Social Items

Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Palabuhanratu. Kabupaten Sukabumi juga merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur.

Pendidikan Pondok Pesantren di Sukabumi cukup banyak. Baik Pondok pesantren modern maupun salafiyah ada di sini. Dari penelusuran tim kami kuwaluhan.com, ada beberapa Pondok populer yang diminati oleh para penduduk sekitar dan dari luar daerah.

Berikut daftar Pondok Terbaik dan Terkenal di Sukabumi Jawa Barat :

1. PONDOK PESANTREN AR-RAHMAN 

Lokasi : Jl. Mohammad Amir KM. 9, Bojong Genteng, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43353

Pondok Pesantren Ar-Rahman merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis Islam yang berlokasi di Sukabumi, yang menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA. Seperti kebanyakan pondok pesantren, lembaga yang satu ini juga menerima siswa atau santri baru dengan kuota yang terbatas, dengan biaya pendidikan berkisar Rp23 juta sampai Rp245 jutaan.

Pondok Pesantren Ar-Rahman menerima siswa atau santri baru melalui dua jalur seleksi, yaitu jalur prestasi dan non-akademik serta melalui jalur tes. Sebanyak 20 persen siswa diterima dari jalur prestasi dan non-akademik, sedangkan 80 persen lainnya bakal ditampung melalui jalur tes.

Peserta jalur prestasi nantinya akan diseleksi berdasarkan hasil psikotes, seleksi nilai rapor, dan juga dokumentasi prestasi (medali, sertifikat, dan piagam penghargaan). Sementara, peserta jalur tes harus mengikuti dan lulus tes tertulis pelajaran matematika, bahasa Inggris, IPA terpadu, IPS terpadu (khusus pendaftar SMA), pengetahuan agama Islam, serta psikotes.

Selain dari sisi akademik, Pesantren Ar-Rahman juga memiliki prestasi di luar akademik. Banyak kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan lembaga ini yang mampu meraih prestasi, baik di tingkat lokal maupun nasional. Pada tahun 2018 misalnya, SMA Unggulan Ar-Rahman mampu keluar sebagai lomba memanah dengan meraih medali emas dan perak pada kategori SMA Pemula di gelaran Fathan Mubina Talent Festival kelima.

Selain itu, sekolah ini juga sempat menyabet Juara Umum kedua dalam kejuaraan taekwondo di gelaran Sukabumi Open Taekwondo Championship 2 yang berlangsung dri GOR Surya Kencana Pabuaran, Sukabumi pada Maret 2018 lalu. Prestasi lainnya termasuk juara mural SMA, duet storytelling, dan badminton single putra dalam kegiatan SPARTCOM V, ajang kompetisi tahunan se-wilayah Bogor, Sukabumi, dan sekitarnya yang diadakan OSIS SMP-SMA Darul Ulum Lido.

2. PONDOK PESANTREN DARUL HABIB

Lokasi : Jalan Raya Parungkuda Gg. Ojek Ciambar Kp., Ginanjar, Kec. Ciambar, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43356

Pondok Pesantren Darul Habib adalah sebuah lembaga pendidikan yang berakidah
ahlussunnah wal jama'ah dengan berpegang teguh pada al-Qur'an dan al-Hadits, mengakui
adanya ijma' para Ulama dan kias, menjunjung tinggi norma-norma agama, melaksanakan
ajaran-ajaran islam dengan baik dan ber-akhlakul karimah.

Pesantren Darul Habib dibangun di atas tanah seluas + 1,5 hektar dan didirikan pada tahun 1998 M. oleh Al-Ustadz Nopel Abdullah al-Kaff namun baru diresmikan pada tahun 2000
M.

Dalam perjalanannya selama + 1 dekade, Pesantren Darul Habib telah
menampung sekitar 500 santri, terdiri dari 300 santri aktif putra dan putri serta santri non aktif
(alumni) sebanyak 200 santri.

Adapun pendidikan yang diformulasikan untuk para santri dan sangat diprioritaskan
antara lain meliputi Al-Qur’an, Al-Hadits, Bahasa Arab, Akhlaq, Fiqh, Nahwu, Sharaf, Balaghah,Tauhid dan lain sebagainya baik secara klasikal maupun fakultatif. Di samping itu kami juga
memberikan kegiatan penunjang seperti latihan pidato, membaca maulid, hadrah, burdah dan
masih banyak kegiatan-kegiatan yang lain.

Sistem pengajaran yang diterapkan di pondok ini adalah berbasis Al-Quran dan Hadits. Para guru akan membina dan membekali para santri dengan berbagai macam metode pendidikan, antara lain “Latihan Pidato dan Da’wah, serta ditambah dengan menghafal Al-Quran dan Hadist Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dan masih banyak lagi.

3. PONDOK PESANTREN MODERN MADINATUL ULUM SUKABUMI

Lokasi : Jl. raya Cimuncang, batas, Pasirhalang, Kec. Sukaraja, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43192

Pondok ini berdiri pada bulan juli tahun 2011 oleh seorang kyai bernama: Drs. KH Asep Arwandi Yusuf, MAG dan beberapa orang kyai lainnya yaitu kyai Cecep Saepuzzaman S,Ag dan Robi Maulana Yusuf S.Pd.i . Pondok pesantren ini berada dibawah naungan yayasan Al-Jauharul ‘ulum Al-Islamiyyah dimana yayasan ini berdiri pada tanggal 01 Januari 2011

Pondok Ini perpanduan antara pondok salafi dan pondok modern, dimana dipondok ini program pendidikanya bersumber kepada kitab kuning dengan tujuan para santrinya di gembleng untuk menjadi kader-kader ulama yang handal dan menguasai berbagai cabang disiplin ilmu keislaman seperti: Ilmu Nahwu, Ilmu Shorof, Ilmu Mantiq, Ilmu bayan, Ilmu ma’ani, Ilmu badi, Ilmu Tauhid, Ilmu Fiqih, Ilmu Usul fiqh, Ilmu tasawuf, Ilmu qur’an, Ilmu tafsir, Ilmu hadist, Ilmu musthola hadist, DLL.

Demikian pula pondok ini disebut pondok modern karena dipondok ini para santri wajib berkomunikasi setiap hari dalam bahasa arab satu minggu dan bahasa inggris satu minggu. Demikian pula para santri diwajibkan menerjemahkan Qur’an dan Hadist dengan bahasa inggris dan harus menguasai pidato 4 bahasa yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Sunda.

Adapun kelebihan PonPes ini yaitu :

- Wajib menghafal Al Qur’an 1 Juz Per- Semester
- Wajib menghafal hadist 40 per- Semester
- Wajib menguasai Tahfidz ‘am dengan 4 bahasa ( Tahfidz ‘am yaitu hafalilmu ilmu keislaman seperti ilmu tauhid, ilmu fiqih, ilmu tasawuf, ilmu mushola hadist)
- Santri dituntut mampu berpidato 4bahasa (Arab, Ingrris, Indonesia, Sunda)
- Setiap santri dituntut mahir kitab kuning.
- Setiap santri dituntut mahir tilawah Al Quran dengan Qiroat Sab’ah
- Setiap santri dituntut kesenian islam seperti, hadroh dan qosidah.
- Setiap santri dituntut mahir kaligrafi Al Quran

4. PONDOK PESANTREN TERPADU AL-ISTIQOMAH

Lokasi : Jl. Pelabuhan II KM.10, Sirnaresmi, Kec. Gn. Guruh, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43156

Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah dirintis dan didirikan oleh beberapa orang tokoh yang notabene adalah para aktivis dakwah, alumni beberapa pondok pesantren dan perguruan tinggi. Hal inilah yang menjadi sedikit pembeda dengan pesantren lainya yang umumnya didirikan oleh seorang figur sentral, yang pengelolaan dan kepemilikan selanjutnya dikuasai oleh seorang kiai dan bersifat turun temurun.

Para perintis dan pendiri Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah ini dikomandani oleh seorang Kiayi yang berwawasan kosmopolit dan mondial, bersikap elegan dan egaliter. Seorang alumni IAIN syarief Hidayatullah, yaitu KH Royanuddin AS yang akrab disapa ‘Buya’. Beliau adalah murid langsung dari seorang ulama karismatik dan eksentrik Mama Ajengan Badri Sanusi yakni putra dari ulama besar Mama Ajengan Ahmad Sanusi Sukabumi.

Beliau juga adalah murid ‘khusus’ langsung dari ulama besar Tasikmalaya Mama Ajengan Khoer Affandi. Ketika mahasiswa beliau adalah aktivis pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Bahkan saat masih duduk di bangku SLTP beliau sudah menjadi aktivis yang cukup progress dan mobile pada salah satu organisasi pelajar yaitu Pelajar Islam Isndonesia (PII).

Pondok pesantren ini juga merupakan pesantren yang masih mempertahankan pengajaran kitab-kitab Islam klasik, meskipun di daerah Babakan itu sendiri telah banyak berdiri pondok pesantren lain. Akan tetapi santrinya tidak kalah banyak dengan pondok pesantren yang ada di sekitarnya. Selain itu, pondok ini juga memiliki program bagi masyarakat sekitar yaitu Majlis Ta’lim sabtunan (bapak-bapak), selasanan (ibu-ibu) dan sebagainya.

5. PONDOK PESANTREN MODERN ASSALAM

Lokasi : Cibodas, Bojong Genteng, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43355

Pondok Modern Assalam Adalah lembaga pendidikan Islam yang dirintis sejak tahun 1968 oleh K. Ir. Lukman Herawan dan KH. Abdurrahman (Ayahanda). Pada tahun 1983 berdiri di atas tanah wakaf KH. Abdurrahman beserta para isterinya yang berlokasi di Kampung Situ Assalam Desa Cibodas Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi, mengembangkan ilmu pengetahuan dalam aspek pendidikan yang menekankan pembentukan generasi muda Islam yang handal dan berkualitas. Pada tahun 2011 dibuka Pondok Modern Assalam 2 Khusus Putri di atas tanah wakaf seluas 14 Hektar yang berlokasi di Desa Sukaharja Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Berdirinya Pondok ini bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan generasi Islam yang cerdas secara emosional, intelektual dan spiritual dengan berjiwakan Pondok Modern serta selalu ta'at dan tunduk pada ajaran agama Islam.

KH.Abdurrahman adalah salah seorang pendiri Pondok Modern Assalam Sukabumi, lahir di sebuah desa Kalapa Carang, Bojonggenteng, Sukabumi, tahun 1904 dari pasangan bpk.Suhli dan ibundan Sutijah, beliau adalah seorang petani yang kaya raya namun kehidupannya penuh dengan kesederhanaan, hal ini dapat kita lihat dari kehidupan sehari-harinya; beliau meskipun seorang kiyai pendiri pondok Modern Assalam Sukabumi tapi dalam kesehariannya tidak terlihat sebagai seorang kiyai pendiri karna hal ini terlihat daripada sebuah kesederhanaan yang beliu miliki. Jadi pada dasarnya apa yang beliau katakan itu sesuai dengan apa yang beliau perbuat.

pondok pesantren modern Assalam merupakan pondok pesantren yang memiliki basis yang sama dengan pondok modern Gontor karena pendirinya juga merupakan salah satu alumni Gontor – Ponorogo – Jawa Timur.

6. PONDOK PESANTREN ASSALAFIYAH

Lokasi : Babakan Pesantren BWI Pelabuhan Ratu, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Pesantren ini didirikan oleh KH. Abdullah Mahfudz, lahir pada tahun 1914 Masehi atau 1335 Hijriah di kampung Babakan Tipar Desa Cimahi Kecamatan Cantayan Kabupaten Sukabumi, ia lahir dari pasangan H. Didi (alm) dengan Hj. Ruqiyah bin KH. Abdurrohim (alm), pasangan ini di karuniai 9 anak, 4 laki-laki dan 5 perempuan, sedangkan KH. Abdullah Mahfudz sendiri anak yang ke 3 dari 9 bersaudara tersebut.

Pada Tahun 1977 Pesantren Babakan Tipar oleh KH. Ahmad Makki (putera ke empat) dirubah namanya menjadi Pesantren Assalafiyah yang didasarkan pada pendapat para ulama yang dimuat dalam kitab Jauharut Tauhid. Dan selanjutnya Pesantren ini dipimpin oleh KH. Ahmad Makki dengan didukung saudaranya yang lain, di bawah kepemimpinannya inilah Pesantren Assalafiyah menghasilkan karya terjemahan karya bahasa kuning serta bahasa Sunda dan di Produksi oleh Percetakan Kitab milik Pesantren Assalafiyah sendiri.

Dengan kemandiriannya ini pulalah Assalafiyah menjadi pesantren yang ditaklukkan mendapat bantuan dari pemerintah, dilahan seluas 17 hektar pesantren ini mampu mencukupi semua kebutuhannya, menabung dengan bantuan dari luar, sesuatau yang ditiru oleh pesantren lain, kemandirian dibidang, akan terlihat jati diri dan percintaan Keislaman yang baik, karena tidak perlu menerima pihak luar yang biasanya beriming-iming sesuatu, atau dengan sayarat tertentu, jika saja semua pondok pesantren memiliki kemandirian dibidang yang sesuai dengan kepesantrenan maka dapat dipastikan wajah dunia Islam akan semakin baik.

7. PONDOK PESANTREN YASPIDA

Lokasi : Jl. Parungseah No.KM. 4, No. 43, Cipetir, Kadudampit, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43152

Pondok pesantren YASPIDA didirikan pada hari Jumat tanggal 04 Juni 1999 di kampung Renged RT 19/04 Desa Cipetir Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Dalam perjalanannya, Melalui peraturan pemerintah tentang keyayasanan, maka YASPIDA melakukan perombakan kenyamanan dengan paradigma baru Dewan Penbina, dewan pengawas dan dewan pengurus, melalui Akta Notaris NY. ELLY HERYATI, SH. 01.- Tanggal 25 Pebruari tahun 2005 dengan nama YAYASAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN ISLAM DARUSSYIFA AL-FITRAT SUKABUMI.

Pendirian Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Darussyifa Al-Fitrat didasari oleh suatu keinginan memadukan sistiem pendidikan pesantren yang berorientasi pada pengembangan potensi-potensi ruhaniah manusia dengan pendidikan umum yang berorientasi pada pengembangan pemikiran dan kemampuan berpikir.

Kurukulum yang digunakan SD IT, SMP IT, SMK Terpadu (Teknologi & RPL, Bisnis & Manajemen, Teknologi Informatika, Kesehatan dan Teknologi Pertanian) dan SMA Plus, MTs Plus, MA Plus Yaspida adalah birokrasi Pendidikan Kebudayaan dan Kurikulum Kementerian Agama yang dipadukan dengan Kurikulum Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Yaspida Sukabumi yang berbasis Kurikulum Keterpaduan, Kemasyarakat dan Kompetensi, Tahfidz Al-Qur'an , target hafalan 30 Juz, Mufradat / Kosakata , Muhadatsah / Percakapan , Muhadlarah . Monitoring Pidato , program pendampingan anak khusus oleh guru dalam pembinaan Akhlak, Ibadah, dan Muamalah.

8. PONDOK PESANTREN AL-MA’TUQ SUKABUMI

Lokasi : Jl. Kadudampit KM. 3, RT.16/RW.03, Gunungjaya, Kec. Cisaat, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43152

Pondok Pesantren Al-Ma'tuq adalah Pesantren yang menghasilkan generasi yang menguasai berbagai bidang ilmu Aqidah dan Syari'ah sesuai pemahaman salafus Shalih. Al-Ma'tuq merupakan Pesantren Salafi yang melakukan proses pendidikan Islam secara optimal, untuk menghasilkan generasi yang unggul dalam Aqidah, Ibadah dan Akhlak secara integral, memiliki wawasan internasional dan mampu menghadapi tantangan global.

Pondok Pesantren adalah salah satu dari sekian banyak lembaga pendidikan yang memiliki akar yang kuat pada masyarakat muslim Indonesia, dalam perjalanannya pondok pesantren selalu mampu mendukung dan mempertahankan keberlangsungan hidup sendiri. Tidak seperti itu, Pesantren memiliki model pendidikan yang multi aspek. Santri tidak hanya belajar agama yang mengerti, tetapi juga mendapat tempaan kepemimpinan yang alami, kemandirian, kesederhanaan, ketekunan, kebersamaan, kesetaraan serta sikap positif lainnya yang ditanamkan tidak disadari. Modal inilah yang diharapkan dapat diperoleh masyarakat yang berkualitas dan mandiri.

Pondok Pesantren Al-Ma'tuq masih tetap menyelenggarakan pendidikan dan kepesantrenan untuk anak-anak yatim, baik untuk anak-anak yatim yang ada di pesantren mapun dari sumber lokal ada di Indonesia.

Di bawah Pimpinan oleh Dr. Ade Hermansyah Lc, M.Pd.I, Pondok Pesantren modern ini berkembang pesat dengan mengembangkan minat masyarakat untuk mendidik anak-anak di sini cukup tinggi untuk meningkatkan pembiayaannya sebagai Sistem Pendidikan yang cukup mahal, hal ini terbukti dari sponsor santri baru yang terus bertambah setiap tahunnya, sekarang dibuka ekstra ketat diberlakukan untuk dapat menyaring calon santri yang siap menerima tempaan berat dari kurikulum yang diberlakukan di sini.

Santri Al-Ma'tuq memang dipersiapkan agar menjadi kader-kader muslim tangguh yang siap diterjunkan diberbagai lingkungan dimasyarakat, selain memang dipersiapkan untuk mampu mengakses pendidikan di luar negeri seperti timur tengah dan sebagainya.

9. PONDOK PESANTREN ANNIDZOM

Lokasi : Jl. Selabintana No.,17a, Warnasari, Kec. Sukabumi, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43151

Pondok pesantren Annidzom adalah pondok pesantren murni salafi, dengan mengajarkan kitab-kitab salaf, pesantren ini dipimpin oleh seorang ulama kharismatik yakni abuya KH.Abdulloh Muchtar.

Di pondok inilah banyak lahir kyai besar Jawa barat, hingga sekarang banyak santri yang mendalami ilmu agama di pondok Annidzom. Karena sistem pendidikan di sini masih murni salafi, yakni menjadi pengikut ulama jaman dulu,
Gurunya Mursyid, sanad keilmuanya nyampe ke Rasulullah.

10. PONDOK PESANTREN MODERN AL UMANAA

Lokasi : Jl. Pelabuhan II Km 10, Kp. Cikaret RT. 002 / RW 014, Kebonmanggu, Gunung Guruh, Sukabumi City, West Java 43156

Pondok pesantren Al Umanaa adalah yayasan yang bergerak dalam bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan. Yayasan ini beralamat di Jl. Pelabuhan II KM 10 Pasirmalang Rt 001 Rw 14 Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Yayasan Al Umanaa diprakarsai oleh beberapa orang yang mempunyai kesamaan cita-cita, yaitu ingin mencerdaskan, mensejahterakan, dan mendidik generasi penerus agar kelak mampu mengemban amanah Allah SWT sebagai khalifah-Nya di muka bumi. Yayasan ini berpedoman kepada Diin al-Islam yang bersumber kepada Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya, bukan organisasi kekuatan sosial politik, dan bukan pula bagian dari salah satu organisasi kekuatan politik manapun juga. Yayasan Al Umanaa merupakan organisasi non profit.

Dalam bidang sosial, Yayasan  Al Umanaa memprogramkan: 1) Dalam jangka pendek mendirikan lembaga pendidikan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), SD, SMP, SMA, dan sederajat. 2) Dalam jangka panjang mendirikan Perguruan Tinggi. 3) Mendirikan dan menyelenggarakan kursus-kursus keterampilan sebagai upaya untuk memberdayakan generasi muda. 4) Memberikan beasiswa pendidikan kepada peserta didik yang berprestasi dan tidak mampu secara ekonomi. 5) Dalam jangka panjang mendirikan Poliklinik (Rumah Sehat) untuk memenuhi hajat masyarakat, terutama kaum dhuafa.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbaik di Sukabumi Jawa Barat.

10 Pondok Pesantren Salaf dan Modern Terbaik Di Sukabumi

Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Palabuhanratu. Kabupaten Sukabumi juga merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur.

Pendidikan Pondok Pesantren di Sukabumi cukup banyak. Baik Pondok pesantren modern maupun salafiyah ada di sini. Dari penelusuran tim kami kuwaluhan.com, ada beberapa Pondok populer yang diminati oleh para penduduk sekitar dan dari luar daerah.

Berikut daftar Pondok Terbaik dan Terkenal di Sukabumi Jawa Barat :

1. PONDOK PESANTREN AR-RAHMAN 

Lokasi : Jl. Mohammad Amir KM. 9, Bojong Genteng, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43353

Pondok Pesantren Ar-Rahman merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis Islam yang berlokasi di Sukabumi, yang menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA. Seperti kebanyakan pondok pesantren, lembaga yang satu ini juga menerima siswa atau santri baru dengan kuota yang terbatas, dengan biaya pendidikan berkisar Rp23 juta sampai Rp245 jutaan.

Pondok Pesantren Ar-Rahman menerima siswa atau santri baru melalui dua jalur seleksi, yaitu jalur prestasi dan non-akademik serta melalui jalur tes. Sebanyak 20 persen siswa diterima dari jalur prestasi dan non-akademik, sedangkan 80 persen lainnya bakal ditampung melalui jalur tes.

Peserta jalur prestasi nantinya akan diseleksi berdasarkan hasil psikotes, seleksi nilai rapor, dan juga dokumentasi prestasi (medali, sertifikat, dan piagam penghargaan). Sementara, peserta jalur tes harus mengikuti dan lulus tes tertulis pelajaran matematika, bahasa Inggris, IPA terpadu, IPS terpadu (khusus pendaftar SMA), pengetahuan agama Islam, serta psikotes.

Selain dari sisi akademik, Pesantren Ar-Rahman juga memiliki prestasi di luar akademik. Banyak kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan lembaga ini yang mampu meraih prestasi, baik di tingkat lokal maupun nasional. Pada tahun 2018 misalnya, SMA Unggulan Ar-Rahman mampu keluar sebagai lomba memanah dengan meraih medali emas dan perak pada kategori SMA Pemula di gelaran Fathan Mubina Talent Festival kelima.

Selain itu, sekolah ini juga sempat menyabet Juara Umum kedua dalam kejuaraan taekwondo di gelaran Sukabumi Open Taekwondo Championship 2 yang berlangsung dri GOR Surya Kencana Pabuaran, Sukabumi pada Maret 2018 lalu. Prestasi lainnya termasuk juara mural SMA, duet storytelling, dan badminton single putra dalam kegiatan SPARTCOM V, ajang kompetisi tahunan se-wilayah Bogor, Sukabumi, dan sekitarnya yang diadakan OSIS SMP-SMA Darul Ulum Lido.

2. PONDOK PESANTREN DARUL HABIB

Lokasi : Jalan Raya Parungkuda Gg. Ojek Ciambar Kp., Ginanjar, Kec. Ciambar, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43356

Pondok Pesantren Darul Habib adalah sebuah lembaga pendidikan yang berakidah
ahlussunnah wal jama'ah dengan berpegang teguh pada al-Qur'an dan al-Hadits, mengakui
adanya ijma' para Ulama dan kias, menjunjung tinggi norma-norma agama, melaksanakan
ajaran-ajaran islam dengan baik dan ber-akhlakul karimah.

Pesantren Darul Habib dibangun di atas tanah seluas + 1,5 hektar dan didirikan pada tahun 1998 M. oleh Al-Ustadz Nopel Abdullah al-Kaff namun baru diresmikan pada tahun 2000
M.

Dalam perjalanannya selama + 1 dekade, Pesantren Darul Habib telah
menampung sekitar 500 santri, terdiri dari 300 santri aktif putra dan putri serta santri non aktif
(alumni) sebanyak 200 santri.

Adapun pendidikan yang diformulasikan untuk para santri dan sangat diprioritaskan
antara lain meliputi Al-Qur’an, Al-Hadits, Bahasa Arab, Akhlaq, Fiqh, Nahwu, Sharaf, Balaghah,Tauhid dan lain sebagainya baik secara klasikal maupun fakultatif. Di samping itu kami juga
memberikan kegiatan penunjang seperti latihan pidato, membaca maulid, hadrah, burdah dan
masih banyak kegiatan-kegiatan yang lain.

Sistem pengajaran yang diterapkan di pondok ini adalah berbasis Al-Quran dan Hadits. Para guru akan membina dan membekali para santri dengan berbagai macam metode pendidikan, antara lain “Latihan Pidato dan Da’wah, serta ditambah dengan menghafal Al-Quran dan Hadist Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dan masih banyak lagi.

3. PONDOK PESANTREN MODERN MADINATUL ULUM SUKABUMI

Lokasi : Jl. raya Cimuncang, batas, Pasirhalang, Kec. Sukaraja, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43192

Pondok ini berdiri pada bulan juli tahun 2011 oleh seorang kyai bernama: Drs. KH Asep Arwandi Yusuf, MAG dan beberapa orang kyai lainnya yaitu kyai Cecep Saepuzzaman S,Ag dan Robi Maulana Yusuf S.Pd.i . Pondok pesantren ini berada dibawah naungan yayasan Al-Jauharul ‘ulum Al-Islamiyyah dimana yayasan ini berdiri pada tanggal 01 Januari 2011

Pondok Ini perpanduan antara pondok salafi dan pondok modern, dimana dipondok ini program pendidikanya bersumber kepada kitab kuning dengan tujuan para santrinya di gembleng untuk menjadi kader-kader ulama yang handal dan menguasai berbagai cabang disiplin ilmu keislaman seperti: Ilmu Nahwu, Ilmu Shorof, Ilmu Mantiq, Ilmu bayan, Ilmu ma’ani, Ilmu badi, Ilmu Tauhid, Ilmu Fiqih, Ilmu Usul fiqh, Ilmu tasawuf, Ilmu qur’an, Ilmu tafsir, Ilmu hadist, Ilmu musthola hadist, DLL.

Demikian pula pondok ini disebut pondok modern karena dipondok ini para santri wajib berkomunikasi setiap hari dalam bahasa arab satu minggu dan bahasa inggris satu minggu. Demikian pula para santri diwajibkan menerjemahkan Qur’an dan Hadist dengan bahasa inggris dan harus menguasai pidato 4 bahasa yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Sunda.

Adapun kelebihan PonPes ini yaitu :

- Wajib menghafal Al Qur’an 1 Juz Per- Semester
- Wajib menghafal hadist 40 per- Semester
- Wajib menguasai Tahfidz ‘am dengan 4 bahasa ( Tahfidz ‘am yaitu hafalilmu ilmu keislaman seperti ilmu tauhid, ilmu fiqih, ilmu tasawuf, ilmu mushola hadist)
- Santri dituntut mampu berpidato 4bahasa (Arab, Ingrris, Indonesia, Sunda)
- Setiap santri dituntut mahir kitab kuning.
- Setiap santri dituntut mahir tilawah Al Quran dengan Qiroat Sab’ah
- Setiap santri dituntut kesenian islam seperti, hadroh dan qosidah.
- Setiap santri dituntut mahir kaligrafi Al Quran

4. PONDOK PESANTREN TERPADU AL-ISTIQOMAH

Lokasi : Jl. Pelabuhan II KM.10, Sirnaresmi, Kec. Gn. Guruh, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43156

Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah dirintis dan didirikan oleh beberapa orang tokoh yang notabene adalah para aktivis dakwah, alumni beberapa pondok pesantren dan perguruan tinggi. Hal inilah yang menjadi sedikit pembeda dengan pesantren lainya yang umumnya didirikan oleh seorang figur sentral, yang pengelolaan dan kepemilikan selanjutnya dikuasai oleh seorang kiai dan bersifat turun temurun.

Para perintis dan pendiri Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah ini dikomandani oleh seorang Kiayi yang berwawasan kosmopolit dan mondial, bersikap elegan dan egaliter. Seorang alumni IAIN syarief Hidayatullah, yaitu KH Royanuddin AS yang akrab disapa ‘Buya’. Beliau adalah murid langsung dari seorang ulama karismatik dan eksentrik Mama Ajengan Badri Sanusi yakni putra dari ulama besar Mama Ajengan Ahmad Sanusi Sukabumi.

Beliau juga adalah murid ‘khusus’ langsung dari ulama besar Tasikmalaya Mama Ajengan Khoer Affandi. Ketika mahasiswa beliau adalah aktivis pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Bahkan saat masih duduk di bangku SLTP beliau sudah menjadi aktivis yang cukup progress dan mobile pada salah satu organisasi pelajar yaitu Pelajar Islam Isndonesia (PII).

Pondok pesantren ini juga merupakan pesantren yang masih mempertahankan pengajaran kitab-kitab Islam klasik, meskipun di daerah Babakan itu sendiri telah banyak berdiri pondok pesantren lain. Akan tetapi santrinya tidak kalah banyak dengan pondok pesantren yang ada di sekitarnya. Selain itu, pondok ini juga memiliki program bagi masyarakat sekitar yaitu Majlis Ta’lim sabtunan (bapak-bapak), selasanan (ibu-ibu) dan sebagainya.

5. PONDOK PESANTREN MODERN ASSALAM

Lokasi : Cibodas, Bojong Genteng, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43355

Pondok Modern Assalam Adalah lembaga pendidikan Islam yang dirintis sejak tahun 1968 oleh K. Ir. Lukman Herawan dan KH. Abdurrahman (Ayahanda). Pada tahun 1983 berdiri di atas tanah wakaf KH. Abdurrahman beserta para isterinya yang berlokasi di Kampung Situ Assalam Desa Cibodas Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi, mengembangkan ilmu pengetahuan dalam aspek pendidikan yang menekankan pembentukan generasi muda Islam yang handal dan berkualitas. Pada tahun 2011 dibuka Pondok Modern Assalam 2 Khusus Putri di atas tanah wakaf seluas 14 Hektar yang berlokasi di Desa Sukaharja Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Berdirinya Pondok ini bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan generasi Islam yang cerdas secara emosional, intelektual dan spiritual dengan berjiwakan Pondok Modern serta selalu ta'at dan tunduk pada ajaran agama Islam.

KH.Abdurrahman adalah salah seorang pendiri Pondok Modern Assalam Sukabumi, lahir di sebuah desa Kalapa Carang, Bojonggenteng, Sukabumi, tahun 1904 dari pasangan bpk.Suhli dan ibundan Sutijah, beliau adalah seorang petani yang kaya raya namun kehidupannya penuh dengan kesederhanaan, hal ini dapat kita lihat dari kehidupan sehari-harinya; beliau meskipun seorang kiyai pendiri pondok Modern Assalam Sukabumi tapi dalam kesehariannya tidak terlihat sebagai seorang kiyai pendiri karna hal ini terlihat daripada sebuah kesederhanaan yang beliu miliki. Jadi pada dasarnya apa yang beliau katakan itu sesuai dengan apa yang beliau perbuat.

pondok pesantren modern Assalam merupakan pondok pesantren yang memiliki basis yang sama dengan pondok modern Gontor karena pendirinya juga merupakan salah satu alumni Gontor – Ponorogo – Jawa Timur.

6. PONDOK PESANTREN ASSALAFIYAH

Lokasi : Babakan Pesantren BWI Pelabuhan Ratu, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43142

Pesantren ini didirikan oleh KH. Abdullah Mahfudz, lahir pada tahun 1914 Masehi atau 1335 Hijriah di kampung Babakan Tipar Desa Cimahi Kecamatan Cantayan Kabupaten Sukabumi, ia lahir dari pasangan H. Didi (alm) dengan Hj. Ruqiyah bin KH. Abdurrohim (alm), pasangan ini di karuniai 9 anak, 4 laki-laki dan 5 perempuan, sedangkan KH. Abdullah Mahfudz sendiri anak yang ke 3 dari 9 bersaudara tersebut.

Pada Tahun 1977 Pesantren Babakan Tipar oleh KH. Ahmad Makki (putera ke empat) dirubah namanya menjadi Pesantren Assalafiyah yang didasarkan pada pendapat para ulama yang dimuat dalam kitab Jauharut Tauhid. Dan selanjutnya Pesantren ini dipimpin oleh KH. Ahmad Makki dengan didukung saudaranya yang lain, di bawah kepemimpinannya inilah Pesantren Assalafiyah menghasilkan karya terjemahan karya bahasa kuning serta bahasa Sunda dan di Produksi oleh Percetakan Kitab milik Pesantren Assalafiyah sendiri.

Dengan kemandiriannya ini pulalah Assalafiyah menjadi pesantren yang ditaklukkan mendapat bantuan dari pemerintah, dilahan seluas 17 hektar pesantren ini mampu mencukupi semua kebutuhannya, menabung dengan bantuan dari luar, sesuatau yang ditiru oleh pesantren lain, kemandirian dibidang, akan terlihat jati diri dan percintaan Keislaman yang baik, karena tidak perlu menerima pihak luar yang biasanya beriming-iming sesuatu, atau dengan sayarat tertentu, jika saja semua pondok pesantren memiliki kemandirian dibidang yang sesuai dengan kepesantrenan maka dapat dipastikan wajah dunia Islam akan semakin baik.

7. PONDOK PESANTREN YASPIDA

Lokasi : Jl. Parungseah No.KM. 4, No. 43, Cipetir, Kadudampit, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43152

Pondok pesantren YASPIDA didirikan pada hari Jumat tanggal 04 Juni 1999 di kampung Renged RT 19/04 Desa Cipetir Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Dalam perjalanannya, Melalui peraturan pemerintah tentang keyayasanan, maka YASPIDA melakukan perombakan kenyamanan dengan paradigma baru Dewan Penbina, dewan pengawas dan dewan pengurus, melalui Akta Notaris NY. ELLY HERYATI, SH. 01.- Tanggal 25 Pebruari tahun 2005 dengan nama YAYASAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN ISLAM DARUSSYIFA AL-FITRAT SUKABUMI.

Pendirian Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Darussyifa Al-Fitrat didasari oleh suatu keinginan memadukan sistiem pendidikan pesantren yang berorientasi pada pengembangan potensi-potensi ruhaniah manusia dengan pendidikan umum yang berorientasi pada pengembangan pemikiran dan kemampuan berpikir.

Kurukulum yang digunakan SD IT, SMP IT, SMK Terpadu (Teknologi & RPL, Bisnis & Manajemen, Teknologi Informatika, Kesehatan dan Teknologi Pertanian) dan SMA Plus, MTs Plus, MA Plus Yaspida adalah birokrasi Pendidikan Kebudayaan dan Kurikulum Kementerian Agama yang dipadukan dengan Kurikulum Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Yaspida Sukabumi yang berbasis Kurikulum Keterpaduan, Kemasyarakat dan Kompetensi, Tahfidz Al-Qur'an , target hafalan 30 Juz, Mufradat / Kosakata , Muhadatsah / Percakapan , Muhadlarah . Monitoring Pidato , program pendampingan anak khusus oleh guru dalam pembinaan Akhlak, Ibadah, dan Muamalah.

8. PONDOK PESANTREN AL-MA’TUQ SUKABUMI

Lokasi : Jl. Kadudampit KM. 3, RT.16/RW.03, Gunungjaya, Kec. Cisaat, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43152

Pondok Pesantren Al-Ma'tuq adalah Pesantren yang menghasilkan generasi yang menguasai berbagai bidang ilmu Aqidah dan Syari'ah sesuai pemahaman salafus Shalih. Al-Ma'tuq merupakan Pesantren Salafi yang melakukan proses pendidikan Islam secara optimal, untuk menghasilkan generasi yang unggul dalam Aqidah, Ibadah dan Akhlak secara integral, memiliki wawasan internasional dan mampu menghadapi tantangan global.

Pondok Pesantren adalah salah satu dari sekian banyak lembaga pendidikan yang memiliki akar yang kuat pada masyarakat muslim Indonesia, dalam perjalanannya pondok pesantren selalu mampu mendukung dan mempertahankan keberlangsungan hidup sendiri. Tidak seperti itu, Pesantren memiliki model pendidikan yang multi aspek. Santri tidak hanya belajar agama yang mengerti, tetapi juga mendapat tempaan kepemimpinan yang alami, kemandirian, kesederhanaan, ketekunan, kebersamaan, kesetaraan serta sikap positif lainnya yang ditanamkan tidak disadari. Modal inilah yang diharapkan dapat diperoleh masyarakat yang berkualitas dan mandiri.

Pondok Pesantren Al-Ma'tuq masih tetap menyelenggarakan pendidikan dan kepesantrenan untuk anak-anak yatim, baik untuk anak-anak yatim yang ada di pesantren mapun dari sumber lokal ada di Indonesia.

Di bawah Pimpinan oleh Dr. Ade Hermansyah Lc, M.Pd.I, Pondok Pesantren modern ini berkembang pesat dengan mengembangkan minat masyarakat untuk mendidik anak-anak di sini cukup tinggi untuk meningkatkan pembiayaannya sebagai Sistem Pendidikan yang cukup mahal, hal ini terbukti dari sponsor santri baru yang terus bertambah setiap tahunnya, sekarang dibuka ekstra ketat diberlakukan untuk dapat menyaring calon santri yang siap menerima tempaan berat dari kurikulum yang diberlakukan di sini.

Santri Al-Ma'tuq memang dipersiapkan agar menjadi kader-kader muslim tangguh yang siap diterjunkan diberbagai lingkungan dimasyarakat, selain memang dipersiapkan untuk mampu mengakses pendidikan di luar negeri seperti timur tengah dan sebagainya.

9. PONDOK PESANTREN ANNIDZOM

Lokasi : Jl. Selabintana No.,17a, Warnasari, Kec. Sukabumi, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43151

Pondok pesantren Annidzom adalah pondok pesantren murni salafi, dengan mengajarkan kitab-kitab salaf, pesantren ini dipimpin oleh seorang ulama kharismatik yakni abuya KH.Abdulloh Muchtar.

Di pondok inilah banyak lahir kyai besar Jawa barat, hingga sekarang banyak santri yang mendalami ilmu agama di pondok Annidzom. Karena sistem pendidikan di sini masih murni salafi, yakni menjadi pengikut ulama jaman dulu,
Gurunya Mursyid, sanad keilmuanya nyampe ke Rasulullah.

10. PONDOK PESANTREN MODERN AL UMANAA

Lokasi : Jl. Pelabuhan II Km 10, Kp. Cikaret RT. 002 / RW 014, Kebonmanggu, Gunung Guruh, Sukabumi City, West Java 43156

Pondok pesantren Al Umanaa adalah yayasan yang bergerak dalam bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan. Yayasan ini beralamat di Jl. Pelabuhan II KM 10 Pasirmalang Rt 001 Rw 14 Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Yayasan Al Umanaa diprakarsai oleh beberapa orang yang mempunyai kesamaan cita-cita, yaitu ingin mencerdaskan, mensejahterakan, dan mendidik generasi penerus agar kelak mampu mengemban amanah Allah SWT sebagai khalifah-Nya di muka bumi. Yayasan ini berpedoman kepada Diin al-Islam yang bersumber kepada Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya, bukan organisasi kekuatan sosial politik, dan bukan pula bagian dari salah satu organisasi kekuatan politik manapun juga. Yayasan Al Umanaa merupakan organisasi non profit.

Dalam bidang sosial, Yayasan  Al Umanaa memprogramkan: 1) Dalam jangka pendek mendirikan lembaga pendidikan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), SD, SMP, SMA, dan sederajat. 2) Dalam jangka panjang mendirikan Perguruan Tinggi. 3) Mendirikan dan menyelenggarakan kursus-kursus keterampilan sebagai upaya untuk memberdayakan generasi muda. 4) Memberikan beasiswa pendidikan kepada peserta didik yang berprestasi dan tidak mampu secara ekonomi. 5) Dalam jangka panjang mendirikan Poliklinik (Rumah Sehat) untuk memenuhi hajat masyarakat, terutama kaum dhuafa.

Itulah daftar Pondok Pesantren Terbaik di Sukabumi Jawa Barat.

No comments