Social Items

Berikut ini tim kuwaluhan.com telah merangkum deretan Ponpes Terbaik dan Terkenal di Serang Banten :

1. PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK SERANG


Lokasi : Cimuncang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117

Pondok Pesantren Al-Mubarok Serang adalah sebuah pesantren yang berada di jalan KH. Abdul Latif nomor 07 Cimuncang Sumur Pecung, Kabupaten Serang, provinsi Banten, Indonesia.

Berawal dari tumbangnya orde Baru pada tahun 1996-1997 melihat keberutalan massa, tawuran pelajar, dan maraknya penggunaan obat-obat terlarang ( Narkotika ) yang hampir menguasai belahan dunia, khususnya Indonesia, maka Bapak KH. Mahmudi, MSI merasa terpanggil untuk ikut serta memperbaiki moral anak bangsa dengan mendirikan lembaga pendidikan Islam yang disebut Pondok Pesantren.

Pondok Pesantren Al-mubarok Serang didirikan dengan legalisasi lembaga pendidikan berbadan hukum Notaris Ny. Subandiyah Amar Ashof, SH. Nomor 23, tanggal 10 Oktober 1997. Pada tahun inilah KH Mahmudi membangun sejumlah lokal yang diperuntukkan lembaga pendidikan dengan pendanaan swadaya Pondok Pesantren dan para Donatur serta masyarakat yang ikut andil dalam pembangunan tersebut.

Kurikulum yang digunakan mengacu pada Kurikulum Nasional dengan Muatan Lokal disesuaikan dengan Kurikulum Pondok Pesantren Modern Al-Mubarok. Selama 24 jam santri dibimbing oleh Dewan Guru dan Pengasuh Pesantren dengan landasan Panca Jiwa Pondok Pesantren (Keikhlasan, Kesederhanaan, Berdikari, Ukhuwah Islamiyah, Bebas Berfikir) dan memperhatikan perkembangan jiwa anak usia remaja.

Pondok Pesantren Al-Mubarok Serang diasuh dan dibina oleh guru-guru berpengalaman dan berkompeten dibidangnya, lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta alumni Pondok Pesantren Modern dan Pondok pesantren Salafiyah.

2. PONDOK PESANTREN DAARUL FALAH


Lokasi : Jl. Pusri, Sumurpecung, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42118

Pondok Pesantren Al-Falah didirikan pada tahun 1973, oleh KH. Djawahir Abu Bakar. Nama Al-Falah merupakan pemberian dari guru beliau KH. Suja’i dari Cianjur, dan Habib Alwi Al-Attas dari Jakarta. Nama tersebut merupakan Tabarrukan dan Tafa’ulan dari nama madrasah yang sudah maju di Makkah. Harapannya pondok pesantren Al-Falah  dapat maju seperti halnya madrasah-madrasah yang sudah maju di Mekkah.

Kepemimpinan pondok pesantren Al-Falah, yang semula dipimpin oleh KH. Djawahir Abu Bakar (selama kurang lebih 21 Tahun). Pada tahun 1994, diserahkan kepada putranya yang bernama KH. Ahmad Matin. Bersamaan dengan pergantian kepemimpinan, maka bersama itu pula ikut berganti nama Pondok Pesantren Al-Falah menjadi Pondok Pesantren Daarul Falah. Penambahan kata Daarul diambil dari nama sebuah pondok pesantren tempat KH. Ahmad Matin menimba ilmu yaitu Pondok Pesantren Daarul Hikam di Sukabumi, Daarul Ulum di Cianjur, Daarul Ibtida di Caringin dan pondok pesantren yang lainnya

Pada tahun 2003 Pondok Pesantren Daarul Falah berubah menjadi yayasan, Yayasan Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang. Perubahan nama yayasan tersebut dilatarbelakangi oleh adanya motivasi dari para pengurus khususnya pimpinan untuk lebih mengintensifkan dan memfokuskan kegiatan yang berorientasi pada pengembangan pendidikan agama dan perwujudan kesejahteraan sosial. Dalam perkembangannya maka berdirilah berbagai lembaga pendidikan di dalamnya, yaitu Madrasah Diniyah, SMP Islam, Madrasah Aliyah, Majlis Ta’lim, Kopontren, dan Pengelolaan anak yang kurang mampu dan yatim piatu.

3. PONDOK PESANTREN NURUL BANTANY


Lokasi : Jl. Sayabulu No.161, RT.2, Serang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42127

Pondok Pesantren Nurul Bantany Dalung Kota Serang berdiri pada Tanggal, 28 Februari Tahun 2006 Badan Hukum Musawamah, SH. No. 20 tanggal, 28 Desember 2015 sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang sosial, pendidikan Islam dan dakwah.Dalam perkembangan selanjutnya, jumlah santri terus bertambah hingga sekarang.

Santri yang tinggal dalam Ponpes Nurul Bantany ini mulai dari tingkat pendidikan SD hingga SMA, jumlah santri terus bertambah dibarengi dengan peningkatan sarana dan fasilitas yang memadai, tenaga pengajar yang berkualitas sehingga bisa menghasilkan generasi yang mampu bersaing di dunia modern saat ini.

4. PONDOK PESANTREN MODERN DAAR EL ISTIQOMAH


Lokasi : Jl. Penancangan Kesawong No.4, Sukawana, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42118

Balai Pendidikan Islam Pondok Pesantren Modern Daar el-Istiqomah (PPMDI) Sukawana Serang Banten yang berdiri sejak tahun 1986 ini dirintis pertama kali oleh Abah Moh. Masdani (Almarhum), Drs. KH. Sulaeman Ma’ruf (alumni Pondok Modern Gontor, 1978), F Abdul Ghani dan Syamsul Ma’arif, S.Ag. Bermula dari pengajian privat Al-quran dari rumah ke rumah dibawah bimbingan ibunda Syam’iyah Suchaemi tahun 1984, yang semakin  lama tidak bisa ditangani saking banyaknya permintaan dari beberapa keluarga yang menghendaki adanya pengajian privat keluarga di rumah masing-masing.

Pondok ini berlandaskan hukum yang berlaku, maka pada tanggal 13 Maret 1989, didirikan Yayasan Daar el-Istiqomah dibawah notaris R. Sumarsono, SH. Dengan nomor akte: 10 tertanggal 13 maret 1989 dan terdaftar di kantor Pengadilan Negeri dengan nomor: 5/YY/1989/PNS tanggal 15 Maret  1989. Pendirian Yayasan Daar el-Istiqomah Serang semakin memperkokoh dan mempermudah gerak langkah pondok. Pada tahun ajaran1989/1990 pondok mulai membuka Kulliatul Mu’alimin wal Mu’alimat Al-Islamiyyah (KMI) dengan program 6 tahun bagi lulusan Sekolah Dasar (SD) dan program 4 tahun bagi lulusan SLTP/MTs.Program KMI dilaksanakan pada pagi hari mulai jam 07.00 sampai dengan 12.30 WIB.

Kurikulum yang dipergunakan adalah  kurikulum Gontor dan program Madrasah Tsanawiyah dan ‘Aliyyah nya dari Departemen Agama (DEPAG) Republik Indonesia. Mereka diperkenankan mengikuti ujian negara setelah memenuhi persyaratan dan dinyatakan naik kelas VI (enam) bagi yang akan mengikuti ujian Madrasah ‘Aliyyah Negeri (MAN).
Untuk menunjang kurikulum, pendidikan dan pengajaran pondok dilaksanakan pula berbagai aktifitas bagi santri yang wajib diikuti, seperti berorganisasi, gerakan pramuka, keterampilan (khusus putri) dan silat/karate serta latihan dakwah langsung. Selain kegiatan wajib diatas, adapun kegiatan program kegiatan Extrakulikuler di pondok pesantren Daar el-Istiqomah.

5. PONDOK PESANTREN DAAR AL - ILMI


Lokasi : Jl. Empat Lima, Serang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42116

Bermula dari kebutuhan masyarakat yang mendambakan suatu sistem pendidikan yang bermutu, terpadu dan manusiawi, para lulusan yang memiliki kredibilitas, integritas di oreintasikan menjadi para kader bangsa di masa depan yang penuh dengan tantangan multi dimensi. Atas dasar ini, desain kurikulum yang dilaksanakan akan senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan lulusan/masyarakat di zamannya dan tetap memperhatikan dasar dan landasan pendidikan Islam yang tegak dan terbangun di atas al-Qur'an dan al-Sunah, dengan dasar ini lah pada tahun 1992 Tb Machfuzh Shiddiq mendirikan pesantren Daar al Ilmi.

Hingga sekarang pondok pesantren Daar Al-ilmi semakin berkembang dan jumlah santri terus meningkat dari tahun ke tahun.

6. PONDOK PESANTREN AT-THOHIRIYAH


Lokasi : Jalan Kh. Amin Jasuta No. 05, Lontarbaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42115

Proses berdirinya
Pondok Pesatren At-Thahiriyah tidak terlepas kaitannya dengan sejarah
pertumbuhan dan perkembangan pondok pesantren di daerah Banten.

Pondok Pesantren At-Thahiriyah didirikan oleh Ulama Besar bernama
K.H. Tb. Ahmad Hasuri Thahir, yang sebelumnya pernah menempuh pendidikan
di Pondok Pesantren Pelamunan sebelum melanjutkan pendidikannya di Makkah
Al Mukarramah Saudi Arabia, sejarah berdirinya Pondok Pesatren At-Thahiriyah.

Untuk menjalankan keorganisasian tersebut
Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran Kota Serang mempunyai
kepengurusan yang fungsinya membantu Kiyai dalam menjalankan roda
kegiatan pendidikan dalam rangka mencapai tujuan yang ingin dicapai serta
untuk memudahkan para santri dalam memahami tujuan pondok pesantren
tersebut, maka disusunlah suatu rumusan tertulis dan terperinci.
Tujuan-tujuan institusional Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran
Kota Serang ini sesuai dengan hasil keputusan dan musyawarah Loka Karya
Intensifikasi Pengembangan Pondok Pesantren yang diselenggarakan pada
tanggal 2-6 Mei 1978 di Jakarta.

Kurikulum yang digunakan di Pondok Pesantren At-Thahiriyah adalah
kurikulum lokal atau tradisioanal dalam arti pelajaran atau kitab-kitab yang
diajarkan seluruhnya merupakan hasil dari rancangan Kiyai dan para ustadz
dengan pedoman pada kitab-kitab salaf atau lebih dikenal dengan sebutan
kitab kuning.

7. PONDOK PESANTREN ARDANIAH SERANG


Lokasi : Jalan Empat lima, Kuranji, Taktakan, Kuranji, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42162

Sistem pendidikan yang di terapkan di Islamic Boarding School Pondok Pesantren Ardaniah merupakan hasil revolusi dari pengalaman belajar di pensantren Salaf,  terpadu dan modern serta pengalaman baik dalam dan luar negeri. Sistem yang diterapkan menggunakan sistem Timur Tengah, dasar Salaf dan gaya Modern. Dengan dalih pertama kali adanya pondok pesantern itu adalah para alim ulama dari Timur Tengah dengan dasar Kitab yang berakhidahkan Ahlus-sunah wal jamaah, agar ada kesinambungan maka diguanakan sistem Timur Tengah serta agar mengimbangi perkembangan zaman digunakan gaya Modern.

Untuk memacu peningkatan kemampuan para Santri sebagai anak didik maka dibuat sistem yang memacu kemampuan Santri dengan mengkombinasikan pendidikan yang bersifat pesantren, Tahasus dan pendidikan Science.

Kurikulum Salafiah dan proporsional melalui program Intrakulikuler, Ko Kulikuler dan Ekstra Kulikuler dengan orientasi fleksibilitas, Basic Science, Competence Base serta pengembangan kecapakan hidup (Life Skill) dengan kaidah Exelency. Aspekyang berbeda dalam kurikulum pendidikan dengan lembaga lainnya adalah adanya pendalaman, perluasan dan pengayakan mata pelajaran yang dianggap akan memperkuat atau meningkatkan kemampuan yang diharapkan menjadi santri (lulusan yang ber akhlakul karimah).

Itulah Deretan Pondok Pesantren Terkenal dan Terbaik di Serang Banten.

7 Pondok Pesantren Terbesar dan Terbaik di Serang Banten

Berikut ini tim kuwaluhan.com telah merangkum deretan Ponpes Terbaik dan Terkenal di Serang Banten :

1. PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK SERANG


Lokasi : Cimuncang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117

Pondok Pesantren Al-Mubarok Serang adalah sebuah pesantren yang berada di jalan KH. Abdul Latif nomor 07 Cimuncang Sumur Pecung, Kabupaten Serang, provinsi Banten, Indonesia.

Berawal dari tumbangnya orde Baru pada tahun 1996-1997 melihat keberutalan massa, tawuran pelajar, dan maraknya penggunaan obat-obat terlarang ( Narkotika ) yang hampir menguasai belahan dunia, khususnya Indonesia, maka Bapak KH. Mahmudi, MSI merasa terpanggil untuk ikut serta memperbaiki moral anak bangsa dengan mendirikan lembaga pendidikan Islam yang disebut Pondok Pesantren.

Pondok Pesantren Al-mubarok Serang didirikan dengan legalisasi lembaga pendidikan berbadan hukum Notaris Ny. Subandiyah Amar Ashof, SH. Nomor 23, tanggal 10 Oktober 1997. Pada tahun inilah KH Mahmudi membangun sejumlah lokal yang diperuntukkan lembaga pendidikan dengan pendanaan swadaya Pondok Pesantren dan para Donatur serta masyarakat yang ikut andil dalam pembangunan tersebut.

Kurikulum yang digunakan mengacu pada Kurikulum Nasional dengan Muatan Lokal disesuaikan dengan Kurikulum Pondok Pesantren Modern Al-Mubarok. Selama 24 jam santri dibimbing oleh Dewan Guru dan Pengasuh Pesantren dengan landasan Panca Jiwa Pondok Pesantren (Keikhlasan, Kesederhanaan, Berdikari, Ukhuwah Islamiyah, Bebas Berfikir) dan memperhatikan perkembangan jiwa anak usia remaja.

Pondok Pesantren Al-Mubarok Serang diasuh dan dibina oleh guru-guru berpengalaman dan berkompeten dibidangnya, lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta alumni Pondok Pesantren Modern dan Pondok pesantren Salafiyah.

2. PONDOK PESANTREN DAARUL FALAH


Lokasi : Jl. Pusri, Sumurpecung, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42118

Pondok Pesantren Al-Falah didirikan pada tahun 1973, oleh KH. Djawahir Abu Bakar. Nama Al-Falah merupakan pemberian dari guru beliau KH. Suja’i dari Cianjur, dan Habib Alwi Al-Attas dari Jakarta. Nama tersebut merupakan Tabarrukan dan Tafa’ulan dari nama madrasah yang sudah maju di Makkah. Harapannya pondok pesantren Al-Falah  dapat maju seperti halnya madrasah-madrasah yang sudah maju di Mekkah.

Kepemimpinan pondok pesantren Al-Falah, yang semula dipimpin oleh KH. Djawahir Abu Bakar (selama kurang lebih 21 Tahun). Pada tahun 1994, diserahkan kepada putranya yang bernama KH. Ahmad Matin. Bersamaan dengan pergantian kepemimpinan, maka bersama itu pula ikut berganti nama Pondok Pesantren Al-Falah menjadi Pondok Pesantren Daarul Falah. Penambahan kata Daarul diambil dari nama sebuah pondok pesantren tempat KH. Ahmad Matin menimba ilmu yaitu Pondok Pesantren Daarul Hikam di Sukabumi, Daarul Ulum di Cianjur, Daarul Ibtida di Caringin dan pondok pesantren yang lainnya

Pada tahun 2003 Pondok Pesantren Daarul Falah berubah menjadi yayasan, Yayasan Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang. Perubahan nama yayasan tersebut dilatarbelakangi oleh adanya motivasi dari para pengurus khususnya pimpinan untuk lebih mengintensifkan dan memfokuskan kegiatan yang berorientasi pada pengembangan pendidikan agama dan perwujudan kesejahteraan sosial. Dalam perkembangannya maka berdirilah berbagai lembaga pendidikan di dalamnya, yaitu Madrasah Diniyah, SMP Islam, Madrasah Aliyah, Majlis Ta’lim, Kopontren, dan Pengelolaan anak yang kurang mampu dan yatim piatu.

3. PONDOK PESANTREN NURUL BANTANY


Lokasi : Jl. Sayabulu No.161, RT.2, Serang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42127

Pondok Pesantren Nurul Bantany Dalung Kota Serang berdiri pada Tanggal, 28 Februari Tahun 2006 Badan Hukum Musawamah, SH. No. 20 tanggal, 28 Desember 2015 sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang sosial, pendidikan Islam dan dakwah.Dalam perkembangan selanjutnya, jumlah santri terus bertambah hingga sekarang.

Santri yang tinggal dalam Ponpes Nurul Bantany ini mulai dari tingkat pendidikan SD hingga SMA, jumlah santri terus bertambah dibarengi dengan peningkatan sarana dan fasilitas yang memadai, tenaga pengajar yang berkualitas sehingga bisa menghasilkan generasi yang mampu bersaing di dunia modern saat ini.

4. PONDOK PESANTREN MODERN DAAR EL ISTIQOMAH


Lokasi : Jl. Penancangan Kesawong No.4, Sukawana, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42118

Balai Pendidikan Islam Pondok Pesantren Modern Daar el-Istiqomah (PPMDI) Sukawana Serang Banten yang berdiri sejak tahun 1986 ini dirintis pertama kali oleh Abah Moh. Masdani (Almarhum), Drs. KH. Sulaeman Ma’ruf (alumni Pondok Modern Gontor, 1978), F Abdul Ghani dan Syamsul Ma’arif, S.Ag. Bermula dari pengajian privat Al-quran dari rumah ke rumah dibawah bimbingan ibunda Syam’iyah Suchaemi tahun 1984, yang semakin  lama tidak bisa ditangani saking banyaknya permintaan dari beberapa keluarga yang menghendaki adanya pengajian privat keluarga di rumah masing-masing.

Pondok ini berlandaskan hukum yang berlaku, maka pada tanggal 13 Maret 1989, didirikan Yayasan Daar el-Istiqomah dibawah notaris R. Sumarsono, SH. Dengan nomor akte: 10 tertanggal 13 maret 1989 dan terdaftar di kantor Pengadilan Negeri dengan nomor: 5/YY/1989/PNS tanggal 15 Maret  1989. Pendirian Yayasan Daar el-Istiqomah Serang semakin memperkokoh dan mempermudah gerak langkah pondok. Pada tahun ajaran1989/1990 pondok mulai membuka Kulliatul Mu’alimin wal Mu’alimat Al-Islamiyyah (KMI) dengan program 6 tahun bagi lulusan Sekolah Dasar (SD) dan program 4 tahun bagi lulusan SLTP/MTs.Program KMI dilaksanakan pada pagi hari mulai jam 07.00 sampai dengan 12.30 WIB.

Kurikulum yang dipergunakan adalah  kurikulum Gontor dan program Madrasah Tsanawiyah dan ‘Aliyyah nya dari Departemen Agama (DEPAG) Republik Indonesia. Mereka diperkenankan mengikuti ujian negara setelah memenuhi persyaratan dan dinyatakan naik kelas VI (enam) bagi yang akan mengikuti ujian Madrasah ‘Aliyyah Negeri (MAN).
Untuk menunjang kurikulum, pendidikan dan pengajaran pondok dilaksanakan pula berbagai aktifitas bagi santri yang wajib diikuti, seperti berorganisasi, gerakan pramuka, keterampilan (khusus putri) dan silat/karate serta latihan dakwah langsung. Selain kegiatan wajib diatas, adapun kegiatan program kegiatan Extrakulikuler di pondok pesantren Daar el-Istiqomah.

5. PONDOK PESANTREN DAAR AL - ILMI


Lokasi : Jl. Empat Lima, Serang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42116

Bermula dari kebutuhan masyarakat yang mendambakan suatu sistem pendidikan yang bermutu, terpadu dan manusiawi, para lulusan yang memiliki kredibilitas, integritas di oreintasikan menjadi para kader bangsa di masa depan yang penuh dengan tantangan multi dimensi. Atas dasar ini, desain kurikulum yang dilaksanakan akan senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan lulusan/masyarakat di zamannya dan tetap memperhatikan dasar dan landasan pendidikan Islam yang tegak dan terbangun di atas al-Qur'an dan al-Sunah, dengan dasar ini lah pada tahun 1992 Tb Machfuzh Shiddiq mendirikan pesantren Daar al Ilmi.

Hingga sekarang pondok pesantren Daar Al-ilmi semakin berkembang dan jumlah santri terus meningkat dari tahun ke tahun.

6. PONDOK PESANTREN AT-THOHIRIYAH


Lokasi : Jalan Kh. Amin Jasuta No. 05, Lontarbaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42115

Proses berdirinya
Pondok Pesatren At-Thahiriyah tidak terlepas kaitannya dengan sejarah
pertumbuhan dan perkembangan pondok pesantren di daerah Banten.

Pondok Pesantren At-Thahiriyah didirikan oleh Ulama Besar bernama
K.H. Tb. Ahmad Hasuri Thahir, yang sebelumnya pernah menempuh pendidikan
di Pondok Pesantren Pelamunan sebelum melanjutkan pendidikannya di Makkah
Al Mukarramah Saudi Arabia, sejarah berdirinya Pondok Pesatren At-Thahiriyah.

Untuk menjalankan keorganisasian tersebut
Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran Kota Serang mempunyai
kepengurusan yang fungsinya membantu Kiyai dalam menjalankan roda
kegiatan pendidikan dalam rangka mencapai tujuan yang ingin dicapai serta
untuk memudahkan para santri dalam memahami tujuan pondok pesantren
tersebut, maka disusunlah suatu rumusan tertulis dan terperinci.
Tujuan-tujuan institusional Pondok Pesantren At-Thahiriyah Kaloran
Kota Serang ini sesuai dengan hasil keputusan dan musyawarah Loka Karya
Intensifikasi Pengembangan Pondok Pesantren yang diselenggarakan pada
tanggal 2-6 Mei 1978 di Jakarta.

Kurikulum yang digunakan di Pondok Pesantren At-Thahiriyah adalah
kurikulum lokal atau tradisioanal dalam arti pelajaran atau kitab-kitab yang
diajarkan seluruhnya merupakan hasil dari rancangan Kiyai dan para ustadz
dengan pedoman pada kitab-kitab salaf atau lebih dikenal dengan sebutan
kitab kuning.

7. PONDOK PESANTREN ARDANIAH SERANG


Lokasi : Jalan Empat lima, Kuranji, Taktakan, Kuranji, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42162

Sistem pendidikan yang di terapkan di Islamic Boarding School Pondok Pesantren Ardaniah merupakan hasil revolusi dari pengalaman belajar di pensantren Salaf,  terpadu dan modern serta pengalaman baik dalam dan luar negeri. Sistem yang diterapkan menggunakan sistem Timur Tengah, dasar Salaf dan gaya Modern. Dengan dalih pertama kali adanya pondok pesantern itu adalah para alim ulama dari Timur Tengah dengan dasar Kitab yang berakhidahkan Ahlus-sunah wal jamaah, agar ada kesinambungan maka diguanakan sistem Timur Tengah serta agar mengimbangi perkembangan zaman digunakan gaya Modern.

Untuk memacu peningkatan kemampuan para Santri sebagai anak didik maka dibuat sistem yang memacu kemampuan Santri dengan mengkombinasikan pendidikan yang bersifat pesantren, Tahasus dan pendidikan Science.

Kurikulum Salafiah dan proporsional melalui program Intrakulikuler, Ko Kulikuler dan Ekstra Kulikuler dengan orientasi fleksibilitas, Basic Science, Competence Base serta pengembangan kecapakan hidup (Life Skill) dengan kaidah Exelency. Aspekyang berbeda dalam kurikulum pendidikan dengan lembaga lainnya adalah adanya pendalaman, perluasan dan pengayakan mata pelajaran yang dianggap akan memperkuat atau meningkatkan kemampuan yang diharapkan menjadi santri (lulusan yang ber akhlakul karimah).

Itulah Deretan Pondok Pesantren Terkenal dan Terbaik di Serang Banten.

No comments

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham