Social Items

Berikut ini Tim Kuwaluhan.com telah merangkum Daftar Pondok Pesantren Terkenal, Terbesar dan Terbaik di kawasan Tangerang Banten hingga saat ini :

1. PONDOK PESANTREN AL-QUR'ANIYYAH


Lokasi : Jl. Panti Asuhan No.6, RT.03/RW.12, Jurang Manggu Tim., Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15222

Pondok Pesantren Al-Quraniyyah merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis Islam yang berlokasi di Tangerang Selatan, Banten. Saat ini, Pondok Pesantren Al-Quraniyyah menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA, dengan biaya yang bervariasi, tergantung pendidikan yang ditempuh masing-masing siswa atau santri.

Pendidikan formal dirintis dari taman pendidikan Alquran (TPA). Pada 2003 berdiri SMP IT Al Quraniyah. Pada 2007- 2008 pihaknya mulai menerima santri menetap. Dan, jumlahnya ketika itu mencapai 30 orang lebih.

Pesantren ini menitikberatkan pada pen didikan dan pendalaman Alquran. Pen dalaman tersebut ditempuh, baik melalui materi pelajaran, ilmu alat, ataupun ilmu Alquran itu sendiri. Ilmu alat yang di ajar kan, misalnya nahwu dah sharaf.

Sedangkan, ilmu Alquran yang diajarkan, misalnya tajwid, tahsin, dan qiraat. Dari segi penguatan ilmu Islam lainnya, pesantren ini mengajarkan hadis, tasawuf, fikih, dan disiplin ilmu lainnya.

Layaknya pondok pesantren pada umumnya, kurikulum yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Quraniyyah juga merupakan perpaduan dari kurikulum formal (nasional) dan kurikulum non-formal (pondok pesantren). Kurikulum yang dipergunakan dalam pendidikan formal berusaha mengembangkan kurikulum pendidikan yang mengakomodasi berbagai kompetensi, standar kurikulum nasional DIKNAS, DEPAG, dan ciri khas ilmu Al Quran, sains teknologi, dan bahasa dengan sistem yang berkesinambungan.

Pondok Pesantren Al Quraniyah men juarai berbagai lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) mulai tingkat kota hingga internasional. Baru-baru ini santrinya, Ah mad Fauzi Ridwan, menjuarai MTQ se-Tangerang Selatan. Santri lainnya, Nurafriani, menjuarai Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) pada tingkat yang sama.

2. PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH 2 BATU CEPER


Lokasi : Jl. Garuda No.32, Batujaya, Kec. Batuceper, Kota Tangerang, Banten 15122

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah adalah salah satu pesantren besar di Indonesia. Pesantren ini didirikan pada bulan Rabi'ul Awal 1406 H (1 Juli 1985 M). Pondok Pesantren Asshiddiqiyah pertama kali didirikan oleh Dr. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ, putra dari salah satu kyai besar Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi yaitu KH. Iskandar, di atas tanah yang diwakafkan oleh H. Abdul Ghoni Dja'ani (Haji Oon), putra dari KH. Abdul Shiddiq di kawasan Kelurahan Kedoya Selatan Kebon Jeruk yang saat itu dipenuhi rawa dan sawah.

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah menanamkan prinsip dasar dalam pendidikan yaitu:

 ﺍﻠﻤﺤﺎﻓﻈﻪ ﻋﻠﻲ ﺍﻠﻗﺪﻳﻢ ﺍﻠﺻﺎﻠﺢ وﺍﻠأﺧﺬ ﺑﺎﻠﺠﺪﻳﺘ ﺍﻠأﺻﻠﻊ

Melestarikan kebiasaan/hal-hal yang baik yang telah dilakukan sejak dahulu (pembelajaran buku-buku serta metode klasik), serta melakukan kebiasaan/hal-hal terbaru yang dilakukan orang pada masa kini yang lebih baik.

Selain memiliki kerangka umum pendidikan formal di satu sisi dan kerangka khusus kurikulum kepesantrenan di sisi lain, sesuai dengan Trilogi Pondok Pesantren Asshiddiqiyah yang menjadi tujuan dasar berdiri, yaitu:

- Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta membangun Iman dan Taqwa secara lebih mendalam.

- Berakhlakul karimah, sebagai dasar dari perikehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bertanah air.

- Menguasai bahasa asing, dalam hal ini yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris seiring perkembangan zaman dengan tanpa meninggalkan sokoguru daripada dasar pendidikan islam.

Kini, setelah 25 tahun perjalanannya, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah dibawah asuhan Dr. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ., telah mengembangkan sayap dengan menempatkan beberapa cabangnya yang juga bernama Asshiddiqiyah sebanyak 7 cabang di berbagai wilayah di negeri ini.

3. PONDOK PESANTREN MODERN AN NUQTHAH


Lokasi : Jl. H. Ismail Gg. Bebek, Cipete, Pinang, Tangerang City, Banten

Pondok pesantren yang dipimpin KH. Zuhri Fauzi ini mengambil nama Nuqthah yang artinya titik. Titik merupakan sesuatu yang kecil tapi memiliki manfaat yang luar biasa.

Pondok Pesantren An-Nuqthah memiliki dua sistem yaitu sitem Asuh dan Sistem Ajar yang terintegrasi dengan baik sebagai basis pondok. Menjalankan tugas membuat berjalannya kedisiplinan di dalam pesantren agar santri dapat berjalan.

4. PONDOK PESANTREN MUMTAZ IBADURRAHMAN


Lokasi : Jl. KH. Hasyim Ashari Gang Masjid, Kenanga, Cipondoh, Kenanga, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15146

Pondok Pesantren Mumtaz Ibadurrahman
Merupakan salah satu pesantren yang berasaskan ahlussunnah wal jamaah. Nama “Ibadurrahman “ terinspirasi dari surat Al-furqon ayat 63 yang berarti ‘hamba-hamba Allah Yang Maha Pengasih‘ . Melalui jalan tabarrukan terhadap Al-Qur"an ini, Ibadurrahman berharap dapat melahirkan generasi muslim qur’ani yang mampu mengembangkan nilai-nilai islam ditengah masyarakat. Lembaga ini dalam sejarahnya dikelola oleh Yayasan Pondok Pesantren Modern Ibadurrahman yang didirikan oleh Drs. KH. Ahmad Ihsan dengan Akta Notaris No. 21 Tanggal 21 Juli 2001 dan berubah menjadi Yayasan Mumtaz Ibadurrahman dengan Akta No. 31 Tanggal 31 Januari 2012.

Pesantren ini telah berkomitmen memperjuangkan pendidikan umat islam melalui upaya mempersiapkan kafa’ah generasi muslim yang intelektualis , holistis dan mampu mengintegrasikan ilmu dan skill nya secara modern dan terarah dengan tetap memprioritaskan akhlakul karimah sebagai karakter utama.

Sesuai dengan tekad pendirinya, PP Mumtaz Ibadurrahman tidak hanya menerapkan kurikulum pendidikan agama saja, namun berbagai disiplin ilmu dan skill pun diadopsi. Termasuk penekanan bahasa arab dan inggris (bilingual) dalam keseharian santri. Oleh karenanya, tenaga pendidik didatangkan dari berbagai lulusan Universitas dalam dan luar negri serta alumni pesantren modern dan salaf lainnya.

Tercatat juga PP Mumtaz Ibadurrahman pernah menjadi delegasi Propinsi Banten dalam acara Muktamar Pesantren Nasional di Istana Negara bersama Presiden RI. Pun, di Kota Tangerang PPM Ibadurrahman menjadi salah satu pesantren unggulan diantaranya karena mendapatkan Nilai Grade ( Akreditasi ) A baik ditingkat SMP maupun SMA.

5. PONDOK PESANTREN DARUL HASAN


Lokasi : Jalan Irigasi Sipon, Cipondoh Makmur, Cipondoh, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15148

Pondok Pesantren Darul Hasan adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang mengintegrasikan antara kemampuan ilmu pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan agama Islam dengan sistem pendidikan pesantren modern.

Pondok pesantren Darul Hasan dicanangkan pada bulan Desember 1998, berlokasi di jalan Irigasi Sipon kelurahan Cipondoh Makmur Kota Tangerang provinsi Banten dengan lahan +1800m2 yang kemudian mengalami perluasan dan pengembangan hingga 2010 memiliki lahan seluas +2120 meter2.

Adapun para pendiri pondok pesantren Darul Hasan adalah : K.H. Tadjuddin Hasan, Drs. H. Sufyan Hariri, M.Pd dan H. Muhammad Nur.

Program pendidikan pondok pesantren Darul Hasan pada tingkat SMP dan SMA masuk pada program Tarbiyatul Mu`allin wal Mu`allimat al-Islamiyah selama 6 tahun. setelah menyelesaikan program pada kelas 6 (TMI) maka santri mendapatkan Ijazah Pondok (Syahadah).

6. PONDOK PESANTREN AL FACHRIYAH LARANGAN


Lokasi : Jl. Prof. Dr. Hamka No.21, Larangan Sel., Kec. Larangan, Kota Tangerang, Banten 15154

Pondok Pesantren AI Fachriyah merupakan Lembaga  Pendidikan Syari’at Islam beraliran Ahlu Sunah Waljama’ah yang berpegang teguh kepada AI Qur’an, Hadist Nabi. Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam, Ijmak, dan Qiyas, yang bermadzhab kepada Imam Syafi’l r.a. dalam furu’ fiqih, Aqidah Al ‘Asy’ariyah, dan Thoriqoh Alawiyyah. Tujuan pendidikan Yayasan Al Fachriyah adalah mencetak pribadi yang menghambakan dirinya kepada Allah dengan sepenuh hati, menyampaikan ilmu Syari’at Islam secara murni, benar dan jelas dengan menanamkan sifat kepedulian untuk menyampaikan apa yang telah dipelajari kepada umat dengan jelas dan tepat.

Pondok Pesantren AI Fachriyah menyelenggarakan 2 (dua) Program Pendidikan lImu Syari’at Islam, yaitu Program Menghafal Al Qur’an dan Program Halaqoh Ilmu Syari’at Islam.

Program Menghafal Al Qur’an dalam jangka waktu 3-4 tahun dengan pembelajaran tajwid dan qowaid membaca Al Qur’an lainnya dengan sanad yang sambung menyambung kepada para Qurra’ hingga bersambung kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

7. PONDOK PESANTREN DARUL ULUM SELAPAJANG JAYA


Lokasi : Jl. Marsekal Surya Darma, RT.7/RW.1, Selapajang Jaya, Kec. Neglasari, Kota Tangerang, Banten 15127

Pondok Pesantren Darul Ulum adalah sebuah Yayasan Pendidikan Islam yang didirikan pada tanggal 11 Mei 1983 di Kampung Rawarotan – Kel. Selapajang Jaya – Kec. Neglasari – Kota Tangerang yang pada waktu itu masih masuk dalam wilayah administratif Kab. Tangerang – Provinsi Jawa Barat. Didirikan oleh DR. KH. Ahmad Suhaimi Hasan dan istrinya Hj. Embay Nadiyah dan merupakan salah satu Pondok Pesantren yang pertama-tama berdiri di wilayah Kecamatan Neglasari.

8. PONDOK PESANTREN NURUL-HUDA


Lokasi : Gg. Kancil No.22, Nerogtog, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15145

Pondok Pesantren Nurul Huda didirikan pada tahun 1979 oleh seorang Muallim (sebutan Guru/Ustad. Bagi masyarakat Betawi) di Kel. Neroktog, Kec. Pinang, Kota Tangerang, yaitu Bapak KH, Muallim Arab bin H. Syatar. Nama Nurul Huda sendiri diilhami oleh salah satu seorang guru beliau Almarhum KH. Amsyir dari kampung Gondrong (sebuah kelurahan di kota Tangerang).

Pada mulanya pondok pesantren Nurul Huda hanya halaqoh pengajian biasa, karena melihat kondisi masyarakat masih banyak yang kurang peduli terhadap pengetahuan agama, maka dibentuklan madrasah Ibtidaiyah (setara dengan SD), Madrasa Tsanawiyah (setara dengan SMP), dan Madrasah Aliyah (setara dengan SMA/SMK) yang semuanya itu berdiri dibawah naungan Pondok Pesantren Nurul-Huda dan berbadan Hukum dengan Nama YAYASAN DARMA INDONESIA (YADIN).

Kini diusianya yang sudah melebihi seperempat abad, Pondok Pesantren Nurul Huda hadir dengan mengkombinasikan antara sistem Modern dan Salafiyah menuju generasi yang mendalami Agama Islam dan terampil di bidang IPTEK.

9. PONDOK PESANTREN AL-KAMIL


Lokasi : Kampung Doyong, Jalan Waru Doyong, Alam Jaya, Jatiuwung, Alam Jaya, Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15133

Nama Pondok Pesantren Al Kamil diambil dari nama kakek dari pengasuh (KH. Muhammad Encep Komaruddin) yang bernama Abah Kamilin selaku pemilik tanah ini yang juga memiliki cita-cita untuk menjadikan tempat ini sebagai fasilitas Pendidikan Islam atau Pondok Pesantren.

Pada perkembangannya Pondok Pesantren Al Kamil dinaungi oleh Yayasan Kamilul Awwabin milik KH. Muhammad Encep komaruddin yang terletak di Sepatan. Hingga saat ini Pondok Pesantren Al Kamil telah berkembang dengan jumlah 1000+ santri.

Itulah Deretan Pondok Pesantren Terbaik dan Populer di kawasan Tangerang Banten.

Inilah 9 Pondok Pesantren Terbaik dan Terkenal di Tangerang

Berikut ini Tim Kuwaluhan.com telah merangkum Daftar Pondok Pesantren Terkenal, Terbesar dan Terbaik di kawasan Tangerang Banten hingga saat ini :

1. PONDOK PESANTREN AL-QUR'ANIYYAH


Lokasi : Jl. Panti Asuhan No.6, RT.03/RW.12, Jurang Manggu Tim., Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15222

Pondok Pesantren Al-Quraniyyah merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis Islam yang berlokasi di Tangerang Selatan, Banten. Saat ini, Pondok Pesantren Al-Quraniyyah menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA, dengan biaya yang bervariasi, tergantung pendidikan yang ditempuh masing-masing siswa atau santri.

Pendidikan formal dirintis dari taman pendidikan Alquran (TPA). Pada 2003 berdiri SMP IT Al Quraniyah. Pada 2007- 2008 pihaknya mulai menerima santri menetap. Dan, jumlahnya ketika itu mencapai 30 orang lebih.

Pesantren ini menitikberatkan pada pen didikan dan pendalaman Alquran. Pen dalaman tersebut ditempuh, baik melalui materi pelajaran, ilmu alat, ataupun ilmu Alquran itu sendiri. Ilmu alat yang di ajar kan, misalnya nahwu dah sharaf.

Sedangkan, ilmu Alquran yang diajarkan, misalnya tajwid, tahsin, dan qiraat. Dari segi penguatan ilmu Islam lainnya, pesantren ini mengajarkan hadis, tasawuf, fikih, dan disiplin ilmu lainnya.

Layaknya pondok pesantren pada umumnya, kurikulum yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Quraniyyah juga merupakan perpaduan dari kurikulum formal (nasional) dan kurikulum non-formal (pondok pesantren). Kurikulum yang dipergunakan dalam pendidikan formal berusaha mengembangkan kurikulum pendidikan yang mengakomodasi berbagai kompetensi, standar kurikulum nasional DIKNAS, DEPAG, dan ciri khas ilmu Al Quran, sains teknologi, dan bahasa dengan sistem yang berkesinambungan.

Pondok Pesantren Al Quraniyah men juarai berbagai lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) mulai tingkat kota hingga internasional. Baru-baru ini santrinya, Ah mad Fauzi Ridwan, menjuarai MTQ se-Tangerang Selatan. Santri lainnya, Nurafriani, menjuarai Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) pada tingkat yang sama.

2. PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH 2 BATU CEPER


Lokasi : Jl. Garuda No.32, Batujaya, Kec. Batuceper, Kota Tangerang, Banten 15122

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah adalah salah satu pesantren besar di Indonesia. Pesantren ini didirikan pada bulan Rabi'ul Awal 1406 H (1 Juli 1985 M). Pondok Pesantren Asshiddiqiyah pertama kali didirikan oleh Dr. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ, putra dari salah satu kyai besar Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi yaitu KH. Iskandar, di atas tanah yang diwakafkan oleh H. Abdul Ghoni Dja'ani (Haji Oon), putra dari KH. Abdul Shiddiq di kawasan Kelurahan Kedoya Selatan Kebon Jeruk yang saat itu dipenuhi rawa dan sawah.

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah menanamkan prinsip dasar dalam pendidikan yaitu:

 ﺍﻠﻤﺤﺎﻓﻈﻪ ﻋﻠﻲ ﺍﻠﻗﺪﻳﻢ ﺍﻠﺻﺎﻠﺢ وﺍﻠأﺧﺬ ﺑﺎﻠﺠﺪﻳﺘ ﺍﻠأﺻﻠﻊ

Melestarikan kebiasaan/hal-hal yang baik yang telah dilakukan sejak dahulu (pembelajaran buku-buku serta metode klasik), serta melakukan kebiasaan/hal-hal terbaru yang dilakukan orang pada masa kini yang lebih baik.

Selain memiliki kerangka umum pendidikan formal di satu sisi dan kerangka khusus kurikulum kepesantrenan di sisi lain, sesuai dengan Trilogi Pondok Pesantren Asshiddiqiyah yang menjadi tujuan dasar berdiri, yaitu:

- Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta membangun Iman dan Taqwa secara lebih mendalam.

- Berakhlakul karimah, sebagai dasar dari perikehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bertanah air.

- Menguasai bahasa asing, dalam hal ini yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris seiring perkembangan zaman dengan tanpa meninggalkan sokoguru daripada dasar pendidikan islam.

Kini, setelah 25 tahun perjalanannya, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah dibawah asuhan Dr. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ., telah mengembangkan sayap dengan menempatkan beberapa cabangnya yang juga bernama Asshiddiqiyah sebanyak 7 cabang di berbagai wilayah di negeri ini.

3. PONDOK PESANTREN MODERN AN NUQTHAH


Lokasi : Jl. H. Ismail Gg. Bebek, Cipete, Pinang, Tangerang City, Banten

Pondok pesantren yang dipimpin KH. Zuhri Fauzi ini mengambil nama Nuqthah yang artinya titik. Titik merupakan sesuatu yang kecil tapi memiliki manfaat yang luar biasa.

Pondok Pesantren An-Nuqthah memiliki dua sistem yaitu sitem Asuh dan Sistem Ajar yang terintegrasi dengan baik sebagai basis pondok. Menjalankan tugas membuat berjalannya kedisiplinan di dalam pesantren agar santri dapat berjalan.

4. PONDOK PESANTREN MUMTAZ IBADURRAHMAN


Lokasi : Jl. KH. Hasyim Ashari Gang Masjid, Kenanga, Cipondoh, Kenanga, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15146

Pondok Pesantren Mumtaz Ibadurrahman
Merupakan salah satu pesantren yang berasaskan ahlussunnah wal jamaah. Nama “Ibadurrahman “ terinspirasi dari surat Al-furqon ayat 63 yang berarti ‘hamba-hamba Allah Yang Maha Pengasih‘ . Melalui jalan tabarrukan terhadap Al-Qur"an ini, Ibadurrahman berharap dapat melahirkan generasi muslim qur’ani yang mampu mengembangkan nilai-nilai islam ditengah masyarakat. Lembaga ini dalam sejarahnya dikelola oleh Yayasan Pondok Pesantren Modern Ibadurrahman yang didirikan oleh Drs. KH. Ahmad Ihsan dengan Akta Notaris No. 21 Tanggal 21 Juli 2001 dan berubah menjadi Yayasan Mumtaz Ibadurrahman dengan Akta No. 31 Tanggal 31 Januari 2012.

Pesantren ini telah berkomitmen memperjuangkan pendidikan umat islam melalui upaya mempersiapkan kafa’ah generasi muslim yang intelektualis , holistis dan mampu mengintegrasikan ilmu dan skill nya secara modern dan terarah dengan tetap memprioritaskan akhlakul karimah sebagai karakter utama.

Sesuai dengan tekad pendirinya, PP Mumtaz Ibadurrahman tidak hanya menerapkan kurikulum pendidikan agama saja, namun berbagai disiplin ilmu dan skill pun diadopsi. Termasuk penekanan bahasa arab dan inggris (bilingual) dalam keseharian santri. Oleh karenanya, tenaga pendidik didatangkan dari berbagai lulusan Universitas dalam dan luar negri serta alumni pesantren modern dan salaf lainnya.

Tercatat juga PP Mumtaz Ibadurrahman pernah menjadi delegasi Propinsi Banten dalam acara Muktamar Pesantren Nasional di Istana Negara bersama Presiden RI. Pun, di Kota Tangerang PPM Ibadurrahman menjadi salah satu pesantren unggulan diantaranya karena mendapatkan Nilai Grade ( Akreditasi ) A baik ditingkat SMP maupun SMA.

5. PONDOK PESANTREN DARUL HASAN


Lokasi : Jalan Irigasi Sipon, Cipondoh Makmur, Cipondoh, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15148

Pondok Pesantren Darul Hasan adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang mengintegrasikan antara kemampuan ilmu pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan agama Islam dengan sistem pendidikan pesantren modern.

Pondok pesantren Darul Hasan dicanangkan pada bulan Desember 1998, berlokasi di jalan Irigasi Sipon kelurahan Cipondoh Makmur Kota Tangerang provinsi Banten dengan lahan +1800m2 yang kemudian mengalami perluasan dan pengembangan hingga 2010 memiliki lahan seluas +2120 meter2.

Adapun para pendiri pondok pesantren Darul Hasan adalah : K.H. Tadjuddin Hasan, Drs. H. Sufyan Hariri, M.Pd dan H. Muhammad Nur.

Program pendidikan pondok pesantren Darul Hasan pada tingkat SMP dan SMA masuk pada program Tarbiyatul Mu`allin wal Mu`allimat al-Islamiyah selama 6 tahun. setelah menyelesaikan program pada kelas 6 (TMI) maka santri mendapatkan Ijazah Pondok (Syahadah).

6. PONDOK PESANTREN AL FACHRIYAH LARANGAN


Lokasi : Jl. Prof. Dr. Hamka No.21, Larangan Sel., Kec. Larangan, Kota Tangerang, Banten 15154

Pondok Pesantren AI Fachriyah merupakan Lembaga  Pendidikan Syari’at Islam beraliran Ahlu Sunah Waljama’ah yang berpegang teguh kepada AI Qur’an, Hadist Nabi. Muhammad Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam, Ijmak, dan Qiyas, yang bermadzhab kepada Imam Syafi’l r.a. dalam furu’ fiqih, Aqidah Al ‘Asy’ariyah, dan Thoriqoh Alawiyyah. Tujuan pendidikan Yayasan Al Fachriyah adalah mencetak pribadi yang menghambakan dirinya kepada Allah dengan sepenuh hati, menyampaikan ilmu Syari’at Islam secara murni, benar dan jelas dengan menanamkan sifat kepedulian untuk menyampaikan apa yang telah dipelajari kepada umat dengan jelas dan tepat.

Pondok Pesantren AI Fachriyah menyelenggarakan 2 (dua) Program Pendidikan lImu Syari’at Islam, yaitu Program Menghafal Al Qur’an dan Program Halaqoh Ilmu Syari’at Islam.

Program Menghafal Al Qur’an dalam jangka waktu 3-4 tahun dengan pembelajaran tajwid dan qowaid membaca Al Qur’an lainnya dengan sanad yang sambung menyambung kepada para Qurra’ hingga bersambung kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

7. PONDOK PESANTREN DARUL ULUM SELAPAJANG JAYA


Lokasi : Jl. Marsekal Surya Darma, RT.7/RW.1, Selapajang Jaya, Kec. Neglasari, Kota Tangerang, Banten 15127

Pondok Pesantren Darul Ulum adalah sebuah Yayasan Pendidikan Islam yang didirikan pada tanggal 11 Mei 1983 di Kampung Rawarotan – Kel. Selapajang Jaya – Kec. Neglasari – Kota Tangerang yang pada waktu itu masih masuk dalam wilayah administratif Kab. Tangerang – Provinsi Jawa Barat. Didirikan oleh DR. KH. Ahmad Suhaimi Hasan dan istrinya Hj. Embay Nadiyah dan merupakan salah satu Pondok Pesantren yang pertama-tama berdiri di wilayah Kecamatan Neglasari.

8. PONDOK PESANTREN NURUL-HUDA


Lokasi : Gg. Kancil No.22, Nerogtog, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15145

Pondok Pesantren Nurul Huda didirikan pada tahun 1979 oleh seorang Muallim (sebutan Guru/Ustad. Bagi masyarakat Betawi) di Kel. Neroktog, Kec. Pinang, Kota Tangerang, yaitu Bapak KH, Muallim Arab bin H. Syatar. Nama Nurul Huda sendiri diilhami oleh salah satu seorang guru beliau Almarhum KH. Amsyir dari kampung Gondrong (sebuah kelurahan di kota Tangerang).

Pada mulanya pondok pesantren Nurul Huda hanya halaqoh pengajian biasa, karena melihat kondisi masyarakat masih banyak yang kurang peduli terhadap pengetahuan agama, maka dibentuklan madrasah Ibtidaiyah (setara dengan SD), Madrasa Tsanawiyah (setara dengan SMP), dan Madrasah Aliyah (setara dengan SMA/SMK) yang semuanya itu berdiri dibawah naungan Pondok Pesantren Nurul-Huda dan berbadan Hukum dengan Nama YAYASAN DARMA INDONESIA (YADIN).

Kini diusianya yang sudah melebihi seperempat abad, Pondok Pesantren Nurul Huda hadir dengan mengkombinasikan antara sistem Modern dan Salafiyah menuju generasi yang mendalami Agama Islam dan terampil di bidang IPTEK.

9. PONDOK PESANTREN AL-KAMIL


Lokasi : Kampung Doyong, Jalan Waru Doyong, Alam Jaya, Jatiuwung, Alam Jaya, Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15133

Nama Pondok Pesantren Al Kamil diambil dari nama kakek dari pengasuh (KH. Muhammad Encep Komaruddin) yang bernama Abah Kamilin selaku pemilik tanah ini yang juga memiliki cita-cita untuk menjadikan tempat ini sebagai fasilitas Pendidikan Islam atau Pondok Pesantren.

Pada perkembangannya Pondok Pesantren Al Kamil dinaungi oleh Yayasan Kamilul Awwabin milik KH. Muhammad Encep komaruddin yang terletak di Sepatan. Hingga saat ini Pondok Pesantren Al Kamil telah berkembang dengan jumlah 1000+ santri.

Itulah Deretan Pondok Pesantren Terbaik dan Populer di kawasan Tangerang Banten.

No comments

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham