Social Items

Kabupaten Subang adalah sebuah kabupaten di Tatar Pasundan provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Subang.

Pendidikan Agama di Kabupaten Subang terbilang sangat baik, karena begitu banyak Pondok Pesantren yang berdiri di wilayah ini. Dari penelusuran tim kami kuwaluhan.com di Subang terdapat beberapa ponpes yang menurut kami sangat cocok untuk putra-putri kita menuntut ilmu agama di pondok berikut ini :

1. PONDOK PESANTREN PAGELARAN 3

Lokasi : Gardusayang, Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41283

Sepeninggal K.H. Muhyiddin, kepemimpinan Pondok Pesantren Pagelaran III dilanjutkan oleh salah seorang puteranya yaitu Abdul Qoyum yang dikenal dengan K.H. Oom Muhyiddin. Pada periode ini adalah terjadi perkembangan yang sangat pesat,  terutama  adalah besarnya fungsi pesantren sebagai lembaga pendidikan yang menyelenggaran berbagai pelayanan kepada umat seperti kegiatan majelis ta’lim, pendidikan pesantren salafiyah, madrasah diniyah, TK, penyelenggara program wajar dikdas,  serta pendidikan sekolah formal SMP dan SMA.

Selain itu, menjadi lembaga sosial melalui  penyelenggaraan berbagai kegiatan sosial seperti penyantunan anak yatim, penyantunan fakir miskin, penyelenggaraan poskestren, dll.

2. PONDOK PESANTREN DARUL FALAH SUBANG

Lokasi : Cimanggu, Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41283

Pesantren Darul Falah merupakan lembaga pendidikan berbasis agama Islam yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA, pondok pesantren ini menerapkan sistem Islamic & Cultural Boarding School dan mematok tarif pendidikan yang terbilang cukup terjangkau.

Lembaga ini menyelenggarakan program pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA (tepatnya SMK) yang telah memiliki Akreditasi B.

SMP dan SMK Darul Falah, yang berdiri pada tahun 2008 lalu, dikatakan sebagai sekolah berbasis pesantren yang menggunakan prinsip dasar kepesantrenan yang dengan mazhab Imam Syafi’i. Berbasis pondok pesantren atau dikenal dengan Islamic & Cultural Boarding School, lembaga ini memiliki moto ‘Cerdas dan Berakhlak Karimah’.

Pondok pesantren Darul Falah menerapkan system pendidikan terpadu antara kepesantrenan Salafiyah berbasis ke-NU-an dan sistem pendidikan modern di dalam dan di luar kelas yang mengandung pendidikan karakter dan leadership. Sekolah ini mengadopsi kurikulum pendidikan nasional untuk mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA, matematika, IPS, teknologi informasi, dan pendidikan olahraga. Sementara, untuk pelajaran baca tulis Al Quran, tahfidhul Al Quran, hadis, kitab kuning, bahasa Arab, nabawiyah, dan sejarah kebudayaan Islam, mengadopsi kurikulum pesantren.

Untuk menunjang proses kegiatan belajar dan mengajar, Pondok Pesantren Darul Falah juga telah didukung dengan fasilitas yang memadai. Di sekolah ini, sudah terdapat ruang kelas belajar yang representatif, laboratorium komputer, laboratorium IPA, perpustakaan, kantin sekolah, asrama santri, layanan laundry, sarana olahraga, hingga masjid.

Tidak mau kalah dengan sekolah ‘konvensional’ pada umumnya, Pondok Pesantren Darul Falah pun menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa atau santri untuk menyalurkan bakat dan minat mereka. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini antara lain, kegiatan outbound, pentas seni budaya, latihan dasar kepemimpinan, English Club, pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Gerakan Cinta Masjid (GCM), OSIS, Paskibra, dan latihan dasar ke-taruna-an. Selain itu, pondok ini juga mengadakan kegiatan belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

3. PONDOK PESANTREN RAHMATIKA AL-ATSARI

Lokasi : Jalan Raya Dayeuhkolot, Sagalaherang, Dayeuhkolot, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282

Pondok pesantren Rahmatika Al-Atsari, dalam bantuan ikut serta mengembangkan pendidikan dan dakwah salafiyah ahlus sunnah waljamaa'ah berdasar Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan membantu Salaful Ummah, menerima sambutan Santri Baru (PSB) tingkat SD, SMP , SMA dengan kurikulum: Kemendikbud terpadu dengan Kurikulum Kepesantrenan; Tahfizh Al-Qur'an, Bahasa Arab, Aqidah, Akhlak, Fiqih, Hadits, Manhaj, Siroh Nabawiyah dan Keterampilan Hidup. Mendapat negara dan pesantren untuk dapat melanjutkan pendidikan jenjang yang lebih tinggi.

Jenjang Pendidikan :

1. SD ISLAM AL-ATSARI, Terakreditasi, (Menerima Pindahan Kelas 4 dan 5)
NSS: 102021901025, NPSN: 69725653
2. SMP TERPADU RAHMATIKA, Terakreditasi, UJian Mandiri
NSS: 202021901115, NPSN: 20233640
3. SMA TERPADU RAHMATIKA, Terakreditasi, Ujian Mandiri
NSS: 302021901055, NPSN: 20244792

4. PONDOK PESANTREN RIYADHUL JANNAH ISLAMIC MODERN

Lokasi : Jl. Raya Prapatan Bandung, Jalancagak, Curugrendeng, Kec. Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40115

Pondok Pesantren Riyadhul Jannah merupakan salah satu pondok pesantren modern (boarding school) yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pondok pesantren ini sekarang menyelenggarakan beragam pendidikan mulai jenjang SMP, SMA, MA, SMK, hingga Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) dengan biaya bervariasi.

Pondok Pesantren Riyadhul Jannah diketahui sebagai perwujudan cita-cita Dr. KH Moch. Ujang Saefullah, yang merupakan sekaligus pimpinan lembaga ini. Pondok ini adalah lembaga pendidikan Islam yang senantiasa meningkatkan kiprah dalam mendidik generasi yang beriman, cerdas, berilmu, terampil, memiliki wawasan yang luas, berakhlak baik, serta menguasai teknologi sehingga menjadikan peserta didik yang dinamis dan mampu menjawab dinamika zaman.

Program pembelajaran yang dilaksanakan di tempat ini adalah kombinasi dari kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Agama, dan Mahad Modern Riyadhul Jannah, dan dalam proses pembelajaran menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab. Kurikulum di sekolah ini berorientasi pada pemahaman Al Quran, kitab kuning, bahasa Arab, dan bahasa Inggris, sehingga siswa dan santri diwajibkan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris ketika berada di asrama.

Pondok Pesantren Riyadhul Jannah memiliki tiga program basic yang merupakan program pembelajaran tiga pengetahuan dasar yang menjadi unggulan sekolah tersebut. Program ini mencakup basic English, basic Arabic, dan basic Sains yang difasilitasi oleh SDM yang profesional di bidangnya. Selain tiga program basic itu, setiap siswa pun dibekali dengan pembelajaran kitab kuning untuk memperkuat ilmu agama.

5. PONDOK PESANTREN MODERN ASSALAM

Lokasi : Kalijati Tim., Kec. Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41271

Pesantren Assalaam didirikan oleh Al Mukarrom KH. Khoer Affandi (Alm), KH. Dadang Daman Huri (Alm), KH. Uci Sanusi (Alm), H. Sulaeman (H. Elin) Alm. Pada Tanggal 23 Juni 1989 M, terletak di arial tanah seluas 3 Ha, dihuni lebih dari 300 santri dan memiliki 13 cabang pesantren yang terletak didaerah Jawa dan Luar Jawa, merupakan Lembaga Pendidikan Islam yang dengan segala kelebihan dan kekurangannya selalu mengupayakan agar para santrinya mampu "Berakhlakul Karimah" dan mendapat ilmu yang bermanfaat yang dituangkan dalam Tiga Program Pesantren yaitu:

1. 'Ulama Al 'Amilin (Ulama yang mampu mengamalkan ilmunya)
2. Imamal Mutaqin (Pemimpin Umat untuk Bertaqwa)
3. Mutaqin (Manusia yang bertahan dan bertaqwa)

Pondok Pesantren Assalaam dikelola langsung oleh para murid dibawah Pimpinan Umum KH. Ma'mun Murod Al-Bishri dan dibantu oleh KH. Abu Zaen Syamsudin dan KH. Zezen Zaenal Mutaqin.

Pondok Pesantren assalaam merupakan Pesantren Salafiyah yang mengkaji Kitab-Kitab Kuning (Klasik) dengan Sistem Pendidikan Semi Formal yang berjenjang dan Klasikal dipandu dengan Kurikulum dan Silabus yang disusun Pendiri.

6. PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KASOMALANG SUBANG

Lokasi : Jl. Raya Kasomalang Desa No.2, Kasomalang Wetan, Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281

Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang didirikan pada tanggal 20 April 1983. Didirikan oleh 3 (tiga) orang senasab yakni : pertama; Embah Ma’sum yang lebih dikenal dengan sebutan Ajengan Cikupa, kedua; Bapak Kyai H. Mu’alim Uli Hidayat dan ketiga KH. Ahmad Djuanda, M.H. Ketiganya adalah Kakek, Ayah, dan Anak. Pada awal berdirinya, Pondok Pesantren Darussalam hanya memiliki areal tanah dari wakaf keluarga seluas 120 M2 dengan jumlah santri angkatan pertama sebanyak 16 orang, terdiri dari 15 orang laki-laki dan 1 orang perempuan.

Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang merupakan salah satu pesantren alumni Gontor yang mempersatukan secara utuh sistem dan metodologi kepesantrenan dengan pendidikan modern.

Program pendidikan dan pengajaran untuk mencetak santri yang berilmu tinggi dan berakhlak mulia, diaktualisasikan melalui lingkungan yang berdisiplin dan penyelenggaraan Kulliyatul 'Ulum al-Islamiyah yang terdiri dari dua tingkat, yaitu :

1. Tingkat Tsanawiyah selama 3 (tiga) tahun,
2. tingkat Aliyah selama 3 (tiga) tahun. Adapun

materi pelajaran yang menjadi prioritas adalah Bahasa Arab, Bahasa Inggris (sebagai bahasa resmi), Ekonomi Akuntansi, Matematika dan Kitab Kuning (keagamaan).

Sampai tahun ajaran 2007-2008 santri Pondok Pesantren Darussalam berjumlah 1.230 orang. Didasarkan atas keinginan untuk tafaqquh fiddin mencetak kader pemimpin umat yang berakhlaqul karimah, berilmu tinggi, dan berwawasan luas, Pondok Pesantren Darussalam terus berpacu dan berkembang seiring dengan perkembangan dunia pendidikan dan kemajuan ilmu pengetahuan dewasa ini.

Selaras dengan eksistensinya sebagai lembaga tafaquh fi din, lembaga yang berdiri di atas dan untuk semua golongan.

7. PONDOK PESANTREN AT TAWAZUN

Lokasi : Jl. Raya Kalijati Timur No.280, Kalijati Bar., Kec. Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41271

Pesantren At-Tawazun yang terletak di Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang,  berupaya mengarahkan santri untuk seimbang dalam menguasai ilmu dunia dan ilmu akhirat sebagai bekal hidup di masyarakat.

Menurut pengasuh pesantren yang didirikan tahun 2001 tersebut, KH Musyfiq Amrullah, penamaan At-Tawazun terinspirasi dari salah satu prinsip Nahdlatul Ulama (NU), yaitu tawazun, artinya seimbang.

Pondok pesantren At-Tawazun merupakan sebuah pesantren yang belumlah dikenal jatidirinya secara utuh, bukan berarti At-Tawazun tidak mempunyai pola pendidikan yang baku.

Sesungguhnya pola itu sudah dan sedang berproses berjalan dan dirintis pola pendidikan tersebut oleh para pendiri pondok, hanya umur yang masih terlalu muda bagi sebuah pendidikan disamping alumni yang baru satu generasi yang kita keluarkan yang belum berkiprah di masyarakat sehingga timbullah pertanyaan tersebut. Juga belum tersosialisaikan pola ini secara utuh kepada aktifis pondok pesantren At-Tawazun terlebih kepada masyarakat.

Itulah beberapa daftar Pondok Pesantren terbaik dan terbesar di Subang Jawa Barat.

7 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar Di Subang Jawa Barat

Kabupaten Subang adalah sebuah kabupaten di Tatar Pasundan provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Subang.

Pendidikan Agama di Kabupaten Subang terbilang sangat baik, karena begitu banyak Pondok Pesantren yang berdiri di wilayah ini. Dari penelusuran tim kami kuwaluhan.com di Subang terdapat beberapa ponpes yang menurut kami sangat cocok untuk putra-putri kita menuntut ilmu agama di pondok berikut ini :

1. PONDOK PESANTREN PAGELARAN 3

Lokasi : Gardusayang, Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41283

Sepeninggal K.H. Muhyiddin, kepemimpinan Pondok Pesantren Pagelaran III dilanjutkan oleh salah seorang puteranya yaitu Abdul Qoyum yang dikenal dengan K.H. Oom Muhyiddin. Pada periode ini adalah terjadi perkembangan yang sangat pesat,  terutama  adalah besarnya fungsi pesantren sebagai lembaga pendidikan yang menyelenggaran berbagai pelayanan kepada umat seperti kegiatan majelis ta’lim, pendidikan pesantren salafiyah, madrasah diniyah, TK, penyelenggara program wajar dikdas,  serta pendidikan sekolah formal SMP dan SMA.

Selain itu, menjadi lembaga sosial melalui  penyelenggaraan berbagai kegiatan sosial seperti penyantunan anak yatim, penyantunan fakir miskin, penyelenggaraan poskestren, dll.

2. PONDOK PESANTREN DARUL FALAH SUBANG

Lokasi : Cimanggu, Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41283

Pesantren Darul Falah merupakan lembaga pendidikan berbasis agama Islam yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA, pondok pesantren ini menerapkan sistem Islamic & Cultural Boarding School dan mematok tarif pendidikan yang terbilang cukup terjangkau.

Lembaga ini menyelenggarakan program pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA (tepatnya SMK) yang telah memiliki Akreditasi B.

SMP dan SMK Darul Falah, yang berdiri pada tahun 2008 lalu, dikatakan sebagai sekolah berbasis pesantren yang menggunakan prinsip dasar kepesantrenan yang dengan mazhab Imam Syafi’i. Berbasis pondok pesantren atau dikenal dengan Islamic & Cultural Boarding School, lembaga ini memiliki moto ‘Cerdas dan Berakhlak Karimah’.

Pondok pesantren Darul Falah menerapkan system pendidikan terpadu antara kepesantrenan Salafiyah berbasis ke-NU-an dan sistem pendidikan modern di dalam dan di luar kelas yang mengandung pendidikan karakter dan leadership. Sekolah ini mengadopsi kurikulum pendidikan nasional untuk mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA, matematika, IPS, teknologi informasi, dan pendidikan olahraga. Sementara, untuk pelajaran baca tulis Al Quran, tahfidhul Al Quran, hadis, kitab kuning, bahasa Arab, nabawiyah, dan sejarah kebudayaan Islam, mengadopsi kurikulum pesantren.

Untuk menunjang proses kegiatan belajar dan mengajar, Pondok Pesantren Darul Falah juga telah didukung dengan fasilitas yang memadai. Di sekolah ini, sudah terdapat ruang kelas belajar yang representatif, laboratorium komputer, laboratorium IPA, perpustakaan, kantin sekolah, asrama santri, layanan laundry, sarana olahraga, hingga masjid.

Tidak mau kalah dengan sekolah ‘konvensional’ pada umumnya, Pondok Pesantren Darul Falah pun menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa atau santri untuk menyalurkan bakat dan minat mereka. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini antara lain, kegiatan outbound, pentas seni budaya, latihan dasar kepemimpinan, English Club, pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Gerakan Cinta Masjid (GCM), OSIS, Paskibra, dan latihan dasar ke-taruna-an. Selain itu, pondok ini juga mengadakan kegiatan belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare, Kabupaten Kediri.

3. PONDOK PESANTREN RAHMATIKA AL-ATSARI

Lokasi : Jalan Raya Dayeuhkolot, Sagalaherang, Dayeuhkolot, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282

Pondok pesantren Rahmatika Al-Atsari, dalam bantuan ikut serta mengembangkan pendidikan dan dakwah salafiyah ahlus sunnah waljamaa'ah berdasar Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan membantu Salaful Ummah, menerima sambutan Santri Baru (PSB) tingkat SD, SMP , SMA dengan kurikulum: Kemendikbud terpadu dengan Kurikulum Kepesantrenan; Tahfizh Al-Qur'an, Bahasa Arab, Aqidah, Akhlak, Fiqih, Hadits, Manhaj, Siroh Nabawiyah dan Keterampilan Hidup. Mendapat negara dan pesantren untuk dapat melanjutkan pendidikan jenjang yang lebih tinggi.

Jenjang Pendidikan :

1. SD ISLAM AL-ATSARI, Terakreditasi, (Menerima Pindahan Kelas 4 dan 5)
NSS: 102021901025, NPSN: 69725653
2. SMP TERPADU RAHMATIKA, Terakreditasi, UJian Mandiri
NSS: 202021901115, NPSN: 20233640
3. SMA TERPADU RAHMATIKA, Terakreditasi, Ujian Mandiri
NSS: 302021901055, NPSN: 20244792

4. PONDOK PESANTREN RIYADHUL JANNAH ISLAMIC MODERN

Lokasi : Jl. Raya Prapatan Bandung, Jalancagak, Curugrendeng, Kec. Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40115

Pondok Pesantren Riyadhul Jannah merupakan salah satu pondok pesantren modern (boarding school) yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pondok pesantren ini sekarang menyelenggarakan beragam pendidikan mulai jenjang SMP, SMA, MA, SMK, hingga Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) dengan biaya bervariasi.

Pondok Pesantren Riyadhul Jannah diketahui sebagai perwujudan cita-cita Dr. KH Moch. Ujang Saefullah, yang merupakan sekaligus pimpinan lembaga ini. Pondok ini adalah lembaga pendidikan Islam yang senantiasa meningkatkan kiprah dalam mendidik generasi yang beriman, cerdas, berilmu, terampil, memiliki wawasan yang luas, berakhlak baik, serta menguasai teknologi sehingga menjadikan peserta didik yang dinamis dan mampu menjawab dinamika zaman.

Program pembelajaran yang dilaksanakan di tempat ini adalah kombinasi dari kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Agama, dan Mahad Modern Riyadhul Jannah, dan dalam proses pembelajaran menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab. Kurikulum di sekolah ini berorientasi pada pemahaman Al Quran, kitab kuning, bahasa Arab, dan bahasa Inggris, sehingga siswa dan santri diwajibkan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris ketika berada di asrama.

Pondok Pesantren Riyadhul Jannah memiliki tiga program basic yang merupakan program pembelajaran tiga pengetahuan dasar yang menjadi unggulan sekolah tersebut. Program ini mencakup basic English, basic Arabic, dan basic Sains yang difasilitasi oleh SDM yang profesional di bidangnya. Selain tiga program basic itu, setiap siswa pun dibekali dengan pembelajaran kitab kuning untuk memperkuat ilmu agama.

5. PONDOK PESANTREN MODERN ASSALAM

Lokasi : Kalijati Tim., Kec. Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41271

Pesantren Assalaam didirikan oleh Al Mukarrom KH. Khoer Affandi (Alm), KH. Dadang Daman Huri (Alm), KH. Uci Sanusi (Alm), H. Sulaeman (H. Elin) Alm. Pada Tanggal 23 Juni 1989 M, terletak di arial tanah seluas 3 Ha, dihuni lebih dari 300 santri dan memiliki 13 cabang pesantren yang terletak didaerah Jawa dan Luar Jawa, merupakan Lembaga Pendidikan Islam yang dengan segala kelebihan dan kekurangannya selalu mengupayakan agar para santrinya mampu "Berakhlakul Karimah" dan mendapat ilmu yang bermanfaat yang dituangkan dalam Tiga Program Pesantren yaitu:

1. 'Ulama Al 'Amilin (Ulama yang mampu mengamalkan ilmunya)
2. Imamal Mutaqin (Pemimpin Umat untuk Bertaqwa)
3. Mutaqin (Manusia yang bertahan dan bertaqwa)

Pondok Pesantren Assalaam dikelola langsung oleh para murid dibawah Pimpinan Umum KH. Ma'mun Murod Al-Bishri dan dibantu oleh KH. Abu Zaen Syamsudin dan KH. Zezen Zaenal Mutaqin.

Pondok Pesantren assalaam merupakan Pesantren Salafiyah yang mengkaji Kitab-Kitab Kuning (Klasik) dengan Sistem Pendidikan Semi Formal yang berjenjang dan Klasikal dipandu dengan Kurikulum dan Silabus yang disusun Pendiri.

6. PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KASOMALANG SUBANG

Lokasi : Jl. Raya Kasomalang Desa No.2, Kasomalang Wetan, Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281

Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang didirikan pada tanggal 20 April 1983. Didirikan oleh 3 (tiga) orang senasab yakni : pertama; Embah Ma’sum yang lebih dikenal dengan sebutan Ajengan Cikupa, kedua; Bapak Kyai H. Mu’alim Uli Hidayat dan ketiga KH. Ahmad Djuanda, M.H. Ketiganya adalah Kakek, Ayah, dan Anak. Pada awal berdirinya, Pondok Pesantren Darussalam hanya memiliki areal tanah dari wakaf keluarga seluas 120 M2 dengan jumlah santri angkatan pertama sebanyak 16 orang, terdiri dari 15 orang laki-laki dan 1 orang perempuan.

Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang merupakan salah satu pesantren alumni Gontor yang mempersatukan secara utuh sistem dan metodologi kepesantrenan dengan pendidikan modern.

Program pendidikan dan pengajaran untuk mencetak santri yang berilmu tinggi dan berakhlak mulia, diaktualisasikan melalui lingkungan yang berdisiplin dan penyelenggaraan Kulliyatul 'Ulum al-Islamiyah yang terdiri dari dua tingkat, yaitu :

1. Tingkat Tsanawiyah selama 3 (tiga) tahun,
2. tingkat Aliyah selama 3 (tiga) tahun. Adapun

materi pelajaran yang menjadi prioritas adalah Bahasa Arab, Bahasa Inggris (sebagai bahasa resmi), Ekonomi Akuntansi, Matematika dan Kitab Kuning (keagamaan).

Sampai tahun ajaran 2007-2008 santri Pondok Pesantren Darussalam berjumlah 1.230 orang. Didasarkan atas keinginan untuk tafaqquh fiddin mencetak kader pemimpin umat yang berakhlaqul karimah, berilmu tinggi, dan berwawasan luas, Pondok Pesantren Darussalam terus berpacu dan berkembang seiring dengan perkembangan dunia pendidikan dan kemajuan ilmu pengetahuan dewasa ini.

Selaras dengan eksistensinya sebagai lembaga tafaquh fi din, lembaga yang berdiri di atas dan untuk semua golongan.

7. PONDOK PESANTREN AT TAWAZUN

Lokasi : Jl. Raya Kalijati Timur No.280, Kalijati Bar., Kec. Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41271

Pesantren At-Tawazun yang terletak di Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang,  berupaya mengarahkan santri untuk seimbang dalam menguasai ilmu dunia dan ilmu akhirat sebagai bekal hidup di masyarakat.

Menurut pengasuh pesantren yang didirikan tahun 2001 tersebut, KH Musyfiq Amrullah, penamaan At-Tawazun terinspirasi dari salah satu prinsip Nahdlatul Ulama (NU), yaitu tawazun, artinya seimbang.

Pondok pesantren At-Tawazun merupakan sebuah pesantren yang belumlah dikenal jatidirinya secara utuh, bukan berarti At-Tawazun tidak mempunyai pola pendidikan yang baku.

Sesungguhnya pola itu sudah dan sedang berproses berjalan dan dirintis pola pendidikan tersebut oleh para pendiri pondok, hanya umur yang masih terlalu muda bagi sebuah pendidikan disamping alumni yang baru satu generasi yang kita keluarkan yang belum berkiprah di masyarakat sehingga timbullah pertanyaan tersebut. Juga belum tersosialisaikan pola ini secara utuh kepada aktifis pondok pesantren At-Tawazun terlebih kepada masyarakat.

Itulah beberapa daftar Pondok Pesantren terbaik dan terbesar di Subang Jawa Barat.

No comments