Social Items

Berikut ini tim kami kuwaluhan.com telah merangkum beberapa daftar pondok pesantren Terbaik, Terkenal dan Terbesar di Bandung Jawa Barat :

1. PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH BANDUNG

Lokasi : Jl. R.E Suwanda No. 18A Pasirleutik, Kel. Padasuka Kec. Cimenyan, Padasuka, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40192

Pola pengajaran di Pesantren Hidayatullah adalah sistem pesantren modern, yaitu penggabungan mata ajaran umum dan mata ajaran khusus atau keislaman (diniyyah). Mata ajaran umum sama seperti mata ajaran pada sekolah - sekolah umum lainnya, contohnya matematika, fisika, kimia dll. Mata ajaran khusus yaitu mata ajaran yang berkaitan dengan keislaman, contohnya aqidah, fiqih, bahasa arab, dan hafalan/tahfidz Al Qur'an, serta masih banyak lagi mata ajaran yang lain, sesuai dengan jenjang pendidikan, basis kompetensi, dan dan letak kampus.

2. PONDOK PESANTREN NURUL HUDA


Lokasi : RT. 03 / RW. 06, Jl. Rancabentang No.116, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142

Pondok Pesantren Nurul Huda merupakan salah satu pesantren yang terdapat di wilayah Kota Bandung Jawa Barat.  Pesantren Nurul Huda  ini berdiri atas prakarsa KHR Memed (alm) beserta istri HJ.SITI Qoeraesyin pada tanggal 03 September 1973. Keberadaan Pesantren Nurul Huda cukup mendapatkan perhatian serta antusias masyarakat sekitar lokasi pesantren khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Pondok Pesantren Nurul Huda sejak berdirinya mempunyai 2 harapan untuk mewujudkan 2 pandangan yaitu Pandangan ke Dalam dan Pandangan ke Luar. Pandangan ke luar di maksudkan untuk penyebaran dan penerapan nilai-nilai Agama Islam mencetak ulama-ulama  dan kader-kader Pemimpin yang Muttaqin. Dengan kata lain pandangan ke dalam ini terfokus dalam tataran penyebaran serta pengalaman ajaran islam bagi para santrinya. Sedangkan pandangan ke luar di maksudkan untuk lebih mengharumkan daerah setempat melalui penerapan nilai-nilai agama islam yang sungguh-sungguh, kegiatan peribadahan dan pengajian . pelaksanaan  ritual keagamaan dan penyebaran syiar-syiar Islam.

3. PONDOK PESANTREN AL BASYARIYAH


Lokasi : Jl. Cibaduyut Lama, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Bandung, Jawa Barat 40235

Pondok Pesantren Al-Basyariyah didirikan pada tahun 1982 oleh Buya Drs. KH. Saeful Azhar, terletak di perkampungan yang pada zamannya merupakan tempat ulama ‘sohor’ di daerah Bandung Selatan, yaitu Eyang Cimindi keturunan Waliyullah Eyang Mahmud.

Pondok yang didirikan dari nol, kini telah menjelma menjadi sebuah lembaga pendidikan yang memiliki luas tanah sekitar 17 ha. Kamar santri yang asalnya hanyalah gubuk sederhana, kini berubah menjadi puluhan lokal asrama santri untuk kapasitas 2000 orang. Dengan izin Allah, dalam perjalanan perjuangannya pondok pesantren ini telah meluluskan para alumni yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat khususnya dan wilayah nusantara umumnya.

Pada saat ini Pondok Pesantren Al-Basyariyah telah memiliki empat kampus, yaitu:

1. Kampus 1 di Cibaduyut, Kota Bandung
2. Kampus 2 di Cigondewah Hilir, Margaasih, Kab. Bandung
3. Kampus 3 di Arjasari, Kab. Bandung
4. Kampus 4 di Cikungkurak, Caringin, Kota Bandung

Eksistensi Pondok Pesantren Al-Basyariyah sebagai lembaga pendidikan formal telah diakui oleh Negara sesuai dengan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2852 Tahun 2015 tentang penetapan status kesetaraan satuan pendidikan mu’adalah pada pondok pesantren dengan Madrasah Tsanawiyah/sederajat dan Madrasah Aliyah/sederajat, serta disetarakannya TMI Pondok Pesantren Al-Basyariyah dengan SMA Negeri sesuai SK MENDIKNAS Nomor 240/C/Kep/2003 dan telah diakreditasi dengan peringkat A berdasarkan SK penetapan hasil akreditasi BAP-S/M Nomor: 02.00/322/BAP-SM/XI/2010 sehingga ijazah yang dikeluarkan TMI Pondok Pesantren Al-Basyariyah sebagai tanda kelulusan bisa digunakan untuk salah satu kelengkapan persyaratan melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di dalam maupun luar negeri.

4. PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL QURAN ASSALAAM BANDUNG


Lokasi : Jl. Mandala VI No.132, Jatihandap, Kec. Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40193

Pondok Pesantren Assalam menargetkan santrinya dapat hafal Qur'an sejak usia Mts atau SMP. Pondok pesantren yang baru dibuka tahun 2013 lalu ini membagi fokus pada sekolah Al-Quran dan sekolah kurikulum Mts Nasional.

Pada tahun ini pondok tersebut bahkan sudah menjadi juara olimpiade fisika dan Tahfiz di tingkat Kota dan sedang mempersiapkan menuju tingkat Provinsi. Target santri di pondok tersebut minimal dapat mencapai 5 juz hafalan Al-Quran saat lulus.  "Target lulusan 30 juz, minimal 5 juz bisa hafal. Sekarang saja baru sudah ada yang hafal 10 juz, bahkan kelas 8 ada yang sudah 21 juz jadi mudahan-mudahan kelas 9 lulus bisa kejar 30 juz," ujar salah satu Pengasuh Ponpes Assalam, Dery Jamaludin Basari saat di temui dalam acara milad Alumni Haji Yayasan Assalam, di halaman Gedung Sate, Kota Bandung.

5. PONDOK PESANTREN MAHASISWA UNIVERSAL


Lokasi : Jl. Desa Cipadung No.01, RT.03/RW.08, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Nama Universal untuk pesantren ini diambil dari asal muasalnya tempat ini digunakan yaitu tempat seluruh kegiatan aktifis mahasiswa yang tergabung dalam berbagai macam ormas islam yang bersifat universal dan yang memiliki spirit  inklusif, empatik, dan toleran . hingga saat ini Ma’had Universal menjadi pesantren modern yang di naungi oleh yayasan pendidikan Suwargi Buwana Djati,Cirebon. Namun meski termasuk kedalam kategori pesantren modern, Ma’had Universal ini tidak meninggalkan tradisi pesantren salafi seperti masih diberlakukannya sistim mengkaji kitab klasik dengan cara sorogan dan balagan.

Hal tersebut dikarnakan latar belakang pendidikan agama pendiri sekaligus pengasuh PPMU ini adalah berasal dari pesantren salafi.

Materi pendidikan, PPMU memiliki karakter yang sangat menunjang bagi para santrinya yang selain menimba ilmu agama di pesantren tapi juga menempuh pendidikan umum di universitas, yang mana sebagian besar para pengajar PPMU adalah  seorang dosen dari UIN Bandung.

Selain asrama, PPMU memiliki sejumlah tempat atau fasilitas untuk menunjang kegiatan santri di pesantren yaitu satu kantor dan kamar untuk tamu, mitra usaha usaha mandiri yang berupa percetakan dan fotocopy, majlis ta’lim, kantin, televisi, dan jaringan wifi gratis.

6. PONDOK PESANTREN SUKAMISKIN


Lokasi : Sukamiskin, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293

Pondok Pesantren Sukamiskin yang didirikan oleh KH Raden Muhammad bin Alqo pada tahun 1881 M ini telah mampu mencetak berbagai alumni yang didistribusikan di berbagai pelosok. Tak sedikit dari alumni ini yang telah mendirikan pondok pesantren sebagai wadah ilmuwan yang diperolehnya selama di Sukamiskin. Wajar saja, karena pada persetujuan pesantren yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini merupakan pesantren disetujui di Bandung.

Tidak sedikit ulama-ulama dan para Kyai yang sekarang memiliki nama serta tanggung besar dalam masyarakat priangan khusus dan masyarakat Jawa Barat umumnya adalah hasil gemblengan dan ilmu gaib di Pondok Pesantren Sukamiskin.

Pondok Pesantren Sukamiskin berada di bawah pimpinan KH.R. Muhammad Alqo selama kurang lebih 29 tahun dari tahun 1881 M sampai dengan 1910 M atau tahun 1300 H sampai dengan 1329 H.

Dalam jangka waktu sekian ini ia berhasil mendidik siswa-siswanya sehingga menjadi ulama besar, sebagai salah satu dari pada murid beliau adalah yang menjadi Pahlawan Nasional KH Zainal Musthofa almarhum.

7. PONDOK PESANTREN AL-'ASHR AL-MADANI


Lokasi : Jl. Arcamanik, Sindanglaya, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40195

Pesantren Tahfidzul Qur`an Al-`Ashr Al-Madani dirancang sebagai pesantren yang menggunakan boarding school system berbasis pembinaan aqidah, akhlak karimah, dan ibadah praktis serta kurikulum yang berbasis pada kompetensi dalam nuansa Pesantren  Tahfidzul Qur’an yang khas.

Disamping itu, Pesantren Al-‘Ashr al-Madani yang bangunannya terdiri dari kayu jati yang ditanami ribuan pohon dengan berbagai jenis tanaman kayu dan buah-buahan, sehingga tetap terjaga kelestarian alam disekitarnya.

Selain itu fasilitas kolam ikan dan itik, sapi dan domba sekaligus sebagai ajang praktek ketrampilan santri dalam bidang perkebunan,pertanian,  pertenakan dan perikanan.

8. PONDOK PESANTREN ANNAJIYAH


Lokasi : Perumahan Griya Cempaka Arum, Jl. Utsman bin Affan No. 90, Rancanumpang, Gedebage, Rancanumpang, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Pesantren An Najiyah Bandung merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan An Najiyah Al Islamiyah Bandung. Pesantren ini berdiri pada tahun 2004 yang berorientasi pada kegiatan da’wah, pendidikan dan sosial yang berlandaskan Al Qur’an dan Sunnah menurut pemahaman Salafush shalih.

Seiring dengan kemajuan yang dicapai Pesantren An Najiyah (Putri), maka dilakukanlah pengembangan dengan membuka kelas baru khusus ikhwan (Putra) dengan nama Pesantren SABILUNNAJAH. Sambil mempersiapkan gedung baru berikut sarana dan prasarananya dilokasi yang baru seluas kurang lebih 1,2 ha, pada bulan Desember 2012 dibukalah pendaftaran santri baru untuk ikhwan dan Alhamdulillah pada bulan Juli 2013 angkatan pertama santri putra Sabilunnajah sudah beroperasi.

9. PONDOK PESANTREN MIFTAHUL FALAH


Lokasi : Jl. Gede Bage Selatan No.115, Derwati, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40295

Pondok pesantren Miftahul falah didirikan sudah sejak tahun 1930, hal ini didasarkan pada sebuah piagam berdirinya pondok pesantren Miftahul Falah yang didirikan oleh kyai haji Ahmad Syafii dengan tujuan supaya ada perkembangan pendidikan agama Islam untuk warga masyarakat Gede bage rancabolang dan meskipun pondok pesantren Miftahul falah ini sudah cukup lama berdiri tapi perkembangan dari pesantren Miftahul falah dinilai memiliki pengaruh dan masih tetap bertahan hingga saat ini.

Hal tersebut disebabkan karena adanya keunggulan keunggulan atau juga faktor yang dipunyai pondok pesantren ini sehingga bisa menjadi penunjang perkembangan pondok pesantren Miftahul falah hingga sekarang.

Yayasan pondok pesantren Miftahul falah ada madrasah Aliyah nya yaitu madrasah Aliyah Miftahul falah yang merupakan salah satu lembaga yang ada di bawah payung yayasan pendidikan Islam Miftahul falah dan sedangkan untuk madrasah Aliyah berdiri pada tahun 2014 dan berlokasi hanya ada di jalan Gedebage Selatan nomor 115 derwati Bandung Kota Bandung Jawa Barat.

10. PONDOK PESANTREN TERPADU AR-RAAID 


Lokasi : Kp. Cisalatri, Jl. A.H. Nasution Jl. Gg. Kujang No.65, RT.04/RW.05, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid menekankan terhadap Pembinaan Akhlak dan Pembentukan Karakter, terutama bagi mahasiswa agar dapat hidup berdampingan di masyarakat dengan adab, etika dan tutur kata yang sopan Selain itu, Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid merupakan pondok pesantren yang memadukan sistem salaf (Kitab Kuning) dengan pendidikan Modern (bahasa Arab dan Inggris) dan pendidikan Al-Qur'an sehingga memfasilitasi santri agar mampu berkompetensi dalam berbagai bidang.

Dengan posisi Pondok Pesantren Ar-raaid yang sangat dekat dengan kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, para santri juga Mahasiswa atau “Maha Santri” ini pun memiliki beberapa keuntungan. Para Mahasantri tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi untuk pergi ke kampus ataupun menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, karena dengan berjalan kaki pun hanya memerlukan waktu tempuh 5 sampai 7 menit untuk sampai ke gerbang UIN. Dengan ini para mahasantri pun dapat menghemat uang saku mereka dibandingkan dengan mahasiswa lainnya yang harus menghabiskan empat ribu sampai sembilan ribu setiap harinya untuk pergi ke kampus. Selain itu dengan berjalan kaki setiap hari, mereka secara langsung juga melakukan aktivitas fisik yang melatih kaki mereka berjalan hingga 15 menit setiap harinya.

11. PONDOK PESANTREN DARUSSURUR PUSAT


Lokasi : Lagadar, Kec. Margaasih, Bandung, Jawa Barat 40216

Pondok Pesantren darussurur merupakan pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1938 dengan pendirinya KH. Muhammad Yahya yang semula bertempat tinggal di kampong babakan utama kecamatan cimahi selatan, dan pada tahun 1985 pondok pesantren darussurur pindah lokasi ke desa lagadar kecamatan maargaasih kabupaten bandung.

Dengan management sederhana yang dimiliki oleh sesepuh pondok pesantren, ternyata pondok pesantren darussurur hingga tahun 2000 tidak hanya berdiri di desa lagadar saja melainkan berdiri cabang-cabang pesantren darussurur ke tempat lain di antaranya :

1. Pondok pessantren darussurur l, yaitu sebagai pondok pesantren darussurur pusat yang bertempat di kp.mencut desa lagadar kecamatan margaasih dengan dipimpin oleh kh.muhammad yahya.
2. Pondok pesantren darussurur ll, yang bertempat di kp.cibodas kelurahan utama kecamatan cimahi selatan dengan dipimpin oleh kh.abu hamid yahya.
3. Pondok pesantren darussurur lll, yang bertempat di kp. Panyaweyan kelurahan utama kecamatan cimahi selatan dengan dipimpin oleh kh.zainuddin.
4. Pondok pesantren darussurur lV, yang bertempat di kp.babakan kelurahan utama kecamatan cimahi selatan dengan dipimpin oleh ust.muhammad Husain.
5. Pondok pesantren darussurur V, yang bertempat di kp.babakan kelurahan utama kecamatan cimahi selatan yang dipimpin oleh ust.zainal abidin.

12. PONDOK PESANTREN AL - IHSAN


Lokasi : Jl. Cibiru Hilir No.23, RT.01/RW.02, Cibiru Hilir, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40626

Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan dimulai oleh kedatangan tiga orang alumni Pondok Modern Gontor, yaitu Ust. Mahrus As'ad, Ust. Dede Rohanda, dan Ust. Suismanto menghadap ke alumni senior yaitu Ust.KH.Ujang Muhammad HM yang kebetulan pada saat itu beliau sedang memimpin sebuah lembaga pendidikan umum (SMP/SMA) yang berada di J1. Denki Selatan V Kodya Bandung. Mereka bertiga mengutarakan maksud untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan Islam yang bernuansa Gontor dan berasrama penuh, yang tidak mengizinkan santrinya pulang pergi, sehingga mengganggu proses pendidikan dan pengajaran.

Dalam proses pindahnya Pondok Modern Al-Ihsan dari lokasi lama di Jln. Denki Selatan Kota Bandung ke lokasi baru di Komplek Masjid Agung Baleendah Kabupaten Bandung ini terdapat beberapa tokoh masyarakat yang memberikan bantuan sangat berharga. Di antaranya; Pertama, H. Lili Somanti, beliau adalah  mantan Bupati Kabupaten Bandung. Atas izin dan rekomendasi beliau Komplek Masjid Agung Baleendah dapat digunakan sebagai lokasi baru oleh Pondok Modern Al-Ihsan. Kedua, Drs. H. Bahrul Hayat (alm), beliau merupakan tokoh masyarakat di Baleendah dan juga Ketua DKM Masjid Agung Al-Muhajarin. Atas persetujuan beliau Masjid Agung Al-Muhajirin dapat digunakan sebagai pusat kegiatan para santri Pondok Modern Al-Ihsan.

Dengan adanya kepemimpinan kolektif yang terdiri dari tiga orang pemimpin, dibantu dengan pengurus harian yayasan serta para kepala sekolah dan guru-guru, pesantren Al-Ihsan Baleendah mengalami kamajuan yang cukup pesat, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Namun demikian, pesantren Al-Ihsan dituntut terus berkembang lebih maju dalam rangka memenuhi tuntutan zaman yang terus mengalami perubahan yang sangat cepat. Pesantren juga dituntut agar para alumnusnya mampu memenuhi tuntutan zaman, baik dalam ilmu agama, umum, akhlak, sains dan teknologi, sehingga mereka siap dan mampu menjadi motivator pembangunan masyarakat, di mana pun mereka berada.

13. PONDOK PESANTREN AL-WAFA


Lokasi : Jl. Cibiru Hilir No.46, Cibiru Hilir, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40626

Pondok Pesantren Al-Wafa’ merupakan pondok pesantren mahasiswa yang terletak di pinggir kota Bandung.
Pondok Pesantren khusus mahasiswa ini, mengajarkan ilmu-ilmu keislaman berlandaskan atas al-Quran dan Sunnah sesuai dengan pemahaman salafusshalih dan para ulama Ahlussunnah wal Jama'ah. Didirikan oleh Prof. Dr. KH. Rachmat Syafe'i, Lc., MA, pada tahun 2012.

Sejak didirikan hingga kini, pondok Al-Wafa’ diasuh oleh KH Rachmad Syafe’i dengan didampingi oleh istri beliau yakni Ibu Hj. Ai Farida Kamil. Beliau sekarang menjabat sebagai ketua MUI Jawa Barat dan juga diakui keilmuannya sebagai Guru Besar di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Model  pendidikan di Al-Wafa’ berusaha mengintegrasikan antara agama dan pendidikan umum, antara pesantren, keluarga, dan masyarakat dengan mengoptimalkan kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan harapan peserta didik menjadi manusia cerdas, berwawasan luas, kreatif, dan mandiri.

Itulah Deretan Pondok Pesantren Terbaik dan Populer di kawasan Bandung Jawa Barat.

13 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Bandung Jawa Barat

Berikut ini tim kami kuwaluhan.com telah merangkum beberapa daftar pondok pesantren Terbaik, Terkenal dan Terbesar di Bandung Jawa Barat :

1. PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH BANDUNG

Lokasi : Jl. R.E Suwanda No. 18A Pasirleutik, Kel. Padasuka Kec. Cimenyan, Padasuka, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40192

Pola pengajaran di Pesantren Hidayatullah adalah sistem pesantren modern, yaitu penggabungan mata ajaran umum dan mata ajaran khusus atau keislaman (diniyyah). Mata ajaran umum sama seperti mata ajaran pada sekolah - sekolah umum lainnya, contohnya matematika, fisika, kimia dll. Mata ajaran khusus yaitu mata ajaran yang berkaitan dengan keislaman, contohnya aqidah, fiqih, bahasa arab, dan hafalan/tahfidz Al Qur'an, serta masih banyak lagi mata ajaran yang lain, sesuai dengan jenjang pendidikan, basis kompetensi, dan dan letak kampus.

2. PONDOK PESANTREN NURUL HUDA


Lokasi : RT. 03 / RW. 06, Jl. Rancabentang No.116, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142

Pondok Pesantren Nurul Huda merupakan salah satu pesantren yang terdapat di wilayah Kota Bandung Jawa Barat.  Pesantren Nurul Huda  ini berdiri atas prakarsa KHR Memed (alm) beserta istri HJ.SITI Qoeraesyin pada tanggal 03 September 1973. Keberadaan Pesantren Nurul Huda cukup mendapatkan perhatian serta antusias masyarakat sekitar lokasi pesantren khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Pondok Pesantren Nurul Huda sejak berdirinya mempunyai 2 harapan untuk mewujudkan 2 pandangan yaitu Pandangan ke Dalam dan Pandangan ke Luar. Pandangan ke luar di maksudkan untuk penyebaran dan penerapan nilai-nilai Agama Islam mencetak ulama-ulama  dan kader-kader Pemimpin yang Muttaqin. Dengan kata lain pandangan ke dalam ini terfokus dalam tataran penyebaran serta pengalaman ajaran islam bagi para santrinya. Sedangkan pandangan ke luar di maksudkan untuk lebih mengharumkan daerah setempat melalui penerapan nilai-nilai agama islam yang sungguh-sungguh, kegiatan peribadahan dan pengajian . pelaksanaan  ritual keagamaan dan penyebaran syiar-syiar Islam.

3. PONDOK PESANTREN AL BASYARIYAH


Lokasi : Jl. Cibaduyut Lama, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Bandung, Jawa Barat 40235

Pondok Pesantren Al-Basyariyah didirikan pada tahun 1982 oleh Buya Drs. KH. Saeful Azhar, terletak di perkampungan yang pada zamannya merupakan tempat ulama ‘sohor’ di daerah Bandung Selatan, yaitu Eyang Cimindi keturunan Waliyullah Eyang Mahmud.

Pondok yang didirikan dari nol, kini telah menjelma menjadi sebuah lembaga pendidikan yang memiliki luas tanah sekitar 17 ha. Kamar santri yang asalnya hanyalah gubuk sederhana, kini berubah menjadi puluhan lokal asrama santri untuk kapasitas 2000 orang. Dengan izin Allah, dalam perjalanan perjuangannya pondok pesantren ini telah meluluskan para alumni yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat khususnya dan wilayah nusantara umumnya.

Pada saat ini Pondok Pesantren Al-Basyariyah telah memiliki empat kampus, yaitu:

1. Kampus 1 di Cibaduyut, Kota Bandung
2. Kampus 2 di Cigondewah Hilir, Margaasih, Kab. Bandung
3. Kampus 3 di Arjasari, Kab. Bandung
4. Kampus 4 di Cikungkurak, Caringin, Kota Bandung

Eksistensi Pondok Pesantren Al-Basyariyah sebagai lembaga pendidikan formal telah diakui oleh Negara sesuai dengan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2852 Tahun 2015 tentang penetapan status kesetaraan satuan pendidikan mu’adalah pada pondok pesantren dengan Madrasah Tsanawiyah/sederajat dan Madrasah Aliyah/sederajat, serta disetarakannya TMI Pondok Pesantren Al-Basyariyah dengan SMA Negeri sesuai SK MENDIKNAS Nomor 240/C/Kep/2003 dan telah diakreditasi dengan peringkat A berdasarkan SK penetapan hasil akreditasi BAP-S/M Nomor: 02.00/322/BAP-SM/XI/2010 sehingga ijazah yang dikeluarkan TMI Pondok Pesantren Al-Basyariyah sebagai tanda kelulusan bisa digunakan untuk salah satu kelengkapan persyaratan melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di dalam maupun luar negeri.

4. PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL QURAN ASSALAAM BANDUNG


Lokasi : Jl. Mandala VI No.132, Jatihandap, Kec. Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat 40193

Pondok Pesantren Assalam menargetkan santrinya dapat hafal Qur'an sejak usia Mts atau SMP. Pondok pesantren yang baru dibuka tahun 2013 lalu ini membagi fokus pada sekolah Al-Quran dan sekolah kurikulum Mts Nasional.

Pada tahun ini pondok tersebut bahkan sudah menjadi juara olimpiade fisika dan Tahfiz di tingkat Kota dan sedang mempersiapkan menuju tingkat Provinsi. Target santri di pondok tersebut minimal dapat mencapai 5 juz hafalan Al-Quran saat lulus.  "Target lulusan 30 juz, minimal 5 juz bisa hafal. Sekarang saja baru sudah ada yang hafal 10 juz, bahkan kelas 8 ada yang sudah 21 juz jadi mudahan-mudahan kelas 9 lulus bisa kejar 30 juz," ujar salah satu Pengasuh Ponpes Assalam, Dery Jamaludin Basari saat di temui dalam acara milad Alumni Haji Yayasan Assalam, di halaman Gedung Sate, Kota Bandung.

5. PONDOK PESANTREN MAHASISWA UNIVERSAL


Lokasi : Jl. Desa Cipadung No.01, RT.03/RW.08, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Nama Universal untuk pesantren ini diambil dari asal muasalnya tempat ini digunakan yaitu tempat seluruh kegiatan aktifis mahasiswa yang tergabung dalam berbagai macam ormas islam yang bersifat universal dan yang memiliki spirit  inklusif, empatik, dan toleran . hingga saat ini Ma’had Universal menjadi pesantren modern yang di naungi oleh yayasan pendidikan Suwargi Buwana Djati,Cirebon. Namun meski termasuk kedalam kategori pesantren modern, Ma’had Universal ini tidak meninggalkan tradisi pesantren salafi seperti masih diberlakukannya sistim mengkaji kitab klasik dengan cara sorogan dan balagan.

Hal tersebut dikarnakan latar belakang pendidikan agama pendiri sekaligus pengasuh PPMU ini adalah berasal dari pesantren salafi.

Materi pendidikan, PPMU memiliki karakter yang sangat menunjang bagi para santrinya yang selain menimba ilmu agama di pesantren tapi juga menempuh pendidikan umum di universitas, yang mana sebagian besar para pengajar PPMU adalah  seorang dosen dari UIN Bandung.

Selain asrama, PPMU memiliki sejumlah tempat atau fasilitas untuk menunjang kegiatan santri di pesantren yaitu satu kantor dan kamar untuk tamu, mitra usaha usaha mandiri yang berupa percetakan dan fotocopy, majlis ta’lim, kantin, televisi, dan jaringan wifi gratis.

6. PONDOK PESANTREN SUKAMISKIN


Lokasi : Sukamiskin, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293

Pondok Pesantren Sukamiskin yang didirikan oleh KH Raden Muhammad bin Alqo pada tahun 1881 M ini telah mampu mencetak berbagai alumni yang didistribusikan di berbagai pelosok. Tak sedikit dari alumni ini yang telah mendirikan pondok pesantren sebagai wadah ilmuwan yang diperolehnya selama di Sukamiskin. Wajar saja, karena pada persetujuan pesantren yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini merupakan pesantren disetujui di Bandung.

Tidak sedikit ulama-ulama dan para Kyai yang sekarang memiliki nama serta tanggung besar dalam masyarakat priangan khusus dan masyarakat Jawa Barat umumnya adalah hasil gemblengan dan ilmu gaib di Pondok Pesantren Sukamiskin.

Pondok Pesantren Sukamiskin berada di bawah pimpinan KH.R. Muhammad Alqo selama kurang lebih 29 tahun dari tahun 1881 M sampai dengan 1910 M atau tahun 1300 H sampai dengan 1329 H.

Dalam jangka waktu sekian ini ia berhasil mendidik siswa-siswanya sehingga menjadi ulama besar, sebagai salah satu dari pada murid beliau adalah yang menjadi Pahlawan Nasional KH Zainal Musthofa almarhum.

7. PONDOK PESANTREN AL-'ASHR AL-MADANI


Lokasi : Jl. Arcamanik, Sindanglaya, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40195

Pesantren Tahfidzul Qur`an Al-`Ashr Al-Madani dirancang sebagai pesantren yang menggunakan boarding school system berbasis pembinaan aqidah, akhlak karimah, dan ibadah praktis serta kurikulum yang berbasis pada kompetensi dalam nuansa Pesantren  Tahfidzul Qur’an yang khas.

Disamping itu, Pesantren Al-‘Ashr al-Madani yang bangunannya terdiri dari kayu jati yang ditanami ribuan pohon dengan berbagai jenis tanaman kayu dan buah-buahan, sehingga tetap terjaga kelestarian alam disekitarnya.

Selain itu fasilitas kolam ikan dan itik, sapi dan domba sekaligus sebagai ajang praktek ketrampilan santri dalam bidang perkebunan,pertanian,  pertenakan dan perikanan.

8. PONDOK PESANTREN ANNAJIYAH


Lokasi : Perumahan Griya Cempaka Arum, Jl. Utsman bin Affan No. 90, Rancanumpang, Gedebage, Rancanumpang, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Pesantren An Najiyah Bandung merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan An Najiyah Al Islamiyah Bandung. Pesantren ini berdiri pada tahun 2004 yang berorientasi pada kegiatan da’wah, pendidikan dan sosial yang berlandaskan Al Qur’an dan Sunnah menurut pemahaman Salafush shalih.

Seiring dengan kemajuan yang dicapai Pesantren An Najiyah (Putri), maka dilakukanlah pengembangan dengan membuka kelas baru khusus ikhwan (Putra) dengan nama Pesantren SABILUNNAJAH. Sambil mempersiapkan gedung baru berikut sarana dan prasarananya dilokasi yang baru seluas kurang lebih 1,2 ha, pada bulan Desember 2012 dibukalah pendaftaran santri baru untuk ikhwan dan Alhamdulillah pada bulan Juli 2013 angkatan pertama santri putra Sabilunnajah sudah beroperasi.

9. PONDOK PESANTREN MIFTAHUL FALAH


Lokasi : Jl. Gede Bage Selatan No.115, Derwati, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40295

Pondok pesantren Miftahul falah didirikan sudah sejak tahun 1930, hal ini didasarkan pada sebuah piagam berdirinya pondok pesantren Miftahul Falah yang didirikan oleh kyai haji Ahmad Syafii dengan tujuan supaya ada perkembangan pendidikan agama Islam untuk warga masyarakat Gede bage rancabolang dan meskipun pondok pesantren Miftahul falah ini sudah cukup lama berdiri tapi perkembangan dari pesantren Miftahul falah dinilai memiliki pengaruh dan masih tetap bertahan hingga saat ini.

Hal tersebut disebabkan karena adanya keunggulan keunggulan atau juga faktor yang dipunyai pondok pesantren ini sehingga bisa menjadi penunjang perkembangan pondok pesantren Miftahul falah hingga sekarang.

Yayasan pondok pesantren Miftahul falah ada madrasah Aliyah nya yaitu madrasah Aliyah Miftahul falah yang merupakan salah satu lembaga yang ada di bawah payung yayasan pendidikan Islam Miftahul falah dan sedangkan untuk madrasah Aliyah berdiri pada tahun 2014 dan berlokasi hanya ada di jalan Gedebage Selatan nomor 115 derwati Bandung Kota Bandung Jawa Barat.

10. PONDOK PESANTREN TERPADU AR-RAAID 


Lokasi : Kp. Cisalatri, Jl. A.H. Nasution Jl. Gg. Kujang No.65, RT.04/RW.05, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid menekankan terhadap Pembinaan Akhlak dan Pembentukan Karakter, terutama bagi mahasiswa agar dapat hidup berdampingan di masyarakat dengan adab, etika dan tutur kata yang sopan Selain itu, Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid merupakan pondok pesantren yang memadukan sistem salaf (Kitab Kuning) dengan pendidikan Modern (bahasa Arab dan Inggris) dan pendidikan Al-Qur'an sehingga memfasilitasi santri agar mampu berkompetensi dalam berbagai bidang.

Dengan posisi Pondok Pesantren Ar-raaid yang sangat dekat dengan kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, para santri juga Mahasiswa atau “Maha Santri” ini pun memiliki beberapa keuntungan. Para Mahasantri tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi untuk pergi ke kampus ataupun menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, karena dengan berjalan kaki pun hanya memerlukan waktu tempuh 5 sampai 7 menit untuk sampai ke gerbang UIN. Dengan ini para mahasantri pun dapat menghemat uang saku mereka dibandingkan dengan mahasiswa lainnya yang harus menghabiskan empat ribu sampai sembilan ribu setiap harinya untuk pergi ke kampus. Selain itu dengan berjalan kaki setiap hari, mereka secara langsung juga melakukan aktivitas fisik yang melatih kaki mereka berjalan hingga 15 menit setiap harinya.

11. PONDOK PESANTREN DARUSSURUR PUSAT


Lokasi : Lagadar, Kec. Margaasih, Bandung, Jawa Barat 40216

Pondok Pesantren darussurur merupakan pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1938 dengan pendirinya KH. Muhammad Yahya yang semula bertempat tinggal di kampong babakan utama kecamatan cimahi selatan, dan pada tahun 1985 pondok pesantren darussurur pindah lokasi ke desa lagadar kecamatan maargaasih kabupaten bandung.

Dengan management sederhana yang dimiliki oleh sesepuh pondok pesantren, ternyata pondok pesantren darussurur hingga tahun 2000 tidak hanya berdiri di desa lagadar saja melainkan berdiri cabang-cabang pesantren darussurur ke tempat lain di antaranya :

1. Pondok pessantren darussurur l, yaitu sebagai pondok pesantren darussurur pusat yang bertempat di kp.mencut desa lagadar kecamatan margaasih dengan dipimpin oleh kh.muhammad yahya.
2. Pondok pesantren darussurur ll, yang bertempat di kp.cibodas kelurahan utama kecamatan cimahi selatan dengan dipimpin oleh kh.abu hamid yahya.
3. Pondok pesantren darussurur lll, yang bertempat di kp. Panyaweyan kelurahan utama kecamatan cimahi selatan dengan dipimpin oleh kh.zainuddin.
4. Pondok pesantren darussurur lV, yang bertempat di kp.babakan kelurahan utama kecamatan cimahi selatan dengan dipimpin oleh ust.muhammad Husain.
5. Pondok pesantren darussurur V, yang bertempat di kp.babakan kelurahan utama kecamatan cimahi selatan yang dipimpin oleh ust.zainal abidin.

12. PONDOK PESANTREN AL - IHSAN


Lokasi : Jl. Cibiru Hilir No.23, RT.01/RW.02, Cibiru Hilir, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40626

Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan dimulai oleh kedatangan tiga orang alumni Pondok Modern Gontor, yaitu Ust. Mahrus As'ad, Ust. Dede Rohanda, dan Ust. Suismanto menghadap ke alumni senior yaitu Ust.KH.Ujang Muhammad HM yang kebetulan pada saat itu beliau sedang memimpin sebuah lembaga pendidikan umum (SMP/SMA) yang berada di J1. Denki Selatan V Kodya Bandung. Mereka bertiga mengutarakan maksud untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan Islam yang bernuansa Gontor dan berasrama penuh, yang tidak mengizinkan santrinya pulang pergi, sehingga mengganggu proses pendidikan dan pengajaran.

Dalam proses pindahnya Pondok Modern Al-Ihsan dari lokasi lama di Jln. Denki Selatan Kota Bandung ke lokasi baru di Komplek Masjid Agung Baleendah Kabupaten Bandung ini terdapat beberapa tokoh masyarakat yang memberikan bantuan sangat berharga. Di antaranya; Pertama, H. Lili Somanti, beliau adalah  mantan Bupati Kabupaten Bandung. Atas izin dan rekomendasi beliau Komplek Masjid Agung Baleendah dapat digunakan sebagai lokasi baru oleh Pondok Modern Al-Ihsan. Kedua, Drs. H. Bahrul Hayat (alm), beliau merupakan tokoh masyarakat di Baleendah dan juga Ketua DKM Masjid Agung Al-Muhajarin. Atas persetujuan beliau Masjid Agung Al-Muhajirin dapat digunakan sebagai pusat kegiatan para santri Pondok Modern Al-Ihsan.

Dengan adanya kepemimpinan kolektif yang terdiri dari tiga orang pemimpin, dibantu dengan pengurus harian yayasan serta para kepala sekolah dan guru-guru, pesantren Al-Ihsan Baleendah mengalami kamajuan yang cukup pesat, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Namun demikian, pesantren Al-Ihsan dituntut terus berkembang lebih maju dalam rangka memenuhi tuntutan zaman yang terus mengalami perubahan yang sangat cepat. Pesantren juga dituntut agar para alumnusnya mampu memenuhi tuntutan zaman, baik dalam ilmu agama, umum, akhlak, sains dan teknologi, sehingga mereka siap dan mampu menjadi motivator pembangunan masyarakat, di mana pun mereka berada.

13. PONDOK PESANTREN AL-WAFA


Lokasi : Jl. Cibiru Hilir No.46, Cibiru Hilir, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40626

Pondok Pesantren Al-Wafa’ merupakan pondok pesantren mahasiswa yang terletak di pinggir kota Bandung.
Pondok Pesantren khusus mahasiswa ini, mengajarkan ilmu-ilmu keislaman berlandaskan atas al-Quran dan Sunnah sesuai dengan pemahaman salafusshalih dan para ulama Ahlussunnah wal Jama'ah. Didirikan oleh Prof. Dr. KH. Rachmat Syafe'i, Lc., MA, pada tahun 2012.

Sejak didirikan hingga kini, pondok Al-Wafa’ diasuh oleh KH Rachmad Syafe’i dengan didampingi oleh istri beliau yakni Ibu Hj. Ai Farida Kamil. Beliau sekarang menjabat sebagai ketua MUI Jawa Barat dan juga diakui keilmuannya sebagai Guru Besar di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Model  pendidikan di Al-Wafa’ berusaha mengintegrasikan antara agama dan pendidikan umum, antara pesantren, keluarga, dan masyarakat dengan mengoptimalkan kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan harapan peserta didik menjadi manusia cerdas, berwawasan luas, kreatif, dan mandiri.

Itulah Deretan Pondok Pesantren Terbaik dan Populer di kawasan Bandung Jawa Barat.

No comments

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham