Social Items

Kabupaten Kuningan  merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, Ibukotanya adalah Kuningan.

Pendidikan Agama di Kabupaten Kuningan dibilang cukup banyak, hal ini terbukti dengan adanya Pondok Pesantren yang berdiri di wilayah ini. Merangkum dari berbagai sumber, tim kami kuwaluhan.com telah mencatat daftar Pendidikan Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Kuningan Jawa Barat :

1. PONDOK PESANTREN AL-MADANI

Lokasi : Jl. Raya Garawangi, Purwasari, Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45571

Pondok pesantren Al-Madani adalah lembaga pendidikan Islam yang berupaya menjadi sebuah lembaga yang mempersiapka n generasi Islam Rabbani yang berpola pikir dan berpola sikap Islam yang cinta Sunnah dan pengamalannya dalam kehidupan sebagai satu-satunya kunci keselamatan dunia dan akhirat dan sebagai upaya menjawab tantangan zaman yang mana Umat Manusia telah jauh dari Sunnah-sunnah Nabinya.

Sistem pendidikan yang di terapkan adalah sistim pendidikan berjenjang berkesinambungan dan terpadu. Yaitu perpaduan antara Pondok Pesantren Salafiyyah modern, Timur Tengah dan Pakistan.

Pondok ini Dikelola oleh keluarga besar badan waqap Pondok Pesantren, staf pengajar dari Alumni Pondok Pesantren Salafiyyah ( Temboro dan Ploso – Jawa Timur ), Megelang – Jawa Tengah, Pondok Pesantren Modern ( GONTOR ), Pondok Pesantren Karachi – Pakistan, Perguruan Tinggi Islam Negeri dan Santri Senior, dll.

2. PONDOK PESANTREN 'AINURRAFIQ KUNINGAN

Lokasi : Panawuan, Cigandamekar, Panawuan, Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45556

Pondok Pesantren ‘Ainurrafiq Kuningan mulai dibangun tahun 1999, dan mulai beropreasi pada tahun 2002, dibawah naungan Yayasan ‘Ainurrafiq, sebagai badan hukumnya. Nama ‘Ainurrafiq sendiri merupakan perpaduan antara kata Ainur yang diambil dari nama Istri (Hj. Nunung Nuraeni) dan Rafik adalah nama H. Achmad Rafik Rosyad selaku pendiri. Sebagai sebuah pondok pesantren terpadu, 'Ainurrafiq memiliki keunikan-keunikan tersendiri. Keunikan pertama ada pada desain kurikulum yang mengintegrasikan kurikulum Diknas, Pesantren Modern, dan Pesantren Salafi dengan perimbangan yang proporsional, serta pendidikan berasrama dengan didukung fasilitas yang memadai dan lingkungan yang asri.

Tujuan utamanya adalah mengupayakan terciptanya iklim pendidikan yang kondusif, refresentatif, dan modern. Keunikan yang kedua ada pada bangunannya di mana semua lantainya menggunakan keramik pecah, lantai keramik tidak kotak-kotak teratur sebagaimana layaknya lantai keramik, tapi lantai keramik bangunan pesantren ini berasal dari keramik sisa, yang pecah-pecah. Begitu juga kaca-kaca yang digunakan, juga dari sisa-sisa buangan.
Bukan sekadar unik, tetapi mengandung nilai filosofi yang penuh makna.

Tujuan utama sekaligus motto dari Pondok Pesantren 'Ainurrafiq adalah menjadikan lulusannya sebagai seorang yang ahli dzikir, ahli pikir, dan ahli ikhtiar, serta mentransformasikan budaya keislaman Pesantren ke dalam ummat dan masyarakat. Transformasi ini dijalankan dengan tetap berkeyakinan bahwa agama merupakan satu-satunya wasilah untuk mendapatkan ridha Allah bagi kebahagian dunia dan akhirat.

3. PONDOK PESANTREN BINAUL UMMAH

Lokasi : Jl. Cipari, Cipari, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552

Pondok Pesantren Binaul Ummah merupakan lembaga pendidikan berbasis Islam yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jawa Barat. Hingga detik ini, Pondok Pesantren Binaul Ummah telah menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang RA, SD, SMP, SMA, serta SMK, dengan biaya bervariasi, tergantung pendidikan yang ditempuh.

Dikutip dari situs resminya, biaya pendidikan di Pondok Pesantren Binaul Ummah terdiri dari beberapa komponen, seperti SPP atau iuran bulanan, uang seragam, uang bangunan, alat tulis siswa, buku paket dan majalah, field trip, ekstrakurikuler, ujian semester, peralatan makan, kalender, hingga buku pelajaran.

4. PONDOK PESANTREN MODERN AL-IKHLASH

Lokasi : Jl. Pesantren, Ciawilor RT. 14 RW. 7, Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45591

Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash, yang saat ini dipimpin oleh DR. H. M. Tata Taufik, didirikan pada tanggal 16 Juli 1990 / 23 Dzulhijjah Perkembangan pesantren tersebut dari tahun ketahun mengalami peningkatan, termasuk sarana dan fasilitas penunjangnya baik dari fisik bangunan maupun sarana penunjang lainnya. Secara bertahap tanah wakafnya pun dari ke waktu semakin bertambah. Perluasan tanah wakaf bagi pesantren merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting, oleh karenanya program tersebut termasuk salah satu program pondok jangka panjang. Perkembangan tanah wakaf Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash menyebar luas di beberapa daerah.

Adapun fasilitas yang tersedia di pesantren tersebut adalah Asrama, masjid, ruang belajar, gedung pertemuan, sarana olah raga, perpustakaan, poskestren, lab. bahasa, lab. komputer, lab. IPA, Koperasi Pelajar, dll.

Mengingat bahwa sistem pendidikan yang dijalankan di pesantren ini merujuk pada sistem pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Modern Gontor maka tentunya pola pendidikan yang diterapkannya pun tidak jauh berbeda, seperti keharusan para santri untuk senantiasa menggunakan dua bahasa asing ( bahasa Inggris dan Arab) dalam aktivitas kesehariannya.

Sejak berdiri sampai sekarang alumni Ponpes Modern Al-Ikhlash telah menyebar luas keberbagai daerah dan mampu berkiprah di masyarakat bahkan mampu melanjutkan ke berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, dalam dan luar negeri seperti:Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Islam Sunan Gunung Jati, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Al-Azhar Kairo, Universitas Syria, dan Universitas Turky.

5. PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MULTAZAM 

Lokasi : Desa Maniskidul Jalaksana Kuningan Jalaksana, Maniskidul, Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554

Yayasan Pendidikan Islam Al-Multazam Husnul Khotimah didirikan dan diresmikan pada tanggal 2 Mei 2002, beralamat di Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan  Jawa Barat.

Sejarah berdirinya Al-Multazam bermula dari pendirinya yaitu H. Sahal Suhana, SH beserta istri pergi menunaikan ibadah haji Tahun 1993. Seperti diketahui bersama Mekkah adalah kota suci umat Islam. Keberkahan selalu ada di sana. Siapa pun yang menziarahinya akan mendapatkan banyak pahala dan bonus dari Allah swt, baik saat umroh maupun berhaji.

Di Al-Multazam yang merupakan sebuah tempat yang mustajab dalam memanjatkan doa H. Sahal Suhana, SH terus bermunajat untuk diberikan petunjuk, dan akhirnya H. Sahal Suhana, SH mendirikan TK (Taman kanak-kanak) sebagai langkah awal mendirikan pesantren dan memberikan nama Al-Multazam sebagai cikal bakal nama SDIT, SMPIT, SMAIT, STQ dan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam.

Sistem pendidikan yang diterapkan menggunakan Sistem Pendidikan Islami, Terpadu dan Berkesinambungan dengan nama lain Education System Boarding School atau Pendidikan Berbasis Pesantren, dimana santri wajib tinggal diasrama dan mengikuti semua program pendidikan. Bagi santri yang sudah menyelesaikan program dijenjang SMPIT kemudian melanjutkan kejenjang SMAIT.

6. PONDOK PESANTREN HUSNUL KHOTIMAH

Lokasi : Maniskidul, Kec. Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554

Pondok Pesantren Husnul Khotimah merupakan sekolah tingkatan SMP dan SMA Tahfidz ber-asrama (boarding) yang mempersiapkan generasi yang tangguh menghadapi peradaban kini dan masa depan, berkarakter, berakhlak muslim yang mulia, lurus fikrah dan fitrahnya dalam manhaj Rasulullah SAW yang shahih. Pondok pesantren ini sendiri terletak di kawasan Kuningan, Jawa Barat.

Pondok Pesantren Husnul Khotimah yang telah berdiri sejak tahun 1994, di atas lahan 6 (enam) hektare dan berlokasi di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana Kab. Kuningan Jawa Barat ini, berupaya memenuhi harapan dan kebutuhan tersebut dengan mengedepankan pola Tarbiyah Islamiyah yang modern, sistematis dan terpadu, namun tanpa meninggalkan pola salafiyah.

Sejak awal berdiri, Pondok Pesantren Husul Khotimah telah berkonsentrasi di bidang pendidikan berbasis Islam dengan menyelenggarakan pendidikan tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah. Hal ini dilakukan dalam rangka mencerdaskan bangsa dan turut serta menyukseskan dunia pendidikan berbasis Islam di Tanah Air.

Pada awalnya, pendidikan di Pondok Pesantren Modern Husnul Khotimah, baik yang intra ataupun ekstra, merupakan suatu kesatuan yang integral yang tidak dapat terpisahkan. Namun, seiring dengan semakin banyaknya jumlah santri dan garapan, maka Yayasan Husnul Khotimah menginisiasi pembagian tugas dan wewenang agar segala permasalahan santri bisa terkelola dengan baik.

Di pondok pesantren modern Husnul khatimah dengan pengajaran ilmu Islam yang intens, komprehensif, dan terpadu, diklaim dapat mencegah anak-anak dari pengaruh buruk narkoba, minuman keras, hingga menjauhkan mereka dari perilaku kekerasan. Hal ini disebabkan oleh ketatnya aturan yang diterapkan pondok pesantren dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menghindarkan mereka melakukan perbuatan tersebut.

Itulah daftar Pondok pesantren terbaik dan terbesar di Kuningan Jawa Barat. Jika ada kesalahan silahkan beri komentar pada kotak di bawah.

Inilah 6 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Kuningan Jawa Barat

Kabupaten Kuningan  merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, Ibukotanya adalah Kuningan.

Pendidikan Agama di Kabupaten Kuningan dibilang cukup banyak, hal ini terbukti dengan adanya Pondok Pesantren yang berdiri di wilayah ini. Merangkum dari berbagai sumber, tim kami kuwaluhan.com telah mencatat daftar Pendidikan Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Kuningan Jawa Barat :

1. PONDOK PESANTREN AL-MADANI

Lokasi : Jl. Raya Garawangi, Purwasari, Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45571

Pondok pesantren Al-Madani adalah lembaga pendidikan Islam yang berupaya menjadi sebuah lembaga yang mempersiapka n generasi Islam Rabbani yang berpola pikir dan berpola sikap Islam yang cinta Sunnah dan pengamalannya dalam kehidupan sebagai satu-satunya kunci keselamatan dunia dan akhirat dan sebagai upaya menjawab tantangan zaman yang mana Umat Manusia telah jauh dari Sunnah-sunnah Nabinya.

Sistem pendidikan yang di terapkan adalah sistim pendidikan berjenjang berkesinambungan dan terpadu. Yaitu perpaduan antara Pondok Pesantren Salafiyyah modern, Timur Tengah dan Pakistan.

Pondok ini Dikelola oleh keluarga besar badan waqap Pondok Pesantren, staf pengajar dari Alumni Pondok Pesantren Salafiyyah ( Temboro dan Ploso – Jawa Timur ), Megelang – Jawa Tengah, Pondok Pesantren Modern ( GONTOR ), Pondok Pesantren Karachi – Pakistan, Perguruan Tinggi Islam Negeri dan Santri Senior, dll.

2. PONDOK PESANTREN 'AINURRAFIQ KUNINGAN

Lokasi : Panawuan, Cigandamekar, Panawuan, Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45556

Pondok Pesantren ‘Ainurrafiq Kuningan mulai dibangun tahun 1999, dan mulai beropreasi pada tahun 2002, dibawah naungan Yayasan ‘Ainurrafiq, sebagai badan hukumnya. Nama ‘Ainurrafiq sendiri merupakan perpaduan antara kata Ainur yang diambil dari nama Istri (Hj. Nunung Nuraeni) dan Rafik adalah nama H. Achmad Rafik Rosyad selaku pendiri. Sebagai sebuah pondok pesantren terpadu, 'Ainurrafiq memiliki keunikan-keunikan tersendiri. Keunikan pertama ada pada desain kurikulum yang mengintegrasikan kurikulum Diknas, Pesantren Modern, dan Pesantren Salafi dengan perimbangan yang proporsional, serta pendidikan berasrama dengan didukung fasilitas yang memadai dan lingkungan yang asri.

Tujuan utamanya adalah mengupayakan terciptanya iklim pendidikan yang kondusif, refresentatif, dan modern. Keunikan yang kedua ada pada bangunannya di mana semua lantainya menggunakan keramik pecah, lantai keramik tidak kotak-kotak teratur sebagaimana layaknya lantai keramik, tapi lantai keramik bangunan pesantren ini berasal dari keramik sisa, yang pecah-pecah. Begitu juga kaca-kaca yang digunakan, juga dari sisa-sisa buangan.
Bukan sekadar unik, tetapi mengandung nilai filosofi yang penuh makna.

Tujuan utama sekaligus motto dari Pondok Pesantren 'Ainurrafiq adalah menjadikan lulusannya sebagai seorang yang ahli dzikir, ahli pikir, dan ahli ikhtiar, serta mentransformasikan budaya keislaman Pesantren ke dalam ummat dan masyarakat. Transformasi ini dijalankan dengan tetap berkeyakinan bahwa agama merupakan satu-satunya wasilah untuk mendapatkan ridha Allah bagi kebahagian dunia dan akhirat.

3. PONDOK PESANTREN BINAUL UMMAH

Lokasi : Jl. Cipari, Cipari, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552

Pondok Pesantren Binaul Ummah merupakan lembaga pendidikan berbasis Islam yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jawa Barat. Hingga detik ini, Pondok Pesantren Binaul Ummah telah menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang RA, SD, SMP, SMA, serta SMK, dengan biaya bervariasi, tergantung pendidikan yang ditempuh.

Dikutip dari situs resminya, biaya pendidikan di Pondok Pesantren Binaul Ummah terdiri dari beberapa komponen, seperti SPP atau iuran bulanan, uang seragam, uang bangunan, alat tulis siswa, buku paket dan majalah, field trip, ekstrakurikuler, ujian semester, peralatan makan, kalender, hingga buku pelajaran.

4. PONDOK PESANTREN MODERN AL-IKHLASH

Lokasi : Jl. Pesantren, Ciawilor RT. 14 RW. 7, Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45591

Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash, yang saat ini dipimpin oleh DR. H. M. Tata Taufik, didirikan pada tanggal 16 Juli 1990 / 23 Dzulhijjah Perkembangan pesantren tersebut dari tahun ketahun mengalami peningkatan, termasuk sarana dan fasilitas penunjangnya baik dari fisik bangunan maupun sarana penunjang lainnya. Secara bertahap tanah wakafnya pun dari ke waktu semakin bertambah. Perluasan tanah wakaf bagi pesantren merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting, oleh karenanya program tersebut termasuk salah satu program pondok jangka panjang. Perkembangan tanah wakaf Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash menyebar luas di beberapa daerah.

Adapun fasilitas yang tersedia di pesantren tersebut adalah Asrama, masjid, ruang belajar, gedung pertemuan, sarana olah raga, perpustakaan, poskestren, lab. bahasa, lab. komputer, lab. IPA, Koperasi Pelajar, dll.

Mengingat bahwa sistem pendidikan yang dijalankan di pesantren ini merujuk pada sistem pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Modern Gontor maka tentunya pola pendidikan yang diterapkannya pun tidak jauh berbeda, seperti keharusan para santri untuk senantiasa menggunakan dua bahasa asing ( bahasa Inggris dan Arab) dalam aktivitas kesehariannya.

Sejak berdiri sampai sekarang alumni Ponpes Modern Al-Ikhlash telah menyebar luas keberbagai daerah dan mampu berkiprah di masyarakat bahkan mampu melanjutkan ke berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, dalam dan luar negeri seperti:Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Islam Sunan Gunung Jati, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Al-Azhar Kairo, Universitas Syria, dan Universitas Turky.

5. PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MULTAZAM 

Lokasi : Desa Maniskidul Jalaksana Kuningan Jalaksana, Maniskidul, Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554

Yayasan Pendidikan Islam Al-Multazam Husnul Khotimah didirikan dan diresmikan pada tanggal 2 Mei 2002, beralamat di Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan  Jawa Barat.

Sejarah berdirinya Al-Multazam bermula dari pendirinya yaitu H. Sahal Suhana, SH beserta istri pergi menunaikan ibadah haji Tahun 1993. Seperti diketahui bersama Mekkah adalah kota suci umat Islam. Keberkahan selalu ada di sana. Siapa pun yang menziarahinya akan mendapatkan banyak pahala dan bonus dari Allah swt, baik saat umroh maupun berhaji.

Di Al-Multazam yang merupakan sebuah tempat yang mustajab dalam memanjatkan doa H. Sahal Suhana, SH terus bermunajat untuk diberikan petunjuk, dan akhirnya H. Sahal Suhana, SH mendirikan TK (Taman kanak-kanak) sebagai langkah awal mendirikan pesantren dan memberikan nama Al-Multazam sebagai cikal bakal nama SDIT, SMPIT, SMAIT, STQ dan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam.

Sistem pendidikan yang diterapkan menggunakan Sistem Pendidikan Islami, Terpadu dan Berkesinambungan dengan nama lain Education System Boarding School atau Pendidikan Berbasis Pesantren, dimana santri wajib tinggal diasrama dan mengikuti semua program pendidikan. Bagi santri yang sudah menyelesaikan program dijenjang SMPIT kemudian melanjutkan kejenjang SMAIT.

6. PONDOK PESANTREN HUSNUL KHOTIMAH

Lokasi : Maniskidul, Kec. Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554

Pondok Pesantren Husnul Khotimah merupakan sekolah tingkatan SMP dan SMA Tahfidz ber-asrama (boarding) yang mempersiapkan generasi yang tangguh menghadapi peradaban kini dan masa depan, berkarakter, berakhlak muslim yang mulia, lurus fikrah dan fitrahnya dalam manhaj Rasulullah SAW yang shahih. Pondok pesantren ini sendiri terletak di kawasan Kuningan, Jawa Barat.

Pondok Pesantren Husnul Khotimah yang telah berdiri sejak tahun 1994, di atas lahan 6 (enam) hektare dan berlokasi di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana Kab. Kuningan Jawa Barat ini, berupaya memenuhi harapan dan kebutuhan tersebut dengan mengedepankan pola Tarbiyah Islamiyah yang modern, sistematis dan terpadu, namun tanpa meninggalkan pola salafiyah.

Sejak awal berdiri, Pondok Pesantren Husul Khotimah telah berkonsentrasi di bidang pendidikan berbasis Islam dengan menyelenggarakan pendidikan tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah. Hal ini dilakukan dalam rangka mencerdaskan bangsa dan turut serta menyukseskan dunia pendidikan berbasis Islam di Tanah Air.

Pada awalnya, pendidikan di Pondok Pesantren Modern Husnul Khotimah, baik yang intra ataupun ekstra, merupakan suatu kesatuan yang integral yang tidak dapat terpisahkan. Namun, seiring dengan semakin banyaknya jumlah santri dan garapan, maka Yayasan Husnul Khotimah menginisiasi pembagian tugas dan wewenang agar segala permasalahan santri bisa terkelola dengan baik.

Di pondok pesantren modern Husnul khatimah dengan pengajaran ilmu Islam yang intens, komprehensif, dan terpadu, diklaim dapat mencegah anak-anak dari pengaruh buruk narkoba, minuman keras, hingga menjauhkan mereka dari perilaku kekerasan. Hal ini disebabkan oleh ketatnya aturan yang diterapkan pondok pesantren dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menghindarkan mereka melakukan perbuatan tersebut.

Itulah daftar Pondok pesantren terbaik dan terbesar di Kuningan Jawa Barat. Jika ada kesalahan silahkan beri komentar pada kotak di bawah.

No comments