Social Items

Kabupaten Majalengka  merupakan sebuah kabupaten di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Majalengka.

Pendidikan Pondok Pesantren di Majalengka tidak terlalu banyak dibanding dengan Cirebon. Namun ada beberapa ponpes yang cukup populer dan terkenal di wilayah Majalengka. Berikut ini tim kami kuwaluhan.com telah merangkum deretan Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di kabupaten Majalengka :

1. PONDOK PESANTREN DAARUL ULUUM PUI MAJALENGKA

Lokasi : Jalan Siti Armidah No.9, Majalengka Wetan, Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45418

Pondok Pesantren Daarul Uluum merupakan lembaga pendidikan Islam rintisan K.H. Abdul Halim.  Pada tahun 1909 beliau mendirikan sebuah Majlis Ta’lim yang bernama “Hayatul Qulub”. Murid pertama hanya 6 orang pemuda, namun seiring berjalannya waktu jumlah santri semakin bertambah.

Dengan bertambahnya jumlah murid maka didirikanlah sebuah sekolah/madrasah setingkat SLTA yaitu SGI (Sekolah Guru Islam) Daarul Uluum atau dalam bahasa Arabnya Mu’alimin. SGI merupakan sekolah yang ditujukan untuk mencetak calon-calon guru yang profesional.

Dari tahun ke tahun perkembangan SGI begitu pesat, siswa-siswanya tidak hanya berasal dari dalam kabupaten Majalengka, tetapi juga banyak yang berasal dari luar kabupaten bahkan dari luar provinsi dengan jumlah murid/alumni SGI mencapai ribuan.

Pada perkembangan selanjutnya SGI bermetamorfose menjadi MTs Daarul Uluum, MA Daarul Uluum, dan Pondok Pesantren Daarul Uluum.

Pondok Pesantren ini menjadi “the central of excellence” yang mengajarkan keislaman, kemasyarakatan dan kebahasaan yaitu bahasa Arab dan Inggris.

2. PONDOK PESANTREN MODERN NURUL FAJRI

Lokasi : Jalan Lapang Raya Weragati, Palasah, Weragati, Majalengka, Weragati, Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45475

Pondok Pesantren Nurul Fajri, dibawah naungan Yayasan Nurul Fajri dan berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Nurul Fajri beralamat di Blok Dalem RT/RW. 02/04, Palasah , Kabupaten Majalengka, Propinsi Jawa Barat. Pondok Pesantren Nurul Fajri mempunyai potensi di bidang ekonomi yaitu Peternakan. Program pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren mencakup 24 jam; pendidikan nilai-nilai kebersamaan, tolong menolong, pengorbanan, tanggung jawab, kejujuran, bahasa, kreativitas, organisasi, kepemimpinan dan nilai-nilai sosial lainnya diselenggarakan dalam kehidupan bersama.

KURIKULUM PENDIDIKAN

Kurikulum yang ada di Pondok Pesantren merupakan segala gerak langkah, napas, kegiatan  jam yang terintegrasi antara sekolah dan pesantren  dengan bimbingan dan arahan dari para guru dan pengasuh selama 24 jam. Berbagai program unggulan telah direncanakan pondok diantaranya adalah sebagai berikut: 

Integrasi keilmuwan

  Pondok Pesantren memiliki sistem pendidikan terpadu antara sistem sekolah dan pesantren, antara ayat-ayat Qur’aniyyah dan Kauniyyah. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan dikotomi keilmuan, sehingga para santri diharapkan selain melek dalam memahami ilmu agama (tafaqquh fid din) tetapi juga bisa berkreasi dan berinovasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penguasaan Bahasa Arab – Inggris

Progam unggulan lainnya adalah diharapkan para santri mempunyai kemampuan berbahasa Arab – Inggris baik aktif maupun pasif. Peribahasa mengatakan manusia adalah budak daripada kebiasaannya. Oleh karena itu, seluruh santri pondok dibiasakan untuk menggunakan bahasa Arab – Inggris dalam percakapan sehari-hari. Penerapan bahasa ini tidak hanya untuk para santri tetapi juga untuk guru-guru dan seluruh civitas akademika pesantren, sehingga seluruhnya dibiasakan dengan kebiasaan berbahasa Arab – Inggris, dengan pengarahan dan bimbingan dari para ahli.

Kajian Kitab Kuning

Pondok Pesantrenmenyadari bahwa para ulama salaf memiliki kontribusi yang berharga dalam mengembangkan dan memajukan khazanah keilmuan. Berbagai macam kitab keilmuan telah ditulis oleh ulama-ulama terdahulu yang sebagian besar ditulis dalam berbahasa arab gundul/tanpa harakat. Oleh karena itu, untuk mengetahui  dan memahami buah pikiran mereka yang dituangkan dalam bentuk tulisan berbahasa arab atau disebut dengan kitab kuning, maka Pondok Pesantren Modern Nurul Fajri memprogramkan kajian kitab kuning. Diharapkan dengan adanya program ini, para santri dapat membaca dan memahami kitab kuning sehingga dapat melestarikan peninggalan-peninggalan keilmuan para ulama salaf.

Program Khusus Tahfidz Qur`an dan Tilawah

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menghasilkan para santri yang bukan saja pandai dalam membaca dan memahami al-Qur`an tetapi juga dapat menghafalkannya.

3. PONDOK PESANTREN SANTI ASROMO

Lokasi : Pasirayu, Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45471

Pondok Mufidah Santi Asromo merupakan salah satu pesantren tertua di Jawa Barat didirikan oleh KH. Abdul Halim yang merupakan Pahlawan Nasional pada tahun 1982. Kini diusianya yang lebih dari 85 tahun Pondok Mufidah Santi Asromo terus berkembang dan berbenah untuk menjadi salah satu institusi Islam, pembina umat dan pelopor peradaban.

Selain membuka sekolah dari jenjang RA/TK hingga jenjang SMA, Pondok Mufidah Santi Asromo juga sekaligus merupakan pondok pesantren yang semuanya terintegrasi dalam sistem pengelolaan  "boarding school" dibawah naungan Yayasan KH. Abdul Halim.

Sebagai institusi pendidikan dengan nilai akreditasi A. Pondok Mufidah Santi Asromo memiliki program unggulan yang bisa didapat oleh para santri/siswa, diantaranya: Kurikulum kekhasan Asromo meliputi pengkayaan kajian keagamaan dengan berbasis kitab. Tahsin Qur'an (metode UMMI). Tahfiz Quran (target 2 juz). Beasiswa tahfidz (cash back bagi yang hapal mencapai 15juz dalam 3tahun). Publik speaking. Keprakaryaan dan ke-PUI-an.

Sementara untuk kegiatan pembelajaran meliputi : Kegiatan utama yaitu, kegiatan akademik, tahsin dan tahfidz Qur'an, pembiasaan cara hidup islami dan pembinaan kemandirian dan karakter.

4. PONDOK PESANTREN SALAF AL-KHUDLARY

Lokasi : Lingkungan Pakuwon, RT.08/RW.02, Cigasong, Kec. Cigasong, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45423

Pondok Pesantren Mursyidul Falaah adalah pondok pesantren salaf yang telah terakreditasi pada Departemen Agama. Didirikan pada tahun 1991 Masehi / 1411 Hijriyah oleh Nyai Siti Khodijah dan puteranya Kiyai Jaja Jamaluddin yang menjadi pengasuh sampai sekarang. Dalam kegiatan pengajian sehari-hari Pengasuh dibantu oleh para ustadz dan ustadzah dari kalangan keluarga, alumni dan santri senior.

KURIKULUM PENDIDIKAN

Pondok Pesantren Mursyidul Falaah menyelenggarakan pengajian klasikal dengan literatur kutub as salaf al mu’tabaroh dengan kurikulum sebagai berikut:

Tahun Pertama (Kelas I):
Al Qur’an al Karim Juz ‘Amma, Adzkar as Sholat, Risalah al Bajuri/ Matan Tijan ad Darori (Tauhid), Safinah an Naja (Fiqh), al Ajurumiyah (Nahw), dan Qowa’id at Tashrif (Shorf).
Tahun Kedua (Kelas II):

Al Qur’an al Karim, as Sanusiyah (Tauhid), Riyadh al Badi’ah dan Sullam at Taufiq (Fiqh), Nazhm al ‘Imrithi (Nahw), dan Tashrif al ‘Izzi/ Matan al Kailani (Shorf).

Tahun Ketiga (Kelas III):

Al Qur’an al Karim/ Lanjutan, Kifayah al ‘Awwam (Tauhid), Fath al Qorib (Fiqh), Mutammimah al Ajurumiyah (Nahw), dan Nazhm al Maqshud (Shorf).
Tahun Keempat (Kelas IV) dan selanjutnya:
Al Qur’an al Karim/ Lanjutan, Tafsir al Jalalain (Tafsir al Qur’an), Riyadh ash Sholihin (Hadits) Umm al Barohin (Tauhid), Fath al Mu’in (Fiqh), al Waroqot, Jam’ al Jawami’ (Ushul Fiqh), Alfiyah Ibn Malik (Nahw dan Shorf), Nazhm Nasta’in, Risalah as Samarqondiyah, Jauhar al Maknun, ‘Uqud al Juman (Balaghoh), Sullam al Munawwaroq, Isa Ghoji, Risalah asy Syamsiyah (Manthiq).

Selain kitab-kitab tersebut, dipelajari juga kitab-kitab tambahan sebagai pelengkap pada waktu-waktu tertentu, terutama pada pasaran bulan Romadhon. Kitab-kitab tambahan ini disesuaikan dengan jenjang di atas.

Pengajian dilakukan secara sorogan, bandungan, hapalan, dan musyawaroh pada setiap ba’da sholat fardhu dan pukul sembilan pagi selama enam hari dalam seminggu dengan libur malam dan hari jum’at. Pada setiap malam jum’at diadakan kegiatan Qiro’at Qishshoh Maulid an Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wa sallam dan Tamrin al Khithobah.

Pondok Pesantren Mursyidul Falaah juga menyelenggarakan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Kelompok Belajar Paket C setara Sekolah Menengah Atas (SMA) di bawah Departemen Pendidikan Nasional yang dikelola oleh guru-guru profesional.
Untuk melayani alumni dan masyarakat diselenggarakan Majlis Ta’lim Mingguan pada setiap hari senin pukul delapan sampai sepuluh pagi dan Jama’ah Istighotsah Sholawat Nariyah Bulanan pada setiap malam senin minggu terakhir bulan masehi pukul delapan sampai sepuluh malam.

5. PONDOK PESANTREN AL - MIZAN

Lokasi : Jl. Raya Timur, No. 456, Ciborelang, Jatiwangi, Loji, Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45454

AL-MIZAN yang diambil dari salah satu nama Al-Quran mempunyai arti: timbangan, keadilan, atau keseimbangan (QS.55:7), direfleksikan sebagai ikhtiar dalam membangun tradisi keilmuan dengan meletakkan pengetahuan agama sebagai mainstream serta menyusun strategi budaya yang adiluhung. Sehingga kreativitas dalam budaya dan tradisi masyarakat mampu menjadi kekuatan untuk mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat dalam melakukan perubahan (change) yang ada dalam struktur masyarakat yang pluralisme (beragam), dengan mengusung gagasan-gagasan strategis, yaitu:

1) mempertemukan sejumlah pemikiran kritis yang emansipatoris dan ekploratif,
2) merekonstruksi nilai-nilai keberagamaan dan keberimanan dalam konteks yang lebih luas dan majemuk.
3) menjalin kerja sama yang sinergis antar komponen masyarakat dengan semangat saling mencintai, menghargai, dan menguntungkan (simbiosis mutualisme).

Untuk memenuhi legalitas formal, maka pada tahun 2000 dihadapan Notaries Nono Subarno, SH dibentuklah Badan Penyelenggara Pendidikan di Al-Mizan dengan nama YAYASAN AL-MIZAN dengan moto: “Mengibarkan Panji Cinta Sejati dan Persaudaraan Abadi.”

Itulah beberapa daftar Pondok Pesantren terbaik dan terbesar di kabupaten Majalengka.

5 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Kabupaten Majalengka

Kabupaten Majalengka  merupakan sebuah kabupaten di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Majalengka.

Pendidikan Pondok Pesantren di Majalengka tidak terlalu banyak dibanding dengan Cirebon. Namun ada beberapa ponpes yang cukup populer dan terkenal di wilayah Majalengka. Berikut ini tim kami kuwaluhan.com telah merangkum deretan Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di kabupaten Majalengka :

1. PONDOK PESANTREN DAARUL ULUUM PUI MAJALENGKA

Lokasi : Jalan Siti Armidah No.9, Majalengka Wetan, Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45418

Pondok Pesantren Daarul Uluum merupakan lembaga pendidikan Islam rintisan K.H. Abdul Halim.  Pada tahun 1909 beliau mendirikan sebuah Majlis Ta’lim yang bernama “Hayatul Qulub”. Murid pertama hanya 6 orang pemuda, namun seiring berjalannya waktu jumlah santri semakin bertambah.

Dengan bertambahnya jumlah murid maka didirikanlah sebuah sekolah/madrasah setingkat SLTA yaitu SGI (Sekolah Guru Islam) Daarul Uluum atau dalam bahasa Arabnya Mu’alimin. SGI merupakan sekolah yang ditujukan untuk mencetak calon-calon guru yang profesional.

Dari tahun ke tahun perkembangan SGI begitu pesat, siswa-siswanya tidak hanya berasal dari dalam kabupaten Majalengka, tetapi juga banyak yang berasal dari luar kabupaten bahkan dari luar provinsi dengan jumlah murid/alumni SGI mencapai ribuan.

Pada perkembangan selanjutnya SGI bermetamorfose menjadi MTs Daarul Uluum, MA Daarul Uluum, dan Pondok Pesantren Daarul Uluum.

Pondok Pesantren ini menjadi “the central of excellence” yang mengajarkan keislaman, kemasyarakatan dan kebahasaan yaitu bahasa Arab dan Inggris.

2. PONDOK PESANTREN MODERN NURUL FAJRI

Lokasi : Jalan Lapang Raya Weragati, Palasah, Weragati, Majalengka, Weragati, Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45475

Pondok Pesantren Nurul Fajri, dibawah naungan Yayasan Nurul Fajri dan berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Nurul Fajri beralamat di Blok Dalem RT/RW. 02/04, Palasah , Kabupaten Majalengka, Propinsi Jawa Barat. Pondok Pesantren Nurul Fajri mempunyai potensi di bidang ekonomi yaitu Peternakan. Program pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren mencakup 24 jam; pendidikan nilai-nilai kebersamaan, tolong menolong, pengorbanan, tanggung jawab, kejujuran, bahasa, kreativitas, organisasi, kepemimpinan dan nilai-nilai sosial lainnya diselenggarakan dalam kehidupan bersama.

KURIKULUM PENDIDIKAN

Kurikulum yang ada di Pondok Pesantren merupakan segala gerak langkah, napas, kegiatan  jam yang terintegrasi antara sekolah dan pesantren  dengan bimbingan dan arahan dari para guru dan pengasuh selama 24 jam. Berbagai program unggulan telah direncanakan pondok diantaranya adalah sebagai berikut: 

Integrasi keilmuwan

  Pondok Pesantren memiliki sistem pendidikan terpadu antara sistem sekolah dan pesantren, antara ayat-ayat Qur’aniyyah dan Kauniyyah. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan dikotomi keilmuan, sehingga para santri diharapkan selain melek dalam memahami ilmu agama (tafaqquh fid din) tetapi juga bisa berkreasi dan berinovasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penguasaan Bahasa Arab – Inggris

Progam unggulan lainnya adalah diharapkan para santri mempunyai kemampuan berbahasa Arab – Inggris baik aktif maupun pasif. Peribahasa mengatakan manusia adalah budak daripada kebiasaannya. Oleh karena itu, seluruh santri pondok dibiasakan untuk menggunakan bahasa Arab – Inggris dalam percakapan sehari-hari. Penerapan bahasa ini tidak hanya untuk para santri tetapi juga untuk guru-guru dan seluruh civitas akademika pesantren, sehingga seluruhnya dibiasakan dengan kebiasaan berbahasa Arab – Inggris, dengan pengarahan dan bimbingan dari para ahli.

Kajian Kitab Kuning

Pondok Pesantrenmenyadari bahwa para ulama salaf memiliki kontribusi yang berharga dalam mengembangkan dan memajukan khazanah keilmuan. Berbagai macam kitab keilmuan telah ditulis oleh ulama-ulama terdahulu yang sebagian besar ditulis dalam berbahasa arab gundul/tanpa harakat. Oleh karena itu, untuk mengetahui  dan memahami buah pikiran mereka yang dituangkan dalam bentuk tulisan berbahasa arab atau disebut dengan kitab kuning, maka Pondok Pesantren Modern Nurul Fajri memprogramkan kajian kitab kuning. Diharapkan dengan adanya program ini, para santri dapat membaca dan memahami kitab kuning sehingga dapat melestarikan peninggalan-peninggalan keilmuan para ulama salaf.

Program Khusus Tahfidz Qur`an dan Tilawah

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menghasilkan para santri yang bukan saja pandai dalam membaca dan memahami al-Qur`an tetapi juga dapat menghafalkannya.

3. PONDOK PESANTREN SANTI ASROMO

Lokasi : Pasirayu, Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45471

Pondok Mufidah Santi Asromo merupakan salah satu pesantren tertua di Jawa Barat didirikan oleh KH. Abdul Halim yang merupakan Pahlawan Nasional pada tahun 1982. Kini diusianya yang lebih dari 85 tahun Pondok Mufidah Santi Asromo terus berkembang dan berbenah untuk menjadi salah satu institusi Islam, pembina umat dan pelopor peradaban.

Selain membuka sekolah dari jenjang RA/TK hingga jenjang SMA, Pondok Mufidah Santi Asromo juga sekaligus merupakan pondok pesantren yang semuanya terintegrasi dalam sistem pengelolaan  "boarding school" dibawah naungan Yayasan KH. Abdul Halim.

Sebagai institusi pendidikan dengan nilai akreditasi A. Pondok Mufidah Santi Asromo memiliki program unggulan yang bisa didapat oleh para santri/siswa, diantaranya: Kurikulum kekhasan Asromo meliputi pengkayaan kajian keagamaan dengan berbasis kitab. Tahsin Qur'an (metode UMMI). Tahfiz Quran (target 2 juz). Beasiswa tahfidz (cash back bagi yang hapal mencapai 15juz dalam 3tahun). Publik speaking. Keprakaryaan dan ke-PUI-an.

Sementara untuk kegiatan pembelajaran meliputi : Kegiatan utama yaitu, kegiatan akademik, tahsin dan tahfidz Qur'an, pembiasaan cara hidup islami dan pembinaan kemandirian dan karakter.

4. PONDOK PESANTREN SALAF AL-KHUDLARY

Lokasi : Lingkungan Pakuwon, RT.08/RW.02, Cigasong, Kec. Cigasong, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45423

Pondok Pesantren Mursyidul Falaah adalah pondok pesantren salaf yang telah terakreditasi pada Departemen Agama. Didirikan pada tahun 1991 Masehi / 1411 Hijriyah oleh Nyai Siti Khodijah dan puteranya Kiyai Jaja Jamaluddin yang menjadi pengasuh sampai sekarang. Dalam kegiatan pengajian sehari-hari Pengasuh dibantu oleh para ustadz dan ustadzah dari kalangan keluarga, alumni dan santri senior.

KURIKULUM PENDIDIKAN

Pondok Pesantren Mursyidul Falaah menyelenggarakan pengajian klasikal dengan literatur kutub as salaf al mu’tabaroh dengan kurikulum sebagai berikut:

Tahun Pertama (Kelas I):
Al Qur’an al Karim Juz ‘Amma, Adzkar as Sholat, Risalah al Bajuri/ Matan Tijan ad Darori (Tauhid), Safinah an Naja (Fiqh), al Ajurumiyah (Nahw), dan Qowa’id at Tashrif (Shorf).
Tahun Kedua (Kelas II):

Al Qur’an al Karim, as Sanusiyah (Tauhid), Riyadh al Badi’ah dan Sullam at Taufiq (Fiqh), Nazhm al ‘Imrithi (Nahw), dan Tashrif al ‘Izzi/ Matan al Kailani (Shorf).

Tahun Ketiga (Kelas III):

Al Qur’an al Karim/ Lanjutan, Kifayah al ‘Awwam (Tauhid), Fath al Qorib (Fiqh), Mutammimah al Ajurumiyah (Nahw), dan Nazhm al Maqshud (Shorf).
Tahun Keempat (Kelas IV) dan selanjutnya:
Al Qur’an al Karim/ Lanjutan, Tafsir al Jalalain (Tafsir al Qur’an), Riyadh ash Sholihin (Hadits) Umm al Barohin (Tauhid), Fath al Mu’in (Fiqh), al Waroqot, Jam’ al Jawami’ (Ushul Fiqh), Alfiyah Ibn Malik (Nahw dan Shorf), Nazhm Nasta’in, Risalah as Samarqondiyah, Jauhar al Maknun, ‘Uqud al Juman (Balaghoh), Sullam al Munawwaroq, Isa Ghoji, Risalah asy Syamsiyah (Manthiq).

Selain kitab-kitab tersebut, dipelajari juga kitab-kitab tambahan sebagai pelengkap pada waktu-waktu tertentu, terutama pada pasaran bulan Romadhon. Kitab-kitab tambahan ini disesuaikan dengan jenjang di atas.

Pengajian dilakukan secara sorogan, bandungan, hapalan, dan musyawaroh pada setiap ba’da sholat fardhu dan pukul sembilan pagi selama enam hari dalam seminggu dengan libur malam dan hari jum’at. Pada setiap malam jum’at diadakan kegiatan Qiro’at Qishshoh Maulid an Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wa sallam dan Tamrin al Khithobah.

Pondok Pesantren Mursyidul Falaah juga menyelenggarakan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Kelompok Belajar Paket C setara Sekolah Menengah Atas (SMA) di bawah Departemen Pendidikan Nasional yang dikelola oleh guru-guru profesional.
Untuk melayani alumni dan masyarakat diselenggarakan Majlis Ta’lim Mingguan pada setiap hari senin pukul delapan sampai sepuluh pagi dan Jama’ah Istighotsah Sholawat Nariyah Bulanan pada setiap malam senin minggu terakhir bulan masehi pukul delapan sampai sepuluh malam.

5. PONDOK PESANTREN AL - MIZAN

Lokasi : Jl. Raya Timur, No. 456, Ciborelang, Jatiwangi, Loji, Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45454

AL-MIZAN yang diambil dari salah satu nama Al-Quran mempunyai arti: timbangan, keadilan, atau keseimbangan (QS.55:7), direfleksikan sebagai ikhtiar dalam membangun tradisi keilmuan dengan meletakkan pengetahuan agama sebagai mainstream serta menyusun strategi budaya yang adiluhung. Sehingga kreativitas dalam budaya dan tradisi masyarakat mampu menjadi kekuatan untuk mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat dalam melakukan perubahan (change) yang ada dalam struktur masyarakat yang pluralisme (beragam), dengan mengusung gagasan-gagasan strategis, yaitu:

1) mempertemukan sejumlah pemikiran kritis yang emansipatoris dan ekploratif,
2) merekonstruksi nilai-nilai keberagamaan dan keberimanan dalam konteks yang lebih luas dan majemuk.
3) menjalin kerja sama yang sinergis antar komponen masyarakat dengan semangat saling mencintai, menghargai, dan menguntungkan (simbiosis mutualisme).

Untuk memenuhi legalitas formal, maka pada tahun 2000 dihadapan Notaries Nono Subarno, SH dibentuklah Badan Penyelenggara Pendidikan di Al-Mizan dengan nama YAYASAN AL-MIZAN dengan moto: “Mengibarkan Panji Cinta Sejati dan Persaudaraan Abadi.”

Itulah beberapa daftar Pondok Pesantren terbaik dan terbesar di kabupaten Majalengka.

No comments