Inilah 10 Daftar Masjid Terbesar dan Terindah di Dunia

Masjid adalah sebuah tempat peribadatan umat muslim yang tentunya sangat diagungkan seperti tempat peribadatan umat agama lain.


Sebagai tempat dan bangunan yang suci, masjid tentunya memiliki cerita sejarah dan nilai keindahannya masing-masing. Berbicara tentang keindahannya 10 mesjid berikut disebut sebagai mesjid terbesar dan terindah di dunia. Berikut 10 mesjid terbesar dan terindah di dunia :

1. Masjid Al-Haram Mekkah, Arab Saudi


Masjid Al-Haram - Mesjid Terbesar dan Terindah di Dunia
 Masjid terbesar dan terindah di dunia yang pertama adalah Masjid Al-Haram (Masjidil Haram) di Kota Mekkah, Arab Saudi. Mesjid Al-Haram memang merupakan masjid yang paling utama dan terbesar di dunia ini. Luas masjid ini sendiri tercatat mencapai 4.008.020 meter persegi (990,40 hektar) yang  meliputi ruang berdoa outdoor dan indoor. Dengan luas sebesar ini, maka masjid ini akan mampu menampung hingga empat juta jamaah selama musim haji, salah satu ibadah dari rukun Islam yang kelima.
Masjid yang terus diperluas areanya untuk bisa menampung jamaah haji lebih banyak ini memang sangat bersejarah. Pasalnya di dalam masjid ini ada Ka’bah yang merupakan arah kiblat sholat bagi seluruh umat muslim di dunia. Masjid ini menjadi tempat ibadah yang tidak pernah sepi selama 24 jam. Ini karena tempat ini selalu dipenuhi umat Islam yang melakukan ibadah didalamnya, baik itu shalat atau tawaf. Masjid ini juga punya keunikan jika dibandingkan dengan masjid-masjid lainnya yaitu tidak dipisahkannya antara jamaah pria dan wanita dalam beribadah di Al-Masjid Al-Haram ini.

2. Al-Masjid al-Nabawi, Madinah, Arab Saudi


Al-Masjid Al-Nabawi

 Masjid terbesar kedua yang ada di Arab Saudi dan di dunia adalah Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini juga memiliki sejarah yang penting bagi umat Islam. Pasalnya masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW ini merupakan masjid kedua yang dimiliki umat Islam setelah Masjidil Haram. Selain itu di dalam komplek masjid ini terdapat makam baginda Nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi penutup akhir zaman. Setelah ekspansi pada masa pemerintahan al-Walid I, juga sekarang menggabungkan lokasi tempat peristirahatan terakhir dari Muhammad dan para pemimpin Muslim awal Abu Bakar dan Umar bin Khatab.

3. Masjid Al-Aqsa, Palestina


Masjid Al-Aqsa - Mesjid terbesar dan terindah di dunia
 Setelah dari Arab Saudi kita bergeser ke Palestina atau tepatnya di wilayah kota lama Yerusalem. Di daerah ini ada sebuah masjid agung yang menjadi tempat atau situs suci ketiga bagi umat Islam setelah Masjid Al-Haram dan Masjid Nabawi. Hal ini dikarenakan Masjid yang bisa menampung jamaah hingga 5.000 orang di dalam ruangan ini diyakini sebagai tempat terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Peristiwa Isra’ Mi’raj sendiri adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan dari Masjidil Aqsa ke ke Sidratul Muntaha. Di dalam komplek masjid ini sendiri terdapat Kubah Batu yang juga disebut sebagai al-Haram ash-Sharif atau "Suci Noble Sanctuary".

Situs ini sering juga dikenal sebagai Temple Mount, situs paling suci dalam Yudaisme, tempat di mana Bait Suci Pertama dan Kedua yang berlaku umum untuk memiliki berdiri. Dalam kisah lainnya juga diceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah memimpin doa pada masjid ini sampai bulan ke tujuh belas setelah emigrasi, ketika Tuhan memerintahkan dia untuk mengubah arah Ka'bah.

4. Masjid Imam Reza, Iran

 Masjid Imam Reza, Iran  
Iran juga memiliki masjid yang besar dan indah. Terletak di wilayah Mashhad, Iran terdapat sebuah Masjid Imam Reza. Dinamakan Masjid Imam Reza karena di dalam masjid ini terdapat sebuah kompleks yang berisi makam Imam Reza, Imam Syiah Imamiyah ke delapan. Dari segi dimensi dan kapasitas masjid ini memang menjadi salah satu masjid yang terbesar di dunia. Bagaimana tidak, dengan total luas area yang mencapai 598.657 meter persegi (6.443.890 kaki), dengan rincian area dalam masjid 267.079 meter persegi serta tujuh halaman yang mengelilingi itu mencakup area seluas 331.578 meter persegi. 
Dalam komplek masjid ini sendiri terdapat beberapa ruang yaitu Masjid Goharshad, museum, perpustakaan, empat seminari, makam, Universitas Ilmu Islam Razavi, sebuah ruang makan untuk peziarah, ruang doa yang luas, dan bangunan lainnya. Dengan megahnya bangunan masjid ini maka tak ayal bila kompleks masjid ini sering dijadikan pusat pariwisata di Iran.

5. Masjid Faisal, Pakistan


Sebagai salah satu masjid terbesar di Pakistan tentu saja Masjid Faisal sangat dipandang dan diperhatikan. 

Masjid Faisal - Masjid Terbesar dan Terindah di Dunia
 Bahkan saking besarnya, masjid yang terletak di ibu kota nasional Islamabad ini menjadi masjid terbesar di Asia Selatan. Setelah selesai dibangun pada 1986 masjid Faisal ini kemudian dipahami sebagai Masjid Nasional Pakistan dan dinamai almarhum Raja Faisal bin Abdul Aziz dari Arab Saudi, yang mendukung dan membiayai proyek ini.

6. Masjid Badshahi, Lahore, Pakistan


Masjid Badshahi - Masjid Terbesar dan Terindah di Dunia   
Masih di Pakistan. Masjid berikutnya ini adalah masjid terbesar kedua di Pakistan. Bernama Masjid Badshahi di Lahore mempunyai keindahan, semangat, dan keagungan era Mughal. Dari sini maka Masjid Badshahi ini selalu menjadi daya tarik wisatawan. Masjid yang mampu menampung hingga 10.000 jamaah di ruang utama dan 100.000 jamaah di halaman ini tetap menjadi masjid terbesar kedua di Pakistan dan di Asia Selatan.

7. Masjid Hassan II, Maroko


Masjid Hasan II, Maroko - Masjid Terbesar dan Terindah di Dunia  
Masjid terbesar dan terindah tidak hanya berada di kawasan Timur Tengah dan Asia, namun di Afrika juga ada sebuah masjid besar dan indah. Masjid ini dinamakan dengan masjid Hassan II. Masjid yang terletak di wilayah Casablanca ini adalah masjid terbesar di negara Maroko dan terbesar ke-7 di dunia. Masjid ini sendiri selesai dibangun oleh Bouygues tahun 1993 dengan perancang bernama Michel Pinseau. Masjid ini sangat menarik, karena selain memiliki menara masjid tertinggi di dunia yaitu 210 meter (689 kaki), masjid ini memiliki pemandangan luar ke Samudera Atlantik yang sangat indah.

8. Masjid Istiqlal, Indonesia


Masjid Istiqal, Indonesia - Masjid Terbesar dan Terindah di Dunia  
Negara kita Indonesia juga memiliki sebuah masjid yang patut dibanggakan. Masjid ini memiliki menara yang tinggi dan indah serta menjadi masjid terbesar se-Asia Tenggara. Masjid yang bernama Masjid Istiqlal ini berlokasi di kota Jakarta dan dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Nama Istiqlal sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti "Kemerdekaan". Masjid yang mampu menampung hingga lebih dari dua ratus ribu jamaah ini mulai dibuka untuk umum pada 22 Februari 1978.

9. Masjid-i Jahan-Numa, India


Masjid-i Jahan-Numa, India - Masjid Terbesar dan Terindah di Dunia  
Meski memiliki sejarah lahirnya agama Hindu, namun di India jumlah umat muslim terbilang cukup banyak. Dari sini maka muncul beberapa masjid yang besar dan indah. Salah satu mesjid yang besar dan indah di India tersebut adalah masjid i-Jahan-Numa. Berlokasi di kota Delhi, masjid ini bisa menampung jamaah hingga dua puluh lima ribu jamaah. Masjid ini sendiri dibangun pada masa pemerintahan kaisar Mughal Shah Jahan dari tahun 1650 dan selesai pada 1656. Menariknya masjid ini memiliki beberapa peninggalan dalam lemari di gerbang utara, termasuk salinan antik dari Al-Qur'an yang ditulis pada kulit rusa.

10. Baitul Mukarram, Bangladesh


Baitul Mukarram, Bangladesh - Masjid terbesar dan terindah di dunia
Masjid nasional Bangladesh yaitu Baitul Mukarram juga perlu diperhitungkan sebagai masjid besar dan indah. Masjid yang didirikan pada 1960-an ini memiliki kapasitas 30.000 jamaah. Karena masjid ini terus penuh sesak dengan jamaah terutama pada bulan suci Ramadhan maka pemerintah Bangladesh pun harus melakukan penambahan luas area masjid hingga ke bagian ekstensi masjid. Dari sini maka kapasitas masjid ini pun saat ini telah bertambah kapasitanya menjadi 40.000 jamaah.

Sumber : www.cermati.com

Belum ada Komentar untuk "Inilah 10 Daftar Masjid Terbesar dan Terindah di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel