Kabupaten dan Kota paling Maju di Jawa Timur

Kali ini kami akan membahas mengenai daerah paling Maju yang berada di Provinsi Jawa Timur tahun 2018 berdasarkan Segi Pembangunan, Industri, Pariwisata dan Pendidikan.

Kami mengambil informasi dari berbagai sumber sehingga kami dapat membuat tulisan di bawah ini.
Informasi ini sewaktu-waktu dapat berubah mengikuti perkembangan wilayah yang bersangkutan.
Berikut langsung saja kita simak :

1. KOTA SURABAYA



Kota Surabaya terkenal sebagai “Kota Pahlawan” karena perjuangan rakyat Surabaya untuk mempertahankankan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 10 November 1945.

Kota Surabaya juga merupakan pusat perdagangan, industri, bisnis, dan pendidikan di Jawa Timur. Surabaya memiliki sebuah bandara udara, yaitu Bandara Internasional Juanda serta memiliki dua pelabuhan, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Ujung.

Letak Kota Surabaya sangat strategis, yaitu terletak di tengah-tengah wilayah Indonesia. Hal ini menjadikan Kota Surabaya sebagai salah satu jalur perdagangan di Asia Tenggara yang sangat penting.

Surabaya merupakan kawasan yang paling pesat dalam pembangunan perekonomiannya dan salah satu kota termaju di Indonesia. Industri-industri yang berkembang di Surabaya meliputi :

galangan kapal, alat berat, pengolahan makanan, elektronik, kerjainan tangan, serta perabotan rumah tangga.

Surabaya pernah mendapatkan Penghargaan Internasional, diantaranya adalah :

- Japan Housing Associations
- IYSH Matsushita Award (1988)
- UNEP Award (1990)
- UNCED Local Government Honour Programme (1922)
- The World Habitat Award (1992)
- Citynet Kategori Kota Partisipasi Terbaik Se-Asia Pacifik (2012)
- Asian Townscape Sector Award (2013)
- Future Gov Award (2013)
-Socrates Award Kategori City of The Future (2014)


2. KOTA MALANG



Kota paling Maju berikutnya adalah Malang, kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota Malang berada di kawasan dataran tinggi sehingga suasana di kota ini sangat dingin.

Malang juga dikenal sebagai kota pelajar. Karena kota ini memiliki banyak universitas dan politeknik negeri maupun swasta yang terkenal dan terkemuka di Indonesia. Sehingga menjadi kota favorite bagi pelajar untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Perekonomian di kota ini ditunjang oleh berbagai sektor seperti industri, perdagangan, jasa, dan pariwisata. Di bidang pariwisata, suhu kota Malang yang sangat dingin membuat para wisatawan baik domestik maupun mancanegara tertarik untuk mengunjungi kota ini.

Selain itu Kota Malang juga pernah meraih penghargaan antara lain :

- adipura
- adiwiyata
- adipura kencana
- wahana tata nugraha dan lain sebagainya.


3. KOTA KEDIRI


Kota Termaju selanjutnya adalah Kota KEDIRI, Kediri merupakan kota terbesar ke-3 di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kediri ini merupakan pusat perdagangan utama untuk gula Indonesia dan industri rokok. 


Kota Kediri dinobatkan sebagai peringkat pertama Indonesia Most Recommended City for Investment pada tahun 2010.
Kediri merupakan salah satu Wilayah Paling Penting di Indonesia. Karena termasuk Tempat paling bersejarah di Nusantara. Dalam bidang Pariwisata dan Pendidikan Kediri juga lebih Unggul mewakili wilayah Jawa Timur di bagian Barat. Pembangunan di Kediri juga semakin maju tiap tahunnya.

Kota Kediri juga mendapatkan penghargaan sebagai berikut :

- Kota Sehat- Kota Adipura- Wahana Tata Nugraha ( WTN )- PWI Jatim Award

4. KABUPATEN JEMBER



Selanjutnya Kabupaten JEMBER, Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur.
Dalam segi Pendidikan Jember masih Baru Berkembang, namun perkembangannya cukup pesat. Di bidang Pariwisata di wilayah ini juga cukup banyak.

Penghargaan Kota JEMBER adalah :

-Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2016
- kota Adipura

5. KOTA MOJOKERTO



Kabupaten Mojokerto merupakan bagian Provinsi Jawa Timur, letaknya yang strategis tidak terlalu jauh dari ibu kota provinsi Jawa Timur. Membuat kota ini sering kali dijadikan sebagai tempat wisata bagi para pelancong luar daerah yang berkunjung ke tempat ini. Di Mojokerto juga banyak pabrik Industri yang beroperasi. Tempat wisata di Mojokerto juga tidak kalah dengan tempat-tempat lain.

Penghargaan yang diraih kota Mojokerto adalah :

- Kota Sehat
- Kota Adipura

Demikian penjelasan mengenai Kota paling Maju di wilayah Jawa Timur.
Jika ada yang kurang, silahkan berkomentar. Kritik dan sarannya kami sediakan di kolom komentar yang ada di bawah.

Terima Kasih...!!

Belum ada Komentar untuk "Kabupaten dan Kota paling Maju di Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel