Social Items

Berikut ini tim kami Kuwaluhan.com telah merangkum beberapa daftar Pondok Pesantren Modern maupun Salafiyah Terbaik, Terbesar dan Terkenal di Ciamis Jawa Barat :

1. PONDOK PESANTREN DARUSSALAM CIAMIS

Lokasi : Jl. K.H. Ahmad Fadlil No.1, Dewasari, Kec. Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271

Melalui sejarah yang panjang (berdiri tahun 1929 oleh K.H. Ahmad Fadlil), kini Pondok Pesantren Darussalam telah berkembang dan mencapai kemajuan yang sangat menggembirakan. Pondok Pesantren yang pada awal berdirinya hanya memiliki sebuah rumah tempat tinggal Kiayi, sebuah masjid dan sebuah asrama (pondok) yang sederhana, kini telah memiliki fasilitas bangunan yang relatif lengkap dan beberapa diantaranya cukup megah.

Disamping peningkatan fasilitas dan sarana pendidikan untuk santri, hal yang sangat penting lain adalah pengembangan sistem pendidikannya. ketika di banyak Pondok Pesantren lain masih mengkhususkan pada pengajian kitab, Pesantren Darussalam mulai merintis untuk menyelenggarakan pendidikan formal. Maka sejak dasawarsa 60-an, Pesantren Darussalam mulai memodernisasikan sistem pendidikannya dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan formal.

Pada tahun 1967, mulai dirintis penyelenggaraan sistem pendidikan modern dengan mengadaptasi model klasikal dan sampai saat ini semua jenjang pendidikan dar mulai Taman Kanak-kanak (TK) (di Pesantren Darussalam disebut Raudlatul Athfal/RA) hingga perguruan tinggi telah ada di pesantren ini.

Lembaga pendidikan formal yang pertama didirikan adalah Raudlatul Athfal (Taman Kanak-kanak) pada tahun 1967, kemudian pada tahun 1968 berdiri Madrasah Ibtidaiyah/MI (setingkat SD), lalu Madrasah Tsanawiyah Darussalam/MTsD (setingkat SMP) pada tahun 1968. kemudian berdiri Madrasah Aliyah Negeri Darussalam (setingkat SMA) pada tahun 1969. Selanjutnya didirikan SMA Plus Darussalam yang merupakan lembaga pendidikan swasta pada tahun 2003. Sedangkan Pendidikan Tinggi (PT) di Pondok Pesantren Darussalam adalah berbentuk Institut yang didirikan pada tahun 1970, dengan nama Institut Agama Islam Darussalam (IAID) yaitu Perguruan Tinggi Agama Islam yang menggabungkan pendidikan akademik dengan pendidikan kepesantrenan, yaitu Pondok Pesantren Darussalam.

Disamping itu, pada tahun 1995 diselenggarakan pula Ma'had 'Aly, yaitu pendidikan tinggi Pesantren Darussalam. Mahasantri Ma'had 'Aly ini terdiri dari lulusan Madrasah Aliyah dan para mahasiswa Institut Agama Islam Darussalam dari berbagai fakultas yang memenuhi persyaratan, diantaranya telah mampu membaca kitab-kitab kuning.

Lembaga pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis adalah sebagai berikut:

1. Raudhatul Athfal Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis (RA / TK)
2. Madrasah Ibtidaiyah Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis (MI / SD)
3. Madrasah Tsanawiyah Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis(MTs / SMP)
4. Madrasah Aliyah Negeri 1 Darussalam Ciamis (MAN / SMA)
5. Sekolah Menengah Atas Plus Darussalam Ciamis (SMA Plus)
6. Institut Agama Islam Darussalam Ciamis (IAID / PT) (Program S1 dan S2)
7. Pendidikan Diniyah Formal Ulya Darussalam Ciamis (PDFU)
8.Majelis Ta'lim Darussalam Ciamis

2. PONDOK PESANTREN AL HASAN


Lokasi : Jl. Jenderal Ahmad Yani No.120, Kertasari, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46213

Pondok Pesantren Al Hasan merupakan salah satu Pesantren yang cukup dikenal di Kabupaten Ciamis dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan prestasinya yang membanggakan dan letaknya yang strategis.

Al Hasan didirikan pada tahun 1985 yang diasuh oleh KH. Muhammad Syarif Hidayat, Kiyai muda alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya Jawa Barat serta salah seorang murid Kiyai besar yang kharismatik (Uwa Ajengan) KH. Choer Affandy (Alm.). Menurut sumber yang didapat, pendirian Al Hasan ikut dibantu oleh beberapa Kiyai setempat, diantaranya : KH. M. Arsyad (Alm.), KH. Asikin (Alm.), KH. Hasan (Alm.) dan Drs. KH. Udin Saefuddin (Alm.). Nama Al Hasan merupakan sebutan khas Muwaqif tanah pendirian Pondok Pesantren Al Hasan yang bernama KH. Hasan (Alm.).

Dalam memadukan perkembangan Pondok Pesantren Al Hasan yang demikian pesat, maka sedikit demi sedikit terus menambah berbagai sarana serta fasilitas pendidikan yang diperlukan bagi kebutuhan para santri. Alhamdulillah pada perkembangan terakhir, Pondok Pesantren Al Hasan membenah diri untuk tidak sekedar mengkaji kitab-kitab klasik kepada para santrinya, namun telah memodernisasikan system pesantren dengan mendirikan lembaga-lembaga pendukung kegiatan pesantren.

Kini Pondok Pesantren Al Hasan telah membangun lima asrama (2 asrama putra dan 3 asrama putri), Madrasah, Gedung Pertemuan Aula Ar Roudloh, GOR, KBIH dan Umroh Al Hasan, BMT Al Hasan (kini menjadi Bank Santri Al Hasan), TKA, TPA dan DTA dan Smesco Mart Mini Market yang merupakan bagian dari Koppontren Al Hasan. Tersedianya sarana yang lengkap membuat santri semakin nyaman mencari ilmu di Pondok Pesantren Al Hasan.

3. PONDOK PESANTREN AR-RISALAH CIJANTUNG IV


Lokasi : Jalan Raya Banjar Km.3,5, RT.24/RW.08, Pamalayan, Kec. Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271

Pondok pesantren Ar-Risalah didirikan pada tahun 1997 M oleh KH. Drs. Asep Saefulmilah bersama istri Hj. Dra. Ai Siti Masitoh Saefulmillah dan didaftarkan pada notaris tahun 1999 bernomor 02. tanggal 29 Mei 1999. Ar-Risalah didirikan sebagai pengembangan dari Pondok Pesantren Al-Qur’an Cijantung Ciamis yang didirikan KH. Mohammad Siradj (w. 1997 M).

Proses pendidikan di Pondok pesantren Ar-Risalah menerapkan pendidikan integratif yang diselenggarakan atas dasar prinsip keterpaduan yang meliputi: Keseimbangan tiga pilar kecerdasan; emosional, intelektual, dan spiritual; Keterpaduan sistematik keilmuan islam yang non-dikotomik antara agama dan ilmu, Keterpaduan pada kontinuitas pencapaian hal yang terbaik dengan akar tradisi yang baru, dan keterpaduan fungsional pendidikan yang berorientasi kepada pembukaan kecakapan.

4. PONDOK PESANTREN ISLAM NURUSSALAM PUTRI


Lokasi : Dusun Citaharja, Kujang, Cikoneng, Kujang, Kec. Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 12970

Pendidikan diniyyah di Komplek Nurussalam Putri dikelola di bawah Madrasah Salafiyah I yang dikembangkan dengan muatan kurikulum kepesantrenan / takhassus, ditambah dengan beberapa ketrampilan yang mendukung. Metode pengajian yang digunakan adalah Sorogandan Bandongan. Sedangkan untuk pengajian Al-Qur'an dilakukan dengan metode musyafahah bin Nadzri dan bil Ghoib. Adapun kitab yang dikaji untuk santri putri adalah: Riyadus Sholihin, Bidayatul Hidayah, Safinatun Najah, Sulam Taufiq, Shorof Krapyak, Fasholatan, Aqidatul Awam, Ta'lim Muta'allim, Mabadi 'Fiqhiyah, Jurumiyah, Jawahirul Kalamiqa, Taisirul 'idul Fiqhi, Fathul Qorib, Muslim Minhajul, Di Tibyan fi Ulumil Qur'an, Waroqot, Bidayatul Mustafid, Mushtholahul Hadits, Tafsir Ayatil Ahkam, at-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur'an, dll.

5. PONDOK PESANTREN DAARUL MA'ARIF CIAMIS


Lokasi : Jl. Angganaya No. 37 Rt. 06/10 Ciwahangan, Imbanagara, Kec, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46219

Pondok Pesantren Darul Ma'arif didirikan oleh Yayasan Darul Ma'arif terkait pengembangannya pendidikan di bawah naungan Yayasan Darul Ma'arif mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, MA hingga Sekola Tinggi yang sangat meningkat sesuai jumlah siswa dan meluasnya daerah asal siswa yang menuntut ilmu di lingkungan pendidikan Kampus Hijau Kaplongan Kab. Indramayu dibutuhkan disediakan asrama guna menampung siswa yang diambil dari luar daerah.

Selain itu, Pondok Pesantren berguna untuk memfasilitasi siswa yang ingin mempercayakan agama Islam yang lengkap  ahlussunnah wal jama'ah  melalui sistem pendidikan yang merupakan kombinasi antara sistem  shalaf  dan  kholaf , pondok pesantren yang memadukan sistem pendidikan berbasis salaf dan modern. Dengan tetap membaca kitab-kitab kuning, namun juga berbahasa Arab dan Inggris.

6. PONDOK PESANTREN NURUL 'AMAL


Lokasi : Jl. Bojong - Cimaragas, RT.004/RW.017, Cikawung, Bojongmengger, Cijeungjing, Karangkamulyan, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271

Nama NURUL AMAL diambil dari nama Mesjid kecil yang digunakan untuk pengajian pada fase awal sebagai cikal bakal berdirinya pondok pesantren Nurul Amal.

Arti NURUL AMAL adalah cahaya amal. Sesuai dengan tujuannya yaitu banyak berbuat amal kebaikan agar menjadi penerang bagi ummat. Santri dibekali ilmu dan hafalan Al-qur’an sebagai pondasi awal untuk beramal shalih. Dengan demikian mereka diharapkan menjadi generasi Rabbani yang berakhlak Qur’ani yang memiliki keteguhan jiwa dan berakhlak mulia agar tercapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Mampu menjadi penerang bagi ummat sebagai pengemban risalah dakwah.

Sejak tahun 1997 dimulailah pendidikan kepesantrenan yang diperuntukan bagi masyarakat sekitar yang meliputi pendidikan TPA bagi anak usia dini, Pemberantasan Buta Huruf Qur’an (PBHQ) dan Majlis Ta’lim  bagi masyarakat sekitar.

Seiring dengan pertambahan santri pada tiap tahunnya, sarana dan prasarana belajar di MI sudah tidak memadai. Hal itu mengharuskan dilakukannya rehabilitasi dan penambahan ruangan belajar. Maka mulai tahun ajaran 2008/2009 mulai dilakukan rehabilitasi dan penambahan ruangan belajar serta fasilitas lainnya.

7. PESANTREN PERSATUAN ISLAM 109 KUJANG


Lokasi : Kujang, Kec. Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46261

Pondok Pesantren Persatuan Islam 109 Kujang merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Islam modern dari sekian banyak lembaga pendidikan serupa di seluruh dunia ini pun termasuk untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut dengan mengembangkan generasi muda muslim menjadi santriwan / santriwati yang memiliki kesungguhan dalam belajar dan kemuliaan dalam bermoral.

Untuk mencapai pendidikan yang sesuai dengan Visi dan Misi, kurikulum yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran adalah perpaduan antara kurikulum Departemen Agama dan Pimpinan Pusat Persatuan Islam.

Itulah Deretan Pondok Pesantren Terbaik dan Terkenal di Ciamis Jawa Barat.

Inilah 7 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Ciamis Jawa Barat

Berikut ini tim kami Kuwaluhan.com telah merangkum beberapa daftar Pondok Pesantren Modern maupun Salafiyah Terbaik, Terbesar dan Terkenal di Ciamis Jawa Barat :

1. PONDOK PESANTREN DARUSSALAM CIAMIS

Lokasi : Jl. K.H. Ahmad Fadlil No.1, Dewasari, Kec. Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271

Melalui sejarah yang panjang (berdiri tahun 1929 oleh K.H. Ahmad Fadlil), kini Pondok Pesantren Darussalam telah berkembang dan mencapai kemajuan yang sangat menggembirakan. Pondok Pesantren yang pada awal berdirinya hanya memiliki sebuah rumah tempat tinggal Kiayi, sebuah masjid dan sebuah asrama (pondok) yang sederhana, kini telah memiliki fasilitas bangunan yang relatif lengkap dan beberapa diantaranya cukup megah.

Disamping peningkatan fasilitas dan sarana pendidikan untuk santri, hal yang sangat penting lain adalah pengembangan sistem pendidikannya. ketika di banyak Pondok Pesantren lain masih mengkhususkan pada pengajian kitab, Pesantren Darussalam mulai merintis untuk menyelenggarakan pendidikan formal. Maka sejak dasawarsa 60-an, Pesantren Darussalam mulai memodernisasikan sistem pendidikannya dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan formal.

Pada tahun 1967, mulai dirintis penyelenggaraan sistem pendidikan modern dengan mengadaptasi model klasikal dan sampai saat ini semua jenjang pendidikan dar mulai Taman Kanak-kanak (TK) (di Pesantren Darussalam disebut Raudlatul Athfal/RA) hingga perguruan tinggi telah ada di pesantren ini.

Lembaga pendidikan formal yang pertama didirikan adalah Raudlatul Athfal (Taman Kanak-kanak) pada tahun 1967, kemudian pada tahun 1968 berdiri Madrasah Ibtidaiyah/MI (setingkat SD), lalu Madrasah Tsanawiyah Darussalam/MTsD (setingkat SMP) pada tahun 1968. kemudian berdiri Madrasah Aliyah Negeri Darussalam (setingkat SMA) pada tahun 1969. Selanjutnya didirikan SMA Plus Darussalam yang merupakan lembaga pendidikan swasta pada tahun 2003. Sedangkan Pendidikan Tinggi (PT) di Pondok Pesantren Darussalam adalah berbentuk Institut yang didirikan pada tahun 1970, dengan nama Institut Agama Islam Darussalam (IAID) yaitu Perguruan Tinggi Agama Islam yang menggabungkan pendidikan akademik dengan pendidikan kepesantrenan, yaitu Pondok Pesantren Darussalam.

Disamping itu, pada tahun 1995 diselenggarakan pula Ma'had 'Aly, yaitu pendidikan tinggi Pesantren Darussalam. Mahasantri Ma'had 'Aly ini terdiri dari lulusan Madrasah Aliyah dan para mahasiswa Institut Agama Islam Darussalam dari berbagai fakultas yang memenuhi persyaratan, diantaranya telah mampu membaca kitab-kitab kuning.

Lembaga pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis adalah sebagai berikut:

1. Raudhatul Athfal Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis (RA / TK)
2. Madrasah Ibtidaiyah Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis (MI / SD)
3. Madrasah Tsanawiyah Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis(MTs / SMP)
4. Madrasah Aliyah Negeri 1 Darussalam Ciamis (MAN / SMA)
5. Sekolah Menengah Atas Plus Darussalam Ciamis (SMA Plus)
6. Institut Agama Islam Darussalam Ciamis (IAID / PT) (Program S1 dan S2)
7. Pendidikan Diniyah Formal Ulya Darussalam Ciamis (PDFU)
8.Majelis Ta'lim Darussalam Ciamis

2. PONDOK PESANTREN AL HASAN


Lokasi : Jl. Jenderal Ahmad Yani No.120, Kertasari, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46213

Pondok Pesantren Al Hasan merupakan salah satu Pesantren yang cukup dikenal di Kabupaten Ciamis dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan prestasinya yang membanggakan dan letaknya yang strategis.

Al Hasan didirikan pada tahun 1985 yang diasuh oleh KH. Muhammad Syarif Hidayat, Kiyai muda alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya Jawa Barat serta salah seorang murid Kiyai besar yang kharismatik (Uwa Ajengan) KH. Choer Affandy (Alm.). Menurut sumber yang didapat, pendirian Al Hasan ikut dibantu oleh beberapa Kiyai setempat, diantaranya : KH. M. Arsyad (Alm.), KH. Asikin (Alm.), KH. Hasan (Alm.) dan Drs. KH. Udin Saefuddin (Alm.). Nama Al Hasan merupakan sebutan khas Muwaqif tanah pendirian Pondok Pesantren Al Hasan yang bernama KH. Hasan (Alm.).

Dalam memadukan perkembangan Pondok Pesantren Al Hasan yang demikian pesat, maka sedikit demi sedikit terus menambah berbagai sarana serta fasilitas pendidikan yang diperlukan bagi kebutuhan para santri. Alhamdulillah pada perkembangan terakhir, Pondok Pesantren Al Hasan membenah diri untuk tidak sekedar mengkaji kitab-kitab klasik kepada para santrinya, namun telah memodernisasikan system pesantren dengan mendirikan lembaga-lembaga pendukung kegiatan pesantren.

Kini Pondok Pesantren Al Hasan telah membangun lima asrama (2 asrama putra dan 3 asrama putri), Madrasah, Gedung Pertemuan Aula Ar Roudloh, GOR, KBIH dan Umroh Al Hasan, BMT Al Hasan (kini menjadi Bank Santri Al Hasan), TKA, TPA dan DTA dan Smesco Mart Mini Market yang merupakan bagian dari Koppontren Al Hasan. Tersedianya sarana yang lengkap membuat santri semakin nyaman mencari ilmu di Pondok Pesantren Al Hasan.

3. PONDOK PESANTREN AR-RISALAH CIJANTUNG IV


Lokasi : Jalan Raya Banjar Km.3,5, RT.24/RW.08, Pamalayan, Kec. Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271

Pondok pesantren Ar-Risalah didirikan pada tahun 1997 M oleh KH. Drs. Asep Saefulmilah bersama istri Hj. Dra. Ai Siti Masitoh Saefulmillah dan didaftarkan pada notaris tahun 1999 bernomor 02. tanggal 29 Mei 1999. Ar-Risalah didirikan sebagai pengembangan dari Pondok Pesantren Al-Qur’an Cijantung Ciamis yang didirikan KH. Mohammad Siradj (w. 1997 M).

Proses pendidikan di Pondok pesantren Ar-Risalah menerapkan pendidikan integratif yang diselenggarakan atas dasar prinsip keterpaduan yang meliputi: Keseimbangan tiga pilar kecerdasan; emosional, intelektual, dan spiritual; Keterpaduan sistematik keilmuan islam yang non-dikotomik antara agama dan ilmu, Keterpaduan pada kontinuitas pencapaian hal yang terbaik dengan akar tradisi yang baru, dan keterpaduan fungsional pendidikan yang berorientasi kepada pembukaan kecakapan.

4. PONDOK PESANTREN ISLAM NURUSSALAM PUTRI


Lokasi : Dusun Citaharja, Kujang, Cikoneng, Kujang, Kec. Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 12970

Pendidikan diniyyah di Komplek Nurussalam Putri dikelola di bawah Madrasah Salafiyah I yang dikembangkan dengan muatan kurikulum kepesantrenan / takhassus, ditambah dengan beberapa ketrampilan yang mendukung. Metode pengajian yang digunakan adalah Sorogandan Bandongan. Sedangkan untuk pengajian Al-Qur'an dilakukan dengan metode musyafahah bin Nadzri dan bil Ghoib. Adapun kitab yang dikaji untuk santri putri adalah: Riyadus Sholihin, Bidayatul Hidayah, Safinatun Najah, Sulam Taufiq, Shorof Krapyak, Fasholatan, Aqidatul Awam, Ta'lim Muta'allim, Mabadi 'Fiqhiyah, Jurumiyah, Jawahirul Kalamiqa, Taisirul 'idul Fiqhi, Fathul Qorib, Muslim Minhajul, Di Tibyan fi Ulumil Qur'an, Waroqot, Bidayatul Mustafid, Mushtholahul Hadits, Tafsir Ayatil Ahkam, at-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur'an, dll.

5. PONDOK PESANTREN DAARUL MA'ARIF CIAMIS


Lokasi : Jl. Angganaya No. 37 Rt. 06/10 Ciwahangan, Imbanagara, Kec, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46219

Pondok Pesantren Darul Ma'arif didirikan oleh Yayasan Darul Ma'arif terkait pengembangannya pendidikan di bawah naungan Yayasan Darul Ma'arif mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, MA hingga Sekola Tinggi yang sangat meningkat sesuai jumlah siswa dan meluasnya daerah asal siswa yang menuntut ilmu di lingkungan pendidikan Kampus Hijau Kaplongan Kab. Indramayu dibutuhkan disediakan asrama guna menampung siswa yang diambil dari luar daerah.

Selain itu, Pondok Pesantren berguna untuk memfasilitasi siswa yang ingin mempercayakan agama Islam yang lengkap  ahlussunnah wal jama'ah  melalui sistem pendidikan yang merupakan kombinasi antara sistem  shalaf  dan  kholaf , pondok pesantren yang memadukan sistem pendidikan berbasis salaf dan modern. Dengan tetap membaca kitab-kitab kuning, namun juga berbahasa Arab dan Inggris.

6. PONDOK PESANTREN NURUL 'AMAL


Lokasi : Jl. Bojong - Cimaragas, RT.004/RW.017, Cikawung, Bojongmengger, Cijeungjing, Karangkamulyan, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271

Nama NURUL AMAL diambil dari nama Mesjid kecil yang digunakan untuk pengajian pada fase awal sebagai cikal bakal berdirinya pondok pesantren Nurul Amal.

Arti NURUL AMAL adalah cahaya amal. Sesuai dengan tujuannya yaitu banyak berbuat amal kebaikan agar menjadi penerang bagi ummat. Santri dibekali ilmu dan hafalan Al-qur’an sebagai pondasi awal untuk beramal shalih. Dengan demikian mereka diharapkan menjadi generasi Rabbani yang berakhlak Qur’ani yang memiliki keteguhan jiwa dan berakhlak mulia agar tercapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Mampu menjadi penerang bagi ummat sebagai pengemban risalah dakwah.

Sejak tahun 1997 dimulailah pendidikan kepesantrenan yang diperuntukan bagi masyarakat sekitar yang meliputi pendidikan TPA bagi anak usia dini, Pemberantasan Buta Huruf Qur’an (PBHQ) dan Majlis Ta’lim  bagi masyarakat sekitar.

Seiring dengan pertambahan santri pada tiap tahunnya, sarana dan prasarana belajar di MI sudah tidak memadai. Hal itu mengharuskan dilakukannya rehabilitasi dan penambahan ruangan belajar. Maka mulai tahun ajaran 2008/2009 mulai dilakukan rehabilitasi dan penambahan ruangan belajar serta fasilitas lainnya.

7. PESANTREN PERSATUAN ISLAM 109 KUJANG


Lokasi : Kujang, Kec. Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46261

Pondok Pesantren Persatuan Islam 109 Kujang merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Islam modern dari sekian banyak lembaga pendidikan serupa di seluruh dunia ini pun termasuk untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut dengan mengembangkan generasi muda muslim menjadi santriwan / santriwati yang memiliki kesungguhan dalam belajar dan kemuliaan dalam bermoral.

Untuk mencapai pendidikan yang sesuai dengan Visi dan Misi, kurikulum yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran adalah perpaduan antara kurikulum Departemen Agama dan Pimpinan Pusat Persatuan Islam.

Itulah Deretan Pondok Pesantren Terbaik dan Terkenal di Ciamis Jawa Barat.

1 comment:

  1. = = BONUS HARIAN DEPOSIT BULAN SEPTEMBER= =

    BISA BAYAR PAKAI PULSA TELKOMSEL XL & AXIS
    YANG GAME DARI KAMI YANG TERLENGKAP
    MULAI DARI |POKER | CEME | DOMINO99 | OMAHA | SUPER10 |


    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang Tunai

    > Minimal Deposit : 10.000 > Minimal Withdraw : 20.000
    > Bonus RAKEBACK Tiap Minggu > Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    > Support Semua Bank Lokal di Indonesia

    Bayar Pakai OVO
    Bayar Pakai Gopay
    Bayar Pakai Pulsa

    WhastApp : 0812-2222-1680
    WWWPOKERAYAMUS

    ReplyDelete

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham