25 Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia

Pesantren adalah lembaga islam yang banyak tersebar di Indonesia karena mayoritas masyarakat Indonesia memang beragama islam. Di Indonesia memang sudah sejak lama berdiri pondok pesantren, dan semakin berkembangnya zaman ternyata banyak pondok pesantren yang berdiri, entah itu salafi ataupun pondok pesantren modern.

Kebanyakan orang memang belum mengetahui bagaimana kehidupan pesantren,justru menganggap bahwa pesantren itu kuno dan ketinggalan zaman, padahal jika dilihat saat ini pesantren berkembang pesat dan kemajuan iptek dan iptak nya sangat luar biasa. Banyak pejabat yang merupakan jebolan dari pondok pesantren.

Semakin banyak orang yang belajar agama, sebenarnya semakin bagus untuk kemajuan suatu bangsa karena pondok pesantren mengajarkan bagaimana bersikap dengan moral yang baik.

Lulusan pondok pesantren juga lebih bermutu dibanding sekolah umum karena di pondok pesantren mereka dilatih untuk disiplin pada waktu dan berpegang teguh pada Agama dan kepercayaan nya.

Mereka yang melanggar aturan agama akan diarahkan ke jalan yang benar. Pendidikan karakter memang sangat di anjurkan, karena itulah pondok pesantren lebih mengedepankan karakter dibanding ilmu biasa.

Dengan pondok pensantren, kita bisa belajar ilmu agama dan ilmu umum secara bersamaan.
Berikut adalah daftar pondok pesantren Terbesar di Indonesia :

1. PONDOK PESANTREN MODERN GONTOR, Ponorogo 



Pondok pesantren Gontor merupakan salah satu pondok pesantren yang kualitas nya juga sangat baik, pondok pesantren yang berdiri pada 10 april 1926 di ponorogo, Jawa timur tersebut merupakan pesantren yang di dirikan oleh tiga bersaudara putra Kiai Santoso Anom Besari, yang bernama KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie dan KH Imam Imam Zarkasy yang lebih dikenal dengan istilah Trimurti.

Pondok pesantren Gontor merupakan salah satu pelopor pesantren modern yang awalnya bernama Ponpes Darussalam Gontor yang kemudian berubah menjadi pesantren modern karena terinspirasi dari Sir Syed Ahmad Khan founder Aligarh Muslim University yang telah melakukan modernisasi pendidikan islam di india.

System modern yang dilakukan oleh pondok pesantren Gontor memang berhasil dan menarik banyak minat orang tua dari berbagai kalangan untuk menyekolahkan anak nya di Gontor.

Hal ini karena pesantren yang dikenal sebagai tempat belajar agama ternyata juga bisa digunakan sebagai tempat belajar ilmu umum, yang notabene sangat diperlukan untuk mencari kerja ketika sudah keluar dari pondok pesantren.

Di Gontor sendiri menggunakan system bahasa yang sangat baik, disana diwajibkan untuk menggunakan bahasa arab dan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka sehingga ketika sudah keluar dari pesantren, mereka sudah bisa menggunakan kedua bahasa tersebut dengan baik dan benar.

Dalam pesantren ini ternyata juga menerapkan kedisiplinan yang tinggi dalam berpakaian dan selalu memakai dasi ketika sekolah. Dulunya pesantren ini hanya memiliki tarbiyatul athfal atau setingkat taman kanak-kanak saja, akan tetapi saat ini Gontor sudah memiliki Kulliyatul Mu’alimin Al-Islamiah (KMI) yang setara dengan Sekolah Menengah, serta Institut Studi Islam Darussalam (ISID). Selain memiliki sistem bahasa yang baik, di pesantren ini para santri juga diajarkan untuk belajar berbagai macam bisnis, seperti bisnis bakso, konveksi kaos polos murah, dan lain sebagainya.

2. PONDOK PESANTREN SIDOGIRI, PASURUA

Pondok pesantren terbaik selanjutnya adalah pondok pesantren sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur. Salah satu Pondok pesantren tertua ini di dirikan oleh Sayyid Sulaiman yang berasal dari Cirebon, beliau mendirikan pesantren bersama Kyai Aminullah.

Ada beberapa versi untuk tahu berdirinya, akan tetapi tahun 1745 lah yang digunakan sebagai hari jadi mereka.

Pesantren tersebut masih menggunakan system pendidikan salaf murni yang mengkaji ilmu agama. Pesantren ini juga berhasil mandiri secara financial karena bisnis yang dikembangkan seperti koperasi Sidogiri, waralaba minimarket, hingga lembaga keuangan yang bernama BMT.

Hebatnya lagi disana juga masih menggunakan pendidikan Madrasah Diniyah hingga tingkat Ma’had Ali atau universitas yang bernama Tarbiyatul Mu’alimin.

3. PONDOK PESANTREN LANGITAN, TUBAN

Pesantren yang satu ini merupakan salah satu lembaga islam tertua juga di Indonesia yang berdiri pada tahun 1852. Pesantren yang letaknya di Dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur tersebut memiliki luas sekitar 7 hektar.

Pondok pesantren tersebut di pimpin oleh pemimpin yang sangat karismatik bernama Kyai Abdullah Faqih yang juga disegani oleh para pejabat dalam negeri.

Pesantren yang satu ini juga telah meluluskan banyak sekali santri setiap tahun nya, bahkan ada yang betah untuk mondok di pesantren ini.

Pesantren yang sudah terkenal di berbagai kota terutama Indonesia memang menjadi tujuan utama dari sebagian besar orang yang ingin masuk ke dalam dunia pondok pesantren.

Jadi tidak ada salahnya jika anda memilih pondok pesantren ini untuk dijadikan tempat belajar.

4. PONDOK PESANTREN LIRBOYO, KEDIRI

Pondok pesantren lirboyo merupakan salah satu pondok pesantren tertua juga yang ada di Kec. Mojoroto, Kota Kediri , Jawa Timur, Indonesia yang berdiri pada tahun 1910.

Pesantren ini di dirikan oleh Kyai Sholeh yang berasal dari desa Banjarmelati, kemudian kepemimpinan nya digantikan oleh menantunya yang bernama KH. Abdul Karim yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah.

Pondok pesantren Lirboyo sendiri menjadi pusat studi islam sejak puluhan tahun sebelum terjadinya kemerdekaan, bahkan pesantren tersebut juga mengambil andil atas kemerdekaan Indonesia saat ini. Para santri dikirim untuk berperang ketika peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Sebagai pusat pendidikan islam yang maju, pondok pesantren tersebut menggunakan modernisasi dalam pendidikan nya sehingga saat ini pondok pesantren tersebut semakin maju dan berkembang pesat dan melahirkan orang-orang yang sukses dalam urusan dunia dan akhirat.

5. PONDOK PESANTREN TEBU IRENG, JOMBANG

Siapa yang tidak tahu kota Jombang? Yang merupakan kota dimana salah satu pondok pesantren terbesar yang ada di Indonesia berada.

Pondok pesantren Tebuireng Jombang berdiri pada tahun 1899 oleh salah satu ulama besar, yaitu KH. Hasyim Asy’arie yang dikenal sebagai sosok ulama karismatik sekaligus pendiri organisasi ulama (NU).

Pesantren tersebut tidak hanya mengajarkan agama islam saja, tetapi juga memasukkan pelajaran umum ke dalam nya sehingga santri jebolan nya bisa memberikan kontribusi yang bagus untuk masyarakat Indonesia, terutama di sektor pendidikan Indonesia juga.

KH. Abdurrahman alias Gusdur menjadi presiden RI ke empat Indonesia dan merupakan cucu dari Kyai Hasyim Asy’ari.

Jika anda ingin belajar ilmu agama di pesantren Tebuireng, tentu menjadi salah satu pilihan yang sangat bagus karena kualitas nya sudah tidak perlu di ragukan lagi, selain ilmu agama, ternyata anda juga akan mendapatkan ilmu umum sehingga tidak ketinggalan dan mendapatkan ijazah untuk bekerja nantinya.

6. PONDOK PESANTREN AL-ANWAR, SARANG

Pesantren Al-Anwar merupakan pesantren yang di dirikan pada tahun 1967 oleh KH. Maimun Zubair yang berada di Karangmangu, Sarang Rembang Jawa tengah. Awalnya pesantren tersebut hanya merupakan sebuah perkumpulan pengajian saja, tetapi akhirnya mereka bisa membangun sebuah pesantren yang berlokasi di tiga kompleks, yaitu A, B, dan C.

Latar belakang dibangun nya pesantren tersebut adalah untuk melanjutkan kegiatan pengajian dan juga keinginan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar yang kebanyakan hanya berpenghasilan rendah.

Dengan menuntut ilmu di pesantren tersebut, mereka di ajari bagaimana berbisnis dan juga bisa sekolah hingga tingkat atas sehingga taraf hidup mereka juga bisa meningkat.

Perkembangan pondok pensatren tersebut sangat cepat. Pondok pesantren AL-Anwar memiliki sistem pendidikan salafiyah dimana semua santri nya harus mengikuti pengajian entah itu bersama-sama ataupun individual.

Pondok pesantren tersebut telah meluluskan banyak sekali santri yang tersebar di berbagai penjuru sehingga pondok Al-Anwar menjadi salah satu pondok pesantren terbaik di Indonesia.

7. PONDOK PESANTREN LA TANSA, BANTEN

Pesantren La Tansa berada di daerah Parakansantri, Cipanas, Lebak, Banten. Pendiri pesantren yang satu ini adalah Drs. K.H. Ahmad Rifa’i Arief (Almarhum) yang merupakan pimpinan Daar El-Qalam (Pasir Gintung, Jayanti, Tangerang) pada saat itu.

Setelah itu pesantren tersebut diambil alih oleh K.H. Sholeh, S.Ag, MM dan K.H. Adrian Mafatihullah Karim, MA. Hingga saat ini pesantren tersebut masih tetap memiliki kualitas yang bagus dan patut menjadi acuan anda untuk menuntut ilmu pesantren karena bukan hanya ilmu agama saja yang bisa didapatkan melainkan ilmu umum juga.

8. PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM, BANTEN



Pesantren Daar El-Qalam merupakan pondok pesantren yang didirikan oleh H. Qasad Mansyur dan Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief pada 20 januari tahun 1968 silam.

Letak pesantren tersebut berada di Desa Pasir Gintung, kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang Banten. Pada tanggal 15 juni 1997 Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief wafat dan pesantren diambil alih oleh K.H. Adrian Mafatihullah Karim, Hj. Enah Huwaenah dan K.H. Drs. Ahmad Syahiduddin.

Pondok pesantren yang ada di Banten ini merupakan pesantren yang sudah tua dan terbaik di indonesia. Pesantren ini sudah meluluskan banyak sekali santri setiap tahun nya dan telah menyebar di berbagai daerah untuk menyebarkan agama islam. Bukan hanya ilmu agama saja yang bisa anda pelajari disana, tetapi ilmu umum juga.

9. PONDOK PESANTREN AL IHYA' ULUMUDDIN, CILACAP


Salah satu pesantren yang tidak kalah bagus adalah Pesantren Al Ihya Ulumuddin yang didirikan pada tanggal 24 Nopember 1925 oleh KH. Badawi Hanafi.

Pesantren tersebut terletak di Desa Kesugihan, Kabupaten Cilacap dan biasa disebut dengan pesantren Kesugihan karena letaknya yang berada di Desa tersebut.

Setelah KH. Badawi Hanafi pesantren tersebut di ambil alih oleh putra nya yang bernama Chasbulloh Badawi dan KH Ahmad Mustholih.

10. PONDOK PESANTREN AL MUKMIN, SUKOHARJO

Pesantren Al-Mukmin juga merupakan salah satu pesantren terbaik di Indonesia. Jadi pesantren ini didirikan pada tahun 1974 oleh “enam serangkai”, antara lain Abdullah Sungkar, Abu Bakar Ba’asyir, Yoyok Rosywadi, Abdullah Baradja, Abdul Qohar H. Daeng Matase dan Hasan Basri.

Pesantren yang letaknya di Ngruki, Solo tesebut berada di wilayah selatan nya terminal angkuran dalam Kota Surakarta, Terminal Tipes.

Awalnya unit dakwah pesantren tersebut adalah siaran radio non-komersil. Perkembangan nya yang pesat membuat pondok pesantren ini memiliki banyak sekali santri, bahkan lulusan nya juga telah menyebar di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

11. PONDOK PESANTREN AL-FATAH, TEMBORO

Pesantren Al-Fatah merupakan salah satu pesantren yang sedang tumbuh dengan pesat saat ini, pesantren tersebut letaknya di Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa timur. Di pesantren tersebut akan dijumpai beberapa tempat atau rumah yang merupakan rumah pada ustad, kebanyakan adalah bangunan yang sudah lama.

Pesantren yang satu ini adalah pondok pesantren yang memiliki keunggulan yaitu lingkungannya sangat bersih sehingga tidak ada yang namanya penyakit kulit dan lainnya karena memang semua diwajibkan untuk menjaga kebersihkan lingkungan pondok, kebersihan diri dan lainnya.

12. PONDOK PESANTREN AL-KHOIROT, MALANG

Pondok pesantren yang satu ini merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Malang. Pondok pesantren yang dibangun pada tahun 1963 oleh KH. Syuhud Zayyadi ini tidak hanya memberikan pelajaran kitab kuning saja melainkan juga terdapat sekolah Mts, hingga Aliyah yang telah di akui oleh pemerintah.

Sehingga bukan hanya ilmu agama saja yang bisa anda dapatkan, tetapi anda juga bisa mendapatkan ilmu umum dan bisa melanjutkan ke perguruan tinggi setelah lulus dari sana.

Saat ini memang banyak pondok pesantren yang juga mengedepankan ilmu umum karena memang sangat dibutuhkan di era yang serba teknologi ini. Karena itulah pondok pesantren Al-Khoirot juga mmebuka sekolah umum juga.

13. PONDOK PESANTREN BUNTET, CIREBON

Pesantren Buntet Cirebon berdiri sejak tahun 1785 dan menjadikan nya salah satu pondok pesantren tertua yang ada di Indonesia.

Pondok pesantren yang sangat terkenal di Jawa Barat tersebut menjadi pelopor pondok pesantren yang ada di Jawa Barat. Banyak sekali pondok pesantren yang telah berdiri saat ini merupakan alumni dari Pondok pesantren Buntet Cirebon.

14. PONDOK PESANTREN AL KHAIRAAT, PALU


Pondok pesantren Al Khairaat didirikan oleh Habib Idrus bin Salim Al Jufri pada tahun 1963 di wilayah Sulawesi.

Pondok pesantren tersebut merupakan salah satu pesantren yang sangat popular karena disana anak anda juga bisa sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTS, MA hingga universitas.

Sehingga bukan hanya ilmu agama saja yang bisa di dapatkan melainkan ilmu umum juga. Pondok pesantren tersebut menjadi pintu gerbang dakwah islam di kawasan timur Indonesia.

15. PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH, SUMATERA UTARA

Pondok Pesantren Musthafawiyah didirikan pada 12 November 1912 oleh Syeikh Musthafa bin Husein bin Umar Nasution Al-Mandaily. Pondok pesantren yang biasa disebut dengan Purba Baru tersebut letaknya berada di Desa Tanobato, Kabupaten Mandailing Natal.

Pesantren ini memiliki sarana yang lengkap, mulai dari lembaga pendidikan TK hingga perguruan tinggi. Bukan hanya itu saja, bagi anda yang ingin tahfidz al-quran bisa belajar di pondok pesantren ini karena disana juga ada pelajaran untuk orang-orang yang ingin menghafalkan alquran.

16. PONDOK PESANTREN NURUL JADID, PROBOLINGGO


Pesantren Nurul Jadid didirikan pada tahun 1950 oleh KH. Zaini Munim. Pesantren yang terletak di Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa timur tersebut merupakan salah satu pondok pesantren terbaik di Indonesia.

KH. Zaini Munim awalnya tidak berniat untuk mendirikan pesantren di sana, akan tetapi KH. Hasan Sepuh Genggong membuka mata hati beliau dan khirnya beliau membuka sebuah pesantren disana.

17. PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH, JAKARTA


Pesantren Darunnajah adalah lembaga pendidikan islam yang berstatus swasta, dan telah dirintis sejak tahun 1942. Pesantren ini didirikan pada 1 April 1974 oleh (Almarhum) KH. Abdul Manaf Mukhayyar dan dua rekannya (Almarhum) KH. Qomaruzzaman dan KH. Mahrus Amin.

Pesantren Darunnajah tersebut letaknya berada di Jalan Ulujami Raya nomor 86, kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta.

Pesantren yang satu ini telah memberikan pelajaran bahasa arab dan inggris sehingga bukan hanya ilmu agama saja yang dipelajari akan tetapi juga diberikan ilmu umum seperti bahasa Inggris.

18. PONDOK PESANTREN RASYIDIAH KHALIDIAH, KALIMANTAN SELATAN

Pesantren Rasyidiah Khalidiah adalah pesantren yang didirikan pada 13 oktober 1922 oleh Guru K.H Abdurrasyid, alumnus Universitas Al Azhar Cairo.

Pesantren yang awalnya diberi nama Arabische School ini berawal dari rumah sederhana yang letaknya berada di Desa Pakapuran Amuntai, Kalimantan Selatan, akan tetapi saat ini pesantren sangat terkenal dan banyak didatangi oleh santri dari seluruh penjuru.

Pesantren yang telah modern tersebut akan membuat anda belajar agama dan ilmu umum secara bersamaan sehingga anda juga tidak akan ketinggalan ilmu umum dan teknologi.

19. PONDOK PESANTREN ASY SYAFI’IAH NAHDATUL WATHAN, LOMBOK

Pesantren yang didirikan oleh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid yang merupakan perintah dari Guru beliau yang bernama Syaikh Hasan Muhammad al-Masysyath (Mekkah).

Kemudian pada tahun 1934 ia tiba di pulau Lombok dan mendirikan pondok pesantren yang bernama Al Mujahidin, setelah itu beliau mendidikan Madrasah Nahdlatul Wathon Diniyah Islamiyah (NWDI) yang peserta didiknya khusus untuk laki-laki pada tahun 1937. Pada 15-21 April 1943, beliau mendirikan madrasah yang bernama Nahdlatul Banat Diniah Islamiyah (NBDI) untuk kaum wanita.

20. PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANYUANYAR, MADURA

Pesantren Darul Ulum merupakan pesantren yang didirikan pada tahun 1787 oleh KH. Itsbat bin Ishaq. Pesantren tersebut merupakan salah satu pesantren yang paling tua di Madura.

Pesantren yang awalnya didirikan di atas sebidang tanah yang sempit dan gersang tersebut berkembang dengan pesat.

Penamaan banyuanyar sendiri berawal dari penemuan sumber mata air yang cukup besar oleh KH. Itsbat bin Ishaq yang hingga saat ini tidak surut.

Saat ini pesantren berkembang dengan cepat sesuai dengan kebutuhan zaman dan banyak sekali orang yang belajar disana, bahkan dari berbagai kota yang ada di Indonesia.

21. PONDOK PESANTREN AL-FATTAH, BUDURAN, SIDOARJO

Ini adalah salah satu pondok pesantren terbaik di Indonesia yang berada di Buduran, Sidoarjo. Pondok pesantren ini memang bagus dan menganut sistem salafy sehingga pelajaran agamanya masih sangat kental. Anda yang ingin belajar ilmu agama lebih jauh lagi bisa belajar di pondok pesantren Al-Fattah Buduran tersebut.

Ada banyak sekali santri yang belajar disana setiap tahunnya, bahkan dari berbagai daerah juga nyantri disana karena kualitasnya yang bagus dan masih sangat kental nuansa agamanya.

22.Pondok Pesantren Assalafi Al-Fitrah – Surabaya

Pondok Pesantren Al Fithrah. Didirikan pada tahun 1985, berlokasi di jalan Kedinding Lor 99 Surabaya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era globalisasi dan informasi, serta guna memberikan landasan yang kuat dengan didikan yang bermoral, maka akhlak mulia sangat diperlukan untuk membentengi diri, keluarga khususnya anak-anak.

Meskipun tak banyak diliput media massa, nama Alm. KH Asrori Al-Ishaqi sudah tak asing lagi bagi masyarakat sekitar. Keteladanan beliau patut dicontoh oleh pemuda-pemudi generasi penerus bangsa, dalam perkembangannya sangat membutuhkan pendidikan agama Islam, guna melindungi diri dan kehidupannya, agar tidak terseret dalam arus globalisasi dan informasi yang menyesatkan. Sampai detik ini, Pondok Pesantren Assalafi Al-Fitrah, Surabaya masih dipercaya untuk mengayomi para santri dari penjuru Nusantara yang menimba ilmu di sana.

23.Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci – Gresik

Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin dirintis KH. Abdullah Faqih Suci sekitar tahun 1969 yang pada mulanya berupa surau kecil untuk mengaji AI-Qur’an dan Kitab Kuning di lingkungan desa Suci dan sekitarnya. Mamba’us Sholihin yang mengadopsi perpaduan sistem Salaf-Modern. Hal ini tak lepas dari pada Background Pengasuh Pesantren Al Mukarrom KH Masbuhin Faqih, yang merupakan alumni Gontor dan Langitan. Dengan semangat melestarikan kebaikan masa klasik, dan mengadopsi hal-hal baru yang lebih baik”, menjadikan Mamba’us Sholihin sebagai Pesantren yang cukup lengkap kurikulum pendidikannya, baik yang berupa pendidikan formal maupun non formal.

24.PONDOK PESANTREN BATA-BATA – PAMEKASAN

Pondok ini didirikan pada tahun 1943 M oleh RKH. Abdul Majid bin Abdul Hamid bin RKH. Itsbat. Pesantren ini juga merupakan pesantren terbaik dan favorit yang ada di pulau Madura atau lebih tepatnya di Kabupaten Pamekasan.

25.PONDOK PESANTREN AL-FALAH PLOSO, Kediri



Pada 1 Januari 1925, KH. A. Djazuli Usman mendirikan sebuah madrasah dan pondok pesantren. Ia memanfaatkan serambi Masjid untuk kegiatan belajar mengajar para santri

Pondok pesantren yang letaknya ditepi sungai Berantas ini banyak mengambil keuntungan dari letak geografis tersebut. Sungai yang terkenal deras airnya dan terus mengalir sepanjang musim banyak memberikan kehidupan para santri serta para masyarakat sekitarnya. Dipinggir sungai inilah terletak desa Ploso, 15 km arah selatan dari Kediri. Potensi wilayah seperti ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Umumnya mereka memanfaatkan tanah yang subur ditepi sungai berantas untuk bercocok tanam.


Itulah 25 Daftar Pondok Pesantren Terbesar di Indonesia, dan memiliki Pengaruh sangat besar pada Negara kita INDONESIA.

Belum ada Komentar untuk "25 Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel