Inilah 6 Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Sumatera Barat Indonesia

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumateradengan Padang sebagai ibu kotanya. Sesuai dengan namanya, wilayah provinsi ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.


Provinsi Sumatera Barat memiliki jumlah penduduk mencapai 5.131.900 jiwa di tahun 2017.

Berikut ini kami telah merangkum daftar Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Sumatera Barat Indonesia berdasarkan jumlah penduduk :

1. Kabupaten Agam

Kabupaten Terbesar dan Terpadat Pertama ialah Kabupaten Agam.
Kabupaten Agam merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Pada tahun 2017 kabupaten Agam berpenduduk mencapai sekitar 524.906 jiwa. Dan menjadi Kabupaten Terbesar serta Terpadat di Provinsi Sumatera Barat.

Penamaan kabupaten ini dengan nama kabupaten Agam, didasari oleh Tambo, di mana sebelumnya beberapa nagari yang berada dalam kawasan kabupaten ini sekarang, dahulunya dikenal juga dengan nama Luhak Agam.

Kata agam dalam bahasa Minang hanya untuk merujuk kepada nama suatu kawasan, namun jika dirujuk dari bahasa Ibrani (agam, אגם), dapat bermaksud dengan danau atau kolam atau rawa-rawaserta juga dapat serumpun dengan kata agamon yang berarti alang-alang.

Saat ini, perekonomian kabupaten Agam dibentuk oleh sektor pertanian, perkebunandan kehutanan, perikanan, pertambangan, pariwisata dan industri. Kontribusi sektor-sektor tersebut cukup signifikan bagi kehidupan sosial budaya masyarakat di kabupaten Agam dan hal ini juga disokong dengan selesainya pembangunan tiga buah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Maninjau atau PLTA Maninjau dan dua buah PLTA di Batang Agam sebagai salah satu sumber energi listrik.

2. Kabupaten Pesisir Selatan

Kabupaten Terbesar serta Terpadat kedua yaitu kabupaten Pesisir Selatan. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan tahun 2017 memiliki jumlah penduduk ±518.265 jiwa. Ibu kota kabupaten ini ialah Painan.

Sebagian besar penduduk Pesisir Selatan bergantung pada sektor pertanian tanaman pangan, perikanan dan perdangan. Sementara sumber daya potensial lainnya adalah pertambangan, perkebunan dan pariwisata.

Sektor perkebunan terutama perkebunan sawit mulai berkembang pesat sejak sepuluh tahun terakhir, yang berlokasi di Kecamatan Pancung Soal, Basa Ampek Balai dan Lunang Silaut. Melibatkan beberapa investor nasional dengan pola perkebunan inti dan plasma. Sebuah industri pengota minyak sawit CPO kini sudah berdiri di Kec. Pancung Soal, dengan kapasitas produksi sebesar 4.000 ton per hari.

3. Kabupaten Padang Pariaman

Kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-3 yaitu kabupaten Padang Pariaman. Padang Pariaman adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.328,79 km² dan pada tahun 2017 kabupaten ini memiliki jumlah penduduk mencapai sekitar 462.125 jiwa.

Ibukota Kabupaten Padang Pariaman adalah Parit Malintang. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) no 79 tahun 2008 tanggal 30 Desember 2008 tentang pemindahan ibu kota kabupaten Padang Pariaman dari Kota Pariaman ke Nagari Parit Malintang di kecamatan Enam Lingkung.

4. Kabupaten Pasaman Barat

Kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-4 yaitu kabupaten Pasaman Barat. Kabupaten Pasaman Barat adalah salah satu kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia.

Kabupaten ini memiliki jumlah penduduk mencapai sekitar 428.641 jiwa dengan luas wilayah sekitar 3.864,02 km2.

Daerah ini dibentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Pasaman berdasarkan UU No.38 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003, dengan ibu kota kabupaten di Simpang Ampek. Potensi terbesar Pasaman Barat terletak pada sektor perkebunan kelapa sawit, jeruk, salak, karet, kopi dan cocoa.

Daerah-daerah penting di Pasaman Barat antara lain Simpang Ampek, Sasak, Kinali, Talu, Air Bangis, Silaping, Ujung Gading, Muara Kiawai, Sungai Aur, Parit, Paraman Ampalu, Sikabau, Pulau Panjang, Cubadak, Simpang Tonang, Simpang Tiga Andilan, Desa Baru, Sigantang dan lain-lain.

5. Kabupaten Solok

Kabupaten Terbesar dan Terpadat selanjunya adalah Kabupaten Solok. Kabupaten Solok adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Pada tahun 2017 Jumlah penduduk di kabupaten ini mencapai sekitar 375.801 jiwa dengan luas wilayah sekitar 3.738 km2.

Kabupaten ini juga merupakan salah satu sentra produksi beras terbesar di Sumatera Barat, yang dikenal dengan nama Bareh Solok.
Sebagai sentra produksi padi di Sumatera Barat, pada tahun 2010 areal sawah terluas di Kabupaten Solok berada di Kecamatan Gunung Talang, kemudian diikuti oleh Kecamatan Kubung, dan Kecamatan Bukit Sundi. Kecamatan-kecamatan lain luas areal sawahnya masih di bawah angka 3000 Ha.

6. Kabupaten Limapuluh Kota

Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Sumatera Barat berikutnya adalah Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Lima Puluh Kota adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sarilamak. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.354,30 km2 dan pada tahun 2017 kabupaten ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 374.067 jiwa.

Kabupaten ini terletak di bagian timur wilayah provinsi Sumatera Barat atau 124 km dari Kota Padang, ibu kota provinsi.

Itulah daftar Kabupaten Terbesar serta Terpadat di Provinsi Sumatera Barat Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 6 Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Sumatera Barat Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel