Inilah 7 Universitas Terbaik dan Terbesar di Kota Makassar Sulawesi Selatan

Kota Makassar ( dikenal sebagai Ujung Pandang) adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Makassar merupakan kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur dan pada masa lalu pernah menjadi ibukota Negara Indonesia Timur dan Provinsi Sulawesi.

Di Kota Makassar memiliki tingkat Pendidikan yang cukup Tinggi. Terbukti dengan banyaknya Perguruan Tinggi (Universitas) Negeri maupun Swasta yang berada di wilayah ini.

Berikut ini adalah daftar Perguruan Tinggi (Kampus) Terbaik dan Terkenal di Kota Makassar Sulawesi Selatan :

1. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR


Lokasi : Gunungsari Baru Campus, Jl. AP Pettarani, Tidung, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222

Kampus ini Didirikan pada 1 Agustus 1961 sampai dengan 31 Agustus 1964, berstatus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hasanuddin, berdasarkan SK Menteri PTIP No. 30 Tahun 1964 Tanggal 1 Agustus 1961.

Pada 1 September 1964 sampai dengan Januari 1965 berstatus IKIP Yogyakarta cabang Makassar, berdasarkan SK Menteri PTIP No. 154 Tahun 1965 Tanggal 1 September 1965. serta pada 5 Januari sampai dengan 3 Agustus 1999, berstatus mandiri dengan nama IKIP Makassar, berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 272 Tahun 1965 tanggal 5 Januari 1965.

Pada fase ini, sejak 1 April 1972, IKIP Makassar berubah menjadi IKIP Ujungpandang dengan mengikuti perubahan nama Kotamadya Makassar menjadi Kotamadya Ujungpandang.

Pada 4 Agustus 1999 sampai sekarang berstatus Universitas dengan nama Universitas Negeri Makassar (UNM) berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999. Sampai pertengahan tahun 2011, jumlah prodi D3 9 sebanyak prodi S1 sebanyak 58, prodi S2 sebanyak 12 sebanyak dan prodi S3 sebanyak 5.

Fasilitas :

Fasilitas Umum

Beberapa sarana dan fasilitas umum yang diperlukan dan tersedia di kampus UNM antara lain Poliklinik, BNI Kantor Kas Pembantu UNM, Bank Mandiri Kantor Kas UNM, Auditorium, Masjid, tempat ibadah, Asrama mahasiswa, Guest House, sarana olahraga dan kesenian, kafetaria, kantin, toko dan koperasi, tempat parkir, Wartel.

Poliklinik

Layanan terhadap pemakai jasa medis ditangani oleh 3 dokter umum, 1 dokter ahli penyakit jantung , 1 orang perawat, 1 orang perawat bidan, 1 orang asisten apoteker, 1 orang perawat gigi, 1 orang tenaga Lab, 1 orang tenaga administrasi dan 1 orang tenaga pembersih. Layanan dokter dilakukan tiap hari kerja pada pukul 11.30 – 13.00; untuk pelayanan khusus penyakit jantung pada hari Senin pukul 11.00 - 13.00, dan layanan lainnya pada pukul. 08.30 – 15.00. Jenis layanan yang dapat diperoleh antara lain: kesehatan umum, dan surat keterangan dokter untuk keperluan adminisrasi bagi mereka yang memerlukan.

Masjid Nurul Ilmi

Di lingkungan kampus UNM Gunungsari Baru terdapat masjid Nurul Ilmi yang luasnya sekitar 850 m2. Pembangunan mesjid ini merupakan hasil swadaya warga UNM dan sumbangan dari pemerintah. Di kampus Banta-Bantaeng terdapat mushallah yang luasnya 30 m2, dan untuk kampus Parangtambung terdapat juga sebuah masjid.

Asrama Mahasiswa

Untuk menampung mahasiswa yang kurang mampu, maka UNM Makassar menyiapkan asrama mahasiswa. Asrama mahasiswa tersebut masing-masing ditempatkan di Kampus III Banta-Bantaeng, Kampus UPP PGSD Tidung, UPP PGSD Pare-Pare, dan UPP PGSD Bone.

Auditorium/Aula

UNM mempunyai 1 buah auditorium yang diberi nama Auditorium Amannagappa yang luasnya 2430 m2 dan aula Lanto Dg. Pasewang yang luasnya 427 m2. Kedua gedung pertemuan tersebut difungsikan sebagai tempat kegiatan sivitas akademika di lingkungan UNM bahkan dapat dipinjamkan kepada masyarakat yang membutuhkan pemakainnya.

Sarana Olahraga

Untuk sarana Olagraga UNM sudah banyak menyiapkan pada beberapa kampus yang tersebar di beberapa tempat yang terpisah, masing-masing pada Kampus Gunungsari terdapat sarana olahraga berupa beberapa lapangan tennis, lapangan bulu tangkis dan lapangan bola volli yang setiap hari dipergunakan oleh sivitas akademik. Sedangkan pada Kampus III Banta-bantaeng terdapat banyak sarana olahraga berupa stadion sepak bola, kolan renang, gedung olahraga, ring tinju dan gedung latihan senam.

Sarana Kesenian

Sarana pentas seni drama bagi mahasiswa seni sebagai media pengembangan minat, bakat dan kreasi seni mahasiswa yang terletak di Kampus II UNM Parangtambung.

Koperasi Karyawan

Di lingkungan UNM didirikan koperasi pegawai negeri yang dinamakan Koperasi Karyawan (Lokal) KPN UNM yang anggotanya terdiri dari dosen dan tenaga administrasi. Jumlah anggota KPN UNM 11.85 orang. Bidang usaha yang dioperasikan mencakup dua bidang yaitu simpan pinjam dan cicilan barang, kebutuhan – kebutuhan pokok dan foto copy.Yayasan PembinaSelain KPN UNM, dibentuk pula yayasan pembina kesejahteraan UNM. Dan bidang usahanya memberikan simpan pinjam kepada pegawai negeru UNM dengan bunga yang rendah. Juga memberikan cicilan barang-barang elektronika kepada pegawai negeri UNM.

Ikatan Alumni

Untuk menjalin hubungan antar alumni UNM, maka dibentuk Ikatan Alumni UNM Makassar, dan gedung alumni bertempat di lingkungan kampus Parang Tambung.

Universitas Negeri Makassar, memiliki 9 Fakultas yaitu :

  1. Fakultas Ilmu Sosial
  2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakultas Ilmu Keolahragaan
  5. Fakultas Ilmu Pendidikan
  6. Fakultas Bahasa dan Sastra
  7. Fakultas Psikologi
  8. Fakultas Ekonomi
  9. Fakultas Seni dan Desain

2. UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR

Lokasi : Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10, Tamalanrea Indah, Tamalanrea, Tamalanrea Indah, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245

Universitas Hasanuddin, yang disingkat UNHAS, merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 10 September 1956.

Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hattamasih menjadi Wakil Presiden. Kampus Unhas semula dibangun di Baraya atau Kampus Baraya.

Namun, awal tahun 1980-an, ketika Rektor dijabat Prof. Dr. Ahmad Amiruddin, Kampus Unhas dipindahkan ke Tamalanrea, karena Kampus Baraya sudah berada di tengah kota.

Kini Kampus Unhas menempati areal seluas 220 hektare di Tamalanrea dengan berbagai fasilitas. Sejak akhir tahun 2006, Fakultas di Universitas hasanuddin bertambah 1 yang merupakan pemekaran dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan yaitu Fakultas Kehutanan.

Saat ini telah dikembangkan kampus baru UNHAS yang dikhususkan untuk Fakultas Teknik, yang terletak di bekas pabrik kertas Gowa di Kabupaten Gowa. Kampus baru ini mulai dipergunakan sejak tahun 2006 walaupun masih dalam tahap renovasi dan pembangunan gedung dan pengadaan fasilitas.

Pada tahun ini, Universitas Hasanuddin memasuki tantangan sekaligus harapan yang baru, pasalnya UNHAS mulai menjalankan penuh statusnya sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) yang sebelumnya sejak tahun lalu UNHAS telah menguji coba sistem tersebut yang sudah diamanahkan Pemerintah bersama belasan PTN lainnya.

Universitas Hasanuddin memiliki 14 fakultas yang terdiri dari 10 fakultas eksakta dan 4 fakultas non-eksakta, yaitu:

Fakultas Eksakta
  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Kedokteran Gigi
  3. Fakultas Farmasi
  4. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  5. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  6. Fakultas Teknik
  7. Fakultas Kehutanan
  8. Fakultas Peternakan
  9. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan
  10. Fakultas Pertanian

Fakultas Non-Eksakta
  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  3. Fakultas Ilmu Budaya
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

3. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Lokasi : Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221

Universitas Muhammadiyah Makassar, Unismuh Makassar, adalah salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah yang merupakan amal usaha Muhammadiyah dalam mengembangkan pendidikan khususnya pada jenjang pendidikan tinggi.

Universitas Muhammadiyah Makassardidirikan oleh Pemimpin Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan dan Tenggara sebagai hasil karya Panitia Pendiri yang dibentuk pada Musyawarah Wilayah Sulawesi Selatan dan Tenggara ke 24 di Kabupaten Watan Soppeng pada tanggal 5 September 1962, dengan Fakultas Ilmu Penelitian.

Pada tahun 1966 – 1967, Universitas Muhammadiyah Makassar memindahkan Pusatnya ke Makassar dengan menempati gedung Sekolah China yang pada tahun 1966.

Dalam perkembangannya, Universitas Muhammadiyah Makassar memulai pembinaannya dengan dua Fakultas yakni Fakultas Ilmu Pendidikan yang kurikulumnya mengacu IKIP (sekarang Universitas Negeri Makassar ), dan Fakultas Agama Islam denagn kurikulum IAIN (sekarang UIN).

Sejak berdirinya hingga saat ini, telah meluluskan alumni sebanyak 14.670 orang Sarjana, Akta, Diploma dan Pascasarjana. Sampai saat ini memiliki sejumlah 13.037 orang, dengan membina Tiga Program Pascasarjana, 6 Fakultas, 24 program studi jenjang Strata satu, Akta III & IV Serta Diploma Dua.

Program Studi dan Fakultas diantaranya yaitu :

  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis 
  4. Fakultas Agama Islam 
  5. Fakultas Teknik 
  6. Fakultas Pertanian 
  7. Fakultas Kedokteran 
  8. Program Pascasarjana

4. UNIVERSITAS BOSOWA MAKASSAR

Lokasi : Jl. Urip Sumoharjo KM.4, Sinrijala, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231

Universitas Bosowa adalah perguruan tinggi swasta di Makassar yang sebelumnya bernama Universitas "45" Makassar, Indonesiayang didirikan pada 09 Desember 1985.

Universitas Bosowa Makassar berkomitmen untuk membina Insan Muda menjadi Generasi-Generasi Emas yang mampu membawa Banyak Perubahan Positif dalam lingkungan sosialnya.

Pada awalnya, Universitas Bosowa didirikan pada tanggal 9 Desember 1985 dengan nama Universitas "45" Makassar dan mendapat izin operasional dari Kopertis Wilayah IX pada tanggal 13 Juni 1986. Selama tiga puluh tahun, Universitas "45" Makassar berada di bawah naungan Yayasan Andi Sose. Kemudian pada tahun 2015, bertranformasi menjadi Universitas Bosowa di bawah naungan Bosowa Corporation.

Program Studi dan Fakultas diantaranya :

  1. Fakultas Kedokteran 
  2. Fakultas Teknik 
  3. Fakultas Hukum 
  4. Fakultas Sastra 
  5. Fakultas Psikologi 
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
  7. Fakultas Ekonomi 
  8. Fakultas Sosial dan Ilmu Politik
  9. Fakultas Pertanian

5. UNIVERSITAS ATMA JAYA MAKASSAR

Lokasi : Jalan Tanjung Alang No.23, Maccini Sombala, Tamalate, Maccini Sombala, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90224

Universitas Atma Jaya Makassar adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Makassar yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Atma Jaya Makassar pada tanggal 9 Juni 1989. Universitas Atma Jaya Makassar juga merupakan anggota APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik).

Universitas Atma Jaya Makassar sebagai lembaga pendidikan tinggi yang dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Atma Jaya, didirikan dengan Akta Notaris Joost Dumanauw No. 17 tanggal 9 Juni 1980 (yang kemudian diperbaharui dengan akta Notaris Sitske Limowa No. 69 tanggal 14 Februari 1985).

Dengan dasar ini Panitia Pendiri Universitas Atma Jaya Makassar yang dikoordinasikan oleh Prof. Dr. C. Salombe dan Prof. Teng Tjin Leng melakukan persiapan dan upaya perwujudan pendirian Universitas Atma Jaya Makassar.

Berkat kerja keras Panitia, dan restu Wali Gereja KAUP Makassar, Mgr. Dr. Frans van Roessel serta dukungan berbagai pihak termasuk Pemerintah Daerah, Universitas Atma Jaya Makassar mulai tahun akademik 1981/1982, berdasarkan Surat Koordinator Kopertis Wilayah VII No. 085/1981 tanggal 14 Juli 1981, memulai kegiatan akademiknya.

Universitas Atma Jaya Makassar memiliki 6 Fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Ekonomi 
  2. Fakultas Hukum 
  3. Fakultas TeknikMesin 
  4. Fakultas Pertanian (
  5. Fakultas Teknologi Informasi 
  6. Fakultas Psikologi

6. POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG MAKASSAR

Lokasi : Jongaya, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Politeknik Negeri Ujung Pandang atau biasa disingkat PNUP adalah sebuah perguruan tinggi negeri vokasi yang terdapat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Sebelumnya perguruan tinggi ini merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin (Unhas) sehingga bernama Poiteknik Universitas Hasanuddin yang didirikan pada tahun 1987.

Pada tahun akademik 1996/1997, Politeknik Universitas Hasanuddin memisahkan diri dari Universitas Hasanuddin dan berdiri sendiri serta berganti nama menjadi Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Politeknik memiliki 2 buah kampus, yaitu Kampus I Tamalanrea dan Kampus II BTP. Kampus I terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10, sedangkan Kampus II terletak di Jl. Tamalanrea Raya (BTP).

Pada saat ini, Kampus II Politeknik Negeri Ujung Pandang masih dalam tahap proses pembangunan, terkhusus pada gedung Jurusan Akuntansi, Jurusan Administrasi Niaga/Bisnis dan Jurusan Teknik Elektro telah difungsikan sebagai tempat perkuliahan mulai tahun 2014.

Program Studi dan Jurusan :

  1. Jurusan Teknik Sipil 
  2. Jurusan Teknik Elektro 
  3. Jurusan Teknik Kimia 
  4. Jurusan Teknik Mesin 
  5. Jurusan Akuntansi 
  6. Jurusan Administrasi Bisnis

7. UNIVERSITAS FAJAR MAKASSAR

Lokasi : Jl. Prof. Abdurahman Basalamah No.101, Karampuang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231

Universitas Fajar adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Makassar di bawah naungan Yayasan Pendidikan Fajar Ujungpandang, dan di bawah koordinasi Kopertis Wilayah IX Sulawesi.

Meskipun Universitas ini masih tergolong muda (didirikan pada tanggal 8 Agustus 2008) tetapi kehadirannya disambut baik oleh masyarakat, terbukti dengan meningkatnya jumlah mahasiswa baru yang diterima dari tahun ke tahun.

Kehadiran Universitas Fajar sebagai salah satu lembaga pendidikan membawa angin segar bagi dunia pendidikan itu sendiri, hal ini dikatakan karena konsep pendidikan yang diterapkan menyeimbangkan antara teori dan praktik, dengan demikian luaran perguruan tinggi ini siap diterjungkan ke dunia kerja sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Universitas Fajar (UNIFA) saat ini mengasuh 12 Program Studi masing-masing:

  • Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
  • Program Studi Akuntansi (D3)
  • Program Studi Akuntansi (S1)
  • Program Studi Manajemen (S1)
  • Program Studi Hubungan Internasional (S1)
  • Program Studi Sastra Inggris (S1)
  • Program Studi Binawisata (D3)
  • Program Studi Teknik Elektro (S1)
  • Program Studi Teknik Arsitek (S1)
  • Program Studi Teknik Sipil (S1)
  • Program Studi Teknik Kimia (S1)
  • Program Studi Teknik Mesin (S1).

Itulah daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Populer di kota Makassar Sulawesi Selatan.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 7 Universitas Terbaik dan Terbesar di Kota Makassar Sulawesi Selatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel