Daftar 6 Kota Terbesar dan Terpadat di Provinsi Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat terdiri atas 18 kabupaten dan 9 kota. Ibu kotanya adalah Bandung.
Beberapa merupakan kota inti, dan lainnya berkembang sebagai kota satelit bagi kota inti yg lebih besar di dekatnya.

Berikut kita akan membahas kota-kota paling Besar di wilayah Jawa Barat berdasarkan Jumlah Penduduk dan Perkembangan Ekonomi di provinsi Jawa Barat Indonesia :.

1. KOTA BANDUNG


Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. Sedangkan wilayah Bandung Raya (Wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila.

Di kota ini tercatat berbagai sejarah penting, di antaranya sebagai tempat berdirinya sebuah perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia (Technische Hoogeschool te Bandoeng - TH Bandung, sekarang Institut Teknologi Bandung - ITB), lokasi ajang pertempuran pada masa kemerdekaan, serta pernah menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika 1955, suatu pertemuan yang menyuarakan semangat anti kolonialisme, bahkan Perdana Menteri IndiaJawaharlal Nehru dalam pidatonya mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kotanya Asia-Afrika.

Pada tahun 1990 kota Bandung terpilih sebagai salah satu kota paling aman di dunia berdasarkan survei majalah Time.

Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner.

Pada tahun 2017 jumlah penduduk di kota Bandung mencapai sekitar 2,490,622 jiwa.

2. KOTA BEKASI

Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang Terdapat dan Terbesar ke-2 di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jumlah penduduk pada tahun 2017 mencapai sekitar 2.409.083 jiwa.

Kota ini merupakan bagian dari megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota satelit dengan jumlah penduduk terbanyak se-Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri. Kota Bekasi juga dijuluki sebagai Kota Patriot dan/ Kota Pejuang.

Sebagai kawasan hunian masyarakat urban, Bekasi banyak membangun kota-kota mandiri, di antaranya Kota Harapan Indah, Kemang Pratama, dan Galaxi City. Selain itu pengembang Summarecon Agung juga sedang membangun kota mandiri Summarecon Bekasi seluas 240 ha di kecamatan Bekasi Utara. Seiring dengan meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah ke atas, Bekasi juga gencar melakukan pembangunan apartemen dan pusat perbelanjaan mewah.

3. KOTA DEPOK

Kota Depok adalah sebuah kota di ProvinsiJawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta dan Bogor.

Pada tahun 2017 jumlah penduduk di kota ini mencapai sekitar 1.809.120 jiwa. Menjadikan kota ini Terdapat dan Terbesar ke-3 di Provinsi Jawa Barat.

Depok merupakan kota penyangga Jakarta. Ketika menjadi kota administratif pada tahun 1982, penduduknya hanya 240.000 jiwa, dan ketika menjadi kotamadya pada tahun 1999 penduduknya 1,2 juta jiwa. Universitas Indonesia berada di wilayah Kota Depok.

Perkembangan Kota Depok dari aspek geografis, demografis maupun sumber pendapatan begitu pesat, terutama di bidang administrator pembangunan.

4. KOTA BOGOR

Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.
Kota ini merupakan kota Terpadat dan Terbesar ke-4 di Provinsi Jawa Barat, dengan jumlah penduduk sekitar  1.030.720 jiwa.

Di sinilah berbagai lembaga dan balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Salah satunya yaitu, Institut Pertanian Bogor, berdiri sejak awal abad ke-20.

Kota Bogor memiliki banyak icon wisata, salah satunya Kebun Raya Bogor yang dikelilingnya mulai dijadikan sarana olahraga baru "Jogging" oleh warga Bogor semenjak wali kota Bima Arya membenahi pedestrian di sekeliling Kebun Raya Bogor menjadi lebih lebar dan lebih menarik.

5. KOTA TASIKMALAYA

Kota Tasikmalaya adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Saat ini jumlah penduduk di kota ini mencapai sekitar 808.506 jiwa dan menjadikan kota Tasikmalaya sebagai kota Terbesar dan Terpadat ke-5 di Provinsi Jawa Barat.

Dalam segi Pendidikan, Kota Tasikmalaya merupakan pusat pendidikan Terbesar ketiga di Jawa Barat setelah Bandung dan Bogor, hal ini dibuktikan oleh banyaknya institusi pendidikan yang berada di kota ini seperti Politeknik Kesehatan Tasikmalaya, Cabang UPI Bandung yang berada di Tasikmalaya, BSI Tasikmalaya, belasan bahkan puluhan universitas swasta, dan Universitas Negeri Siliwangi yang merupakan Universitas terbesar di wilayah priangan timur dan selatan. Universitas Siliwangi atau yang biasa dikenal Unsil ini merupakan universitas pilihan yang menjadi prioritas. Hal ini membuktikan bahwa rekam jejak universitas ini sangat bagus dan tidak dapat dipandang sebelah mata.

Tasikmalaya dikenal juga sebagai Kota Santri, khususnya di era sebelum 1980-an karena hampir di seluruh di wilayah ini tersebar pondok pesantren yang mengajarkan agama Islam, baik pondok besar maupun kecil, bahkan melahirkan tokoh perjuangan nasional di antaranya adalah Zainal Mustafa.

6. KOTA CIMAHI

Kota Cimahi adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak di tengah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Cimahi dahulu bagian dari Kabupaten Bandung, yang kemudian ditetapkan sebagai kota administratif pada tanggal 29 Januari1976. Pada tanggal 21 Juni 2001, Cimahi sebagai kota otonom.

Jumlah penduduk di kota Cimahi mencapai sekitar 532.988 jiwa tahun 2017, dan menjadikan kota ini sebagai kota Terbesar dan Terpadat ke-6 di Provinsi Jawa Barat.

Kini kota Cimahi menjadi salah satu kawasan pertumbuhan Kota Bandung di sebelah barat.

Kota Cimahi terkenal pula dengan kekhasan kulinernya yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan, di antaranya adalah: bandrek, bajigur, dendeng jantung pisang (denjapi), kencur, paru daun singkong, minuman aloe vera atau yang terbuat dari olahan lidah buaya, keripik binahong, keripik setan, kue semprong, kremes, comring, dan awug.

Itulah daftar Kota Terbesar dan Terpadat di Provinsi Jawa Barat Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Daftar 6 Kota Terbesar dan Terpadat di Provinsi Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel