Tuesday, August 7, 2018

Inilah Daftar Kabupaten,Kota Terbesar dan Terpadat di Provinsi Bengkulu Indonesia

Loading...
Bengkulu adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kotanya berada di Kota Bengkulu. Provinsi ini terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera.

Luas Provinsi Bengkulu kurang lebih sekitar 19.788,70 km2. Dan pada tahun 2017 jumlah penduduk Bengkulu mencapai sekitar 1.904.793 jiwa.

Berikut ini kami merangkum Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Provinsi Bengkulu Indonesia :

1. KOTA BENGKULU


Kota Bengkulu merupakan kota terbesar kedua di pantai barat Pulau Sumatera, setelah Kota Padang. Sebelumnya kawasan ini berada dalam pengaruh kerajaan Inderapura dan kesultanan Banten.

Kota Bengkulu memiliki luas wilayah sebesar 144,52 km² dengan jumlah penduduk sebesar 364.604 jiwa pada tahun 2017.
Kota ini menjadi Kota Terbesar dan Terpadat pertama di Provinsi Bengkulu.

2. KABUPATEN BENGKULU UTARA

Bengkulu Utara adalah sebuah kabupaten di provinsi Bengkulu, Indonesia. Kabupaten yang terletak di kawasan pesisir Pantai Barat Sumatera dengan ibukotanya Arga Makmur. Kota Arga Makmur berjarak sekitar 60 km dari Kota Bengkulu.

Kabupaten Bengkulu Utara memiliki luas 9.585,24 km² saat wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Mukomuko masih menjadi wilayah kabupaten ini. Setelah dimekarkannya Bengkulu tengah, luasnya menjadi 4.424,60 km². Pada tahun 2017 jumlah penduduk di kabupaten ini mencapai kurang lebih sekitar 295.439 jiwa. Dan menjadikan Kabupaten Bengkulu Utara Terbesar dan Terpadat di Provinsi Bengkulu.

3. KABUPATEN REJANG LEBONG

Kabupaten Rejang Lebong adalah sebuah kabupaten di provinsi Bengkulu, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.515,76 km² dan populasi sekitar 275.640 jiwa pada tahun 2017. Ibu kotanya ialah Curup. Kabupaten ini terletak di lereng pegunungan Bukit Barisan dan berjarak 85 km dari kota Bengkulu yang merupakan ibukota provinsi.

Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Bengkulu.

4. KABUPATEN SELUMA

Kabupaten Seluma adalah salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu, Indonesia dengan ibu kotanya Tais, terbentuk berdasarkan UU No. 3, Tahun 2003.
Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Selatan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa suku Serawai.

Dulunya kabupaten ini masuk dalam kabupaten tertinggal sebab berpenduduk sedikit dan belum sama sekali berkembangnya potensi unggulan daerah, tetapi sejak tahun 2008 kabupaten ini bukan lagi kabupaten tertinggal karena padi adalah potensi unggulan kabupaten ini.

Pada tahun 2017 jumlah penduduk di kabupaten Seluma mencapai sekitar 207.587 jiwa. Dan kabupaten ini menduduki peringkat ke-4 terpadat di provinsi Bengkulu.

5. KABUPATEN MUKOMUKO

Kabupaten Mukomuko adalah salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu, Indonesia, sebagai pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Utara.

Secara administratif, Kabupaten Mukomuko ini terbagi menjadi 15 kecamatan, 148 desa, dan 3 kelurahan. Pada tahun 2017 memiliki jumlah penduduk 177.131 jiwa. Dan menjadi Kabupaten Terpadat ke-5 di Provinsi Bengkulu.

Itulah daftar Kabupaten Terpadat dan Terbesar di Provinsi Bengkulu Indonesia.


EmoticonEmoticon