Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan Provinsi yang berada tepat di tengah pulau Jawa. Ibu kotanya adalah Semarang. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Luas wilayahnya kurang lebih 32.848 km².

Di Jawa tengah juga banyak terdapat Kabupaten dan Kota-kota besar. Namun kali ini kita akan membahas Kabupaten dan Kota Terbesar di Provinsi Jawa Tengah.

Langsung saja di semak rangkumannya :

1. SEMARANG


Kota Semarang

Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia sesudah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Sebagai salah satu kota paling berkembang di Pulau Jawa, Kota Semarang mempunyai jumlah penduduk yang hampir mencapai 2 juta jiwa dan siang hari bisa mencapai 2,5 juta jiwa. Bahkan, Area Metropolitan Kedungsapur (Kendal, Demak, Ungaran Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Purwodadi Kabupaten Grobogan) dengan penduduk sekitar 6 juta jiwa, merupakan Wilayah Metropolis terpadat keempat, setelah Jabodetabek (Jakarta), Gerbangkertosusilo (Surabaya), dan Bandung Raya. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan Semarang ditandai pula dengan munculnya beberapa gedung pencakar langit di beberapa sudut kota.

Luas Wilayah 373.67 km2 ,Populasi total 1.570.097 jiwa. Terdiri dari 16 Kecamatan dan 177 Desa.

2. CILACAP


Kuwaluhan.com

Kabupaten Cilacap adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Kota Cilacap. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas di utara, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat) di sebelah Barat.

Luas wilayahnya 2.142,59 km2, Populasi Total 2.242.107 jiwa. Terdiri dari 24 Kecamatan dan 269 Desa.

3. BREBES


Kuwaluhan.com

Selanjutnya Kabupaten dan Kota Brebes, Brebes merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Luas wilayahnya 1.902,37 km², jumlah penduduknya sekitar 1.732.719 jiwa (2010). Ibukotanya ada di Kecamatan Brebes. Brebes merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah, dan paling luas di Jawa Tengah ke-2 setelah Kabupaten Cilacap.
Terdiri dari 17 Kecamatan dan 292 Desa.

4. GROBOGAN

Kuwaluhan.com

Kabupaten dan kota selanjutnya adalah Grobogan, kabupaten Grobogan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Purwodadi.

Luas wilayahnya kurang lebih 1.875,865 km2, Populasi Total 1.413.328 jiwa. Terdiri dari 19 Kecamatan dan 269 desa.

5. BLORA

Kuwaluhan.com

Berikutnya adalah Kabupaten dan Kota Blora, Kabupaten Blora merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Blora, sekitar 127 km sebelah timur Semarang. Berada di bagian timur Jawa Tengah, Kabupaten Blora berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur.

Luas wilayahnya Kurang lebih 1.821,59 km2, Populasi Total 99.490 jiwa. Terdiri dari 16 Kecamatan dan 295 Desa.

6. WONOGIRI

Kuwaluhan.com

Kabupaten dan kota Terbesar selanjutnya adalah Wonogiri, Wonogiri merupakan kabupaten di Jawa Tengah. Secara geografis Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah. Bagian utara berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo, bagian selatan langsung di bibir Pantai Selatan, bagian barat berbatasan dengan Gunung Kidul di Provinsi Yogyakarta, Bagian timur berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Pacitan.

Ibu kotanya terletak di Kecamatan Wonogiri. Luas kabupaten ini sekitar 1.722,37 km² dengan populasi total kurang lebih 928.904 jiwa. Terdiri dari 25 Kecamatan dan 297 Desa.

7. PATI

Kuwaluhan.com

Kabupaten dan kota Terbesar selanjutnya adalah Pati, Kabupaten Pati adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Pati. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Rembang di timur, Kabupaten Blora dan Kabupaten Grobogan di selatan, serta Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara di barat. Kabupaten ini terkenal dengan semboyan Pati Bumi Mina Tani.

Luas wilayahnya sekitar 1.419,07 km2, Populasi Total kurang lebih 1.189.000 jiwa. Terdiri dari 21 Kecamatan dan 405 Desa.

8. BANYUMAS

Kuwaluhan.com

Kabupaten dan kota Paling Besar selanjutnya adalah Banyumas, Kabupaten Banyumas (adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Purwokerto. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes di utara; Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen di timur, serta Kabupaten Cilacap di sebelah selatan dan barat. Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah terdapat di ujung utara wilayah kabupaten ini.

Luas wilayahnya sekitar 1.329,02 km2, Populasi Total 1.578.129 jiwa. Terdiri dari 27 Kecamatan dan 331 Desa.

Itulah beberapa kabupaten dan kota Terbesar di Jawa Tengah yang kami rangkum dengan seksama. Jika ada kekurangan silahkan berkomentar.

Terima Kasih

Belum ada Komentar untuk "Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel