Desember 2012 dibukalah pendaftaran santri baru untuk ikhwan dan Alhamdulillah pada bulan Juli 2013 angkatan pertama santri putra Sabilunnajah sudah beroperasi.

4. PONDOK PESANTREN MODERN AL-IHSAN BALEENDAH 

Lokasi : Jl. Adipati Agung No.40, Baleendah, Kec. Baleendah, Bandung, Jawa Barat 40375

Pondok Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah adalah salah satu Pondok Pesantren Alumni Gontor Ponorogo yang berada di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Jawa Barat. Terletak kurang lebih 15 km arah selatan dari pusat kota Bandung. Didirikan oleh para Alumni Pondok Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo yang berdomisili di kota Bandung pada tanggal 17 Juli 1989 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Jannah.

Pondok Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah dipimpin oleh KH.U.Muhammad HM alumni Pondok Modern Gontor tahun 1963. Dalam kepemimpinannya dipimpin oleh dua orang Wakil Pimpinan mereka adalah Drs.H.Mahrus As'ad M.Ag sebagai Wakil Pimpinan I Bidang Pendidikan dan Pengajaran dan H. Uwes Qorni, SSMPd Wakil Pimpinan II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan.

Jenjang Pendidikan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah adalah Kuliyatul Mua'llimin Al Islamiyah (KMI) yang berarti Pendidikan calon Guru-Guru Islam. KMI selama 6 tahun bagi para santri lulusan Sekolah Dasar dan KMI 3 tahun bagi para santri lulusan tingkat Menengah Pertama.

KMI ini didalamnya terbagi menjadi dua jenjang pendidikan formal tingkat Madrasah Tsanawiyah setara dengan SMP dan Madrasah Aliyah atau setara dengan SMA. Kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum gabungan antara Kurikulum Pesantren Gontor dan Kurikulum Nasional setingkat Mts dan MA

Dengan sistem asrama yang dilaksanakan membuat proses pendidikan dan dilaksanakan selama 24 jam. Akivitas santri dimulai dengan kegiatan pagi hari sejak shalat shubuh berjamaah dan dimulai dengan intensifikasi bahasa arab dan inggris membuat penguasaan bahasa arab dan inggris merupakan persyaratan para santri yang membutuhkan ilmu di pondok pesantren. Selain mendapatkan pelajaran di kelas buku-buku kuning yang merupakan ciri khas pesantren juga ikut.

5. PONDOK PESANTREN AL - BASYARIYAH 2

Lokasi : Jl. Mahmud Cigondewah Hilir, Rahayu, Margaasih, Rahayu, Kec. Margaasih, Bandung, Jawa Barat 40214

Pondok Pesantren Al-Basyariyah didirikan pada tahun 1982 oleh Buya Drs. KH. Saeful Azhar, terletak di perkampungan yang pada zamannya merupakan tempat ulama ‘sohor’ di daerah Bandung Selatan, yaitu Eyang Cimindi keturunan Waliyullah Eyang Mahmud.

Pondok yang didirikan dari nol, kini telah menjelma menjadi sebuah lembaga pendidikan yang memiliki luas tanah sekitar 17 ha. Kamar santri yang asalnya hanyalah gubuk sederhana, kini berubah menjadi puluhan lokal asrama santri untuk kapasitas 2000 orang. Dengan izin Allah, dalam perjalanan perjuangannya pondok pesantren ini telah meluluskan para alumni yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat khususnya dan wilayah nusantara umumnya.

Pada saat ini Pondok Pesantren Al-Basyariyah telah memiliki empat kampus, yaitu:

- Kampus 1 di Cibaduyut, Kota Bandung
- Kampus 2 di Cigondewah Hilir, Margaasih, Kab. Bandung
- Kampus 3 di Arjasari, Kab. Bandung
- Kampus 4 di Cikungkurak, Caringin, Kota Bandung

Eksistensi Pondok Pesantren Al-Basyariyah sebagai lembaga pendidikan formal telah diakui oleh Negara sesuai dengan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2852 Tahun 2015 tentang penetapan status kesetaraan satuan pendidikan mu’adalah pada pondok pesantren dengan Madrasah Tsanawiyah/sederajat dan Madrasah Aliyah/sederajat, serta disetarakannya TMI Pondok Pesantren Al-Basyariyah dengan SMA Negeri sesuai SK MENDIKNAS Nomor 240/C/Kep/2003 dan telah diakreditasi dengan peringkat A berdasarkan SK penetapan hasil akreditasi BAP-S/M Nomor: 02.00/322/BAP-SM/XI/2010 sehingga ijazah yang dikeluarkan TMI Pondok Pesantren Al-Basyariyah sebagai tanda kelulusan bisa digunakan untuk salah satu kelengkapan persyaratan melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di dalam maupun luar negeri.

6. PONDOK PESANTREN NURUL IMAN

Lokasi : JL. Cibaduyut, Blok TVRI III, Cibaduyut Wetan, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235

Pondok pesantren Nurul Iman didirikan pada tahun 1998. Santri di Pondok Pesantren Nurul Iman pada waktu itu hanya berjumlah 10 orang, akan tetapi dalam perjalannanya sampai akhir tahu ajaran bertambah sedikit demi sedikit yang sehingga lulusan pertama berjumlah sekitar 20 orang.

Mts Nurul Iman didirikan Oleh KH. Khoerudin Aly, Drs. Yang didukung oleh tokoh masyarakat seperti RT, RW, Lurah dan Para Ulama setempat, dimana dilokasi tersebut memang belum ada sekolah yang bercorak Agama Islamyang ada sekolah SMP umum yaitu SMP 38 Bandung..
Atas dasar kesadaran untuk membantu masyarakat yang kurang mampu untuk sekolah, sekaligus menciftakan sekolah yang bercorak Islam sekaligus memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan bagi putra-putrinya. Dimana Cibaduyut adalah daerah Industri sepatu, sehingga mereka berpikir asal bias bekerja membuat sepatu sekolah tidak terlalu penting.

Oleh karena itulah pendiri berjuang habis-habisan untuk memberikan asumsi terbalik, yaitu memberikan kejelasan bahwa untuk hidup dizaman ini bukan hanya keterampilan saja tapi juga keilmuan perlu di tuntut, demi menjawab tantangan zaman sekaligus membentengi masyarakat dari pengaruh buruk Globalisasi dengan ilmu agama.

Siswa pertama hanya berjumlah 10 orang, karena memang belum mempunyai bangunan sendiri, bahkan Pondok Pesantren yang menjadi payungnya-pun belum dapat menyediakan kelas karena Aula yang hanya satu-satunya sudah ditempati oleh TKA Nurul Iman, maka terpaksa mereka ditempatkan ruangan belakang Masjid Al-Muhajirin.

Namun hingga saat ini santri yang mondok di Nurul Iman semakin banyak.

7. PONDOK PESANTREN MIFTAHUL FALAH 

Lokasi : Jl. Gede Bage Selatan No.115, Derwati, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40295

Pesantren Miftahul Falah merupakan lembaga pendidikan Islam yang dengan segala kelebihan dan kekurangannya selalu mengupayakan agar para santrinya mampu berakhlaqul karimah dan mendapat ilmu yang bermanfa’at yang di tuangkan dalam tiga program pesantren yaitu :
1.    ‘Ulamaul ‘amilin (Ulama yang mampu mengamalkan ilmunya)
2.    Imamal muttaqin (Memimpin Ummat untuk bertaqwa)
3.    Muttaqin ( Manusia yang bertahan dalam ketaqwaan)

Pesantren Miftahul Falah didirikan oleh Al Mukarom KH.Iing Sholihin beserta istri (Hj.Iis Syarifah) dan K.Moch Ii Abdulloh Suja’i pada tanggal 30 Juli 1984 M, dan sekarang di kelola oleh pendiri beserta para putra, Mantu dan di Bantu oleh santri senior. Pondok Pesantren Miftahul Falah adalah merupakan cabang dari pesantren Miftahul Huda Pusat, yang beralamat di Kp. Kalimanggis Manonjaya 46197 Tasikmalaya Jawa Barat.

Pesantren Miftahul Falah merupakan Pesantren salafi yang mengkaji kitab-kitab kuning (klasik) dengan system pendidikan semi formal yang berjenjang dan klasikal di pandu dengan kurikulum dan silabus yang disusun oleh pengasuh pesantren dan disamakan dengan silabus yang berada di pesantren Miftahul huda pusat.

8. PONDOK PESANTREN TERPADU AR-RAAID

Lokasi : Kp. Cisalatri, Jl. A.H. Nasution Jl. Gg. Kujang No.65, RT.04/RW.05, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid menekankan terhadap Pembinaan Akhlak dan Pembentukan Karakter, terutama bagi mahasiswa agar dapat hidup berdampingan di masyarakat dengan adab, etika dan tutur kata yang sopan Selain itu, Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid merupakan pondok pesantren yang memadukan sistem salaf (Kitab Kuning) dengan pendidikan Modern (bahasa Arab dan Inggris) dan pendidikan Al-Qur'an sehingga memfasilitasi santri agar mampu berkompetensi dalam berbagai bidang.

Pesantren ini di buat demi cita-cita yang agung, yaitu ikut serta dalam merealisasikan kemajuan Universitas Islam Negeri (UIN) SGD Bandung yang menuntut terciptanya sumber daya mahasiswa yang shaleh serta individu dan sosial, berwawasan luas dalam bidang agama dan pengetahuan, demi meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda Indonesia yang dapat mendukung lajunya pembangunan nasional di segala bidang kehidupan, guna mengisi dan meneruskan perjuangan bangsa di masa yang akan datang. Pesantren ini juga berlandaskan Ahlus Sunnah Wal Jamaah Bermadzhab Imam Syafi’i.

Itulah daftar Pondok Pesantren Salaf maupun Modern terbaik di Kota Bandung Jawa Barat.

8 Pondok Pesantren Salaf dan Modern Terbaik Di Kota Bandung

Kota Bandung merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Selain memiliki banyak Perguruan tinggi, kota Bandung juga memiliki banyak pondok pesantren, baik Pondok salaf maupun modern.

Berikut ini kami telah merangkum daftar Pondok Pesantren Terkenal dan Terbesar di Kota Bandung :

1. PONDOK PESANTREN NURUL HUDA

Lokasi : RT. 03 / RW. 06, Jl. Rancabentang No.116, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142
www.kuwaluhan.com
Pesantren Nurul Huda  ini berdiri atas prakarsa KHR Memed (alm) beserta istri HJ.SITI Qoeraesyin pada tanggal 03 September 1973. Keberadaan Pesantren Nurul Huda cukup mendapatkan perhatian serta antusias masyarakat sekitar lokasi pesantren khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Pondok Pesantren Nurul Huda sejak berdirinya mempunyai 2 harapan untuk mewujudkan 2 pandangan yaitu Pandangan ke Dalam dan Pandangan ke Luar.

Pandangan ke luar di maksudkan untuk penyebaran dan penerapan nilai-nilai Agama Islam mencetak ulama-ulama  dan kader-kader Pemimpin yang Muttaqin. Dengan kata lain pandangan ke dalam ini terfokus dalam tataran penyebaran serta pengalaman ajaran islam bagi para santrinya.
www.kuwaluhan.com
 Sedangkan pandangan ke luar di maksudkan untuk lebih mengharumkan daerah setempat melalui penerapan nilai-nilai agama islam yang sungguh-sungguh, kegiatan peribadahan dan pengajian . pelaksanaan  ritual keagamaan dan penyebaran syiar-syiar Islam.

Sepeninggal Pendiri pada tanggal 17 januari 2003. Pesantren nurul huda di kelola langsung oleh para putra dan menantu beserta sanak saudara yang selanjutnya disebut Dewan Pembina di bawah Pimpinan KHR M.Kholili Yoesni. sebagai figur Ulama Alumni P.P Miftahul Huda Manonjaya Tasik Malaya. Beliau senantiasa berusaha untuk menerapkan ilmu yang dimilikinya untuk kemajuan Pondok Pesantern Nurul Huda.

Tidak mengherankan selain beliau memiliki kedekatan dengan para Ulama Pimpinan Pondok Pesantren yang termasuk anggota FKPP Kota Bandung. Beliau juga dekat dengan para Ulama, Kyai serta Ustadz yang merupakan Alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya yang banyak tersebar di Kota Bandung. Dalam Himpunan Alumni Miftahul Huda asal Bandung. Beliau menjabat sebagai Koordinator Bandung Raya. Hingga saat ini Pondok Nurul Huda santri-santrinya semakin bertambah banyak.

2. PONDOK PESANTREN AL FALAH DAGO

Lokasi : Jl. Cisitu Baru, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135

Pesantren Al Falah dibangun secara bertahap sejak tahun lima puluh oleh pendirinya, yaitu almarhum Bapak KH, Saefudin Ahmad atau yang lebih dikenal denga panggilan ustadz Idi, Beliau adalah seorang pendidik yang juga aktif di pergerakkan sejak zaman Penjajah Belanda. Jepang bahkan sampai zaman kemerdekaan, Beliau beberapa kali keluar masuk penjara karena perjuangannya yang konsisten untuk menegakkan Syari’at Islam.

Sekolah lanjutan mulai dirintis pada tahun 1964, yaitu dengan didirikannya sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA 4 tahun), tetapi kemudian PGA ini dirubah menjadi Tsanawiyyah pada tahun 1974 sesuai dengan ketentuan Departemen Agama, dimana pada waktu itu sekolah PGA swasta jumlahnya dibatasi dengan alasan sudah kelebihan tenaga pengajar agama islam untuk sekolah dasar.

Karena pertimbangan teknis dimana lulusan madrasah tsanawiyyah pada saat itu tidak dapat melanjutkan ke SMA, serta beberapa pertimbangan teknis dan administratif yang kurang kondusif, maka pada tahun 1976 Madrasah Tsanawiyyah (MTs) Al Falah ini dirubah menjadi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Falah dengan menerapkan kurikulum Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pada tahun 1976 ini Madrasah Ibtidaiyyah dirubah statusnya menjadi Sekolah Dasar (SD), Dengan demikian sejak tahun ini sekolah-sekolah Al Falah kurikulumnya berorientasi pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan sedangkan pola pengajaran salafiyyah tetap dijalankan secara baik dan konsisten.

Dalam upaya memenuhi harapan para jamaah dan alumni yang telah mukim dan terjun dan mengabdi di masyarakat dengan mendirikan madrasah atau pesantren sendiri, maka pada tahun 1978 didirikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Al Falah. Dalam meningkatkan peran Pesantren Al Falah dalam era industrialisasi yang sedang berkembang, maka pada tahun 1984 didirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan tiga jurusan, yaitu Jurusan Teknik Listrik, Jurusan Mesin Perkakas dan Mesin Otomotif

3. PONDOK PESANTREN ANNAJIYAH

Lokasi : Perumahan Griya Cempaka Arum, Jl. Utsman bin Affan No. 90, Rancanumpang, Gedebage, Rancanumpang, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Pesantren An Najiyah Bandung merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan An Najiyah Al Islamiyah Bandung. Pesantren ini berdiri pada tahun 2004 yang berorientasi pada kegiatan da’wah, pendidikan dan sosial yang berlandaskan Al Qur’an dan Sunnah menurut pemahaman Salafush shalih.

Seiring dengan kemajuan yang dicapai Pesantren An Najiyah (Putri), maka dilakukanlah pengembangan dengan membuka kelas baru khusus ikhwan (Putra) dengan nama Pesantren SABILUNNAJAH. Sambil mempersiapkan gedung baru berikut sarana dan prasarananya dilokasi yang baru seluas kurang lebih 1,2 ha, pada bulan Desember 2012 dibukalah pendaftaran santri baru untuk ikhwan dan Alhamdulillah pada bulan Juli 2013 angkatan pertama santri putra Sabilunnajah sudah beroperasi.

4. PONDOK PESANTREN MODERN AL-IHSAN BALEENDAH 

Lokasi : Jl. Adipati Agung No.40, Baleendah, Kec. Baleendah, Bandung, Jawa Barat 40375

Pondok Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah adalah salah satu Pondok Pesantren Alumni Gontor Ponorogo yang berada di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Jawa Barat. Terletak kurang lebih 15 km arah selatan dari pusat kota Bandung. Didirikan oleh para Alumni Pondok Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo yang berdomisili di kota Bandung pada tanggal 17 Juli 1989 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Jannah.

Pondok Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah dipimpin oleh KH.U.Muhammad HM alumni Pondok Modern Gontor tahun 1963. Dalam kepemimpinannya dipimpin oleh dua orang Wakil Pimpinan mereka adalah Drs.H.Mahrus As'ad M.Ag sebagai Wakil Pimpinan I Bidang Pendidikan dan Pengajaran dan H. Uwes Qorni, SSMPd Wakil Pimpinan II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan.

Jenjang Pendidikan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah adalah Kuliyatul Mua'llimin Al Islamiyah (KMI) yang berarti Pendidikan calon Guru-Guru Islam. KMI selama 6 tahun bagi para santri lulusan Sekolah Dasar dan KMI 3 tahun bagi para santri lulusan tingkat Menengah Pertama.

KMI ini didalamnya terbagi menjadi dua jenjang pendidikan formal tingkat Madrasah Tsanawiyah setara dengan SMP dan Madrasah Aliyah atau setara dengan SMA. Kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum gabungan antara Kurikulum Pesantren Gontor dan Kurikulum Nasional setingkat Mts dan MA

Dengan sistem asrama yang dilaksanakan membuat proses pendidikan dan dilaksanakan selama 24 jam. Akivitas santri dimulai dengan kegiatan pagi hari sejak shalat shubuh berjamaah dan dimulai dengan intensifikasi bahasa arab dan inggris membuat penguasaan bahasa arab dan inggris merupakan persyaratan para santri yang membutuhkan ilmu di pondok pesantren. Selain mendapatkan pelajaran di kelas buku-buku kuning yang merupakan ciri khas pesantren juga ikut.

5. PONDOK PESANTREN AL - BASYARIYAH 2

Lokasi : Jl. Mahmud Cigondewah Hilir, Rahayu, Margaasih, Rahayu, Kec. Margaasih, Bandung, Jawa Barat 40214

Pondok Pesantren Al-Basyariyah didirikan pada tahun 1982 oleh Buya Drs. KH. Saeful Azhar, terletak di perkampungan yang pada zamannya merupakan tempat ulama ‘sohor’ di daerah Bandung Selatan, yaitu Eyang Cimindi keturunan Waliyullah Eyang Mahmud.

Pondok yang didirikan dari nol, kini telah menjelma menjadi sebuah lembaga pendidikan yang memiliki luas tanah sekitar 17 ha. Kamar santri yang asalnya hanyalah gubuk sederhana, kini berubah menjadi puluhan lokal asrama santri untuk kapasitas 2000 orang. Dengan izin Allah, dalam perjalanan perjuangannya pondok pesantren ini telah meluluskan para alumni yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat khususnya dan wilayah nusantara umumnya.

Pada saat ini Pondok Pesantren Al-Basyariyah telah memiliki empat kampus, yaitu:

- Kampus 1 di Cibaduyut, Kota Bandung
- Kampus 2 di Cigondewah Hilir, Margaasih, Kab. Bandung
- Kampus 3 di Arjasari, Kab. Bandung
- Kampus 4 di Cikungkurak, Caringin, Kota Bandung

Eksistensi Pondok Pesantren Al-Basyariyah sebagai lembaga pendidikan formal telah diakui oleh Negara sesuai dengan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2852 Tahun 2015 tentang penetapan status kesetaraan satuan pendidikan mu’adalah pada pondok pesantren dengan Madrasah Tsanawiyah/sederajat dan Madrasah Aliyah/sederajat, serta disetarakannya TMI Pondok Pesantren Al-Basyariyah dengan SMA Negeri sesuai SK MENDIKNAS Nomor 240/C/Kep/2003 dan telah diakreditasi dengan peringkat A berdasarkan SK penetapan hasil akreditasi BAP-S/M Nomor: 02.00/322/BAP-SM/XI/2010 sehingga ijazah yang dikeluarkan TMI Pondok Pesantren Al-Basyariyah sebagai tanda kelulusan bisa digunakan untuk salah satu kelengkapan persyaratan melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di dalam maupun luar negeri.

6. PONDOK PESANTREN NURUL IMAN

Lokasi : JL. Cibaduyut, Blok TVRI III, Cibaduyut Wetan, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235

Pondok pesantren Nurul Iman didirikan pada tahun 1998. Santri di Pondok Pesantren Nurul Iman pada waktu itu hanya berjumlah 10 orang, akan tetapi dalam perjalannanya sampai akhir tahu ajaran bertambah sedikit demi sedikit yang sehingga lulusan pertama berjumlah sekitar 20 orang.

Mts Nurul Iman didirikan Oleh KH. Khoerudin Aly, Drs. Yang didukung oleh tokoh masyarakat seperti RT, RW, Lurah dan Para Ulama setempat, dimana dilokasi tersebut memang belum ada sekolah yang bercorak Agama Islamyang ada sekolah SMP umum yaitu SMP 38 Bandung..
Atas dasar kesadaran untuk membantu masyarakat yang kurang mampu untuk sekolah, sekaligus menciftakan sekolah yang bercorak Islam sekaligus memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan bagi putra-putrinya. Dimana Cibaduyut adalah daerah Industri sepatu, sehingga mereka berpikir asal bias bekerja membuat sepatu sekolah tidak terlalu penting.

Oleh karena itulah pendiri berjuang habis-habisan untuk memberikan asumsi terbalik, yaitu memberikan kejelasan bahwa untuk hidup dizaman ini bukan hanya keterampilan saja tapi juga keilmuan perlu di tuntut, demi menjawab tantangan zaman sekaligus membentengi masyarakat dari pengaruh buruk Globalisasi dengan ilmu agama.

Siswa pertama hanya berjumlah 10 orang, karena memang belum mempunyai bangunan sendiri, bahkan Pondok Pesantren yang menjadi payungnya-pun belum dapat menyediakan kelas karena Aula yang hanya satu-satunya sudah ditempati oleh TKA Nurul Iman, maka terpaksa mereka ditempatkan ruangan belakang Masjid Al-Muhajirin.

Namun hingga saat ini santri yang mondok di Nurul Iman semakin banyak.

7. PONDOK PESANTREN MIFTAHUL FALAH 

Lokasi : Jl. Gede Bage Selatan No.115, Derwati, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40295

Pesantren Miftahul Falah merupakan lembaga pendidikan Islam yang dengan segala kelebihan dan kekurangannya selalu mengupayakan agar para santrinya mampu berakhlaqul karimah dan mendapat ilmu yang bermanfa’at yang di tuangkan dalam tiga program pesantren yaitu :
1.    ‘Ulamaul ‘amilin (Ulama yang mampu mengamalkan ilmunya)
2.    Imamal muttaqin (Memimpin Ummat untuk bertaqwa)
3.    Muttaqin ( Manusia yang bertahan dalam ketaqwaan)

Pesantren Miftahul Falah didirikan oleh Al Mukarom KH.Iing Sholihin beserta istri (Hj.Iis Syarifah) dan K.Moch Ii Abdulloh Suja’i pada tanggal 30 Juli 1984 M, dan sekarang di kelola oleh pendiri beserta para putra, Mantu dan di Bantu oleh santri senior. Pondok Pesantren Miftahul Falah adalah merupakan cabang dari pesantren Miftahul Huda Pusat, yang beralamat di Kp. Kalimanggis Manonjaya 46197 Tasikmalaya Jawa Barat.

Pesantren Miftahul Falah merupakan Pesantren salafi yang mengkaji kitab-kitab kuning (klasik) dengan system pendidikan semi formal yang berjenjang dan klasikal di pandu dengan kurikulum dan silabus yang disusun oleh pengasuh pesantren dan disamakan dengan silabus yang berada di pesantren Miftahul huda pusat.

8. PONDOK PESANTREN TERPADU AR-RAAID

Lokasi : Kp. Cisalatri, Jl. A.H. Nasution Jl. Gg. Kujang No.65, RT.04/RW.05, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid menekankan terhadap Pembinaan Akhlak dan Pembentukan Karakter, terutama bagi mahasiswa agar dapat hidup berdampingan di masyarakat dengan adab, etika dan tutur kata yang sopan Selain itu, Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid merupakan pondok pesantren yang memadukan sistem salaf (Kitab Kuning) dengan pendidikan Modern (bahasa Arab dan Inggris) dan pendidikan Al-Qur'an sehingga memfasilitasi santri agar mampu berkompetensi dalam berbagai bidang.

Pesantren ini di buat demi cita-cita yang agung, yaitu ikut serta dalam merealisasikan kemajuan Universitas Islam Negeri (UIN) SGD Bandung yang menuntut terciptanya sumber daya mahasiswa yang shaleh serta individu dan sosial, berwawasan luas dalam bidang agama dan pengetahuan, demi meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda Indonesia yang dapat mendukung lajunya pembangunan nasional di segala bidang kehidupan, guna mengisi dan meneruskan perjuangan bangsa di masa yang akan datang. Pesantren ini juga berlandaskan Ahlus Sunnah Wal Jamaah Bermadzhab Imam Syafi’i.

Itulah daftar Pondok Pesantren Salaf maupun Modern terbaik di Kota Bandung Jawa Barat.

No comments