Tuesday, August 7, 2018

Inilah Daftar 4 Kota Terbesar dan Terpadat di Provinsi Banten Indonesia

Loading...
Provinsi Banten ini pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang.

Banten atau dahulu dikenal dengan nama Bantam pada masa lalu merupakan sebuah daerah dengan kota pelabuhan yang sangat ramai, serta dengan masyarakat yang terbuka, dan makmur. Banten pada abad ke-5 merupakan bagian dari Kerajaan Tarumanagara.

Pada Tahun 2017 penduduk Banten keseluruhan mencapai sekitar 11.632.166 jiwa.

Sebagian besar masyarakat Banten memeluk agama Islam dengan semangat religius yang tinggi, tetapi pemeluk agama lain dapat hidup berdampingan dengan damai.

Berikut ini kami merangkum Daftar Kota Terbesar dan Terpadat di Provinsi Banten Indonesia :

1. KOTA TANGERANG


Kota Tangerang adalah sebuah kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak tepat di sebelah barat ibu kota negara Indonesia, Jakarta.

Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi di provinsi Jawa Barat.

Jumlah penduduk di kota Tangerang mencapai sekitar 1.798.601 jiwa dan menjadikan kota Tangerang kota Terpadat dan Terbesar di Provinsi Banten.

2. KOTA TANGERANG SELATAN


Kota ini terletak 30 km sebelah barat Jakarta dan 90 km sebelah tenggara Serang, ibu kota Provinsi Banten.

Jumlah penduduk di kota Tangerang Selatan mencapai sekitar 1.593.812 jiwa.

Dari segi jumlah penduduk, Tangerang Selatan merupakan kota terbesar dan Terpadat kedua di Provinsi Banten setelah Kota Tangerang serta terbesar kelima di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Depok. Wilayah Kota Tangerang Selatan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang.

3. KOTA SERANG


Kota ini berada di bagian utara Provinsi Banten, serta dikelilingi oleh Kabupaten Serang di sebelah selatan, barat, dan timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Kota Serang dilintasi jalan tol lintas Jakarta-Merak.

Kota Serang merupakan kota terbesar dan Terpadat ke-3 di provinsi Banten, dengan jumlah total penduduk mencapai sekitar 712,523 jiwa.

4. KOTA CILEGON


Kota Cilegon adalah sebuah kota di ProvinsiBanten, Indonesia. Cilegon berada di ujung barat laut pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Kota Cilegon dikenal sebagai kota industri.

Sebutan lain bagi Kota Cilegon adalah Kota Baja mengingat kota ini merupakan penghasil baja terbesar di Asia Tenggara karena sekitar 6 juta ton baja dihasilkan tiap tahunnya di Kawasan Industri Krakatau Steel, Cilegon.

Dalam Kurun Waktu 15 Tahun Terakhir (1991-2005) Jumlah Penduduk Kota Cilegon Bertumbuh Sebesar 47,18% (Dari 228.230 Jiwa Tahun 1991 Menjadi 335.913 Jiwa Tahun 2005). Perkembangan Jumlah Penduduk Kota Cilegon Pada Periode 2010-2017 mencapai 452.426 jiwa.

Dengan jumlah penduduk yang tinggi membuat Kota Cilegon menjadi kota terbesar dan Terpadat ke-4 di Provinsi Banten. Masih Cukup Tingginya Laju Pertumbuhan Penduduk Di Kota Cilegon Tersebut Terutama Dipengaruhi Oleh Peristiwa Migrasi Masuk.

Itulah daftar Kota Terbesar dan Terpadat di Provinsi Banten Indonesia.


EmoticonEmoticon