11 Daftar Universitas Terbaik dan Terbesar di Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah provinsi dangan jumlah penduduk yang cukup besar.
Di Jawa Tengah sendiri terdapat banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta yang terdapat di beberapa daerah.

Berikut kami rangkumkan 11 universitas terbaik dan Populer di Provinsi Jawa Tengah :

1. Universitas Diponegoro

Lokasi : Jl.Prof.H.Soedarto, S.H.Tembalang, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275


Universitas Diponegero atau sering disebut UNDIP merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik Indonesia saat ini. UNDIP sendiri terletak di kota Semarang dan sekitarnya. Lokasi kampusnya sendiri tersebar di kota Semarang dan Jepara serta terbagi menjadi 7 titik lokasi.

Sejak awal berdiri hingga sekarang, Universitas Diponegoro telah memiliki 11 Fakultas dan satu program pasca sarjana, dengan rincian 21 Program Studi Diploma III (D3), 49 Program Studi Sarjana (S1), 35 Program Studi Magister (S2), 18 Program Pendidikan Dokter Spesialis, 3 Program Profesi dan 13 Program Studi Doktor (S3).

2. Universitas Sebelas Maret

Lokasi : Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126


Universitas Sebelas Maret ini sering sekali disingkat dengan UNS. Sayangnya banyak orang yang keliru mengartikan singkatan ini sebagai Universitas Negeri Solo atau Surakarta. Ini karena letak UNS yang berada di Surakarta atau Solo. Perguruan tinggi negeri yang berdiri sejak tahun 1976 ini menawarkan 10 fakultas mulai dari bidang seni rupa hingga hukum.

3. Universitas Negeri Semarang

Lokasi : Jalan Sekaran, Sekaran, Gunung Pati, Sekaran, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229


Universitas Negeri Semarang atau UNNES adalah perguruan tinggi negeri yang mayoritas kampusnya terletak di Semarang. Ya, 4 dari 5 kampus UNNES memang terletak di wilayah kota Semarang namun ada juga satu kampus yang terletak di kota Tegal.

Kampus yang ada di kota Tegal ini dikhususkan untuk program studi PGSD saja. Sedangkan program studi lainnya lebih banyak dipusatkan di kota Semarang.

4. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Lokasi : Jalan A. Yani, Pabelan, Kartasura, Pabelan, Kartasura, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57162


Universitas Muhammadiyah Surakarta atau yang disingkat UMS ini terletak di karisidenan Surakarta, tepatnya di wilayah Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Universitas yang didirikan sejak tahun 1958 ini mempunyai 12 fakultas program sarjana. Tidak cuma itu, UMS juga memiliki fakultas untuk program pascasarjana S2 dan S3.

5. Universitas Jendral Soedirman

Lokasi : Jl. HR Boenyamin 708, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53122


Nama Universitas Jendral Soedirman atau UNSOED memang diambil dari salah satu pangima besar sekaligus pahlawan nasional Indonesia. Hal ini bukannya tanpa alasan, nama itu dipilih karena letak universitas ini adalah daerah Banyumas tempat Jendral Soedirman dilahirkan.

Tepatnya universitas ini berada di kaki Gunung Slamet, Purwokerto, Banyumas. Kampus yang terkenal sejuk ini memiliki total 14 fakultas untuk program D3, S1, S2, dan juga S3.

6.  Universitas Pancasakti Tegal

Lokasi : Jl. Halmahera KM. 01, Mintaragen, Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121


Universitas Pancasakti Tegal atau sering disingkat UPS Tegal adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berkedudukan di Kota Tegal.

Universitas ini adalah salah satu universitas yang cukup tua di Indonesia, yaitu berdiri pada tanggal 1 Maret 1980. Universitas yang semula bernama Universitas Pancasila Tegal ini menawarkan berbagai program studi dari jenjang D3, S1, hingga S2.

7. Universitas Kristen Satya Wacana

Lokasi : Jalan Diponegoro No.52-60, Salatiga, Sidorejo, Salatiga, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711


Universitas Kristen Satya Wacana atau yang sering disingkat UKSW adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia, didirikan pada tahun 1956. Universitas yang terletak di kota Salatiga ini juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Dengan 15 Fakultas, UKSW terbagi menjadi 5 kampus yang semuanya berada di kota Salatiga.

8. Universitas Dian Nuswantoro

Lokasi : Jln. Imam Bonjol No. 207, Pindrikan Lor, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50131


Universitas Dian Nuswantoro atau yang lebih sering disebut dengan UDINUS ini terletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas yang dinaungi yayasan Dian Nuswantoro ini merupakan gabungan dari beberapa sekotah tinggi di Semarang pada tahun 2001.

Ini juga yang kemudian membuat UDINUS mempunyai banyak program studi dari berbagai bidang ilmu. Mulai dari Ilmu Komputer, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Budaya, Ilmu Kesehatan, dan Teknik. Di UDINUS sendiri kita tidak hanya menemui program studi S1 saja, tapi juga program studi pascasarjana alias S2.

9. Universitas Islam Sultan Agung

Lokasi : Terboyo Wetan, Genuk, Terboyo Kulon, Genuk, Semarang, Jawa Tengah


Universitas Islam Sultan Agung atau yang disingkat UNISSULA ini adalah salah satu World Class Islamic Cyber University. Universitas yang terkenal dengan moto besarnya “ Bismillah Membangun Generasi khaira Ummah” ini juga merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan terbesar di Jawa Tengah.

Nilai-nilai keislaman merupakan dasar dan bahkan menjadi ruh dari UNISSULA. Tapi hal itu bukan berarti semua program studinya tentang keislaman. Buktinya, UNISSULA memiliki 35 program studi jenjang Diploma (DIII), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) mulai dari ilmu kedokteran sampai teknik.

10. Universitas Katolik Soegijapranata

Lokasi : Jl. Pawiyatan Luhur IV No.1, Bendan Dhuwur, Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50235


Universitas Katolik Soegijapranata ini terletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas ini juga tercatat sebagai salah satu perguruan tinggi Katolik terkemuka di Indonesia yang berada di bawah naungan Yayasan Sandjojo yang terafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang (Archdiocese of Semarang). Hingga saat ini Unika Soegijapranata mengelola 18 Program Studi Sarjana, 1 Program Studi Diploma III, dan 8 Program Magister.

Unika Soegijapranata ini juga memiliki jaringan kerjasama yang luas baik di dalam maupun di luar negeri. Kerjasama yang terjalin meliputi: memorandum of understanding, student and faculty exchange, scholarships, value sharing, serta international conference participation. Dengan kerjasama yang luas kayak gitu, pastinya para mahasiswanya juga didorong buat lebih berprestasi.

11. Universitas Negeri Tidar Magelang

Lokasi : Jl. Kapten Suparman No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116


Yang selanjutnya yaitu Universitas Negeri Tidar atau UNTIDAR adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Magelang, dan termasuk perguruan tinggi terbaik di provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Pada saat pendiriannya, UNTIDAR terdiri dari lima fakultas yang membawahi tujuh jurusan yaitu Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Ekonomi Umum; Fakultas Sastra dan Kebudayaan dengan Jurusan Sastra Inggris; Fakultas Teknik dengan Jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil; Fakultas Pertanian, Jurusan Pendidikan Ahli Farming; serta Fakultas Sospol dengan Jurusan Administrasi Negara.

Satu tahun kemudian, Fakultas Sastra dan Kebudayaan berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan berkembang menjadi dua jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sejak 2011 ini status Universitas Tidar Magelang telah diubah yang semula perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri.

Itulah daftar Universitas Terbaik dan Populer di Provinsi Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk "11 Daftar Universitas Terbaik dan Terbesar di Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel